mademasuAvatar border
TS
mademasu
Penipuan bermodus travel agent yang dilakukan oleh PT Jasmine Java Raya
Saya ingin menceritakan kejadian Penipuan yang saya alami, dan saya harapkan agar para juragan kaskus lebih berhati - hati terhadap modus penawaran tidak jelas yang menjanjikan berbagai macam fasilitas yang mengiurkan.

Kejadian bermula pada hari senin 26 maret 2012, ketika itu saya dihubungi via telepon oleh marketing PT Jasmine Java Raya yang mengaku bernama Santo. dia menawarkan paket fasilitas yang disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja, yakni Java Raya Executive Club dengan membeli paket seharga Rp. 1.999.000 (satu juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah) dengan mendapatkan fasilitas 2 hari menginap di hotel yang melakukan kerjasama dengan pihak Java Raya dan mendapatkan 1 tiket penerbangan domestik kemanapun tujuan nya tanpa dipungut biaya apapun, selain itu apabila memiliki kartu member Java Raya dijanjikan mendapat potongan harga/harga spesial apabila ingin menginap di hotel yang melakukan kerja sama dengan pihak Java Raya/melakukan penerbangan dengan menggunakan Garuda Indonesia Airlines kemanapun tujuan nya, baik domestik ataupun internasional. Mendengar penawaran yg dijanjikan oleh Santo, maka saya pun cukup tertarik dan mengatur waktu untuk bertemu dengan Santo, selanjutnya kami pun melakukan pertemuan dengan Santo mendatangi rumah saya dan membawa paket Java Raya Executive Club tersebut dengan membahas soal pembayaran yang dapat diangsur dengan menggunakan kartu kredit 0% selama 12 bulan dan Santo pun berjanji apabila paket tidak digunakan sama sekali atau dengan kata lain dikembalikan secara utuh, maka uang akan dikembalikan sepenuhnya (100%).

Keesokan harinya, selasa 27 maret 2012, Santo pun mendatangi rumah saya sore harinya, sekitar pukul 17.30, dia beralasan datang sore karena banyak kerjaan di kantor dan sedang banyak nasabah yang ingin memesan Java Raya Executive Club, Santo pun melakukan basa-basi sebentar ketika berkunjung, lalu selanjutnya membahas soal Java Raya Executive Club, dan pola pembayaran nya. Pada awalnya, saya ingin melakukan pembayaran paket tersebut secara cash, namun Santo berdalih dan mengarahkan saya agak kredit dengan alasan sedang ada promo 0%, lalu saya menyetujui untuk melakukan pembayaran secara kredit, dan Santo ternyata memang seorang penipu, dia sudah menyiapkan mesin gesek kartu kredit. Saya dengan mudahnya memberikan kartu kredit CIMB Niaga saya, lalu digesek olehnya, setelah pertama kali gesek, dia beralasan sepertinya kartu saya ditolak oleh pihak bank, lalu dia bertanya apakah ada kartu kredit lain yang dapat dipakai, saya yang ga mau pusing, mengeluarkan kartu kredit BCA saya, lalu digesek olehnya pada mesin gesek yang dibawanya, dan tanpa saya sadari, saya telah melakukan pembayaran 2x untuk paket yang dijanjikan oleh Santo. Setelah melakukan pen-gesek-an kartu kredit sebanyak 2x, Santo pun berkata kartu kredit BCA yang berhasil, yang CIMB ditolak, tanpa rasa curiga sama sekali, saya percaya sama dia, dan dia memberikan saya tanda terima berupa secarik kertas dan paket produk Java Raya Executive Club.

Pada bulan Mei datang tagihan kartu kredit CIMB niaga saya, saya melihat ada yang ganjil pada tagihan bulanan saya, yakni pembayaran Java Raya Executive Club sebesar Rp. 1.999.000 (Satu juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu), melihat hal tersebut saya menghubungi pihak bank dan PT Jasmine Java Raya, setelah mendapat informasi dari pihak bank yang menyatakan bahwa transaksi yang dilakukan pada selasa 27 maret 2012 ternyata berhasil, mendengar hal tersebut saya konfirmasi kepada pihak PT Jasmine Java Raya, saya yang menelpon disambut baik oleh operator, lalu saya menceritakan apa yang saya alami, lalu operator berjanji bahwa tidak perlu khawatir, setelah periode kontrak selesai (1 April 2012 - 31 Maret 2013), uang saya akan dikembalikan seutuhnya apabila tidak ada penggunaan paket Java Raya Executive Club, saya merasa lega mendengar hal tersebut.

Pada bulan Agustus 2012, masa-masa liburan tiba, saya ingin melakukan perjalanan ke Bali bersama keluarga, saya ingin memesan hotel kepada pihak Java Raya, maka saya pun menghubungi 021-392 9552 yang mana merupakan no telepon PT Jasmine Java Raya, ketika menelpon saya berbicara kepada operator yang mengaku bernama Ria untuk memesan kamar di Hotel Fave Denpasar selama 4 hari 3 malam dan Hotel Maharani Kuta selama 2 hari 2 malam, operator pun berkata nanti dia akan memberikan konfirmasi lagi setelah melakukan reservasi kepada hotel terkait, saya menunggu selama 4 hari, tidak ada konfirmasi yang dilakukan oleh operator, maka saya berniat untuk menanyakan kepada Ria sang operator tersebut, lalu ketika berkomunikasi via telepon, Ria beralasan semua kamar yang saya pesan penuh semua.

Pada bulan Desember 2012, saya ingin melakukan reservasi pesawat dan hotel yang melakukan kerja sama, namun kata sang operator sudah penuh semua, sedangkan saya memesan 1 bulan dimuka


Selanjutnya bulan Januari 2013, saya yang merasa Java Raya Executive Club saya tidak gunakan sama sekali fasilitasnya, saya ingin mengembalikan kepada pihak PT Jasmine Java Raya, maka pada hari rabu 23 Januari saya mendatangi kantor Java Raya di daerah Raden Saleh, Jakarta Pusat. sampai di kantornya saya bertemu dengan 2 karyawati PT Jasmine Java Raya, menanyakan keberadaan Ria, lalu 2 karyawati tersebut beralasan Ria sedang tugas diluar kota, namun saya yakin salah satu dari mereka ada yg bernama Ria. lalu saya tidak ambil pusing, saya ingin mengembalikan paket produk Java Raya, dan berharap uang saya dapat kembali walaupun tidak 100%, mendengar hal tersebut, 2 karyawati tersebut beralasan akan menanyakan kepada atasan nya, lalu nanti akan dikonfirmasi kembali, sembari menyuruh saya bersabar, karena paket valid sampai maret 2013.

Menunggu seperti biasa tanpa kabar, pada Februari 2013, saya menelpon kembali kepada pihak Java Raya, lalu yang mengangkat telepon tersebut operator bernama Ria, lalu saya menanyakan Bagaimana nasib paket saya, apakah bisa refund atau lebih baik saya gunakan, Ria pun berkata paket tidak dapat refund sama sekali, lebih baik digunakan untuk liburan dengan memilih tempat dan tanggal tujuan. lalu saya menyetujui dan akan mengabarkan setelah saya ada waktu senggan untuk liburan.

Pada Maret 2013, seperti biasa, saya ingin melakukan reservasi, reservasi saya lakukan hari selasa 5 maret, saya ingin memesan kamar dengan menggunakan voucher, yakni 1 malam di Hotel maris Cihampelas pada 22 maret, lalu 1 malam di Hotel Amaris Mangga Dua Square, lalu sang operator
ingin melakukan konfirmasi kepada hotel terkait dan berjanji akan menghubungi saya paling lambat hari jumat 7 maret, pada hari Jumat saya menunggu konfirmasi, namun tidak ada kabar, lalu saya mencoba menelpon pihak kantor Java Raya, namun telepon saya tidak diangkat, Pada hari selasa 12 maret, saya masih penasaran dan menelpon, tapi tidak ada jawaban sama sekali, lalu sorenya saya telepon tapi ada nada bicara. Pada hari senin 18 maret, saya yang menyadari tindakan penipuan ini, mencoba menelpon pihak PT Jasmine Java Raya, lalu tidak diangkat, dan saya telepon 5 menit kemudian ada nada bicara yang menunjukkan bahwa kegiatan kantor masih ada, saya yang merasa kesal, mulai melakukan telepon berkali - kali, sampai telepon saya diangkat, usaha yang saya lakukan cukup berhasil, pada panggilan ke 60/70an, operator mengangkat dan respon dia seperti biasa, nanti di konfirmasi balik, namun kali ini saya minta kepastian, dan berjanji keesokan harinya ada di confirm. keesokan harinya tidak ada kabar, lalu saya menghubungi pihak kantor dengan telepon mencapai lebih dari 100x, lalu diangkat dan operator yg bernama Ria mengatakan pihak hotel akan memberikan konfirmasi kepada saya via sms, hari ini Kamis 21 maret 2013, saya menelpon kepada pihak Java Raya, lalu tidak diangkat, dan amarah saya muncul, saya menelpon pihak kantor tersebut hari ini mungkin ada sekitar 150an panggilan baru mendapat respon, namun jawaban nya bermacam2, dan beralasan kamar yang saya pesan dengan alasan penuh. menurut saya ini tidak masuk akal, lalu saya mencari tahu di pihak Hotel Amaris Mangga Dua Square, menanyakan kamar untuk hari minggu 24 maret apakah masih tersedia, dan pihak hotel menyatakan masih ada, lalu saya menanyakan apakah pihak hotel ada melakukan kerja sama dengan pihak Pt Jasmine Java Raya, namun petugas di bagian informasi hotel Amaris menyebutkan tidak ada kerja sama, sama sekali yang dilakukan oleh pihak Hotel Amaris dengan perusahaan tersebut, mengetahui hal itu, saya cukup kesal dan merasa tertipu, maka dengan surat ini saya menyatakan bahwa agar jangan mempercayai penawaran apapun yang diberikan oleh pihak PT Jasmine Java Raya.

Keterangan :
1. Sampai saat ini kantor PT Jasmine Java Raya masih berjalan seperti biasa, terbukti masih ada telepon masuk (nada sibuk) ketika saya menghubungi, namun pihak tersebut tidak mau mengangkat telepon saya, setelah melakukan puluhan panggilan baru ada jawaban.

2. Kantor PT Jasmine Java Raya terletak di Wisma Nugraha. Jalan Raden Saleh no 6 lt. 5 room 504 Jakarta Pusat 10430, Telp (021) 392 9552 Fax (021) 392 9553

3. 2 staff yang saya ketahui namanya, yakni Santo selaku marketing dan Ria operator

4. Total kerugian yang saya alami Rp. 1.999.000 x 2 = Rp. 3.998.000

Beberapa barang bukti yang saya miliki :








0
18.8K
57
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan