askmepleaseAvatar border
TS
askmeplease
Perang Dunia ke III, Perang Mata Uang..!
Perang Dunia III, Perang Mata Uang







Belakangan berita ekonomi dunia lagi anget-angetnya bahas tentang “Currency War” atau perang mata uang, bagi trader yang “beraliran” Fundamental sepertinya ngerti tentang keadaan ini.

Perang mata uang ini sebenarnya sudah ada pada tahun 2010. Pada saat itu amerika yang merasa dikalahkan oleh pertumbuhan perekomian cina yang begitu pesat karena cina mampu membuat nilai tukar yuan yang begitu rendah sebesar 40% dari nilai tukar yang sebenarnya.

Lalu bagaimana dengan keadaan ekonomi Amerika ? Amerika mengeluarkan kebijakan Quantitative Easing atau yang bisa dikenal dengan QE. Mungkin karena kecanduan dengan yang namanya QE, makanya amerika bisa menggunakan kebijakan ini sampai 3 kali.

Tahun 2013 diperkirakan akan menjadi tahun pertempuran mata uang. Bank sentral Amerika Serikat dengan maksud untuk mempermudah peningkatan kuantitas ekonomi nasional, merealisasikan tiga program dan mencetak uang kertas.

Perdana Menteri baru Jepang, Shinzo Abe, akan menjadi penulis sejarah modern era baru perang mata uang dunia. Ia menuduh bank-bank sentral Amerika Serikat dan Eropa telah memboikot Yen Jepang dan sejumlah mata uang lain untuk kepentingan Dolar dan Euro.

Abe mengeluhkan sikap Bank Sentral Eropa dan perbankan Amerika Serikat yang terus mencetak uang kertasnya. Pasalnya langkah ini menurutnya akan merugikan perekonomian Jepang.

Amerika ingin dolar tetap menjadi mata uang cadangan dunia. Ketika satu mata uang kuat tertentu di pasar dunia jumlahnya semakin besar, gerak negara-negara mitra akan semakin sulit.


Dengan adanya “Currency War” ini, ane ada beberapa pertanyaan :
  1. Apakah yang terjadi dengan Yuan Cina dan Yen Jepang jika Bank Sentral Amerika mencetak uang kertas dalam jumlah besar ?
  2. Apakah dampak yang akan terjadi pada perusahaan Jepang?
  3. Apakah Bank Federal Amerika maupun Bank Sentral mampu mengalahkan Jepang dalam pertempuran ini?


Temuin jawabannya disini gan Perang Dunia ke III

UPDATE GAN

Quote:
Diubah oleh askmeplease 07-03-2013 03:30
0
41.5K
667
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan