UNPAM = Universitas Paling Murah/Universitas Paling Mulia?



Quote:Di kota Tangerang Selatan ada satu universitas yang namanya UNPAM yang kepanjangannya adalah Universitas Pamulang. Di universitas ini mahasiswanya berasal dari berbagai lapisan ada yang memang pekerja kantoran, tukang bangunan, OB, bahkan pemulung.

Dari awal sang penggagas memang bermaksud memberikan pendidikan murah bagi orang yang tidak mampu. Semua itu berawal dari pengalamannya yang tidak mampu bersekolah tinggi karna faktor ekonomi. berdiri sejak tanuh 2004 yang awalnya mahasiswanya hanya ada 1 atau 2 di setiap kelasnya, kini mahasiswa UNPAM berjumlah puluhan ribu.

Meskipun di universitas ini biayanya murah meriah tapi bukan berarti kualitasnya kalah dibandingkan universitas-universitas yang bayarnya mahal.

Di UNPAM juga tersedia berbagai pilihan fakultas antara lain: Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, Program Pasca Sarjana dan bahkan sekarang sudah ada sekolah keperawatan dan kebidanannya lhoo..

Di universitas ini biaya kuliahnya sangat murah, sehingga terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat yang ingin mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Waktu kuliahnyapun fleksibel karna ada pilihan kelas regular dan eksecutive. untuk kelas eksekutive hanya masuk kuliah di hari sabtu dari pagi sampai sore, sedangkan untuk kelas regular waktu belajarnya dari senin-jum’at dan ada 2 pilihan yaitu kelas pagi dan malam. Jadi untuk yang bekerjapun bisa ambil kelas regular.


Quote:SIAPAKAH PENDIRI UNPAM???
PENDIRI UNIVERSITAS PAMULANG ADALAH BAPAK DARSONO, BELIAU AWALNYA ADALAH OFFICE BOY, LANTAS BAGAIMANA SAMPAI AKHIRNYA MAMPU MENDIRIKAN UNIVERSITAS, CEKIDOT....


Quote:Quote:Kisah Sukses Darsono Pendiri Universitas Pamulang (UNPAM)Quote:


Darsono, pendiri Universitas Pamulang (Unpam). Pria kelahiran Bantul, Yogyakarta ini berasal dari keluarga tidak mampu. Hal inilah yang membuatnya hampir saja tidak mengenyam bangku sekolah. Darsono juga sempat dilarang untuk meneruskan sekolahnya.
Namun Darsono tidak patah semangat dalam meraih dan mengejar cita-citanya. Ia rela menjadi buruh di tempat pembuatan batu bata merah agar bisa mendapat biaya untuk melanjutkan sekolahnya. Hal yang sama ia lakukan pada saat hijrah ke Jakarta. Ia menjadi buruh, berdagang elektronik, serta menjadi guru.
Dari beberapa kisah sukses diatas, bolehlah kita tanyakan, apakah masa remaja mereka dihabiskan dengan galau, galau dan galau? Apa galau termasuk dalam kamus sukses mereka?
Otak, akan merekam suatu peristiwa (kata-kata) yang dilakukan berulang-ulang dan akan meninggalkan jejak-jejak pada pikiran kita. Karena itu, biasakan mendengar (berkata) dan melihat hal-hal yang baik, yang dapat memacu motivasi diri ke arah yang lebih baik. Bukan sebaliknya.
Motivasi atas perjuangan Bpk. H. Darsono membuka Unpam dari nol hingga seperti sekarang. Semangat yang ditunjukannya patut ditiru, seperti halnya semangat banyak mahasiswa Unpam lainnya yang tetap terus melanjutkan kuliah dengan segala keterbatasannya. Ketika kemauan diikuti usaha yang keras, maka hasilnyapun menjadi nyata.
Pada hari jumat tanggal 01 Juni 2012, penulis melihat acara di Metro Tv yaitu Kick Andy. Tak disangka ternyata bapak Darsono selaku pendiri Universita Pamulang dijadikan sosok untuk topik yang bertajuk “Balas Dendam Pendidikan”. Bagi Darsono tidak ada alasan orang tidak bisa kuliah di perguruan tinggi karena mahalnya biaya kuliah. Pria berusia 57 tahun berasal dari Yogyakarta itu mendirikan Universitas Pamulang yang terletak di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Mahasiswa Unpam sebagian besar dari kalangan tidak mampu antara lain mereka yang berprofesi sebagai office boy, kuli bangunan dan pemulung. ”Bahkan salah satu alumninya yang berprofesi sebagai pemulung telah berhasil lulus dan kini menjadi dosen di Unpam,” ujar Darsono. Motivasi mendirikan universitas yang murah bagi Darsono adalah obsesinya karena dendam masa lalunya yang kesulitan ketika bersekolah. Ia mengaku terpaksa pergi dari rumah, diusir ayahnya karena ngotot ingin sekolah. Darsono yang merantau ke Jakarta terlunta-lunta dan pernah menjadi office boy di salah satu perusahaan di Jakarta. Berkat keuletan dan ketelatenan yang penuh perjuangan cita-cita Darsono berhasil mendirikan Universitas Pamulang. Biaya kuliah di Unpam menurut Darsono sangat murah. Mahasiswa bisa mengangsur uang kuliahnya selama satu semester Rp 100 ribu per bulan.

SUMBER

KISAH BAPAK DARSONO DALAM KICK ANDY




Quote:TERNYATA MASIH ADA ORANG YG PEDULI PADA RAKYAT KECIL YG INGIN KULIAH, BIASNYA ANAK MUDA ZAMAN SEKARANG KALAU DITANYA CITA2 PASTI MILIH DOKTER UNIVERSITAS PAMULANG BISA JADI SOLUSI, CEK TKP GAN.......

Quote:Quote:Universitas Pamulang, Solusi Jadi Dokter Tidak Harus MahalQuote:

GLOBAL TANGSEL, Pamulang -- Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia dan sumberdaya alam untuk pembangunan bangsa menjadi lebih baik dan maju. Nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal karena mahalnya biaya pendidikan di Indonesia.

Padahal setiap masyarakat khususnya masyarakat indonesia berhak untuk mendapat pendidikan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah. APBN dan APBD seharusnya bisa mengcover semua hal yang terkait dengan pendidikan, sayangnya hal itu belum bisa dirasakan di Indonesia.

Universitas Pamulang telah membuktikan bahwa pendidikan di Indonesia bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah, dengan biaya kuliah yang sangat terjangkau namun berkualitas. Universitas yang di pelopori oleh Darsono itu telah berkembang pesat. Untuk saat ini saja jumlah mahasiswanya telah mencapai 27.000, angka yang sangat fantastis untuk sebuah universitas yang masih belia yang baru menginjak usia 11 tahun dalam kancah dunia pendidikan.

Sementara itu Rektor Universitas Pamulang, Dayat Hidayat, saat ditemui wartawan global tangsel dalam kegiatan Propesa kemarin Sabtu, 14/9/12 di Universitas Pamulang mendukung pendidikan murah berkualitas. Ia mengatakan, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat dan mahasisiwa bahwa pendidikan dengan biaya terjangakau dan berkualitas bisa di nikmati oleh semua masyarakat terlebih masyarakat bawah yang notabennya tidak mampu menempuh pendidikan hingga jenjang ke perguruan tinggi.

"Yang daftar tahun ini ada 11.500 yang kita terima hanya 8.500, jadi jumlah keseluruhan mahasiswa kita ada 27.800. Kuliah itu suatu hak sekaligus kewajiban yang bisa ditempuh dan bisa di nikmati di Universitas Pamulang dengan biaya yang terjangkau. Intinya kita menekankan pendidikan tinggi kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah, bisa dinikmati di Universitas Pamulang ini", kata Dayat (14/9).

Dayat juga menambahkan, kedepannya Unpam (Universitas Pamulang) akan membuka Fakultas Kedokteran yang juga terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, pihaknya beranggapan bahwa yang jadi dokter bukan hanya orang - orang yang mampu dan kaya tapi juga untuk yang tidak mampu bisa jadi dokter. Masalah biaya kuliah kedokteran mahal itu menurutnya hanya masalah sistem dan pengelolaan, tidak ada aturan baku bahwa pendidikan kedokteran harus mahal. seharusnya hal itu bisa diantisipasi.

"Kita akan berupaya dan berusaha. Dari pengalaman mengelola fakultas yang mahal di Universitas lain dan bisa kita upayakan dengan murah di Unpam, maka kitapun akan berupaya membuka dan mengelola fakultas kedokteran namun dengan biaya yang sangat murah. Karena pada prinsipnya pendidikan itu harusnya murah, kenapa, karena yang membuat mahal adalah sistem. Kita bisa liat di universitas A biaya pendidikan kedokteran 400 juta, unversitas B 300 juta, Universitas C 200 juta, artinyakan tidak ada ketentuan baku. Berati kalo gitu sebenarnya bisa murah. Kenapa biaya pendidikan mahal itukan hanya karena Universitasnya sudah beken, hanya karena di masyarakat sudah tertanam bahwa biaya pendidikan kedokteran itu mahal, maka kemudian dibuatlah jadi mahal, padahal harusnya ga begitu, misal alat kedoteran bisa "digotong" rame - rame, fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan bareng - bareng. Kita punya motivasi besar, harus ada dari kalangan yang tidak mampu jadi dokter", katanya.

Disinggung mengenai tentang tawaran pemerintah untuk menjadikan Unpam sebagai Universitas Negeri, Dayat mengatakan, selama Pemerintah tidak bisa menjadikan Universitas Negeri menjadi murah pihaknya tidak akan menerima tawaran tersebut.
"Selama Pemerintah tidak mempunyai komitmen menjadikan Sekolah Negeri murah kami tidak akan merubah unpam ini menjadi negeri. Karenakan kalo jadi Universitas Negeri malah jadi mahal bukan malah murah, sampai saat ini sekolah - sekolah dan Universitas Negeri tidak ada yang murah. Kita akan bekerja sama dengan Universitas dan Rumah sakit lain, jadi kalo untuk merubah Unpam ini menjadi Universitas Negeri itu tidak". Katanya tegas. (Rni
)
SUMBER


Quote:THANK YOU FOR VISITING
DIHARAPAKAN
AGAR THREADNYA MAKIN DIKENAL
Quote:JIKA AGAN BERMINAT BERIKUT PROFIL LENGAKAP UNIVERSITAS PAMULANG
Quote:

UNIVERSITAS PAMULANG
Alamat : Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat, Tangerang Selatan –Banten, 15417
Mail : info@unpam.ac.id
Telp/Fax : 021-7412566
Website : www.unpam.ac.id

HISTORY
Setelah berganti manajemen, maka berganti pulalah tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Pamulang. Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu Universitas Pamulang selalu mengangkat tenaga-pengajar dan staff administrasi yang berkompeten di bidangnya. Kami pun juga selalu melakukan pengembangan di bidang kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga seluruh lulusan Universitas Pamulang dapat diterima dengan baik dalam dunia kerja. Selain itu untuk menunjang kegiatan perkuliahan, Universitas Pamulang telah menyediakan berbagai macam fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan
Dengan terselenggaranya pendidikan murah di Universitas Pamulang, kami selaku pihak Yayasan Sasmita jaya berharap semua lapisan masyarakat di Indonesia dapat menikmati pendidikan di bangku kuliah. Dengan terdidiknya seluruh lapisan masyarakat Indonesia
Maka secara otomatis pun itu akan menurunkan tingkat kebodohan dan kemiskinan serta meningkatkan daya jual dan harga diri masyarakat Indonesia.
VISI & MISI
Visi
Menjadikan Universitas Pamulang sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang terdepan., modern dan mandiri untuk mengembangkan Trdharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan pionir pembangunan yang professional, inovatif, dan produktif yang dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam rangka menunjang Pembangunan Nasional.
Misi
1. Menciptakan Sarjana yang berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Mewujudkan Sarjana yang dapat menciptakan lapangan kerja (mandiri) professional dan berdaya saing serta mendapat pengakuan secara formal
3. Mewujudkan harapan dan cita-cita pendidikan Nasional secara menyeluruh dan terpadu
4.Mengembangkan ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan yang memadai dan memungkinkan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
Tujuan
Universitas Pamulang bertujuan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa mendorong dan mengembangkan para mahasiswa sebagai manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berbudi pekerti luhur. Memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan, jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri.
Secara khusus Universitas Pamulang bertujuan memajukan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu-ilmu alamiah, social pengetahuan budaya dan teknologi melalui penyelenggaraan program pendidikan tinggi, penelitian dan pengkajian yang dapat menghasilkan sumbangan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memenuhi keinginan masyarakat bangsa dan Negara yaitu terciptanya para professional yang mandiri dan berdaya saing di era globalisasi serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan bagi orang lain.
SIMBOL
Lambang Universitas Pamulang terdiri dari 4 bagian yaitu:
* Lingkaran luar yaitu bola mengandung arti bahwa Yayasan Sasmita Jaya dan Universitas Pamulang mengacu ke pengembangan dunia dan era Globalisasi yang tak putus-putus namun merupakan satu kesatuan yang bulat
* Empat segitiga besar dan empat segitiga kecil mengandung arti bahwa Universitas Pamulang memiliki pijakan dari empat sisi landasan kehidupan baik langkah-langkah besar maupun lankah-langkah kecil selalu berlandaskan pada empat hal yaitu :
Iman yaitu seluruh aktifitas selalu berlandaskan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ilmu yaitu seluruh aktifitas akademik berpijak kepada sisi keilmuan
Amal yaitu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan wujud amal bakti
Akhlak yaitu seluruh amal sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi dihiasi oleh akhlak yang baik
* Lingkaran Utama plat merah mengandung arti bahwa Universitas Pamulang mengemban misi yang utama tidak terpisah-pisah dan bersifat bulat antara pikir dan dzikir, antara iman dan ilmu, ilmu dan amal, amal dan akhlak jasmani dan rohani sebagai suatu lingkaran kehidupan
* Bunga yang mekar di dalam lingkaran utama memiliki arti Universitas Pamulang membina, mendidik, mengarahkan dan membimbing para mahasiswa sebagai harapan bangsa yang sedang mekar, yang akan mengharumkan bangsa dan menghasilkan buah-buah yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.
FAKULTAS
Fakultas Hukum
Program Studi Ilmu Hukum (S1)
Fakultas Sastra
Program Studi Sastra Inggris (S1)
Program Studi Sastra dan Bahasa Indonesia (S1)
Fakultas Ekonomi
Program Studi Akuntansi (S1 dan D3)
Program studi Manajemen (S1)
Program Studi Sekretaris (D3)
Fakultas Teknik
Program Studi Teknik Mesin (S1)
Program Studi Teknik Elektro (S1)
Program Studi Teknik Industri (S1)
Program Studi Teknik Kimia (S1)
Program Studi Teknik Informatika ( S1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan/PPKn (S1)
Program Pascasarjana
Magister Manajemen (S2)
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKES )
Program Studi Kebidanan (D3)
Program Studi Keperawatan (S1)
SUMBER
VIDEO PROFIL


Quote:KISAH NALIL BARIYAH MAHASISWA UNPAM
Quote:Kerja Sambil Kuliah
Quote:Dulu saat baru lulus SMA sekitar pertengahan tahun 2006 saya langsung merantau ke Jakarta untuk bekerja. Saya bersedia bekerja jenis pekerjaan kasar sekalipun asalkan bisa mendapatkan uang untuk menebus ijazah SMA saya yang di tahan pihak sekolah karena masih memiliki tunggakan.
Semangat untuk segera dapat menebus ijazah semakin menggebu-gebu setiap ada pembukaan penerimaan mahasiswa baru. Setelah beberapa bulan menabung akhirnya saya pulang kampung dan berhasil menebus ijazah SMA saya. Ketika ijazah sudah ditangan, saya berpikir tinggal selangkah lagi saya bisa kuliah. Hmm..namun tidak begitu kenyataanya. Setelah melakukan survei dari satu universitas ke universitas lainya, ternyata kuliah membutuhkan uang yang banyak ya?! Apalagi di ibukota tempat saya merantau ini. Hampir rata-rata universitas di sini sangat mahal. Jangan tanya untuk kelas eksekutif atau kelas karyawan-nya. Biasanya biayanya dua kali lebih mahal dari kelas reguler. Padahal penghasilan saya saat itu hanya lebih sedikit saja setelah dipotong untuk makan sebulan alias ngepres! Dan kebanyakan diantaranya saya terkendala pada waktu, secara saya juga harus bekerja untuk membiayai kuliah itu sendiri. Ingin masuk universitas negeri lebih sulit lagi. Selain kuliahnya sistem reguler, yah seperti yang sudah jadi rahasia umum, jika sudah lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) kudu siapin uang pangkal, uang pembangunan atau sejenisnya yang jumlahnya tidak sedikit.
Saya yang berasal dari keluarga kurang mampu tentu saja berpikir bagaimana caranya agar bisa kuliah tanpa membebani keluarga. Kalau bisa justru walaupun saya kuliah saya tetap dapat membantu membiayai sekolah adik-adik. Tapi bagaimana caranya sedangkan penghasilan bulanan saya pas-pasan? Setelah kurang lebih lima tahun bekerja, selama itu pula gaji saya sedikit demi sedikit naik. Mimpi untuk kuliah semakin di ubun-ubun. Saya benar-benar seperti tidak dapat menahanya lebih lama lagi. Dengan usaha lebih keras, Alhamdulillah akhirnya Tuhan memberi jalan. Saya menemukan sebuah universitas di daerah Pamulang, UNPAM namanya. Biaya kuliah disana lumayan bersahabat dengan kantong saya. Dan lebih bersyukurnya lagi saya kuliah bisa sambil membantu orang tua untuk membiayai sekolah adik-adik walaupun jumlahnya tidak banyak, sih.
Memang cukup pesimis awalnya dapat izin untuk kuliah dari bos. Mengingat pekerjaan saya menuntut saya stand bye selama 7 hari penuh. Saat itu saya mendapat informasi bahwa di UNPAM ada kelas eksekutif yaitu kuliah pada hari sabtu dengan durasi 9 jam! Ini merupakan angin segar buat saya yang sangat haus akan kuliah namun terbentur dengan waktu kerja. Bermodalkan nekat saya langsung menghadap bos besar dan mengutarakan keniatan saya tersebut. Saya berusaha meyakinkan beliau bahwa pekerjaan saya tidak akan terbengkalai hanya karena saya izin sehari untuk kuliah. Dan syukur Alhamdulillah lagi walaupun sedikit berbelit-belit namun akhirnya beliau memberi saya izin.
Setelah saya resmi jadi mahasiswa di jurusan Sastra Inggris, saya tidak lupa bahwa saya adalah seorang pekerja. Yang selanjutnya harus saya lakukan adalah bagaimana saya mengatur waktu agar bisa meng- handle keduanya, antara kuliah dan pekerjaan. Sekedar info saja, konsekuensi kuliah dengan pertemuan sehari dalam seminggu itu artinya saya harus belajar mandiri di rumah pada enam hari sisanya dan para dosen tidak segan memberi tugas rumah. Tidak kebayang kan repotnya membagi waktu antara pekerjaan dan belajar? Apalagi kalau di pekerjaan saya ada trouble sedangkan saya juga harus mengerjakan tugas kuliah yang cukup membuat pusing. Hadeuhh.. terkadang kepala sampai nyut-nyutan. Tapi ya saya kembali harus bersabar dan menikmati kondisi semacam itu. Karena dari awal saya tahu bahwa kerja sambil kuliah atau kuliah sambil kerja itu memang butuh tenaga serta energi ekstra! Dan sampai di semester tiga ini Alhamdulillah saya masih tetap semangat. Kuliah sambil bekerja? Siapa takut!!!

SUMBER
Kalo sempet gan ane mau ke TKP
Quote:Original Posted By cronozeus
Kalo sempet gan ane mau ke TKP


lebih murah dari BSI gak gan?
Quote:Original Posted By akanayuri


lebih murah dari BSI gak gan?


kalo dilihat dari biaya lebih murah dari BSI gan
Quote:Original Posted By teknisimigas


kalo dilihat dari biaya lebih murah dari BSI gan


serius gan??ane cek web deh

tengggss gan

Quote:Original Posted By akanayuri


serius gan??ane cek web deh

tengggss gan



SILAHKAN
akreditasinya gimana gan..?

selamat gan semua berkembang menjadi lebih besar
jauh nih dari rumah ane
semoga UNPAM makin maju deh untuk kedepannya
ane pernah denger univ itu gan, katanya sepupu ane di situ
ane baru tauuu
Quote:Original Posted By ic2ng
akreditasinya gimana gan..?



UNTUK AKREDITASI DAPAT CHEK DISINI GAN DOWNLOAD DISINI
semoga makin maju UNPAM dan semoga biaya semesternya gak naek-nake
murah berkualitas itu baru paling keren gan
Suksess terus UNPAM
nah itu dia gan ane masuk BSI 1 jt persemester 1,18jt , fasilitas serba elektronik loh gan hahaha Quote:Original Posted By teknisimigas


kalo dilihat dari biaya lebih murah dari BSI gan


ane sering denger UNPAM tapi minim informasi tentang UNPAM, nice share gan
Quote:Original Posted By arsyands
nah itu dia gan ane masuk BSI 1 jt persemester 1,18jt , fasilitas serba elektronik loh gan hahaha



PROSPEK KERJA LEBIH MEMPENGARUHI GAN
Sukses terus pak Darsono,,maju terus UNPAM untuk dunia pendidikan di indonesia,,
Quote:Original Posted By akanayuri


lebih murah dari BSI gak gan?

BSI emang top terletak di jkt tapi biaya minim

terlepas itu kalo UNPAM lebih murah salut dah