Kimak.KawAvatar border
TS
Kimak.Kaw
[Setelah Hampir 5 tahun Menjabat] Menteri Pertanian akui tidak punya data Bawang
Terkini
Jumat, 15 Mar 2013 16:59 WIB
Menteri pertanian akui tidak punya data bawang



Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian, Suswono, mengaku data produksi maupun kebutuhan bawang putih dan bawang merah saat ini tidak valid dengan kondisi di lapangan. Hari-hari belakangan ini dia disibukkan dengan pemeriksaan KPK terkait kartel importir daging sapi.

"Karena itu kami akan meminta Direktorat Jenderal Hortikultura mendata agar valid sehingga data yang ada mencerminkan kondisi sesungguhnya di lapangan," katanya, di Jakarta, Jumat.

Suswono mengatakan, "Saat ini data produksi petani bawang putih maupun bawang merah belum ada, sehingga kami tidak memiliki pegangan soal produksi petani saat ini."

Data produksi ini dianggap penting karena sebagai landasan memutuskan importasi produk -- terutama bawang putih. Inilah yang menyulitkan Kementerian Pertanian untuk melakukan importasi bawang putih tersebut.


Berdasarkan data dari satu sumber, keperluanan bawang putih secara nasional mencapai 400.000 ton setiap tahun; sekitar 320.000 ton dipenuhi dari impor, sementara produksi dalam negeri rata-rata 14.200 ton pertahun.

Saban terjadi kelangkaan komoditas pangan berujung kenaikan harga tidak terkendali, hampir selalu diatasi pemerintah secara instan dengan membuka impor. Konsep dan visi kedaulatan pangan nasional tidak diterapkan pemerintah secara konsisten, terpadu, dan terencana.

Meskipun demikian Suswono menyatakan, Kementerian Pertanian tidak bisa memaksakan petani untuk menanam bawang putih atau bawang merah. Sebab, lanjutnya, petani tentu melihat untung rugi dalam menanam komoditas tersebut.

"Sekarang pilihannya mana, petani harus dilindungi atau impor semua," katanya. (*)

http://www.analisadaily.com/news/201...a-data-bawang/


Udah hampir 5 tahun menjabat Menteri Pertanian barusan bilang gak punya Data Bawang...??? emoticon-Gila

Jadi Selama ini ngapain aja pak Menteri... ? ... emoticon-Nohope

Jangan2 selama ini dalam mengambil Kebijakan dan Membuat Peraturan Menteri semuanya dibuat tanpa pake data... emoticon-Ngacir
Diubah oleh Kimak.Kaw 18-03-2013 17:27
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
7.4K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan