KASKUS

Quote:Original Posted By zeromite
Ane rasa ente cuma berangan-angan gan
Jaman sekarang mana ada dp rumah 8jt?
Lagian beli rumah ga semudah beli kacang goreng gan,
Nih buat nambah2 pengetahuan ente baca neh
Biaya buat beli rumah bukan cm bayar rumahnya doang gan



di tempat ane banyak kok rumah DP 2,5 juta
halo gan

income 5jt/ bulan dan lokasi kerja ga'jauh2 dari keluarga itungannya uda enak
Kalo menurut ane:

~motor ga'penting2 amat beli CBR... kalo emang butuh motor bwt transportasi kenapa ga beli mokas aja yg masih bagus. 6-7 juta dapet mayan kan? Intinya beli CBR adalah opsi paling buruk buat agan... karena selain nge-DPin segitu, masih harus nyicil bulanan...

~beli rumah juga OK, tapi apa agan udah merencanakan mo merit dalam waktu deket? kalo belum, mending jangan dulu, kenapa? Memang investasi di bidang properti capital gain'nya bisa dibilang lumayan. Tapi dari segi likuiditas, rendah sekali likuiditasnya. Jadi, dalam hal ini kalau rumah memang belum jadi kebutuhan pokok, ga'ada salahnya diundur dulu.

~yang ketiga ini Sip banget, buat usaha... intinya usaha juga merupakan investasi (aktif). Dan investasi melindungi keuangan kita dari ketidakpastian perekonomian di masa depan. Dengan budget 10-15, agan bisa saja punya usaha beromzet sampai 5-7 juta per bulan. dengan pengelolaan yang baik tentunya...
Ane saat ini punya usaha laundry, baru aja, baru jalan 2 bulan, modalnya cuman 12 juta, selama dua bulan ini, omzet perbulan mencapai sekitar 5 jutaan... COGS setelah diitung2 ga' ada 30%nya... mayan kan? Alih2 menambah expense agan per bulan, agan bisa menambah income yang nantinya bisa buat mewujudkan keinginan no.1 & 2 tersebut.
Selamat mencoba
Quote:Original Posted By thezaoldyeck
Buat agan2 dan om Aidil yg ngerti masalah perencanaan keuangan ane mau tanya...

Umur ane sekarang 22 tahun, laki2, bekerja sebagai karyawan di tangerang, IT Help Desk
PENGHASILAN total perbulan, Rp 5.000.000
HUTANG & CICILAN tidak ada
TABUNGAN sekarang 10.000.000

Saya sekarang lagi bingung mau pilih mana,,
1. Beli motor CBR dngan DP 10 juta, cicilan 2 juta / bulan
2. Beli Rumah dengan DP 20 juta, cicilan 1.7 ~ 2 juta / bulan
3. Untuk mulai bisnis kecil2an, pakai modal 10 juta tadi, rencana laundry atau Ternak lele

Rumah penting karena sekarang saya sewa kost2an,, motor juga penting sekarang saya punya motor tapi rencana motor mau dipakai orang tua di jakarta,, bisnis, saya tau bisnis gak bisa instant tapi kalau bisnis brhasil saya bisa beli motor dan rumah sekaligus..

Saya bingung,, mohon saran nya...
Thx



dari gaji 5 juta perbulan dan tabungan agan yg 10 juta menurut ane
1. Pertama-tama agan rinci pengeluaran agan dalam 1 bulan, masih sisa berapa?
2. Dari sisa penghasilan tadi mungkin bisa ditabung buat tambah dp rumah, dan apa sisa dari pengeluaran agan itu nantinya bisa buat bayar cicilan rumah?
3. Kalau belum buat tambahan DP rumah, tabungan agan kalau buat bisnis laundry juga bagus tu, secara laundry udah dibutuhkan tu, ya harus dengan ketekunan dan setia dengan cita", karena gakk da yg instan

Ya mungkin itu dulu saran ane gan, smangat ja gan
Quote:Original Posted By biondje14
halo gan

income 5jt/ bulan dan lokasi kerja ga'jauh2 dari keluarga itungannya uda enak
Kalo menurut ane:

~motor ga'penting2 amat beli CBR... kalo emang butuh motor bwt transportasi kenapa ga beli mokas aja yg masih bagus. 6-7 juta dapet mayan kan? Intinya beli CBR adalah opsi paling buruk buat agan... karena selain nge-DPin segitu, masih harus nyicil bulanan...

~beli rumah juga OK, tapi apa agan udah merencanakan mo merit dalam waktu deket? kalo belum, mending jangan dulu, kenapa? Memang investasi di bidang properti capital gain'nya bisa dibilang lumayan. Tapi dari segi likuiditas, rendah sekali likuiditasnya. Jadi, dalam hal ini kalau rumah memang belum jadi kebutuhan pokok, ga'ada salahnya diundur dulu.

~yang ketiga ini Sip banget, buat usaha... intinya usaha juga merupakan investasi (aktif). Dan investasi melindungi keuangan kita dari ketidakpastian perekonomian di masa depan. Dengan budget 10-15, agan bisa saja punya usaha beromzet sampai 5-7 juta per bulan. dengan pengelolaan yang baik tentunya...
Ane saat ini punya usaha laundry, baru aja, baru jalan 2 bulan, modalnya cuman 12 juta, selama dua bulan ini, omzet perbulan mencapai sekitar 5 jutaan... COGS setelah diitung2 ga' ada 30%nya... mayan kan? Alih2 menambah expense agan per bulan, agan bisa menambah income yang nantinya bisa buat mewujudkan keinginan no.1 & 2 tersebut.
Selamat mencoba


Ane juga penganut prinsip lebih baik menambah pemasukan daripada mengurangi pengeluaran,,,

BTW ane sebenernya maksa pengeluaran buat mengontrol pengeluaran,, maksudnya gini, ane orang nya konsumtif dan royal tingkat akut, waktu gaji ane 2 jutaan abis sebulan, dan cukup,, dan waktu sekarang gaji 5 juta tetap abis dan gak jelas kemana

So daripada ane buat beli gak jelas mending ane nyicil yang berbentuk,, rumah pilihan terbaik, motor bisa lah beli second

BTW ane tertarik sama usaha nya,, Check PM ya gan

Thank;s
BTW

Quote:Original Posted By sinosaurus


dari gaji 5 juta perbulan dan tabungan agan yg 10 juta menurut ane
1. Pertama-tama agan rinci pengeluaran agan dalam 1 bulan, masih sisa berapa?
2. Dari sisa penghasilan tadi mungkin bisa ditabung buat tambah dp rumah, dan apa sisa dari pengeluaran agan itu nantinya bisa buat bayar cicilan rumah?
3. Kalau belum buat tambahan DP rumah, tabungan agan kalau buat bisnis laundry juga bagus tu, secara laundry udah dibutuhkan tu, ya harus dengan ketekunan dan setia dengan cita", karena gakk da yg instan

Ya mungkin itu dulu saran ane gan, smangat ja gan


Setuju juga nich ama yang ini

Sejujurnya ane maksain banget kalau mau ambil rumah, apalagi rumah yang ane ambil dari cicilan itu udah 40% THP / pendapatan ane,,
Belum lagi biaya beli rumah bukan cuma DP ada biaya KPR tetekbengek yang kira2 6-8% dari plaforn KPR, yang mana biaya nya ane gak punya

Thank;s
BTW
Quote:Original Posted By thezaoldyeck


Ane juga penganut prinsip lebih baik menambah pemasukan daripada mengurangi pengeluaran,,,

BTW ane sebenernya maksa pengeluaran buat mengontrol pengeluaran,, maksudnya gini, ane orang nya konsumtif dan royal tingkat akut, waktu gaji ane 2 jutaan abis sebulan, dan cukup,, dan waktu sekarang gaji 5 juta tetap abis dan gak jelas kemana

So daripada ane buat beli gak jelas mending ane nyicil yang berbentuk,, rumah pilihan terbaik, motor bisa lah beli second

BTW ane tertarik sama usaha nya,, Check PM ya gan

Thank;s
BTW



Setuju juga nich ama yang ini

Sejujurnya ane maksain banget kalau mau ambil rumah, apalagi rumah yang ane ambil dari cicilan itu udah 40% THP / pendapatan ane,,
Belum lagi biaya beli rumah bukan cuma DP ada biaya KPR tetekbengek yang kira2 6-8% dari plaforn KPR, yang mana biaya nya ane gak punya

Thank;s
BTW



Kl dilihat dari sifat royal dan agan lebih prefer untuk nyicil agar jelas pengeluaran mungkin beli rumah merupakan media yg tepat dalam menginveskan uang agan, tapi kembali lagi ke perincian pengeluaran agan, meskipun nyicil maksa, apakah masih sanggup
Kalau belum sanggup, mungkin bisa dipending untuk rumahnya, dan usaha laundry bisa segera direalisasikan agar bisa usaha lancar bisa menambah pendapatan untuk nyicil rumah
Tambahan ni gan sofware pengelola keuangan dari sebelah, barangkali bisa berguna
http://www.mediafire.com/?l34rh58rej1s004
Mau numpang komen aja..

kadang2 masalah kalo beli rumah itu adalah di DP..
susah buat dapetin uang buat DP..
gw juga gitu kok, angsurannya seh sanggup, tp buat DP ga ada dananya
sekarang seh gw lagi investasi di reksadana
dengan target jangka pendek, buat DP rumah
dan target jangka panjang buat dana pensiun..
ane si rumah aja gan.
bisa dikontrakkan sementara bs buat byr cicilan bulanan.
Quote:Original Posted By si_kacrut
Mau numpang komen aja..

kadang2 masalah kalo beli rumah itu adalah di DP..
susah buat dapetin uang buat DP..
gw juga gitu kok, angsurannya seh sanggup, tp buat DP ga ada dananya
sekarang seh gw lagi investasi di reksadana
dengan target jangka pendek, buat DP rumah
dan target jangka panjang buat dana pensiun..


Andai saja kamu investkan di bisnis, hasilnya jauh lbh drpda reksadana. Apalagi tujuan kamu rumah dan dana pensiun. Target pensiun brp tahun lg?
Quote:Original Posted By omahide


Andai saja kamu investkan di bisnis, hasilnya jauh lbh drpda reksadana. Apalagi tujuan kamu rumah dan dana pensiun. Target pensiun brp tahun lg?


sorry om, profile risk gw ga seberani itu..
ga pengen ngejar sesuatu yg muluk2 dan return nya gede, pengen ngejar punya asset aja
jadi setelah gw pelajari, akhirnya pilih reksadana yg lumayan nyaman buat gw..


kalo ane blh kasih masukan mendingan ditabung dl aja gan bwt kembangin bnr2 usaha yang meyakinkan...kalau usaha nya maju kan lebih enak bwt ke dpnny..bnr ga gan??hehehehe
sebelum beli rumah, coba agan uji diri dulu.
Bisakah saya menabung diatas uang cicilan rumah selama beberapa bulan? Misal cicilan 2jt, apa bisa saya menabung 3jt?
Udah lama gan kerjanya? Tabungan 10jt itu tot kumpul dari berapa bulan kerja? soalnya 5jt keitung besar ya, kalo udah lama kerja (diatas 1thn), perkiraan ane nabung bisa lebih dari itu. Apalagi agan masih bujangan.
Kl udah berumah tangga mah WOW gan, susah loh nabung...

Kalau kira-kira bisa, mending segera belikan rumah Biarpun terkesan lama 15 tahun, properti itu termasuk investasi yang selalu naik harganya. Kecuali ada bencana (spt lumpur lapindo).
Jadi yang sekarang nyicil 2jt sebulan, 5 thn kedepan udah berasa ringan karena uang kita terus kena inflasi.

Motor prefer beli 2nd, sesuai keperluan aja gan. Jangan yang bagus2 dulu. Nanti meningkat seiring peningkatan penghasila kita. Karena motor salah satu barang yang nilainya turun (sama kayak HP). Rugi bila membeli motor mencicil.

Bisnis, karena agan juga bekerja, menurut saya, fokuslah dulu pada pekerjaan sekarang. Bila sudah maksimal, baru sisihkan sebagian uang untuk berbisnis.

Btw dimana gan liat2 kpr subsidi? Pengen juga euy.. Buat pekerja swasta kayak ane.
Quote:Original Posted By yamboo
ane si rumah aja gan.
bisa dikontrakkan sementara bs buat byr cicilan bulanan.


sepemikiran ama ane gan...
klo ane beli tanah + bikin rumah sewa or kos2an beberapa kopel, trus sewain deh...
moga2 hasil sewa bisa buat nyicil pinjaman + jd income tetap...

jadi 2 kriteria terpenuhi : tempat tinggal dapet + bisnis jalan
×