Edogawa.dimasAvatar border
TS
Edogawa.dimas
Beasiswa Studi ke Jepang untuk Lulusan SMA, Mau?
Beasiswa Mitsui Bussan Kembali Dibuka Maret 2013

Baru lulus sekolah dan ingin melanjutkan kuliah ke Jepang? Mungkin kok...

Program beasiswa Mitsui-Busan menanggung studi kandidat sampai tahun 2019. Pasalnya, beasiswa ini meliputi studi selama 4 tahun di Jepang plus persiapan selama 1,5 tahun untuk mempersiapkan kandidat dengan kemampuan bahasa Jepang di Japanese Language School.

Jadi, jika tak bisa bahasa Jepang, jangan khawatir. Karena selain persiapan bahasa selama 1,5 tahun di Jepang, sebelum berangkat, penerima beasiswa akan menerima pelatihan selama dua bulan di Indonesia mengenai bahasa Jepang, budaya, sejarah dan kehidupan di Jepang.

Beasiswa ini meliputi tunjangan hidup sebesar 145.000 yen per bulan selama 5,5 tahun, tiket pulang-pergi Indonesia-Jepang, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 yen, biaya kursus bahasa, dan asuransi.

Program beasiswa ini diperuntukkan untuk para kandidat asal Indonesia yang sudah atau baru akan lulus SMA dan berusia kurang dari 20 tahun pada tanggal 12 April 2013. Untuk mendaftar, kandidat juga harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah SMA asal kandidat.

Kandidat dapat memilih jurusan di perguruan-perguruan tinggi favorit di Jepang, seperti Universitas Tokyo, Intitut Teknologi Tokyo, Universitas Keio, dan Universitas Waseda. Bidang studi yang ditawarkan dibagi ke dalam dua bidang besar, yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknik serta Ilmu Sosial, Bisnis dan Niaga. Program studi yang ditawarkan bisa dilihat di laman resmi Perhimpunan Alumni Indonesia dari Jepang (Persada).

(JAKARTA) Kabar gembira bagi para lulusan SMA Indonesia yang ingin belajar di Jepang, pasalnya “Mitsui-Bussan Scholarship 2013” kembali dibuka mulai Maret mendatang.

Program beasiswa ini terbuka bagi para lulusan SMA jurusan IPA maupun IPS atau mereka yang usianya tidak lebih dari 20 tahun, dengan menyertakan data nilai ujian akhir dan surat rekomendasi sekolah.

Peserta yang lolos seleksi, akan memperoleh uang sebesar 145 ribu yen, serta berkesempatan melanjutkan pendidikan ke universitas Jepang, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Beasiswa juga mencakup biaya keperluan sehari-hari dan satu tiket pesawat PP Jakarta-Tokyo.

Sebelum berangkat ke Tokyo, peserta yang lolos akan belajar bahasa dan budaya Jepang dasar di Jakarta selama dua bulan, lalu dilanjutkan dengan belajar bahasa Jepang selama 1,5 tahun di Tokyo, dan kemudian kuliah S1 sesuai bidang yang diminati selama 4 tahun di universitas Jepang.

Bussan-Mitsui Scholarship telah dilaksanakan sejak tahun 1992 atas kerjasama Mitsui dengan Persada, Universitas Darma Persada, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Awalnya merupakan kegiatan sosial guna menciptakan SDM yang dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia setelah pulang belajar dari Jepang.

“Kami memang menyediakan seluruh kebutuhan siswa agar mereka hanya fokus belajar, dan nantinya dapat menjadi generasi yang berguna bagi Indonesia,” ujar Katsunishi Noriyuki, Corporate Administrative Division Mitsui Indonesia. “Kami juga ingin agar mereka dapat menjadi jembatan hubungan yang baik antara Jepang dan Indonesia.”

Setiap tahunnya ratusan pelajar dari seluruh Indonesia mendaftar, dan hingga tahun 2012, terhitung sudah 30 pelajar dikirim untuk belajar di Jepang melalui program Bussan-Mitsui Scholarship ini.

Untuk Bussan-Mitsui Scholarship periode 2013, pendaftaran akan mulai dibuka 11 Maret hingga 12 April 2013. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan dapat mengakses

Kesini gan

Pendaftaran dibuka pada tanggal 11 Maret 2013 dan ditutup tanggal 12 April 2013. Formulir aplikasi dan kelengkapan dokumen bisa dikirimkan ke:

Persada c/o Kampus Universitas Darma persada (Unsada)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca)
Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450
Indonesia
Telp: (021) 8647373
Fax: (021) 86900241

ayo bagi agan yang kepengen belajar di luar Indonesia, jalan sudah dibuka bagi yang mau berusaha emoticon-Malu (S)
0
2.4K
9
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan