met siang MIL
Quote:Original Posted By balaprabu

kalo itu jelas adalah sarat kusus yg diminta atau dipelajari turun temurun.
dan itu berbeda beda tiap perguruan dan aliran
, jd ga bisa disamain. misal dulu ada yang bilang kalo menggunakan receh dalam sajen itu menyalahi pakem. padahal dikeramat dekat rumah malah yg penting bunga dan receh.

pertanyaanya jadi "pakem mana yang dipake?" sedangkan tiap tempat beda beda pakemnya. kalo saya pake pakem orang lain yg ga jelas berarti saya ga menghormati keramat tempat saya datang. dimana tanah dipijak disitu langit dijunjung.

tp jelas bahwa kantil maksudnya supaya "kantil atau lengket"
melati untuk welase ati, kenongo supaya lekas keno.
jadi ya kalo ga ada gurunya ya silakan di ramu aja sendiri

klo d budaya toba biasanya pke jeruk purut plus sirih

meditasi bersama mendoakan leluhur dan alam ke 44

Pengumuman






meditasi bersama mendoakan leluhur dan alam akan dilakukan hari ini malam jumat tanggal 28 maret 2013. acara di mulai jam 9 malam wib sampai selesai.


tata cara:

  1. duduk rileks, kemudian silakan berdoa sesuai agama masing masing.
  2. yang mau bermeditasi silakan bermeditasi, yang tidak ingin bermeditasi tapi diganti berdoa dengan agama masing masing dipersilakan.
  3. mendoakan leluhur masing masing, mulai orang tua, kakek nenek, kemudian semua leluhur kita diatas baik tahu maupun tidak tahu.
  4. sampaikan salam, cinta kasih dan doa buat mereka
  5. ahiri dengan berdoa untuk semua alam dan seisinya
  6. ucapkan syukur ketika selesai
Quote:Original Posted By arleys10
selamat pagi mbahe


sore mbah
Quote:Original Posted By 766HI
met siang MIL

klo d budaya toba biasanya pke jeruk purut plus sirih


nah contoh yg tepat dr bang 766hhi neh
beda tempat beda cara





Tnyt cm brmakna scr simbolis saja yahh...hehehe kirain ada zat, unsur ato energi khas dr suatu bunga hingga dijadikan syarat suatu ritual atau sesajen harian btw wkt tmn sy ritual tarik khodam dg tradisi arabic yg biasax mnggunakan buhur ato minyak wangi diganti dg bunga kantil+mawar (yg mrupakan tradisi jawa) kok bs brhasil dg cepat juga...mgkn khodam yg brasal dr tradisi arabic jg mngerti makna simbolis dr sesajen ala jawa yah mkx diax jg mo cpt datang

Quote:Original Posted By balaprabu


kalo itu jelas adalah sarat kusus yg diminta atau dipelajari turun temurun.
dan itu berbeda beda tiap perguruan dan aliran, jd ga bisa disamain. misal dulu ada yang bilang kalo menggunakan receh dalam sajen itu menyalahi pakem. padahal dikeramat dekat rumah malah yg penting bunga dan receh.

pertanyaanya jadi "pakem mana yang dipake?" sedangkan tiap tempat beda beda pakemnya. kalo saya pake pakem orang lain yg ga jelas berarti saya ga menghormati keramat tempat saya datang. dimana tanah dipijak disitu langit dijunjung.

tp jelas bahwa kantil maksudnya supaya "kantil atau lengket"
melati untuk welase ati, kenongo supaya lekas keno.
jadi ya kalo ga ada gurunya ya silakan di ramu aja sendiri



Semalem akhirx ke komplek pemakaman sunan ampel stlh brtahun2 gk prnh brtamu ziarah kesana btw yg datang rame brjubel2 spt biasax kl hari kamis aplgi jum'at nya libur....stlh lakukan adab dan tatacara tradisi ziarah di makam sunan ampel dan mbah bolong trus balik pulang...wkt jalan keluar mlewati jalan menuju makam mbah soleh lha kok ada krentek hati kepingin bnget utk mampir..akhirx balik lg dan mnuju ke makam mbah soleh (seorg abdullah yg prnh mati dan hidup lg bbrp kali hingga makam beliau pun bnyk berjejer2). Sepulang balik k rmh, stlh qiyamulali spt biasax tawasul2 dulu sblm lakukan wirid..btw ada yg kjadian menarik disaat tawasul ke sunan ampel kluarga keturunanx+mbah bolong+mbah soleh stlh baca alfatehah kok tiba2 terdengar suara burung perkutut lg manggung yg sumber suarax sngt dekat berada di dlm kamar. Spt diketahui perkutut mrpkn burung khas piaraan lelaki jawa.....
*kira2 ini mrpkn isyarah apa ya puh Prabu??
Mngenai hal ini, apkh prnh dibabar ttg kekhasan utk bacaan yg disukai dr beliau yg di makam? Misalx klo ziarah ke sunan ampel, kita kirim/ hadiahi bacaaan surat al fatehah krn semasa hidupx beliau suka sekali amalan wirid al fatehah (ini brdasarkan dr sesepuh forsup jg yg kbetulan prnh sy baca di slh satu thread) *dan jg uborampex klo mgkn ada yg disukai oleh beliau yg d makam

Quote:Original Posted By balaprabu


nah contoh yg tepat dr bang 766hhi neh
beda tempat beda cara


Quote:Original Posted By atmabhima
Tnyt cm brmakna scr simbolis saja yahh...hehehe kirain ada zat, unsur ato energi khas dr suatu bunga hingga dijadikan syarat suatu ritual atau sesajen harian btw wkt tmn sy ritual tarik khodam dg tradisi arabic yg biasax mnggunakan buhur ato minyak wangi diganti dg bunga kantil+mawar (yg mrupakan tradisi jawa) kok bs brhasil dg cepat juga...mgkn khodam yg brasal dr tradisi arabic jg mngerti makna simbolis dr sesajen ala jawa yah mkx diax jg mo cpt datang





hal yang sama mungkin juga terjadi dengan daerah lainnya mbah. kayanya memang keghaiban itu unik. atau memang tergantung dari niatan kita dan dialog dengan khodamnya mbah.
Quote:Original Posted By atmabhima
Mngenai hal ini, apkh prnh dibabar ttg kekhasan utk bacaan yg disukai dr beliau yg di makam? Misalx klo ziarah ke sunan ampel, kita kirim/ hadiahi bacaaan surat al fatehah krn semasa hidupx beliau suka sekali amalan wirid al fatehah (ini brdasarkan dr sesepuh forsup jg yg kbetulan prnh sy baca di slh satu thread) *dan jg uborampex klo mgkn ada yg disukai oleh beliau yg d makam





dicoba aja mbah, disini deket rumah sukanya kalo nadzar pake kuda lumping mbah. kalo yang ditelaga sana sukanya wayangan tiap tahun. di kawasan tengger malah ga bole nanggap wayang karena akan dianggap menghina para bhatara bhetari. tiap daerah kekhasannya masing masing mbah. katanya ada makam disekitar pondok disini yang terkenal kalo pengen cepet hapal dan mengerti kitab kuning untuk riyadhoh menghatamkan quran disana. kalo sunan ampel sendiri saya kurang paham mbah kekhasannya.
Sy br inget ni puh...saat ziarah ke makam sunan bungkul brtahun2 yg lalu ada nampan plastik ditaruh di depan pintu makam yg isix uang recehan dan uang kertas seribuan yg udah usang bngt, dulu kirax sih anak2 sekitar situ yg mgkn abis mainan pasar2an trus ditaruh disitu krn gk dipake lg..stlh baca2 apa yg puh Prabu + yg lainx bicarakn disini itu nampan dan isix kok kykx jg mrpkn uborampe khas makam disitu yah

Quote:Original Posted By balaprabu


dicoba aja mbah, disini deket rumah sukanya kalo nadzar pake kuda lumping mbah. kalo yang ditelaga sana sukanya wayangan tiap tahun. di kawasan tengger malah ga bole nanggap wayang karena akan dianggap menghina para bhatara bhetari. tiap daerah kekhasannya masing masing mbah. katanya ada makam disekitar pondok disini yang terkenal kalo pengen cepet hapal dan mengerti kitab kuning untuk riyadhoh menghatamkan quran disana. kalo sunan ampel sendiri saya kurang paham mbah kekhasannya.


Quote:Original Posted By atmabhima
Sy br inget ni puh...saat ziarah ke makam sunan bungkul brtahun2 yg lalu ada nampan plastik ditaruh di depan pintu makam yg isix uang recehan dan uang kertas seribuan yg udah usang bngt, dulu kirax sih anak2 sekitar situ yg mgkn abis mainan pasar2an trus ditaruh disitu krn gk dipake lg..stlh baca2 apa yg puh Prabu + yg lainx bicarakn disini itu nampan dan isix kok kykx jg mrpkn uborampe khas makam disitu yah





bisa saja mbah, sama kaya kendi air depan makam mbah bungkul kan kekhasan di makam beliau. keramatnya katanya di air tersebut ya beliau
Iya puh kyk di makam sunan ampel...smpek skrg jg gk tahu air di sunan bungkul itu dr mana sumberx


Quote:Original Posted By balaprabu


bisa saja mbah, sama kaya kendi air depan makam mbah bungkul kan kekhasan di makam beliau. keramatnya katanya di air tersebut ya beliau


Quote:Original Posted By atmabhima
Iya puh kyk di makam sunan ampel...smpek skrg jg gk tahu air di sunan bungkul itu dr mana sumberx






sayang saya ga pernah nyoba minum airnya mbah
setahu saya namanya leluhur yang mendatangi kita itu tidak ada, semua itu adalah perbuatan jin yang menyamar/mengaku sebagai leluhur.

mohon maaf klo ada yang salah, mengingat saya masih newbie.
kripik dan saran saya terima

Quote:Original Posted By solitip
setahu saya namanya leluhur yang mendatangi kita itu tidak ada, semua itu adalah perbuatan jin yang menyamar/mengaku sebagai leluhur.

mohon maaf klo ada yang salah, mengingat saya masih newbie.
kripik dan saran saya terima



kl itu setahu anda dan menyakininya ya monggo aja ,asal tidak merusuh ditread ini ...apalagi agan masih newbie....silahkeun mengindahkan tata tertib dan sopan santun dimari....ibarat bertamu dirumah orang ya sepantasnya ketuk pintu dan mengucapkan permisi ....
sugeng siang mbah :beer
Seandaix uang recehan di nampan yg ada di pintu masuk makam sunan bungkul emng jd uborampe disitu, trus proses ritualx spt gmn puh?? Apa uang2 receh yg dah disiapkan sblmx itu saat tiba di pintu makam cm kita taruh di nampan gitu aja...ato ada proses ritual utk uborampe tsb?

Quote:Original Posted By balaprabu


sayang saya ga pernah nyoba minum airnya mbah


Quote:Original Posted By Lokier
Pengumuman







meditasi bersama mendoakan leluhur dan alam akan dilakukan hari ini malam jumat tanggal 26 juli 2012. acara di mulai jam 9 malam wib sampai selesai.


tata cara:

duduk rileks, kemudian silakan berdoa sesuai agama masing masing.
yang mau bermeditasi silakan bermeditasi, yang tidak ingin bermeditasi tapi diganti berdoa dengan agama masing masing dipersilakan.
mendoakan leluhur masing masing, mulai orang tua, kakek nenek, kemudian semua leluhur kita diatas baik tahu maupun tidak tahu.
sampaikan salam, cinta kasih dan doa buat mereka
ahiri dengan berdoa untuk semua alam dan seisinya
ucapkan syukur ketika selesai



semoga bermanfaat


botnya nyebar kemana2 enih
Quote:Original Posted By arleys10
sugeng siang mbah :beer


Malem puh...btw skali2 ilmux dibabar dimari dong puh