Quote:Original Posted By fansbooks
Kalo ngomongin haram, dalilnya dong...... biar kita-kita jadi pinter ga cuma taklid buta.

Kaidahnya kan, apapun jenis makanan baik dari hewan atau tumbuhan hukum asalnya halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya


Quote:Original Posted By green.martian
Urusan bekicot ini agak rumit. Soalnya beberapa mazhab memiliki pendapat yg berbeda ttg hukum memakan bekicot. Ada yg haram, ada yg makruh.

Utk hati2, ya sebaiknya gak usah makan. Tapi kalo kepengen banget, ya gak papa kali biar gak penasaran ama rasanya.

Aseeek.

betul sekali...tidak ada dalil yg spesifik yg menyebut bekicot haram, lain halnya dgn babi misalnya, itu jelas dan tegas. alasan diharamkannya bekicot krn menurut beberapa ulama dianggap 'hewan yg menjijikan', nah persoalan menjijikan atau tidak kan subyektif, ada yg menganggap bekicot bukanlah hewan yg menjijikan, makanya ada perbedaan pendapat soal bekicot ini, ada yg mengharamkan ada yg membolehkan, tinggal bagaimana keyakinan kita aja mau ikut yg mana?
Asik.... Bisa ada transaksi dong kalo begitu buat haram / halalnya
MUI dpt setoran brp dr industri kosmetik nih?
Quote:Original Posted By AiHikoe
hidup di dua alam..
alam sini dan alam gaib?

Pengertian hiup di dua alam itu gimana sih?
Bisa nafas permanen baik di air ama di darat ato cuma gara2 suka berendem aja dibilang hidup di 2 alam?

Kerbau air kan suka berendem juga tuh... Dihitung di 2 alam gak?


Kalo dijabarkan bakalan panjang pengertiannya, jadi silahkan ente cari dan baca sendiri,

1. Nihayah Al Muhtajila Ma’rifah Alfadza-al-Minhaj, (t.t : Dar’al -Fikr,t.th) juz VIII, halaman 150 tentang pengertian “Binatang laut/air ,dan halaman 151- 152 tentang binatang yang hidup dilaut dan didaratan, oleh Imam Al Ramli
2. Mughni Al-Muhtaj ila Ma’rifah Ma’ani Al-Minhaj, (t.t ar Al-Fikr, T.th), juz IV Hal 297 tentang pengertian “binatanglaut/Air, oleh Syeikh Muhammad al-Kathib a;-Syarbaini
3. Minhaj Al-Thalibin, Juz IV, hal. 298 tentang binatang laut dan didaratan, oleh Imam Abu Zakaria bin Syaraf al-Nawawi
4. Makalah Kepiting : Halal atau Haram dan penjelasa, oleh Prof. Dr. H. Hasanuddin AF, MA


===

Sekalian bahas tentang kepiting, kenapa kepiting dihalalkan :


Ada 4 jenis Kepiting bakau yang biasa dikonsumsi dan dikomoditikan, Scylla serrata, Scylla tranquebarrica, Scylla olivacea, dan Scylla pararnarnosain.

Kepiting adalah jenis binatang air, dengan alasan:
1.Bernafas dengan insang.
2.Berhabitat di air.
3.Tidak akan pernah mengeluarkan telor di darat, melainkan di air karena memerlukan oksigen dari air.

Kepiting termasuk keempat,jenis di atas hanya ada yang :
1. hidup di air tawar saja
2. hidup di air taut saja, dan
3. hidup di air laut dan di air tawar. Tidak ada yang hidup atau berhabitat di dua alam : di laut dan di darat.

Pendapat tentang habitat kepiting itu disampaikan oleh Dr. Sulistiono (Dosen Fakultas Perikanandan Ilmu Kelautan IPB) dalam makalah Eko-Biologi Kepiting Bakau (Scylllaspp)
ane baru tahu nih kalau bekicot haram
kalo menurut ane mah kita yg islam ikutin aja fatwa MUI.
toh mereka juga bikin fatwa ga sekedar ngomong, mereka punya dalil'a dan pemikiran tentang yg haram dan yg halal,

mereka itu orang2 yg lebih pinter agama dari pada orang2 yg memprotesnya..

-ikuti Allah.
-ikuti Rasul mu.
-ikuti pemerintahan di negara mu.
Quote:Original Posted By malma89
kalo menurut ane mah kita yg islam ikutin aja fatwa MUI.
toh mereka juga bikin fatwa ga sekedar ngomong, mereka punya dalil'a dan pemikiran tentang yg haram dan yg halal,

mereka itu orang2 yg lebih pinter agama dari pada orang2 yg memprotesnya..

-ikuti Allah.
-ikuti Rasul mu.
-ikuti pemerintahan di negara mu.


yg benar gan..."tinggalkanlah apa-apa yg meragukanmu dan ikutilah hal-hal yg tidak meragukanmu", kalau ragu lebih baik tinggalkan, kalau yakin silahkan laksanakan...
terlepas drpd itu masing-masing ormas Islam besar (NU&Muhammadiyah) juga punya badan fatwa sendiri yg kerap berbeda dgn putusan fatwa MUI...jadi MUI gak serta merta menjadi lembaga tunggal yg mengeluarkan fatwa wlwpun di dalam MUI sendiri juga mengakomodir perwakilan dr setiap ormas Islam
Quote:Original Posted By fansbooks
Kalo ngomongin haram, dalilnya dong...... biar kita-kita jadi pinter ga cuma taklid buta.

Kaidahnya kan, apapun jenis makanan baik dari hewan atau tumbuhan hukum asalnya halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya


yap, benar sekali.
Jgn hanya bacod haram / halal doank. Berikan dalil yg jelas dan penjelasannya kenapa ni bekicot diharamkan untuk dimakan.
Yg ane herankan nich, kenapa MUI tidak sekalian buat fatwa haram KORUPSI aja
kayaknya lebih membantu daripada hanya ngurusin bekicot ini...
CMIIW kalo emank udah pernah dikeluarkan fatwa KORUPSI ini

ya elah...
trid ttg bekicot, capcay-nya becadoot
klo katak haram
klo bekecot, gak tau ane
ikuti aja ah
ikuti aja dah apa kata mereka bagi yg minat, tp ga boleh maksa loh..
bekicot bukannya sebangsa dgn kerang dan siput ya? kerang2an halal kan?
nah lo yang lendir lendir sekarang haram
halah yang haram tuh MUI nya bukan bekicotnya
Quote:Original Posted By perardua


yg benar gan..."tinggalkanlah apa-apa yg meragukanmu dan ikutilah hal-hal yg tidak meragukanmu", kalau ragu lebih baik tinggalkan, kalau yakin silahkan laksanakan...
terlepas drpd itu masing-masing ormas Islam besar (NU&Muhammadiyah juga punya badan fatwa sendiri yg kerap berbeda dgn putusan fatwa MUI...jadi MUI gak serta merta menjadi lembaga tunggal yg mengeluarkan fatwa wlwpun di dalam MUI sendiri juga mengakomodir perwakilan dr setiap ormas Islam


emang bener gan NU/Muhammadiyah pnya badan fatwa sndiri2..
tapi ane bukan pengikut NU/Muhammadiyah, jadi ane ngikutin pemerintah (MUI).
kalo semisalnya ane umat Muhammadiyah, ane jg harus taat sama badan fatwa nya Muhammadiyah..
Kalo bayar 25 Juta... bisa dapat label Halalnya... ? ...
diharamkan karena termasuk hewan kotor n menjijikan..
kok sepertinya subjektif banget..

yang jijik silahkan ikut haram MUI..
yang doyan kayak ane mah lanjooottt...
abis enak...
masalah halal haram, masih banyak kelakuan haram ane yang lain, yang lebih haram dari sekedar makan bekicot...
MUI ane jijik nih makan nasi,tolong haram kan nasi juga dong
ngaruh amat, babi aja haram gw makan
Quote:Original Posted By papapets
Eaa setelah roko di bilang haram sekarang bekicot ,
Waduh jadi nih ane gan
MUI ko suka main vonis sendiri ya bilang bilang haram padahal di al - aquran tuh ga ada ,
Klo tutut haram apa halal tuh yang semangkok 5ribu :rose ,,


ya karna di quran ga disebut jenis barangnya (tapi disebut sifatnya) maka di fatwain
Haram haram haram
gw jadi kebayang2 ormas berdaster
dikit2 haram haram

Bekicot dijadiin kripik wuenak loh