Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
[RIP] Komedian Tata Dado Meninggal Dunia
UPDATE:
Tata Dado meninggal dunia sekitar pukul 16.30 WIB. Suasana duka pun menyelimut rumah duka di Jalan Papandayan, Perum Mas Naga, Galaxi, Bekasi, Senin (18/3/2013)


Tata Dado meninggal di usia 48 tahun. Rencananya jenazah komedian yang tergabung dalam Silver Boys itu akan dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta.

[url]http://hot.detik..com/readfoto/2013/03/18/215913/2197312/431/2/suasana-duka-di-rumah-tata-dado991105462[/url]





Kangen gw ama gaya centil dan lawakan rumpinya TATA DADO, semoga Arwahnya diterima di sisi-Nya amin emoticon-Berduka (S)
(Maaf TS tak bisa memasang foto Tata dado jadi Waria di acara-cara TV, biar gak jadi cemo'ohan krn itu semua hanya peran emoticon-I Love Indonesia (S))




Komedian Tata Dado meninggal dunia pada Senin (18/3/2013) setelah berjuang melawan penyakit komplikasi beberapa tahun belakangan ini. Sejumlah kicauan belasungkawa pun mengalir deras di situs jejaring sosial.

Kebenaran kabar meninggalnya Tata Dado dibenarkan oleh Ozi, salah satu anggota keluarganya.

"Iya bener (meninggal), sekitar pukul 16.30," ujar Ozi ketika dihubungi Kompas.com, Senin.

Beberapa jam sebelumnya, santer dikabarkan bahwa Tata telah meninggal. Namun, hal tersebut sempat dibantah Ozi. Ia menegaskan kabar itu hanyalah hoax.

Namun, setelah melihat langsung kondisi terakhir Tata, Ozi akhirnya membenarkan kabar tersebut. "Saya sedang ada di rumah duka, tadi saya bilang hanya gosip. Sekarang sudah ada buktinya," kata Ozi seraya terisak.

Bintang komedi situasi Lenong Rumpi itu menderita stroke dan diabetes sejak satu tahun lalu. Ia sempat dirawat di rumah sakit, tetapi tidak menunjukkan banyak perubahan. Tata Dado akhirnya dirawat di rumahnya di kawasan Kalimalang, Bekasi.

Beberapa kicauan kini masih ramai dengan pernyataan dan doa mengiringi Tata ke peristirahatan terakhirnya.

"Rest in peace, tata dado emoticon-Frown info dari rim bukan empat mata yang baru saja menjenguk tata di rumah pribadinya," tulis akun @mochamadrizki.

emoticon-Berduka (S)
Ucapan belasungkawa pun datang dari Pesatuan Artis Komedi Indonesia. "INFO DUKA CITA ... Innalillahi waa innalillahi rojiiuun Telah meninggal dunia rekan seniman kita TATA DADO pada hari Senin Tgl. 18 Maret 2013. Jenazah disemayamkan rumah duka dialamat: Taman galaksi bekasi barat Kami dari Pengurus PaSKI Pusat dan DKI turut berduka sedalam-dalamnya semoga arwah almarhum diterima Allah SWT," demikian bunyi pesan berantai tersebut, Senin (18/3/2013).

http://entertainment.kompas.com/read...do%20Berpulang
emoticon-Berduka (S)

KISAH HIDUP TATA DADO


"TATA itu panggilan intim di keluarga," kata Tata Dado tentang asal usul namanya sebagaimana diungkap tabloid ini 1998 silam.

"Nama itu lahir waktu aku setahun, baru mau belajar jalan. 'Kan biasanya selagi ajari anaknya jalan, orangtua ngomong ta, ta, ta, gitu. Eh, tahunya nama itu terus terpakai. Tambahan Dado dari kakakku setelah main di Lenong Rumpi," cerita Tata lagi. "Soalnya, Tata doang, bisa dikira tata usaha, tata dagang atau nama bank."

Soal nama belakang Dado, katanya dari "nama ayah yang asal Manado." Nama aslinya: "Safei Salifan Dado," bilangnya. Tata meninggal di usia 47 tahun, Senin (18/3) sore akibat komplikasi diabetes, stroke yang sudah dideritanya sejak lama. Hari ini jagat hiburan kita kembali kehilangan salah satu tokoh yang berbakat.

Kita pertama mengenal Tata Dado dari acara komedi Lenong Rumpi di awal 1990-an. Tapi karir komedi Tata sebetulnya tak dimulai dari situ. Tata, kelahiran Jakarta, 12 Juni 1965, sudah memiliki grup lawak sendiri, Silver Boys sebelum bergabung dengan Lenong Rumpi. Grup lawak itu terdiri dari teman-teman SMA-nya. Mereka sudah sering mengadakan show di klub malam dan hotel-hotel.

Kekhasan kelompok Tata Dado ini adalah semua pemain cowoknya berperan sebagai perempuan. Ada yang memerankan Madonna, Marilyn Monroe, dan lain-lain.

Kebetulan, Harry de Fretes, penggagas Lenong Rumpi, melihat permainan grup lawak Tata. Langsung saja Harry mengajak Tata bergabung. "Saya termasuk generasi pertama Lenong Rumpi, bersama Ferina, Widodo, dan Harry," katanya pada tabloid ini di edisi 72, minggu kedua Juli 1992. Tata bergabung dengan Lenong rumpi sejak 1991.

Tabloid ini menulis, kemunculan Tata di Lenong Rumpi menciptakan variasi tontonan yang tak bikin jenuh. Tata membawa idiom-idiom yang akrab dengan masyarakat kelas bawah. Perannya di Lenong Rumpi sebagai Marlena menunjukan bahwa dirinya memang lekat dengan peran perempuan kalangan bawah. Gaya bicara dan tingkah lakunya persis seorang perempuan.

Mau bagaimana lagi di jagat komedi kita aneh itu lucu. Sebuah rumus tua yang di antaranya dipraktekkan Srimulat. Ada cowok berdandan cewek dianggap lucu, mengundang tawa. Tata selalu mengatakan jadi perempuan sebatas pekerjaan. "Kemauan orang yang bayar gue," katanya pada tabloid ini tahun 1999. Katanya lagi, "Untuk kegilaan, lebih seru jadi perempuan. Lebih gampang memancing tawa. Pakai baju perempuan tapi suara laki-laki 'kan lucu."

Saya paling ingat dengan gaya komedi Tata yang dalam pakaian dan dandanan perempuan sesekali ia munculkan suara lelakinya. Saat pakai baju glamour dengan selendang bulu-bulu dan wig Marilyn Monroe, Tata bisa tiba-tiba menghardik mengeluarkan suara lelakinya. Apalagi ditunjang postur Tata yang tinggi besar, makin komplit segala yang bertentangan bin aneh itu untuk dibilang lucu.

Tata Dado

Tata Dado dengan gaya panggungnya. (Fotoemoticon-Big Grinok. Bintang Indonesia)

Hingga Lenong Rumpi tamat, Tata konsisten dengan gaya melawaknya ini. Tentu, ia bukan pelopor gaya lawak begini. Srimulat punya Tessy. Pun gaya lawak cowok jadi cewek terus ada hingga kini. sesekali kita melihat Azis Gagap jadi cewek di acara Opera van Java (OVJ) Trans 7. Namun Tata terbilang yang fenomenal dengan gaya khasnya itu.

Hingga menjelang sakit dan jarang muncul di TV, Tata masih kerap manggung dengan gaya khasnya. Mungkin ia letih, mungkin juga tidak. Yang jelas, sejak 2011 kami mencatat Tata terserang stroke akibat komplikasi diabetes. Ia juga sempat diisukan koma.

Beberapa hari terakhir kita kembali melihat Tata dalam wujudnya yang ringkih. Tak ada Tata yang kocak, glamour, mengundang tawa.

Syahdan, hari ini, Senin, kita mendengar kabar sedih: Tata dipanggil Sang Pencipta. Tugasnya membuat kita tertawa, menghibur kita, sudah selesai. Selamat jalan Tata Dado ...

http://www.google.com/imgres?imgurl=...ed=0CDkQrQMwCA
Diubah oleh nevertalk 18-03-2013 16:13
0
9.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan