BankBCAAvatar border
TS
BankBCA
Lima Penemuan Sederhana Tapi Penting
Banyak benda diciptakan untuk memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Salah satunya adalah, lima penemuan sederhana dibawah ini yang tanpa disadari menjadi penemuan penting bagi peradaban manusia.


1. Resleting
Resleting tanpa slider pertama kali diciptakan oleh Elias Howe tahun 1851. Empat puluh dua tahun kemudian, Whitcomb Judson dari Chicago secara nggak sengaja membuat resleting dari dua buah rantai metal yang disatukan dengan slider untuk mempercepatnya memasang sepatu.
Sejak itu, resleting digunakan pada berbagai benda, hingga akhirnya tahun 1913, Gideon Sundback menyempurnakan bentuknya menjadi lebih kecil dan ringan, seperti yang kita kenal saat ini.

2. Tali
Tali pertama kali digunakan pada jaman Mesir kuno, sekitar tahun 3500 sebelum masehi. Saat itu tali terbuat dari serat sutra dan bulu binatang. Ide untuk membuat tali berasal dari batang anggur yang saling menjalin satu sama lain sehingga lebih kuat.



3. Roda
Sebenarnya nggak ada yang tahu kapan roda ditemukan, namun ada asumsi roda dibuat pertama kali sekitar tahun 3500 sebelum masehi oleh seorang penduduk di Mesopotamia. Saat itu ia merasa bahwa kegiatan memindahkan batu, pohon dan barang-barang berat lain sangat melelahkan. Hingga suatu hari ia melihat sebatang pohon menggelinding dengan mudah. Lalu muncullah ide untuk membuat roda.

4. Karet Gelang
Karet gelang pertama kali dipatenkan oleh Stephen Perry pada tahun 1845 di Inggris. Awalnya, ia menggunakan karet gelang untuk tujuan menyatukan begitu banyak kertas dan amplop di kantornya. Perry membuat karet gelang pertama dengan bahan dasar karet vulkanisir. Produksi karet gelang tidak pernah berhenti hingga saat ini, manfaat besar dari benda yang begitu sederhana.

5. Korek Api
Prinsip korek api pertama kali diciptakan pada tahun 1680 oleh Robert Boyle (penemu Boyle’s Law). Ia melapis kertas dengan fosfor, dan kayu dengan sulfur, saat keduanya digosokkan, terciptalah api. Namun, ciptaan Boyle tersebut kurang praktis digunakan sehari-hari. Nah, korek api yang kita kenal saat ini itu baru ditemukan 147 tahun kemudian oleh John Walker, seorang ahli kima dan apoteker asal Inggris. Walker memang selalu ingin bisa membuat api dengan mudah. Keinginannya tersebut terwujud justru tanpa sengaja, saat tongkat perapiannya tercelup dalam campuran kimia yang ia buat, kemudian tergesek ke dinding perapian, tongkat tersebut pun menyala.

Nah gan, penemuan-penemuan di atas tadi emang kelihatan sederhana, tapi coba agan bayangin kalau barang2 temuan itu ga pernah ditemuin? Mungkin hidup kita bakal jauh lebih ribet. Yuk gan kita hargain hal-hal sederhana di sekitar kita, bisa aja suatu hari nanti, hidup kita sangat bergantung sama hal-hal itu.

Spoiler for Sumber:

0
2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan