Quote:Original Posted By De.Gentoo



Malam Dok,
Untuk biaya hilangkan karang gigi brp ya?
Dan utk Tambal gigi dikenakan biaya brp?
Mohon infonya ya Dok.
Terima Kasih.


pm gan

sering menyikat gigi tidak menjamin gigi sehat



Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari merupakan syarat wajib yang harus dilakukan sebagai langkah standar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Rutin menyikat gigi dapat menjaga kesehatan gigi dan mencegah timbulnya gigi berlubang.

"Biasanya orangtua selalu cerewet untuk menyuruh anak-anak sikat gigi saat mandi, setelah makan, ataupun sebelum tidur. Tapi sayangnya cara ini saja tidak bisa mencegah timbulnya gigi berlubang," ungkap Prof Dr dr Melanie Soedono, MBiomed, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Melanie mengungkapkan, anggapan tentang menyikat gigi setiap hari bisa mencegah gigi berlubang adalah persepsi yang salah. "Gigi berlubang sebenarnya disebabkan karena gigi yang keropos," jelasnya.

Gigi keropos sendiri terjadi karena kerusakan pada struktur gigi, yang berdampak pada menipisnya email (lapisan keras yang melindungi gigi) dan lapisan terluar gigi sampai pada lapisan dalam gigi, yaitu dentin dan pulpa.

Menurutnya, tidak ada jaminan seseorang yang rajin menyikat gigi akan terbebas dari gigi berlubang. Karena semua hal ini dipengaruhi oleh waktu, cara menyikat gigi, serta jenis pasta gigi yang digunakan. Waktu menyikat gigi yang salah, misalnya setelah makan, bisa mengakibatkan gigi keropos karena kandungan asam di dalam mulut yang tinggi.

Cara menyikat gigi juga sangat berpengaruh pada kebersihan gigi. Gunakan bantuan cermin untuk melihat bagian gigi yang masih kotor, dan usahakan untuk menyikat gigi minimal satu sampai dua menit dengan membuat gerakan lingkaran-lingkaran kecil. Pastikan tidak ada makanan yang tertinggal di dalam gigi dan mulut, karena sisa makanan ini bisa menyebabkan adanya reaksi asam dari bakteri.

Ketika tidak bersih menyikat gigi, sisa makanan akan diuraikan oleh bakteri menjadi asam, dan asam inilah yang akan menyerang gigi dan membuat gigi menjadi keropos. Proses ini dikenal dengan nama proses demineralisasi. "Meski rajin sikat gigi, tapi kalau menggunakan cara, waktu, dan pasta gigi yang salah, justru akan membuat bakteri tetap bisa mengurai sisa makanan dalam mulut menjadi asam setiap harinya. Akhirnya gigi jadi mudah keropos dan berlubang," jelasnya.

mahkota gigi dan jembatan gigi








Mahkota Gigi

Apakah yang disebut dengan jembatan gigi?
Apakah yang dimaksud dengan gigi tiruan mahkota?
Dental crown adalah sarung yang berbentuk gigi yang disarungkan ke gigi untuk mengembalikan bentuk, ukuran, dan kekuatan gigi.
Gigi tiruan mahkota dapat mempertahankan fungsi gigi yang rusak. Perawatan ini dibutuhkan apabila hal-hal berikut terjadi:

Apabila gigi anda telah berlubang dan struktur gigi tidak cukup untuk ditambal.
Apabila bagian gigi anda retak atau pecah dan tidak dapat diperbaiki dengan teknik composite bonding.
Apabila anda pernah menggunakan implan gigi untuk menggantikan gigi yang lepas, gigi tiruan mahkota (sarung gigi) dapat dipakai sebagai mahkota.
Setelah menyelesaikan perawatan saluran akar, gigi tiruan mahkota biasanya sering diperlukan untuk memperkuat gigi.
Apabila anda punya kebiasaan menggertakkan gigi dan memiliki pola diet yang buruk, erosi asam bisa memperkecil gigi dimana solusi perawatan yang memungkinkan hanyalah menyarung gigi tersebut.
Untuk gigi yang lemah atau yang memerlukan tambalan yang besar, gigi tiruan mahkota dapat melindungi gigi dari keretakan yang lebih parah. Gigi tiruan mahkota biasa digunakan untuk gigi belakang karena proses mengunyah dengan tekanan tinggi.

Jembatan Gigi

Apakah yang disebut dengan jembatan gigi?
Jembatan gigi, yang juga dikenal dengan gigi palsu tetap sebagian, digunakan untuk menggantikan satu atau lebih dari satu gigi yang hilang dan melekat pada gigi asli yang terletak di sebelahnya atau gigi implan.

Keuntungan dari Pemakaian Jembatan Gigi
Jembatan gigi tidak hanya memperbaiki penampilan, tetapi juga fungsi gigi dengan cara menggantikan gigi yang hilang.
Jembatan gigi terlihat sama seperti gigi asli dan membuat Anda dapat mengunyah dan menggigit seperti gigi Anda sendiri.
Jembatan gigi mencegah gigi yang bersebelahan dengan gigi yang hilang, bergerak ke celah yang ditinggalkan gigi yang tanggal tersebut.
Jembatan gigi juga meningkatkan kemampuan berbicara dengan cara menutup celah-celah di antara gigi.

10 Tip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, beberapa hal – yang kadang terdengar remeh - perlu dilakukan. Berikut tips soal bagaimana merawat gigi Anda:

Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.

Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.

Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

Berhati-hati dalam menggunakan pemutih gigi.

Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut.

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau makanan bertepung. Sisa-sisa makanan ini dapat melekat pada gigi.

Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri.

Batasi anggur merah, kopi, dan teh.

Berhenti merokok.

Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin.

Prosedur Pemasangan Implant Gigi




Dental Implant, Gantikan Gigi Permanen Yang Rusak

Dental Implant, teknik perawatan gigi yang paling efektif untuk menggantikan gigi permanen yang rusak.

Drg.Michael H Sp.KG


Memiliki senyum yang sehat dan menawan tentu menjadi dambaan semua orang. Namun sayang, tidak semua orang memiliki susunan gigi yang cantik. Bahkan karena pola makan yang tidak sehat, banyak remaja yang giginya berlubang dan tentu saja efek jangka panjangnya, gigi permanennya akan rusak. Lantas, bagaimana caranya agar kita memiliki gigi putih dan terlihat seperti asli untuk menggantikan gigi permanen yang telah rusak?

Beberapa tahun terakhir, teknologi kedokteran telah mampu memberikan solusi terhadap tanggalnya gigi permanen dengan metode implant gigi. Lalu apakah implant gigi itu? metode implant gigi sudah ditemukan di dunia kedokteran sejak 10 tahun terakhir. Teknologi ini sendiri telah mampu berfungsi untuk menggantikan gigi asli. Di dalam Gigi asli terdapat dua bagian, yaitu akar gigi yang tertanam di dalam tulang dan mahkota gigi yang muncul di bagian rongga mulut. Sedangkan gigi palsu biasanya tidak memiliki akar yang bisa tertanam di dalam tulang. “Untuk teknologi ini, ada dental implant atau gigi palsu yang memiliki bagian yang masuk ke dalam tulang dan menggantikan akar,”

Definisi implant gigi sendiri, adalah akar gigi tiruan yang ditanam ke dalam rahang untuk menanam gigi. Proses penanaman dilakukan melalui mekanisme pembedahan minor, yaitu dengan cara membuka gusi dan kemudian membuat lobang di bagian tulang dengan ukuran antara 3-4 milimeter. “Tempat implant gigi ini yaitu di bagian gigi yang sudah dicabut. Jadi gigi sudah dicabut dan ditempat yang kosong itulah dilakukan penanaman implant gigi.

Hal ini tentu berbeda dengan konsep penambalan gigi, karena gigi masih tersisa kemudian dibor dan bagian yang berlubang pada gigi tersebut baru ditambal. Dental gigi atau gigi palsu yang akan ditanam berbentuk silinder dengan diameter 3-4 milimeter dengan panjang antara 10-13 milimeter. Jadi yang ditanam itu akarnya, kemudian ada baut yang menyambung antara implant yang ditanam di dalam dan yang keluar dibagian rongga mulut. Gigi ini sifatnya statis dan tidak tumbuh.

Tidak untuk Anak-Anak.

Metode implant ini tidak diajurkan diterapkan pada anak-anak, tetapi lebih tepat bagi remaja yang berusia di atas 17 tahun. Implant ini tepat dan cocok bagi mereka yang tidak dalam masa pertumbuhan.

Memang mencegah sejak dini bisa mencegah seseorang untuk melakukan perawatan dan mengeluarkan biaya besar. Di antaranya dengan melakukan medical check-up setiap enam bulan sekali, menggosok gigi teratur, menghindari makanan yang merusak gigi, segera menambal gigi yang berlobang.

Dental implant ini berfungsi menggantikan gigi yang telah tanggal (ompong) atau gigi berlubang yang bebas akar. Pemasangannya tidak membutuhkan waktu lama. Mekanisme pemasangan gigi atau penanaman dental gigi ini hampir menyerupai pencabutan gigi, yaitu dilakukan dengan bius lokal dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit.

Tetapi sebelumnya akan dilihat dulu kesehatan pasien secara umum untuk bisa menjalani prosedur implant gigi. Untuk pasien perokok misalnya, mereka dianjurkan untuk mengurangi kadar merokoknya satu hingga tiga bulan sebelum prosedur dijalankan, bahkan kalau bisa berhenti merokok sama sekali.Tidak hanya itu, bagi pasien kencing manis, maka pasien tersebut harus mengontrol dulu kadar gula darahnya.

Meski relatif aman, pasien harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan, di antaranya tulang gigi pasien harus sehat dan cukup tebal, karena pasien yang sudah kehilangan gigi maka tulangnya menciut dan menipis. Bagi pasien yang seperti ini, maka harus dilakukan grafting, artinya tulang gigi tersebut dilebarkan sampai mendekati ukuran gigi yang akan dipasang.

Kelebihan implant ini dibandingkan dengan gigi palsu pada umumnya, karena bentuk serta fungsinya mendekati gigi aslinya.

Bahan implant ini terbuat dari titanium, atau logam yang bersifat bioinner yang artinya saat bahan ini dimasukkan ke dalam tulang, maka badan tidak menganggap sebagai bahan asing. Jadi tidak ada reaksi penolakan. Meskipun memiliki kelebihan, implant gigi ini juga mempunyai kelemahan, salah satunya yaitu suatu saat dental gigi ini akan goyang dan gigi palsu ini kemudian diangkat dan diganti yang baru dengan diameter yang lebih besar.

Karena secara medis gigi asli-pun bisa mengalami hal yang sama. Dan ketika prosedur implant ini diganti, maka akan ada mekanisme grafting agar supaya tulang siap menerima implant berikutnya. Setelah pemasangan implant, maka akan ditunggu dua sampai tiga bulan, yaitu untuk menunggu terjadinya integrasi agar implant ini menempel pada tulang.

Bisa Bertahan 5-10 Tahun

Bagi pasien yang telah memasang implant, dianjurkann untuk melakukan check-up untuk pembersihan, ataupun saat timbul kerusakan sehingga tidak menyebabkan implant itu harus diganti. Setelah tiga bulan pemasangan, maka implant gigi ini sudah menyatu dengan tulang sehingga tidak perlu dilepas seperti pada gigi palsu yang umum ditemukan selama ini.

Prosedur implant gigi ini memang relatif sukses jika dilakukan terhadap pasien yang memiliki tulang gigi yang kuat. Dental implant ini bisa bertahan di atas 5 tahun, bahkan sampai 10 tahun lebih.

Pembuatan Mahkota Gigi Porselen

Valplast - Gigi palsu lepasan anti pecah

l

Implant Gigi Dengan menggunakan Zirconia

Veneer Gigi

dok, bisa minta info buat pemasangan kawat gigi...
makasih ya dok..
Quote:Original Posted By ratrianti
dok, bisa minta info buat pemasangan kawat gigi...
makasih ya dok..


Halo... terima kasih atas pertanyaannya Macam kawat gigi memang banyak, tapi yang paling sering digunakan adalah yang dari metal bracket, dan transparan yaitu dari bahan komposit dan saphire. Harganya sangat beragam, namun biasanya bracket transparan lebih mahal daripada metal.








-------------------Meratakan Gigi (Orthodontic)-----------------------------------------
Tujuan utama dari perawatan kawat gigi (orthodontic) adalah mendapatkan penampilan susunan gigi yang bagus dan wajah yang menyenangkan secara estetika dengan fungsi yang baik. Untuk mencapai hasil perawatan ortodontic yang ideal dipengaruhi banyak faktor. Faktor paling penting yang menentukan keberhasilan perawatan ortodontic adalah operator dimana dilakukan oleh seorang yang benar-benar ahli.

Kawat Gigi atau Behel | Bikin Bangga Sekaligus Merawat

Tren kawat gigi atau behel mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Benda yang satu ini dikenal sebagai alat perapi gigi yang modern. Di Indonesia, penggunaan kawat gigi baru dimulai pada tahun 80-an dan semakin popular pada awal tahun 2000-an.

Beberapa tahun lalu, kawat gigi (behel) sempat menjadi tren. Tapi, sampai sekarang justru semakin tren. Pemakai behelpun tak ada batas usianya. Mulai dari wanita hingga pria atau remaja hingga orangtua.

Artinya, mengenakan behel sudah menjadi tren di semua lapisan masayarakat. Baik usia tua, muda, bahkan dikalangan anak-anak. Selain fungsi dari kawat gigi untuk menambah cantik penampilan, justru yang paling utama gunanya untuk menjaga kualitas gigi agar terawat dan tetap sehat.


-------------------------Meratakan Gigi TANPA RASA SAKIT---------------------------

[center]
[center]





Berhubung banyak orang yang bertanya "PAKE BEHEL SAKIT GA SI ???"
jawabannya, Jika memakai Behel Biasa... akan sakit dalam 2 minggu pertama...
tetapi para ahli DR Gigi Dunia Membuat terobosan baru dalam dunia perbehelan...

yaitu Damon System Bracket :

Apa itu Damon System Bracket?

Damon System Bracket merupakan tekhnologi kawat gigi cekat ( behel ) terbaru yang dapat bergerak lebih mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada Behel Konvensional.

Damon system dalam perawatannya tidak menggunakan karet, akan tetapi pada bracketnya memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan. Oleh karena itu tanpa karet, tekanan yang biasanya menimbulkan rasa sakit dari tekanan karet tidak lagi dirasakan pada behel Damon System ini. Behel ini pun memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pasien dan pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

Dalam melakukan perawatan, kunjungan dokter yang dibutuhkan selama perawatan adalah per 8-10 minggu sekali, tidak sesering pada behel konvensional yang biasanya 3-4 minggu sekali.

tekhnologi damon ini menghasilkan senyum pasien yang full dan alami (10 gigi terlihat pada saat senyum )
Quote:Original Posted By luxor_wynn88


Halo... terima kasih atas pertanyaannya Macam kawat gigi memang banyak, tapi yang paling sering digunakan adalah yang dari metal bracket, dan transparan yaitu dari bahan komposit dan saphire. Harganya sangat beragam, namun biasanya bracket transparan lebih mahal daripada metal.








-------------------Meratakan Gigi (Orthodontic)-----------------------------------------
Tujuan utama dari perawatan kawat gigi (orthodontic) adalah mendapatkan penampilan susunan gigi yang bagus dan wajah yang menyenangkan secara estetika dengan fungsi yang baik. Untuk mencapai hasil perawatan ortodontic yang ideal dipengaruhi banyak faktor. Faktor paling penting yang menentukan keberhasilan perawatan ortodontic adalah operator dimana dilakukan oleh seorang yang benar-benar ahli.

Kawat Gigi atau Behel | Bikin Bangga Sekaligus Merawat

Tren kawat gigi atau behel mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Benda yang satu ini dikenal sebagai alat perapi gigi yang modern. Di Indonesia, penggunaan kawat gigi baru dimulai pada tahun 80-an dan semakin popular pada awal tahun 2000-an.

Beberapa tahun lalu, kawat gigi (behel) sempat menjadi tren. Tapi, sampai sekarang justru semakin tren. Pemakai behelpun tak ada batas usianya. Mulai dari wanita hingga pria atau remaja hingga orangtua.

Artinya, mengenakan behel sudah menjadi tren di semua lapisan masayarakat. Baik usia tua, muda, bahkan dikalangan anak-anak. Selain fungsi dari kawat gigi untuk menambah cantik penampilan, justru yang paling utama gunanya untuk menjaga kualitas gigi agar terawat dan tetap sehat.


-------------------------Meratakan Gigi TANPA RASA SAKIT---------------------------

[center]
[center]





Berhubung banyak orang yang bertanya "PAKE BEHEL SAKIT GA SI ???"
jawabannya, Jika memakai Behel Biasa... akan sakit dalam 2 minggu pertama...
tetapi para ahli DR Gigi Dunia Membuat terobosan baru dalam dunia perbehelan...

yaitu Damon System Bracket :

Apa itu Damon System Bracket?

Damon System Bracket merupakan tekhnologi kawat gigi cekat ( behel ) terbaru yang dapat bergerak lebih mandiri dan bebas dalam memperbaiki kondisi gigi tanpa ada hambatan dari karet yang biasanya digunakan pada Behel Konvensional.

Damon system dalam perawatannya tidak menggunakan karet, akan tetapi pada bracketnya memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan. Oleh karena itu tanpa karet, tekanan yang biasanya menimbulkan rasa sakit dari tekanan karet tidak lagi dirasakan pada behel Damon System ini. Behel ini pun memiliki ukuran yang lebih kecil dari generasi sebelumnya, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pasien dan pembersihan gigi menjadi lebih mudah.

Dalam melakukan perawatan, kunjungan dokter yang dibutuhkan selama perawatan adalah per 8-10 minggu sekali, tidak sesering pada behel konvensional yang biasanya 3-4 minggu sekali.

tekhnologi damon ini menghasilkan senyum pasien yang full dan alami (10 gigi terlihat pada saat senyum )


iya dok, emang berencana pasang kawat gigi udah lama, bisa diinfoin range biaya pemasangan + perawatannya ga dok?
makasuh ya dok..
Quote:Original Posted By mmuaach
mas gan, kalo mo cabut gigi biayanya kira2 brp ya? trus alamat tmpt prakteknya dmn? thankies


Call or SMS
0818530877
081 233 44 33 50

Dental office:
Jl. Bromo No. 70 Malang Jawa Timur
Indonesia

by pm ya....

Kapan Harus ke dokter Gigi

Malas Sikat Gigi Bisa Memicu Kanker?

Jangan pernah menganggap remeh kebersihan gigi dan mulut. Baru-baru ini, para ilmuwan di Swedia menemukan bahwa peningkatan plak pada gigi telah dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker.

Penelitian ini merupakan sebuah studi observasional yang dipublikasikan secara online dalam British Medical Journal Open, melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009. Pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanyai terkait faktor-faktor kemungkinan akan peningkatan risiko kanker, termasuk menilai kebersihan mulut mereka.

Setelah kurun waktu 24 tahun, 58 pasien meninggal dan 35 di antaranya akibat kanker. Mereka yang meninggal secara signifikan memiliki jumlah plak gigi jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada partisipan yang telah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup.

Peneliti mencatat, partisipan yang meninggal memiliki indeks skor antara 0,84 sampai 0,91 - yang menunjukkan bahwa daerah gusi pada gigi ditutupi plak - sedangkan mereka yang masih hidup memiliki skor lebih rendah 0,66-0,67 - yang menunjukkan cakupan plak hanya sebagian saja.

Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun pada perempuan dan 60 tahun untuk pria. Peneliti mengira, para wanita seharusnya dapat hidup sekitar 13 tahun lebih lama, dan pria 8,5 tahun lebih lama, sehingga kematian mereka bisa dianggap prematur, kata para peneliti.

"Berdasarkan temuan ini, tingginya muatan bakteri pada permukaan gigi dan gingiva selama waktu yang berkepanjangan mungkin memainkan peran dalam karsinogenesis," kata peneliti.

Namun, penulis mengingatkan bahwa penemuan mereka tidak membuktikan bahwa penyebab plak gigi sebagai penyebab kanker. "Hipotesis penelitian kami melihat buruknya kebersihan mulut, sebagaimana tercermin dalam jumlah plak gigi, dikaitkan dengan meningkatnya kematian akibat kanker," jelasnya.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati," ucap peneliti.

Plak gigi menandakan buruknya kebersihan mulut dan merupakan sumber potensi infeksi, yang juga punya hubungan dengan masalah kesehatan sistemik.
dok kalo boleh tau range biaya buat pemasangan + perawatan kawat gigi berapa ya?
makasiih gan...
Quote:Original Posted By ratrianti
dok kalo boleh tau range biaya buat pemasangan + perawatan kawat gigi berapa ya?
makasiih gan...


antara 4 juta sampai 12 juta tergantung kesulitan dan jenis behel
Quote:Original Posted By ratrianti


iya dok, emang berencana pasang kawat gigi udah lama, bisa diinfoin range biaya pemasangan + perawatannya ga dok?
makasuh ya dok..


antara 4 juta sampai 12 juta tergantung kesulitan dan jenis behel

Gigi Anak Geripis, Bagaimana Solusinya?

TANYA :

Dok, anak saya berumur 6,5 tahun dan ia memiliki gigi geripis kehitaman. Apakah gigi geripis (ompong kehitaman) ini bisa merusak gigi yang nantinya akan mengantikan gigi susu tersebut? Mengingat sudah tumbuh gigi tetap satu tetapi tidak sesuai (letaknya miring) di depan. Bagaimana cara mengatasinya dok? Terimakasih.

(Dian Lusliana, 31, Malang)



JAWAB :

Ibu Dian yang baik,

Gigi susu dalam kaitannya dengan pertumbuhan gigi permanen memiliki fungsi yang penting, yaitu sebagai pemandu gigi tetap untuk tumbuh sesuai posisinya pada lengkung rahang.

Jika gigi susu rusak, misalnya kondisinya berlubang, kehitaman, atau mahkota gigi-nya tinggal sisa sedikit, maka dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen-nya. Apabila gigi susu yang rusak tersebut tidak dirawat, lama-kelamaan dapat lepas sebelum waktunya dan menyebabkan gigi permanen kehilangan pemandunya untuk tumbuh keluar gusi. Sehingga, gigi permanen-nya dapat tumbuh diluar lengkung rahang, dan secara klinis gigi permanen terlihat miring atau bertumpuk.

Cara mengatasi masalah gigi susu yang sudah terlanjur “geripis” (mahkota gigi sisa sedikit dan kehitaman) adalah dengan menghilangkan infeksi-nya dan menutupnya dengan tambalan yang dapat merangsang pengembalian mineral gigi.

Setelah gigi “geripis” dilakukan penambalan, langkah selanjutnya adalah melakukan kebiasaan yang baik bagi kesehatan rongga mulut anak anda, antara lain:

1. Melakukan penyikatan gigi dengan teknik yang tepat dan optimal, yaitu dengan gerakan horizontal agar lebih mudah ditiru anak. Buatlah suasana menyikat gigi jadi menyenangkan dan tidak monoton, sehingga anak tidak terburu-buru dalam melakukan sikat gigi. Tidak lupa anda harus ikut membersihkan ulang gigi anak anda, sehingga pembersihan gigi lebih maksimal. Gunakan juga kain kasa yang dibasahi air matang, untuk membersihkan lidah anak anda.

2. Merangsang aliran air ludah dengan cara banyak makan buah yang berserat dan sayuran hijau, serta banyak mengkonsumsi air mineral. Sehingga lingkungan rongga mulut anak anda senantiasa dalam tingkat keasaman yang optimal.

3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis diantara waktu makan utama, untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

4. Jika anak anda memiliki kebiasaan minum susu (ngedot) sebelum tidur atau sambil tidur, maka anda harus memberikan air putih setelahnya. Kemudian bersihkan gigi dan lidah anak anda menggunakan kain kasa yang dibasahi air matang.

5. Rutin melakukan pemeriksaan seluruh gigi, serta melakukan pembersihan karang gigi di Dokter Gigi.

Sedangkan untuk gigi permanen yang tumbuhnya sudah miring, harus dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu. Kemudian baru dapat ditentukan perawatan apa yang tepat.

Anda dapat mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Gigi Anak (Drg., SpKGA) untuk konsultasi lebih lanjut dan mendapatkan perawatan bagi gigi anak anda.

Demikian Ibu Dian, semoga dapat membantu

Pemutihan Gigi, Adakah Efek Sampingnya?




Dok, saya ingin bertanya apakah tindakan pemutihan gigi ke dokter itu bagus manfaatnya? Karena menurut pendapat teman-teman, pemutihan gigi itu justru akan menyebabkan kehilangan email gigi sehingga mudah keropos, apakah anggapan itu benar? Mohon penjelasannya, bagaimana sebaiknya dan seberapa sering melakukan pemutihan gigi? Terima kasih.

(Haris, 21 tahun, Medan)

JAWAB :

Hai Haris,

Tindakan pemutihan gigi yang dilakukan di tempat praktek Dokter Gigi, termasuk tindakan pemutihan gigi vital ekstrakorona atau disebut juga in-office bleaching. Pada tindakan ini, bahan pemutih gigi diletakkan di permukaan luar email gigi. Bahan yang paling umum digunakan untuk tindakan ini adalah hidrogen peroksida 30-35%. Setelah bahan pemutih diaplikasikan, proses selanjutnya adalah dilakukan pemanasan, penyinaran, kombinasi pemanasan-penyinaran, atau sama sekali tidak menggunakan pemanasan-penyinaran.

Tentu saja pemutihan gigi ada manfaatnya, yaitu untuk menanggulangi pewarnaan pada gigi, dan membuat gigi anda berwarna lebih cerah dengan menggunakan bahan kimia.

Namun perlu juga anda mengetahui efek samping yang dapat terjadi.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah prosedur pemutihan gigi di tempat praktek Dokter Gigi, khususnya yang menggunakan penyinaran atau pemanasan adalah:
1. Nyeri setelah prosedur (pulpalgia).
Gejala nyeri yang terus-menerus, dapat terjadi selama atau setelah prosedur dan menetap selama 24-48 jam. Intensitas pulpalgia berkaitan dengan durasi dan temperatur prosedur. Jika sensitif terhadap rasa dingin berlanjut, gunakanlah fluor topikal (yang dioles) dan pasta gigi pengurang sensitif.

2. Kerusakan pulpa (kerusakan ruang saraf dan pembuluh darah pada gigi).
Walaupun beberapa peneliti tidak menemukan efek yang signifikan pada pulpa, prosedur pemutihan harus dilakukan hati-hati. Sebaiknya tindakan pemutihan tidak dilakukan pada rongga mulut yang memiliki gigi berlubang, dentin yang terbuka atau yang sudah dekat tanduk pulpa. Oleh karena itu, semua tambalan yang tidak baik harus diganti dulu dan gigi dengan tambalan yang besar merupakan kontraindikasi untuk tindakan pemutihan gigi.

3. Kerusakan jaringan keras gigi.
Hidrogen peroksida dapat menyebabkan kerusakan morfologi dan struktur pada email, dentin, dan sementum menyebabkan jaringan keras gigi menjadi lebih mudah rusak dan dapat menyebabkan lubang gigi baru.

4. Kerusakan mukosa.
Dapat terjadi ketika bahan pemutih berkontak dengan jaringan pada rongga mulut. Dapat timbul ulserasi dan sloughing karena adanya gelembung oksigen di jaringan. Umumnya jaringan akan terlihat berwarna putih tapi tidak akan meninggalkan jaringan parut. Pencegahannya adalah mengaplikasikan krim pelindung atau katalase, dan bila terjadi kerusakan mukosa, bilas dengan air yang banyak sehingga warna putihnya mereda.

Namun, anda tidak perlu khawatir, karena Dokter Gigi dapat melakukan tindakan pencegahan terjadinya efek samping paska tindakan pemutihan gigi. Misalnya pengaplikasian krim pelindung gusi selama prosedur pemutihan gigi, penggunaan bahan pemutih gigi dengan kandungan yang aman, dan menggunakan karet pelindung gigi dan gusi.
Sedangkan pencegahan terjadinya kerusakan email setelah tindakan pemutihan gigi, antara lain menggunakan bahan pemutih gigi dengan kandungan yang aman, serta mengaplikasikan fluor untuk mengembalikan mineral-mineral gigi yang hilang.

Perlu diingat bahwa, tidak semua pasien bisa langsung dilakukan tindakan pemutihan gigi. Pasien-pasien yang memiliki gigi berlubang dangkal, gigi berlubang dalam yang hampir mengenai ruang saraf dan pembuluh darah, gigi hipersensitif, dan terdapat tambalan yang buruk dan rusak, harus dilakukan perbaikan dan perawatan terlebih dahulu sampai kondisi giginya membaik.

Frekuensi melakukan tindakan pemutihan gigi di Klinik Dokter Gigi tidak boleh terlalu sering dan dalam jangka waktu yang berdekatan. Sebaiknya anda boleh melakukan pemutihan gigi kembali, setelah warna gigi anda berubah kembali seperti warna semula. Rata-rata waktu bertahannya warna gigi setelah tindakan pemutihan adalah 1 tahun, tergantung kebiasaan makan, minum dan merokok setiap pasien.

Anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Drg., SpKG) atau Dokter Gigi yang sudah memiliki sertifikasi untuk tindakan pemutihan gigi, supaya anda aman dan nyaman.

Demikian Haris, semoga cukup jelas.