KASKUS

lumayan unik ya gan, bisa di kimpoiin ga gan?
Ane pernah punya , tapi ga ada yg bertahan lama, keluar dari shellnya n kakinya pada putus... Bau amis...

pelihara kelomang karena kecelakaan...

Nie peliharaan ane, karena kecelakaan kasian lihat kelomang yang dibeli keponakan gak diurusin.... Jalan2 dikaskus nemu Thread ini...dan beginilah jadinya.... Ane masih pake pasir bahan bangunan (darurat),sama belum dikasih air asin..hehehe

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Akuarium:

Spoiler for Akuarium:


Quote:Original Posted By Nu.geulis
Nie peliharaan ane, karena kecelakaan kasian lihat kelomang yang dibeli keponakan gak diurusin.... Jalan2 dikaskus nemu Thread ini...dan beginilah jadinya.... Ane masih pake pasir bahan bangunan (darurat),sama belum dikasih air asin..hehehe
........



wah keren crabitatnya :
pake akuarium gex ya
Quote:Original Posted By Nu.geulis
Nie peliharaan ane, karena kecelakaan kasian lihat kelomang yang dibeli keponakan gak diurusin.... Jalan2 dikaskus nemu Thread ini...dan beginilah jadinya.... Ane masih pake pasir bahan bangunan (darurat),sama belum dikasih air asin..hehehe

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Akuarium:

Spoiler for Akuarium:




Manstap gan tinggal nambah 1 ato 2 ekor lg n pasir laut halus/humus
Dulu adik pelihara kura2,karena udah terlalu besar..di hibahkan keorang lain.... Akuarium ini sebelumnya saya pakai untuk menyimpan Koleksi CD Audio.... Karena kemarin kebingungan cari BOX..akhir koleksi CD saya yang mengalah...hehehe.... jadi saya gak tau persis itu aquarium apa... gak berasa beli soalnya...

PeeRnya tinggal cari pasir laut nih.... belum sempat waktunya....
Quote:Original Posted By Nu.geulis
Nie peliharaan ane, karena kecelakaan kasian lihat kelomang yang dibeli keponakan gak diurusin.... Jalan2 dikaskus nemu Thread ini...dan beginilah jadinya.... Ane masih pake pasir bahan bangunan (darurat),sama belum dikasih air asin..hehehe

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Kelomang:

Spoiler for Akuarium:

Spoiler for Akuarium:




Bagus. tapi lebih bagus lagi kalo pasirnya tinggi 5-7cm untuk mengubur diri, terutama untuk ganti kulit. jangan lupa sediakan beberapa cangkang yg lebih besar buat rumah baru.

Makin besar makin awet

Di Jawa Tengan dan Yogya anak2 menyebutnya pongpongan. Makin besar makin awet. Blm lama beli didepan sekolah anak saya, yg kecil seribu dpt 3, sy beli 2rb dpt 6 sdh 3 hari gk ada yg mati tuh. Kunci nya cuma dikasi pasir laut basahin dikit yg tebalnya kira2 5cm, makanan buah rambutan, apple dll. dan dikasi air minum dari air akuarium ikan yg jernih bersih.
Gan ane nubitol soal mahluk istimewa ini gan. Ada beberapa pertanyaan buat suhu2 dimarih

1. Kalo cangkangnya kita bersiin dg cara di gosok2 pake jari trus diguyur aer keran yg ngalir aman gak ya buat si hermit?

2. Tips2 untuk molding dong gan..

Makasi ya gan
Quote:Original Posted By ronfor
Gan ane nubitol soal mahluk istimewa ini gan. Ada beberapa pertanyaan buat suhu2 dimarih

1. Kalo cangkangnya kita bersiin dg cara di gosok2 pake jari trus diguyur aer keran yg ngalir aman gak ya buat si hermit?

2. Tips2 untuk molding dong gan..

Makasi ya gan


saya coba jawab ya gan :
1. klo maksudnya msh ada kelomangnya ya ?? asal bukan air PDAM (karena ada kaporit dll) gak pa2 kaya saya dirumah pake air sumur
2. molting maksudnya ya gan ? klo yg ini saya belum pengalaman cuman tau2 ada kulit (karapas) kosong aja dan cari2 yg mati gak ada jd kemungkinan sukses molting kelomangnya.

silakan para sesepuh Kelomang dibantu jawab khususnya yg no 2 ya


Quote:Original Posted By ronfor
Gan ane nubitol soal mahluk istimewa ini gan. Ada beberapa pertanyaan buat suhu2 dimarih

1. Kalo cangkangnya kita bersiin dg cara di gosok2 pake jari trus diguyur aer keran yg ngalir aman gak ya buat si hermit?

2. Tips2 untuk molding dong gan..

Makasi ya gan


Sy juga masih baru 10 hari mulai lagi sungguh2 peliharanya krn yg dulu cuma dilepas dikebun. Sy coba jwb:
1. Pake sikat gigi bekas plus air yg bebas klorin aja kalo msh ada penghuni. Kalo kosong bisa pake sabun atau pemutih sedikit bisa bersih banget tapi bilasin yg bersih benar lalu rendam bbrp malam airnya ganti spy gk ada lagi bau sabun atau pemutih.

2. Moulting membutuhkan:
a. Pasir kering dan suasana lembab untuk mengubur diri.
b. Aneka makanan yg ber nutrisi atau bergizi tinggi misal: Rambutan manis, Apple merah washington, brokoli, sawo manis, tebu dikupas dll. Tulang sotong/ cumi (dijual di tukang makanan burung),
c. Air Laut (beli di tukang akuarium laut 1ltr 750-seribu rupiah) dan air tawar ditempat minum terpisah.
d. Suasana crabitat atau tempat nya jangan terlalu banyak kelomang lain yang bisa mengganggu.
e. Kalo mulai lamban dan mengubur diri, jangan diganggu. jangan sekali-kali mencari . . dimana ya kelomang gue yg 2 lagi kok ilang . . . lalu pasirnya dibongkar . . . pasti gagal deh moultingnya he he he

silakan yg lebih ahli nambahin . . . ngetiknya panjang nih
Quote:Original Posted By rozibpn


saya coba jawab ya gan :
1. klo maksudnya msh ada kelomangnya ya ?? asal bukan air PDAM (karena ada kaporit dll) gak pa2 kaya saya dirumah pake air sumur
2. molting maksudnya ya gan ? klo yg ini saya belum pengalaman cuman tau2 ada kulit (karapas) kosong aja dan cari2 yg mati gak ada jd kemungkinan sukses molting kelomangnya.

silakan para sesepuh Kelomang dibantu jawab khususnya yg no 2 ya




Quote:Original Posted By doktersepeda


Sy juga masih baru 10 hari mulai lagi sungguh2 peliharanya krn yg dulu cuma dilepas dikebun. Sy coba jwb:
1. Pake sikat gigi bekas plus air yg bebas klorin aja kalo msh ada penghuni. Kalo kosong bisa pake sabun atau pemutih sedikit bisa bersih banget tapi bilasin yg bersih benar lalu rendam bbrp malam airnya ganti spy gk ada lagi bau sabun atau pemutih.

2. Moulting membutuhkan:
a. Pasir kering dan suasana lembab untuk mengubur diri.
b. Aneka makanan yg ber nutrisi atau bergizi tinggi misal: Rambutan manis, Apple merah washington, brokoli, sawo manis, tebu dikupas dll. Tulang sotong/ cumi (dijual di tukang makanan burung),
c. Air Laut (beli di tukang akuarium laut 1ltr 750-seribu rupiah) dan air tawar ditempat minum terpisah.
d. Suasana crabitat atau tempat nya jangan terlalu banyak kelomang lain yang bisa mengganggu.
e. Kalo mulai lamban dan mengubur diri, jangan diganggu. jangan sekali-kali mencari . . dimana ya kelomang gue yg 2 lagi kok ilang . . . lalu pasirnya dibongkar . . . pasti gagal deh moultingnya he he he

silakan yg lebih ahli nambahin . . . ngetiknya panjang nih


wah trimakasih atas insightnya suhu-suhu semua....jadi makin semangat miara binatang eksotis ini.

btw, nanya lagi yah.
tanda2nya si klomang mau molting tu apa aja ya yg perlu diperhatikan? kan tanda2 yg udah jelas adalah kalo si kelomang udah lama ngilang/ngubur diri tuh...nah tanda2 lainnya apa?


Lightbulb 

Quote:Original Posted By ronfor




wah trimakasih atas insightnya suhu-suhu semua....jadi makin semangat miara binatang eksotis ini.

btw, nanya lagi yah.
tanda2nya si klomang mau molting tu apa aja ya yg perlu diperhatikan? kan tanda2 yg udah jelas adalah kalo si kelomang udah lama ngilang/ngubur diri tuh...nah tanda2 lainnya apa?



Kalo mengubur diri nya cuma beberapa hari, biasanya 1-2 hari mungkin stress dan ingin bertapa dulu Gan . . . (bayangkan, perlakuan pedagang2 kelomang sungguh mengerikan, kemarin sy lihat ribuan kelomang dijadikan satu di bak ukuran 2 x 1 meter, kurang makan dan gk ada minum, di injak2, dilempar dan cangkangnya dipecah dimasukkan yg model cat, sungguh tragis deh pokoknya, kalo foto nya dimuat disini pasti gempar!!)
kalo lebih dari 1 minggu mungkin moulting, jangan diganggu, letakkan ditempat gelap.
Jalan nya yg biasa agak cepat jadi mulai lambat dan lamban.

Unhappy 

Quote:Original Posted By doktersepeda

Kalo mengubur diri nya cuma beberapa hari, biasanya 1-2 hari mungkin stress dan ingin bertapa dulu Gan . . . (bayangkan, perlakuan pedagang2 kelomang sungguh mengerikan, kemarin sy lihat ribuan kelomang dijadikan satu di bak ukuran 2 x 1 meter, kurang makan dan gk ada minum, di injak2, dilempar dan cangkangnya dipecah dimasukkan yg model cat, sungguh tragis deh pokoknya, kalo foto nya dimuat disini pasti gempar!!)
kalo lebih dari 1 minggu mungkin moulting, jangan diganggu, letakkan ditempat gelap.
Jalan nya yg biasa agak cepat jadi mulai lambat dan lamban.



Saya punya fotonya Gan, ribuan kelomang (yang imut banget) ini sblm dijual di jadikan satu di tempat seadanya berdesakan bertumpuk-tumpuk gk ada makanan dan minuman, padahal kelomang sangat perlu air buat minum dan ngebasahin pernapasannya . . . pokoknya kasihan banget deh ampe mo nangis ngeliatnya . . .
AYO . . . SELAMATKAN KELOMANG . . . kita beli dan kita sayangi serta rawat yang baik . . . ada yg bilang bisa 80tahun

udah lama gak post di trid ini
ternyata semakin banyak yg piara kelomang

Talking 

Quote:Original Posted By Dodit44
udah lama gak post di trid ini
ternyata semakin banyak yg piara kelomang


Yah begitulah, makin banyak orang stress dan kelomangnya juga strezz he he he ...
AGan dodit44, bagi donk pengalaman pribadinya memelihara kelomang yang belum ditulis.
Quote:Original Posted By kelomangceria


Saya punya fotonya Gan, ribuan kelomang (yang imut banget) ini sblm dijual di jadikan satu di tempat seadanya berdesakan bertumpuk-tumpuk gk ada makanan dan minuman, padahal kelomang sangat perlu air buat minum dan ngebasahin pernapasannya . . . pokoknya kasihan banget deh ampe mo nangis ngeliatnya . . .
AYO . . . SELAMATKAN KELOMANG . . . kita beli dan kita sayangi serta rawat yang baik . . . ada yg bilang bisa 80tahun



wah dapat foto dari mna tuh gan ? banyak jg yg ukuran Lnya

Lightbulb 

Quote:Original Posted By rozibpn


wah dapat foto dari mna tuh gan ? banyak jg yg ukuran Lnya


motret langsung di TKP Gan . . . tempat penampungan kelomang . Tul, yg ukuran L banyak.
Quote:Original Posted By kelomangceria


motret langsung di TKP Gan . . . tempat penampungan kelomang . Tul, yg ukuran L banyak.


TKPnya dimana gan ? trus dipenampungan ada jenis apa aja ?
jgn2 agan yg punya penampungan ya he..he...

Lightbulb 

Quote:Original Posted By rozibpn


TKPnya dimana gan ? trus dipenampungan ada jenis apa aja ?
jgn2 agan yg punya penampungan ya he..he...


Masih di Java island Gan :-) waduh blm paham jenis2 kelomang, tapi warnanya ada putih, hitam, keungu-unguan juga ada.
Wah bukan milik Ane (dialekbetawi=on), kalo kite sih cinte banget, bahkan penyelamat kelomang dari penyiksaan,
bukan penyiksa kelomang. yg punya orangnya bertampang sadis Gan . . . padahal ibu2 lho hiiiii kelomang aja ngeri kalo lihat tampang dia.
motretnya aja ngumpet2 takut kamera nya disita Gan . . .
Quote:Original Posted By kelomangceria


Masih di Java island Gan :-) waduh blm paham jenis2 kelomang, tapi warnanya ada putih, hitam, keungu-unguan juga ada.
Wah bukan milik Ane (dialekbetawi=on), kalo kite sih cinte banget, bahkan penyelamat kelomang dari penyiksaan,
bukan penyiksa kelomang. yg punya orangnya bertampang sadis Gan . . . padahal ibu2 lho hiiiii kelomang aja ngeri kalo lihat tampang dia.
motretnya aja ngumpet2 takut kamera nya disita Gan . . .


he...he...sorry gan bercanda
bisa jd peluang bisnis tuh gan diborong yg sehat2 trus dirawat dulu baru pasarkan disini

×