5FianAvatar border
TS
5Fian
Salah Satu Cara Ampuh Menghemat Biaya Pernikahan
Kebetulan umur sudah menjelang, temen udah pada nikah bahkan punya anak, tapi apa daya belum kaya raya. Pernikahan ga sepatutnya menjadi suatu yang ditakutkan atau dihindari karena belum memiliki rumah, belum mapan, dll. Pepatah pasaran sudah mewabah, “Ada kemauan, ada jalan”, atau “Banyak jalan menuju Roma”.

Buat teman-teman sekalian, jangan takut, jangan bimbang. Sekarang banyak cara yang tersedia untuk menghemat biaya pernikahan. Tapi dibahas satu aja dulu yak, di luar kebiasaan nih gw bahas ginian: Salah Satu Cara Ampuh Menghemat Biaya Pernikahan. #Tsaaaahhhhh. Ini pertanda gw mulai dewasa, teman.. )

Nikah itu di mana-mana ga ada yang murah. Tapi memang tergantung sampai mana kita mau terjerumus dengan “template” yang sudah ada. Entah siapa yang menciptakan ‘aturan’, tapi pernikahan itu ga harus sesuai dengan “template” kok.

Ketika anggaran kita terbatas untuk melangsungkan pernikahan, kita memang harus kembali kepada tujuan awal pernikahan itu sendiri. Ketika kita sudah bisa menikah dengan disahkan Tuhan dan Negara, di mana mungkin saja pernikahan itu kecil namun dihadiri keluarga dan teman terdekat, di mana sepasang pengantin bahagia membuka lembaran baru mereka, maka tujuan pernikahan yang sebenarnya telah tercapai.

Sesederhana apapun sebuah pernikahan, sesuatu yang harus ada adalah undangan pernikahan. Apalagi kita hidup di Timur di mana hal-hal sederhana namun penting seperti itu tidak dapat ditinggalkan. Walau jumlah tamu undangan dipangkas, namun undangan itu sendiri mutlak ada, apapun dan bagaimana pun bentuknya.

Salah satu trend sekarang adalah dengan undangan pernikahan online, yang disatukan dengan website pernikahan. Dengan membuat website pernikahan, Anda dapat memasukkan foto-foto pre-wedding, informasi penting lainnya seperti waktu dan tempat resepsi, peta menuju tempat resepsi, di mana link website ini dapat dikirimkan kepada keluarga atau teman yang akan diundang ke pernikahan Anda.

Dengan membuat website seperti ini, tamu dapat mengakses informasi penting dengan cepat dan akurat. Informasi pun dapat Anda update sewaktu-waktu, misalnya ada perubahan susunan acara, dll. Selain itu, yang paling penting ini adalah salah satu cara ampuh menghemat biaya pernikahan.

Bagaimana tidak? Selain informasi lengkap dan update yang dapat Anda bagikan kepada para undangan, namun salah satu website di Indonesia yang sudah menyediakan jasa ini dapat mempermudah Anda untuk menyebarkan undangan pernikahan secara online, tanpa mengurangi rasa hormat dan formalitas.

Dengan cara ini, bila keluarga dan teman yang diundang tidak berkeberatan untuk menerima undangan pernikahan online, Anda dapat menghemat banyak untuk biaya undangan pernikahan, diperkirakan hingga senilai minimal 2 juta atau lebih lho!

Bila Anda mulai berpikir keterbatasan dalam membuat website, jangan khawatir karena sekarang sudah banyak penyedia jasa yang sekaligus menyediakan template website pernikahan, sehingga Anda hanya perlu memilih template atau tema, lalu mengisi halaman-halaman website yang sudah tersedia, dan website tersebut siap untuk dipublikasikan.

Orang tua kita pasti iri ketika fasilitas seperti ini belum tersedia di jaman mereka, hehe.. Tapi jangan lupa yakinkan mereka dulu untuk menggunakan ini. Bilapun mereka sedikit berkeberatan, mungkin Anda dapet nego dengan mencetak hanya beberapa undangan hardcopy yang perlu disebarkan ke keluarga yang mereka anggap sangat penting dan perlu menerima undangan secara fisik.

Dari sekian banyak, itu salah satu cara ampuh menghemat biaya pernikahan. Boleh dicoba daripada penasaran. Jangan lupa, “Ada kemauan, ada jalan.” Semoga postingan ini bisa berguna bagi Anda. NIKAH YOOOOOKKK!!!
0
1.8K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan