Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

herlandoerickoAvatar border
TS
herlandoericko
Penerimaan dan Pengolahan Informasi dalam Diri Individu
ASALAMUALAIKUM WR.WB

Words don't mean, people mean = kata kata tidak memiliki makna, manusialah yang memberi makna

artinya setiap informasi yang berlainan akan diberi makna berlainan oleh orang yg berbeda. Dengan makna itulah manusia berinteraksi dengan lingkungannya. contoh saja " l " setiap orang pasti mempunyai persepsi yang berbeda-beda ada yang berkata itu adalah sebuah garis, dan juga ada yang berkata itu angka satu, ada juga yang berkata itu huruf L, ada juga yg menyebut itu I yg bisa menjadi kata Indonesia.
Jadi makna sangat penting dalam berkomunikasi karena menjadi dasar untuk berinteraksi.

Sensasi dan Persepsi

A.PROSES SENSASI

*Sensasi merupakan tahap awal penerimaan pesan.*Sensai berasal dari kata sense, berarti alat indra, yang mengubungkan organisme dengan linkungannya. Melalui alat indralah manusia memperoleh pengetahuan dan semua kemampuanuntuk berinteraksi dengan duniannya. Jadi*Sensasi adalah
proses menangkap stimulasi melalui alat indra.

*Indra terpenting manusia adalah penglihatan, kemudian pendengaran.*Selain kelima indra itu, dunia psikologis juga mengenal indra kinestesis= indra yang memberinformasi tentang posisi tubuh dan anggota badan (mengarahkankita bergerak ke kiri untuk mengambil barang yangg berada di sebelah kiri). Sedangkan vestibular = indra keseimbangan. Alat indra ini terletakdibagian dalam telinga.*Apa saja yg menyentuh alat indra baik dari dalam maupun dari luar disebut STIMULI
Proses sensasi terjadi saat alat indra mengubah informasi menjadi impuls impuls syaraf yg dimengerti oleh otak melalui proses transduksi. agar dapat diterima oleh alat indra, stimuli harus cukup kuat dan melewati batas minimal intensitasstimuli (sensory threshold).
Misalnya, mata manusia hanya dapat menangkap stimuli yg mempunyaipanjang gelombang cahaya antara 380 -780 nanometer. Telinga manusia hanya dapat mendeteksifrekuensi gelombang suara yg berkisar antara 20-20.000 Hertz. Ini berarti, indra penglihatan tdk dptmenangkap stimuli yg mempunyai panjang gelombang cahaya dibawah 380 nanometer, begitu puladengan indra pendengaran yg tdk mampu menangkap gelombang suara berfrekuensi 20.000 Hertz.

B. PROSES PERSEPSI

*Alat indra menangkap stimuli, lalu stimuli tersebut diubah menjadi sinyal yg dapat dimengerti oleh otak untuk kemudian diolah. Disinilah terjadi apa yg disebut dengan proses persepsi, yaitu cara kita menginterpretasi atau mengerti pesan yg telah diproses oleh system indra kita.
*Persepsi adlah proses member makna pada sensai. Persepsi mengubah sensai menjadi informasi. Jika sensai adalah proses kerja indra kita maka persepsi adalah cara kita memproses data indrawi tadi menjadi informasi agar dapat kita artikan.
*Objek atau peristiwa di dunia nyata :1. mula mula diterima oleh alat indra2.berupa energy atau informasi (stimulus). Stimulus ini kemudian akan diubah oleh alat indra3.menjadi sinyal yang dimengerti otak4.komputer otak akan mengolahnya dengan membandingkan dengan peristiwa-peristiwa yang relevantersimpan di otak5.hingga menjadi pengalaman persepsi.* Persepsi dalam pengertian psikologi adalah proses pencarian informasi untuk dipahami.* Alat untuk memperoleh informasi tersebut adalah pengindraan (penglihatan, pendengaran, peraba).Sedangkan alat untuk memahaminya adalah kesadaran atau kognisi (Sarwono 1997)

C.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI

*Penampilan biasanya memiliki bentuk yang jelas batasnya dan tampak lebih dekat kepada pengamat.Adapun latar belakang tidak banyak lekuk liku tepinya dan tampak meluas di belakang penampilan(Sukadji 1986)
*Mengapa orang bisa berbeda-beda saat mendapatkan stimuli objek yang sama = karena persepsi dipengaruhi oleh factor-faktor tertentu. Faktor factor itu adalah :

1. Faktor Personal
Persepsi bukan hanya ditentukan oleh jenis tau bentuk stimuli, tetapi karakteristik orang yang memberikan respons pada stimuli tersebut.

Krech dan Crutchfield (Rakhmat 2003) merumuskan dalil "prsepsi bersifat selektif secara fungsional" yg artinya objek-objek yang mendapat tekanan dalam persepsi individu biasanya merupakan objek-objek yang memenuhi tujuan individu tersebut.
Hal ini dipengaruhi oleh :
(a) kebutuhan
(b)suasana mental
(c)suasana emosional
(d)latar belakang budaya
(e)frame of reference (kerangka rujukan) seseorang.

Frame of reference merupakan suatu kerangka rujukan yang mempengaruhi bagaimana individumember makna pada pesan yang diterimanya.

2. Faktor Struktural
Persepsi dipengaruhi oleh hal-hal yang berasal dari sifat stimuli dan efek-efek syaraf yang ditimbulkannya pada sistem syaraf individu. Apabila memersepsi sesuatu, menurut aliran Gestalt, kitamemersepsinya sebagai suatu keseluruhan (Rakhmat 2003)
Berbagai cara menyusun stimuli dikenal dengan Hukum Gestalt (yang dikemukan oleh sekelompok psikolog aliran Gestalt). Gestalt artinya keseluruhan atau konfigurasi. Ide dasarnya adalah bahwa stimuli prinsip utamanya adalah:
a). Prinsip Kedekatan (Proksimistis).
Stimuli yang salin berdekatan cenderung terlihat sebagai kelompok.
b). Prinsip Kesamaan (Similaritas). Stimuli yang serupa tampak merupakan kelompok. Prinsip ini tidakhanya berlaku terhadap kesamaan bentuk, tetapi juga kesamaan warna, permukaan, kerumitan.
c) Prinsip Kelengkapan (Closure). Kita cenderung melengkapi bagian yang kosong dan melihat gambaranyang lengkap terutama apabila yang kosong itu adalah bagian kecil.
Berdasarkan prinsip Gestalt ini, untuk memaknai suatu pesan, kita harus memandangnya dalam hubungan kesatuan/keseluruhan, bukan memahami bagian-bagiannya saja secara terpisah. Demikian pula kalau kita memahami seseorang seharusnya dengan melihat orang itu dalam konteksnya, misal keadaan keluarga, lingkungan, permasalahan yang dihadapi, prinsip hidup

D. PERHATIAN
*Perhatian adalah proses mental ketika stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimulilainnya melemah (state of focused mental activity).
*Ada dua faktor yang mempengaruhi perhatian, yaitu sebagai berikut:

1.Faktor Situasional

Termasuk disini adalah sebagai berikut:
-Gerakan: Stimuli yang bergerak akan lebih menarik perhatian dibanding yang lainnya. Tampilan visual yang menyajikan benda-benda bergerak dapat lebih menarik perhatian kita daripada tampilanyang statis.
Cth: Lampu sein mobil dibuat berkedip-kedip agar menarik perhatian

-Kontras:Kita akan memberi perhatian pada stimuli yang lebih menonjol dibanding stimuli-stimuli lainnya.
Cth: Kita akan menaruh perhatian pada orang yang berbadan besar jka ia berdiri di kerumunanorang-orang yang bertubuh kecil.

-Intensitas Stimuli: Kita akan menoleh lebih dulu pada billboard yang paling besar diantara jajaran billboard di pinggir jalan.

- Novelty: Hal-hal baru yang berbeda yang luar biasa akan lebih dapat menarik perhatian.

- Perulangan: Sesuatu yang berulang dapat lebih menarik perhatian.

- Perulangan: Sesuatu yang berulang dapat lebih menarik perhatian.

2. Faktor Internal

Termasuk disini adalah sebagai berikut:

a. Faktor-faktor biologis
Hal-hal yang sifatnya biologis, misalnya keadaan lapar, haus, akan mempengaruhi perhatian kita.

b.Faktor Sosiopsikologis
Motif sosiogenis, kebiasaan, sikap, dan kemauan, mempengaruhi apa yang kita perhatikan. Begitu pulaorang yang punya rencana membeli sepeda motor akan tertarik pada iklan-iklan sepeda motor.

sekian dari saya agan-agan sekalian. tolong di emoticon-Rate 5 Star kalo yang udah iso saya juga menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) tapi tolong sekalipun anda benci dengan saya janganlah diberi emoticon-Blue Guy Bata (L)

WASSALAMUALAIKUM WR.WB

BEBERAPA KOMENG AGAN2 :

Spoiler for 1:
Diubah oleh herlandoericko 01-04-2013 16:45
0
5.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan