Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arioramadhaniAvatar border
TS
arioramadhani
Excel 200 (P200XE), Vespa 200 CC tapi irit BBM
Kebanyakan orang mengatakan bahwa Excel 200 merupakan varian Vespa yang paling boros.

Pendapat demikian sangat masuk akal, karena Excel 200 JELAS mengusung dapur pacu 200CC. teman saya di bengkel, ortu-nya beli Excel 200 tahun 90an dan dipakai sampai sekarang. Konsumsi bensin 1 liter untuk 35 km dalam kota. Untuk luar kota 1 liter bensin bisa mencapai 40 km. Sebagai perbandingan, konsumsi bensin segitu imbang dengan Mio Soul yang cuma 115 CC 4 Tak. Bahkan lebih irit dari Tiger Revo 200 CC 4 Tak. Bukan bermaksud menjelekkan merek yang lain, tetapi kebetulan saya juga search data Mio dan Tiger.

Perlu untuk diketahui bahwa Vespa mempunyai mesin yang sangat sederhana dan sangat-sangat efisien sehingga optimal dalam mengubah bahan bakar menjadi tenaga.

Dengan catatan, spek mesin harus terjaga sesuai standard pabrik.



Spesifikasi Excel 200 adalah sbb:

mesin Type : Excel P200XE dengan electric starter + accu.

Karbu : DellOrto 24/24E

Pilot Jet : 55/100

Main Jet : 116/100

Bensin : Premium

Top Speed : 115 Km/Jam pada gigi 3. Top speed gigi 4 gak pernah nyoba. Takut, maklum bukan pembalap, haha.



Excel 200 dirancang untuk touring, bukan untuk road race ato drag. Kalo cuman untuk harian, jangan sekali-kali mengubah spek. Pemakaian kenalpot racing bisa menyebabkan bensin boros, dan loyo di tanjakan. Selain perubahan knalpot, hal utama yang menyebabkan Vespa boros adalah lubang hisap sudah longgar, yang menyebabkan bensin menyembur keluar dari lubang venturi karbu.

Jika spek masih sesuai standard pabrikan, tinggal gaya pengemudi yang juga sangat berperan dalam konsumsi bahan bakar. Excell 200 optimal jika dipakai pada kecepatan 50-70 Km/Jam. Dibawah atau diatas itu konsumsi bensin akan semakin boros. Dalam menarik tuas gas pun, usahakan seiring dengan pertambahan kecepatan, jangan dilakukan secara kontan kayak mau balapan. Hal ini yang butuh kesabaran extra. Maklumlah… 200 CC emang bikin tangan pengen muter tuas gas. Saat pindah gigi, tunggu sampai RPM udah stabil, agar daya mesin nggak ngedrop.
1syarif
1syarif memberi reputasi
1
80.4K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan