KASKUS

Quote:Original Posted By christaldhi
Agan mastah minta tolong, Mobil saya Honda City 2003 matic, permasalahan timbul bila jalanan agak / full nanjak terdapat suara di bagian kiri roda, gluduk gluduk halus dan aga ndut2an bergetar..bila di jalanan lurus tidak pernah, kecuali saat jalan stabil lurus lalu saya mengerem dan berhenti, dan saat injak gas pertama kadang kadang terasa suara gluduk2 di roda bagian kirinya ( tapi ga sesering frekuensinya saat nanjak )..
Apakah engine mountingnya atau cuma ban slip halus krn kurang nyengkram ke jalan.
Terima kasih.


numpang kasih pendapat ya TS
selamat sore agan yang citynya bermasalah

untuk kasus agan kemungkinan penyebabnya adalah komponen yang berhubungan dengan mesin dan turunannya, karena pada saat nanjak agan butuh power lebih, kemungkinan mounting bisa saja, silahkan dicek gan, di bagian kiri merupakan bagian transmisi maticnya, silahkan dicek bagian gardan nya gan, bisa juga dari bagian itu suaranya. untuk info detail dan hal teknis lainnya silahkan dilihat disini

DEMIKIAN SEMOGA MEMBANTU
cmiiw
Quote:Original Posted By bintang ad

Jadi kalo lagi jalan lurus,ban lurus tapi di stirnya yg miring gan

- Abis spooring 1 & 2 : ban lurus = stir miring kiri dikit (stir sempet lurus tp gak bertahan lama,cuman beberapa hari)

-Abis spooring 3 (abis ganti karet support shockbreker) : ban lurus = stir lurus,tapi saya sempet pergi lewatin jalan yang rusak cukup parah dan setelah perjalanan pulang baru nyadar kalo posisi stir udh miring lagi,tapi kali ini ban lurus = stir miring ke kanan

Ini masalahnya dimana ya?


klo abis spooring itu stir nya ga mau lurus posisinya, ada kemungkinan as di stir itu deh udh aus/rusak..
makanya itu si stir ga mau lurus aja...
klo buat mobil-mobil yang ga ada airbagnya rada gampang digantinya ke bengkel, cuma klo mobil udh ada airbag rada susah cabut stirnya..
coba di cek deh itu keliatannya sih as stir nya yang bermasalah klo udh sampe spooring 3x masih masalah terus...
n klo as stir yang kena, emang udh pasti pas waktu di spooring ga bakal ketauan, krn org spooring kn liatnya kaki-kaki mobilnya... as stir ga akan mereka cek...

Quote:Original Posted By nevergiveup0609
gan...mobil ane city z 2001..mao nanya masalah kaki2 nih..klo lagi jalan yg kurang rata tuh berisik bngt...trus klo seandainya ke bengkel agan berapa biayanya untuk benerin kaki2 y gan? thx before


wah nanya biaya sih pm aja ya gan... hehe tar dikirain TS jualan...
gambaran buat masalah kaki-kaki mobil tuh luas banget, jadi soal harga servis nya, onderdilnya, abis berapa, ga bisa di prediksi sampe bener-bener ketauan aapa aja yang mau digantinya...
klo cuma ganti laher ya murah, tapi klo ganti laher + balljoin + sayap pasti mahal.. gitu lah kira-kira gan...
maap kurang bisa membantu soal prediksi harga...

Quote:Original Posted By skunkunk
permisi gan...nubi mau tanya nih
mbol ane ada sedikit suara g enak di pengeremannya,kl fungsi g ganggu sich
cm suaranya aja ga enak, pas di rem gantung bunyi grusuk2 gitu, padahan udah diservis ganti sel kitnya mpe dislap piringannya tetep aja bunyi...ada yg bs ksh masukan g ya kira2 apanya?sm kl biasa biayanya?
oiya lupa mobilnya ALLNEW COROLLA 96 AT om...


ada bbrp tipe kanfas rem yang emang bahannya ga bagus jadi bikin bunyi pas dipake... itu sbnrnya ga bakal pengaruh sama performa mobilnya sendiri, cuma ya itu dia mengganggu aja klo lagi dipake...
bisa sih experimen klo mau ganti pake kanfas rem merk laen gan, biasanya ada ko merk-merk yang ga nyiksa kantong ga berisik...

Quote:Original Posted By LEE4N
gan mau tanya,
mobil ane atoz 1.1 tuh kalo jalan sekitar 10-20km buat belok kanan or kiri dari ban depan kanan ada bunyi kayak mpek mpek ( ya kyk bunyi duk-duk tp lebih halus suaranya.. )?
kondisi ban depan kanan sudah ane pakein ban dalam, ada pecah sedikit+-1cm di dinding sebelah dalam gara2 kena lubang di tol.., garis nya mengarah ke pusat poros ban..


ini sbnrnya hrs diliat sih, soalnya klo dr deskripsi doang asli bingung..
khusus pas belok aja ya?
udh diliat blm gan pas belok itu ban kena ke karet cecepret (karet buat nahan becek itu loh... bahasa di bengkel sih begitu...ga tau bahasa umumnya..heheh) ato bagian dalemnya ga?

Quote:Original Posted By ajatland
mohon maaf buat yg punya threead atow para suhu sekalian, ane lancang ikut jawab , mudah2an pengalaman ane membantu buat mereka yg membutuhkan..........kl ada kekurangan tolong ditambahin........makasih sebelumnya




tolong klo menjawab banyak pertanyaan di multi quote yah... termasuk untuk yang laen juga...
ini biar menjaga biar ga terlalu berantakan...
thx ya masukkannya..

Quote:Original Posted By skalorman
ikutan nanya ya om TS

Mobil ane timor DOHC 97

1. kalo jalan pelan, setir geter2 gitu, ngga parah sih, dikit geternya (udah sempet tanya orang bengkel, katanya sok minta ganti)
2. kalo jalan lurus, setir mesti di belokin ke kiri dikit, kalo di lurusin mobil lari ke kanan
3. kalo jalan kecepatan di atas 40 an, roda belakang, sebelah kanan sepertinya bungi dug dug dug gitu..

nah, kira2 penyebabnya apa ya om?

thanks


klo sok minta diganti biasa yang paling kerasa itu mobil pas belok-belok berasa kaya gual geyol in*l... hehehe
itu yg ga mau lurus juga bisa jadi as setir juga kaya agan di atas, or klo timor kemungkinan baut setirnya aja yang harus dikencengin...
itu bunyi khusus diatas 40 aja?
klo di bawahnya ga ada bunyi?
ban benjol ga?
Quote:Original Posted By weehoo




iya setuju nih sama pendapat yang laen, klo ga salah sih laher rodanya...
ceknya cukup gampang, dongkrak aja belakangnya, terus puter roda pake tangan... cobain aja buat kedua roda kanan n kiri..
klo bener lahernyam biasanya kedengeran ko bunyi mendengungnya...

harga laher buat city ga gitu hapal, cuma klo ga salah sih mayan gan..\
blm ditambah biaya bongkar pasangnya sih...

oya klo laher tuh bahayanya dia semakn kegerus berarti semakin tipis, klo ga diganti" ada kemungkinan laher tipis banget n pacah pas jalan..
bisa jadi ban copot sama mur-murnya...
CMIIW ya...

bisa aja gan klo misal dulu ganti sebelah kanan n sekarang roda sebelahnya yang sakit... atau itu laher roda biasa rusak itu gara-gara karat gan...



dinamo staternya gan... jadi klo mobil tuh ada dinamo stater yang gunanya buat start engine pertama kali n dinamo jalan yg gunanya buat cas accu selagi kita jalan...
klo accu soak bis jadi gara-gara dinamo jalan rusak n ga ngisi accu nya selama mobil jalan...
klo dinamo stater yang rusak, bisa jadi ga kuat buat stater alias mungkin sebutan agan mesin ga ngangkat itu...
klo dinamo stater yg rusak, biasa mau ganti pake accu baru juga ga akan ada efeknya...



ini maksudnya wakt lagi di rem or gimana ya gan?
soalnya klo piston remnya diganti berarti kondisi itu pas di rem gitu getarnya?











wah ada master lag nih gan... makasih banget buat masukkannya...\oya buat jawabin pertanyaannya pake multi qoute ya gan...
biar ga dikira lagi kejar setoran n jualan... hehehehe...

Gak lagi di rem sama sekali gan
Kalau dulu itu karena piston remnya berkarat jadi pergerakan rodanya itu seret alias kayak ketahan rem gitu
Quote:Original Posted By weehoo


klo abis spooring itu stir nya ga mau lurus posisinya, ada kemungkinan as di stir itu deh udh aus/rusak..
makanya itu si stir ga mau lurus aja...
klo buat mobil-mobil yang ga ada airbagnya rada gampang digantinya ke bengkel, cuma klo mobil udh ada airbag rada susah cabut stirnya..
coba di cek deh itu keliatannya sih as stir nya yang bermasalah klo udh sampe spooring 3x masih masalah terus...
n klo as stir yang kena, emang udh pasti pas waktu di spooring ga bakal ketauan, krn org spooring kn liatnya kaki-kaki mobilnya... as stir ga akan mereka cek...
?


waktu dibawa ke bengkel resmi sempet minta cek kaki2,terus teknisinya bilang as roda masih bagus kok,mana mobil saya ada airbag pula,waktu itu si sempet dikasihtau andaikan emang as roda rusak,bisa ganti sekitar 1,5jt batangannya doang itu ngga fullset
Quote:Original Posted By apajada


numpang kasih pendapat ya TS,

selamat sore agan yang xenianya bermasalah,

untuk kasus agan, ada kemungkinan suspensi yang bermasalah, masalah ini bisa timbul dari dudukan suspensi (bahasa bengkelnya suspension support), yang kedua dari gesekan antara spring dengan dudukannya (gesekan antara per keong dengan mangkoknya), silahkan disemprot dulu dengan pelumas gan, kalo support yang kena sebaiknya diganti.
untuk hal lebih detail silahkan posting disini
DEMIKIAN - SEMOGA MEMBANTU
cmiiw


Tq gan.. ada yg mo kasi inputan lagi
Quote:Original Posted By luvjc
Gan mobil ane xenia Li th 2009 pake dr baru,km 43rb.. sekarang setiap lewat polisi tidur atau jalan bergelombang uda bunyi ngik.. di roda depan sebelah kiri,bunyinya seperti ada udaranya gitu ngikh.....
Ada apa dengan kaki2nya ya?tq

Quote:Original Posted By Spike71
agan agan ane butuh pertolongan buat nyembuhin mobil ane (honda stream 2.0 at 2005)
jadi begini kasusnya :
kasus 1 (kira-kira 6-8 bulan yg lalu) :
mobil ane bergetar ketika dipacu kecepatan 100 km/h, ini bukan bergetar karena belum di spooring/balancing ya, jadinya tuh bodinya kayak bergetar kalau di mobil manual tuh mau mati karena gak di injak kopling
ane cek di beres honda dan hasilnya ternyata roda depan "seret" karena piston rem yg berkarat & akhirnya diganti dan masalah terselesaikan

kasus 2 (baru baru sebulan/dua bulan ini)
sama seperti kasus pertama getarannya cuma yg kedua ini tidak hanya bergetar di kecepatan diatas 100km/h aja tapi juga sewaktu perpindahan dari gear 1 ke 2 terasa getaran seperti yg di kasus 1
ane cek ke beres dan belum ketemu masalahnya, kira kira apa ya masalahnya
n.b : engine mounting di cek bagus semua, roda gak ada yg seret seperti kasus 1, waktu dibuka roda depan untuk di cek gemuk as roda dan hasilnya bagus


Quote:Original Posted By Spike71

Gak lagi di rem sama sekali gan
Kalau dulu itu karena piston remnya berkarat jadi pergerakan rodanya itu seret alias kayak ketahan rem gitu


kirain pas di rem aja makanya sampe ganti piston remnya...
klo lagi di rem aja sih ada kemungkinan discbrake or nap roda itu bengkok..
klo skrg itu getarya cuma kalau pindah gigi 1 ke 2 aja khusus?
atau klo dari 2 k 3 n 2 ke 1 juga getar?
kadang-kadang itu bisa dari piranti kopling juga sih klo getarnya cuma pas ganti gigi aja... CMIIW ya..

Quote:Original Posted By bintang ad


waktu dibawa ke bengkel resmi sempet minta cek kaki2,terus teknisinya bilang as roda masih bagus kok,mana mobil saya ada airbag pula,waktu itu si sempet dikasihtau andaikan emang as roda rusak,bisa ganti sekitar 1,5jt batangannya doang itu ngga fullset


as setir maksudnya gan... itu as yang ngehubungin dari setir ke roda..
blm pernah bongkar swift sih gara-gara airbag nya itu... hehehe..
cuma klo mobil kaya kijang tua gitu, stirnya bisa dibuka terus si as itu ada kaya laher yang emang klo udh rusak ciri-cirinya sih kaya penyakit mobil agan.. miring-miring melulu walau udh di stel biar lurus...
Quote:Original Posted By weehoo


klo sok minta diganti biasa yang paling kerasa itu mobil pas belok-belok berasa kaya gual geyol in*l... hehehe
itu yg ga mau lurus juga bisa jadi as setir juga kaya agan di atas, or klo timor kemungkinan baut setirnya aja yang harus dikencengin...
itu bunyi khusus diatas 40 aja?
klo di bawahnya ga ada bunyi?
ban benjol ga?


baut setir ya, itu yang ada di bawah tombol klakson gitu kan?

kalo spooring balancing kira2 bisa ngatasin masalah stir yang ngga lurus ngga om?

soal bunyi, ban ngga benjol kok, kecepatan under 40 mungkin bunyi, tapi ngga kedengeran di dalem, pokoknya kecepatan nambah bunyi semakin nambah juga..

thanks
Quote:Original Posted By skalorman


baut setir ya, itu yang ada di bawah tombol klakson gitu kan?

kalo spooring balancing kira2 bisa ngatasin masalah stir yang ngga lurus ngga om?

soal bunyi, ban ngga benjol kok, kecepatan under 40 mungkin bunyi, tapi ngga kedengeran di dalem, pokoknya kecepatan nambah bunyi semakin nambah juga..

thanks


yoi betul banget yg di bawah klakson itu... kaya baut buat adjust posisi stir gitu...

spooring balancing itu bisa buat sembuhin masalah setir ga lurus klo akibatnya dateng dari kaki-kaki... biasanya sih klo udh ganti tie rod gituan perlu di spooring lagi...

balancing sendiri sebenernya fungsinya buat bikin si ban itu balance, jadi klo dalem kecepatan tinggi, si ban itu ga bakalan oleng... CMIIW

bunyinya dug dug dug gitu yah?
bukan bunyi gesekan kaya laher roda gitu ya?
harus diselidiki lebih jauh itu ada apanya ga..
oya cek juga itu baut roda yah... kmrn pernah kejadian bunyi" gitu gara-gara baut roda ga kenceng...

coba ditanyain dulu k bokap yah... tar di kabarin lagi deh klo udh ada perkembangannya...

thx buat cendolnya ya gan...
Quote:Original Posted By weehoo




kirain pas di rem aja makanya sampe ganti piston remnya...
klo lagi di rem aja sih ada kemungkinan discbrake or nap roda itu bengkok..
klo skrg itu getarya cuma kalau pindah gigi 1 ke 2 aja khusus?
atau klo dari 2 k 3 n 2 ke 1 juga getar?
kadang-kadang itu bisa dari piranti kopling juga sih klo getarnya cuma pas ganti gigi aja... CMIIW ya..



as setir maksudnya gan... itu as yang ngehubungin dari setir ke roda..
blm pernah bongkar swift sih gara-gara airbag nya itu... hehehe..
cuma klo mobil kaya kijang tua gitu, stirnya bisa dibuka terus si as itu ada kaya laher yang emang klo udh rusak ciri-cirinya sih kaya penyakit mobil agan.. miring-miring melulu walau udh di stel biar lurus...

getarnya hanya pas perpindahan gigi 1 ke 2 aja om sama pas 100km/h ke atas, kalau 2 ke 3 atau 2 ke 1 gak ada terjadi getaran
velg masih standar, oh iya tambahan mobilnya matik ya gan baru 86ribu km
misi gan ane mau tanya. mobil ane nissan march masih standart. nah ane pengen ceperin mobil ane, tapi pake per custom aja, maklum masih mahasiswa.
agan2 disini bisa ngasih saran buat meminimalisir dampak buruk dari penggunaan per custom apa gak, misalnya maks jumlah ulir yang dipotong atau pakai per apa dsb. makasih ya
gan nanya klo mau tinggikan ground clearence mobil gimana ya..
yang murah tanpa harus ganti velg mobil ama suspensinya thx
gan mau tanya
mobil galant 95 injection manual
saya abis ganti rotax/pompa bensin
pas pertama dipasang ok tapi setelah di pake jalan kira2 50 km ada bunyi nging2
gitu gan kenapa ya ?
apa pompa bensinnya jelek ?
tq
Quote:Original Posted By veronicatiti
gan mau tanya
mobil galant 95 injection manual
saya abis ganti rotax/pompa bensin
pas pertama dipasang ok tapi setelah di pake jalan kira2 50 km ada bunyi nging2
gitu gan kenapa ya ?
apa pompa bensinnya jelek ?
tq


agan ganti apakah dengan fuel pump yang original?
memang sih bunyi fuel pump cenderung "nging" gitu, tapi tidak sampai membahana gitu gann, heheeheh

Mau nanya kaki gan :)

malam gan, mau tanya seputaran kaki2 mobil nih., mobil ane toyota corona exsaloon th 87 (mobil tua gan. hhe )

jadi gini gan, mobil ane dr dulu itu roda depan sebelah kanan chamber gan. jadi ga bisa lurus vertical. ban bagian atas keluar dan ban bagian bawah masuk kedalam. di bawa ke tukang spooring sama aja gan. tetep chamber gitu. kira2 apa ya penyebabnya.

trima kasih.
Quote:Original Posted By weehoo

as setir maksudnya gan... itu as yang ngehubungin dari setir ke roda..
blm pernah bongkar swift sih gara-gara airbag nya itu... hehehe..
cuma klo mobil kaya kijang tua gitu, stirnya bisa dibuka terus si as itu ada kaya laher yang emang klo udh rusak ciri-cirinya sih kaya penyakit mobil agan.. miring-miring melulu walau udh di stel biar lurus...


kira2 harga as stir / laher yang didalem situ berapaan yah?
nyampe jutaan gak?
Quote:Original Posted By weehoo


yoi betul banget yg di bawah klakson itu... kaya baut buat adjust posisi stir gitu...

spooring balancing itu bisa buat sembuhin masalah setir ga lurus klo akibatnya dateng dari kaki-kaki... biasanya sih klo udh ganti tie rod gituan perlu di spooring lagi...

balancing sendiri sebenernya fungsinya buat bikin si ban itu balance, jadi klo dalem kecepatan tinggi, si ban itu ga bakalan oleng... CMIIW

bunyinya dug dug dug gitu yah?
bukan bunyi gesekan kaya laher roda gitu ya?
harus diselidiki lebih jauh itu ada apanya ga..
oya cek juga itu baut roda yah... kmrn pernah kejadian bunyi" gitu gara-gara baut roda ga kenceng...

coba ditanyain dulu k bokap yah... tar di kabarin lagi deh klo udh ada perkembangannya...

thx buat cendolnya ya gan...


ok gan, makasih banyak, baut roda, hmmm.. kayaknya sih kenceng, soalnya sempet ganti roda juga sama aja hhehehe...
Quote:Original Posted By Spike71

getarnya hanya pas perpindahan gigi 1 ke 2 aja om sama pas 100km/h ke atas, kalau 2 ke 3 atau 2 ke 1 gak ada terjadi getaran
velg masih standar, oh iya tambahan mobilnya matik ya gan baru 86ribu km


waduh mobil matic ya? kilometer masih rendah juga lagi ya, klo metic sih biasanya malah ga geter-geter klo pindah-pindah tuh...
tapi klo udh mulai geter-geter pas pindah, mungkin ada something sama transmisinya...
paling murah klo menyangkut mobil matic, kuras oli maticnya dulu gan...
sapatau itu di saluran rumah lebah itu ada kapilar-kapilar yang mempet..
IMHO

Quote:Original Posted By Ijo.royoroyo
misi gan ane mau tanya. mobil ane nissan march masih standart. nah ane pengen ceperin mobil ane, tapi pake per custom aja, maklum masih mahasiswa.
agan2 disini bisa ngasih saran buat meminimalisir dampak buruk dari penggunaan per custom apa gak, misalnya maks jumlah ulir yang dipotong atau pakai per apa dsb. makasih ya


waduh, perlu bantuan yg laen kayanya, ane sering banget ganti mobil, cuma emang ga pernah modif gan... maap banget yah...
ada yg bisa bantu agan satu ini?

Quote:Original Posted By maycool
gan nanya klo mau tinggikan ground clearence mobil gimana ya..
yang murah tanpa harus ganti velg mobil ama suspensinya thx


hmm klo biasa nanganin truk sih ditambah per nya yah... hehehe... cuma itu buat mobil-mobil barang biar lebih empuk pas ngangkut barang banyak-banyak... klo naekin ground clearrence paling ganti shockbekernya kali ya gan... CMIIW

Quote:Original Posted By rizki_utp
malam gan, mau tanya seputaran kaki2 mobil nih., mobil ane toyota corona exsaloon th 87 (mobil tua gan. hhe )

jadi gini gan, mobil ane dr dulu itu roda depan sebelah kanan chamber gan. jadi ga bisa lurus vertical. ban bagian atas keluar dan ban bagian bawah masuk kedalam. di bawa ke tukang spooring sama aja gan. tetep chamber gitu. kira2 apa ya penyebabnya.

trima kasih.


udh di cek sayap nya? biasanya klo begituan tukang spooring bisa tau sih masalahnya di mana... klo miring gitu berhasil ga gan di spooringnya?

Quote:Original Posted By bintang ad


kira2 harga as stir / laher yang didalem situ berapaan yah?
nyampe jutaan gak?


klo buat swift keliatannya mungkin sampe yah... kurang tau juga sih gan, klo kijang-kijang gituan sih ga sampe yah... sama ongkos bongkarnya mungkin mahal tuh... hrs akalin airbagnya... ga tau tuh selaen beres ada bengkel yg berani utak utik stirnya ga ya... IMHO

Quote:Original Posted By skalorman


ok gan, makasih banyak, baut roda, hmmm.. kayaknya sih kenceng, soalnya sempet ganti roda juga sama aja hhehehe...


hehehe... msh blm dpt pencerahan nih gan dari bokap...
malah bilangnya klo begituan harus diliat cenah...
soalnya ga tau klo dr deskripsi doang sih... hehehe...
maap yah gan...
pagi agan..
ane pake toyota rush 2009..

- mau nanya masalah mesin nyendat-nyendat waktu di rpm bawah itu untuk menghilangkannya gimana ya? (mungkin untuk para pemilik rush juga sudah sering mengalami hal ini).
- kemudian kmarin ini ane sempet buka mbah google buat cari artikel untuk masalah nyendat di mobil ane ini, nah disitu ada komen ttg penggunaan air filter aftermarket yaitu open air filter + turbo ventilator. Disitu di bahas katanya setelah penggunaan item tersebut nyendat di mobil jadi hilang. nah yang jadi pertanyaan tu gimana cara kerja dari si air filter yg di ganti ke jenis open itu bisa ngilangin si nyendatnya? dan kerja dari turbo ventilator itu sebenarnya gimana? apakah emng bagus klo pake turbo ventilator?

mohon pencerahannya ya gan.. maap ni klo pertanyaannya bnyk..
tq..
Quote:Original Posted By JogetZ
pagi agan..
ane pake toyota rush 2009..

- mau nanya masalah mesin nyendat-nyendat waktu di rpm bawah itu untuk menghilangkannya gimana ya? (mungkin untuk para pemilik rush juga sudah sering mengalami hal ini).
- kemudian kmarin ini ane sempet buka mbah google buat cari artikel untuk masalah nyendat di mobil ane ini, nah disitu ada komen ttg penggunaan air filter aftermarket yaitu open air filter + turbo ventilator. Disitu di bahas katanya setelah penggunaan item tersebut nyendat di mobil jadi hilang. nah yang jadi pertanyaan tu gimana cara kerja dari si air filter yg di ganti ke jenis open itu bisa ngilangin si nyendatnya? dan kerja dari turbo ventilator itu sebenarnya gimana? apakah emng bagus klo pake turbo ventilator?

mohon pencerahannya ya gan.. maap ni klo pertanyaannya bnyk..
tq..


udah cek busi gan? coba di cek apakah busi kotor. setelah itu dibersihkan dan dibersihkan juga air filter (disemprot dengan udara bertekanan secukupnya, arah aliran udara berlawanan). kalau masih ada problem, sebenernya ada fitur untuk reset pengapian, dimajukan atau dimundurkan, tapi sebelumnya dicek dulu businya gan.
Quote:Original Posted By apajada


udah cek busi gan? coba di cek apakah busi kotor. setelah itu dibersihkan dan dibersihkan juga air filter (disemprot dengan udara bertekanan secukupnya, arah aliran udara berlawanan). kalau masih ada problem, sebenernya ada fitur untuk reset pengapian, dimajukan atau dimundurkan, tapi sebelumnya dicek dulu businya gan.


busi kebetulan kemarin udah ane ganti sama denso iridium IXU-22. memang nyendat pada mobil hilang tapi tidak selalu. Masih saja ada nyendat nyendatnya. klo air filter memang saya belum sempat untuk mengecek.
×