Drunkard.101Avatar border
TS
Drunkard.101
China, Kedua Terbanyak Dihuni Orang Superkaya
Beijing – Orang China kini memiliki jumlah miliarder nomor dua di dunia, menurut majalah Forbes yang diterbitkan Senin (4/3).

Menurut daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, ada 122 miliarder dolar dari China daratan, 39 dari Hong Kong dan 26 dari Taiwan. Padahal tahun lalu tercatat 95 orang miliarder dari China daratan yang masuk daftar, turun dari jumlah 110 orang pada 2011, teutama karena tekanan terhadap harga-harga saham.

Dari sebanyak 1.426 miliarder dunia dalam daftar Forbes, 442 berasal dari Amerika Serikat, diikuti China, Rusia pada peringkat ketiga, dan Jerman di peringkat empat dengan 58 miliarder.

Bos perusahaan minuman raksasa Hangzou Wahaha Group Co Ltd, Zong Qinghou, kembali tercatat sebagai orang terkaya di China daratan. Zong yang masuk dalam peringkat 86 terkaya dunia dengan aset US$11, 6 miliar, naik 60 tingkat dari tahun lalu. Ia menjadi satu-satunya miliarder asal China daratan yang kekayaannya melebihi US$10 miliar tahun ini.

Zong yang kini berusia 67 tahun, dibuntuti oleh taipan Wang Jianlin (peringkat 128) yang perusahaannya Dalian Wanda Group C Ltd mengakuisisi rangkaian perusahan bioskop AS AMC Entertainment tahun lalu, dan Liang Wengen (peringkat 158) yang merupakan pendiri fabrikasi permesinan Sany Group Co Ltd yang aktif membeli perusahaan-perusahaan di Eropa serta berinvestasi di AS.

Robin Li, komisaris utama dan CEO mesin pencari Baidu Inc, menduduki peringkat empat terkaya di China daratan, menempati peringkat 172, diikuti oleh rekan pengusaha Internet Pony Ma (173) yang menjadi komisaris utama Tencent Holdings Ltd. Tencent adalah perusahaan Internet terbesar di China dilihat dari kapitalisasinya.

Zong, yang juga menjabat sebagai deputi salah satu dari 12 anggota Kongres Nasional Rakyat (NPC) China agak sungkan dengan statusnya. “Saya orang yang bikin uang dari menjual air, dan segala sesuatu mengenai perusahaan saya dan saya sendiri cukup transparan, jadi saya tak merasa ada tekanan sama sekali,” ujarnya ketika akan memulai konferensi pers pada pembukaan sidang tahunan NPC di Beijing, tulis China Daily, Selasa (5/3).

Pertumbuhan ekonomi, urbanisasi dan belanja konsumen menjadi mesin pendorong pertumbuhan orang superkaya di China saat ini.

[URL="http://web.inilah..com/read/detail/1965117/china-kedua-terbanyak-dihuni-orang-superkaya#.UTm8XjerHPk"]Source[/URL]

pertumbuhan ekonomi yg maju .
orang super kaya semakin bertambah
0
2.4K
26
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan