KASKUS

waduh jadi tambang bingung nyimpulinnya..
nunggu2 jawaban dari pengamat yg lain dulu lah..
Quote:Original Posted By Armorgod


Hehehe, bagus gan
Mengganjal berarti ada sesuatu hal pikiran rasional logis kita yg masih sigap,,,

Ok gini,
Dalam kasus film & Diskusi Bedah film ini, Disini kita akan belajar 2 hal yg berbeda konteksnya,,,,
1. Cara membaca, Apresiasi & memahami sebuah film
(Salah satunya Semiotic ataupun Filmologi)
2. Ya tentunya harus tau juga sejarah buat based pengetahuannya dalam membaca film ini.

Sedikit soal pelajaran bahasa film:
"Inget adegan Film Kiamat Sudah Dekat" Dedy Mizwar,???"
Ada adegan anak dedy mizwar nerima bunga dan menyimpannya, selama hari berganti hari itu bunga tetap dipajang di kamarnya dan tidak ada sedikitpun
layu,,,,"
Nah ini bahasa film/ realitas film,,,
Klo mau dipake akal logis realitas natural, ya jelas gk masuk akal ntu bunga
kagak layu2 berhari,,,,
Tapi tidak dalam bahasa film, semua sah2 saja (untuk film fiksi ya)
Nah bahasa yang ingin disampaikan selain bahwa bunga itu adalah bunga
pemberian sang idaman, tapi dengan tidak layunya bunga itu juga sebuah
"Tanda" (Dalam ilmu semiotik)
tanda dimana bahwa itu menggambarkan cinta sang pencinta yang tak layu.


Dengan segala kekurangan dan ke awaman saya,
saya coba jawab ap yg saya bisa,,,

1. Ini yang perlu saya terus TEKAN TEKAN & TEKANKAN,,,
bahwa SD ini bukan personal, tetapi sebuah ya bisa dibilang corporasi
Perkumpulan, ide, pemikiran, dan lain sebagainya lah
namun emang sayangnya SD ini sangat klop sekali dengan Akronim dari analisa saya

2. Agan bilang klo di film ini si Soemohadi muncul di TV & bilang habibie agar turun
Nah, ini ilmu film masuk, dramaturgi, bahasa film, semiotic, dsb bekerja dalam menganalisa ini
Ini film bisa dibilang dokudrama, jadi tetap saja bukan sebuah documentry
tetap ada hal2 yang dibuat sebuah kiasan melalui bahasa2 film.
Jadi adegan itu gk perlu dimasuk akalkan bahwa pada era kejatuhan habibie
kita cari2 ada orang yang melakukan hal serupa dengan SOEMOHADI dalam film itu.

Bahasa Film yang ane tangkap soal SOEMOHADI ini koar2 tentang reformasi
dan menghendaki Habibie turun adalah,,,

1. Menurut agan2 semua emangny PS sang komandan elit emang bekerja atau klop dan jadi kaki tangan Soeharto????
NOPE
YOU'RE WRONG GUYSSSSSS
Justru PS ini sangat erat hubungannya dengan tokoh2 REFORMASI
(Dengan Amien Rais CS)

LOGIKA DASAR:
- Amien Rais emang anak siap bisa2 nya jadi superman ngoceh ngejatuh2in
soeharto sejak era 90an di panggung2 pidatonya???
Tanpa khawatir atas nyawanya
Kita bayangin aja lah orang kaya amien rais ini aktif di tahun 70-80
udah tinggal KTP doang cuyyy

- Budiman Sudjatmiko, Andi Arief, Desmond Mahesa, Pius Lustrilanang
Nezar patria, dll
(Kenal dong nama2 ini yang sekarang ngangkang jadi anggota dewan & birokrat) dulu aja lagaknya ngacung2 tangan demo
(ya gk semua, ada beberapa yg masih konsisten di luar system)

Punya Jimat apa ni orang2 bisa selamet dari genggaman tim loyalis PS


Kesimpulan Point 1 :
- jadi buang jauh2 teori pemikiran bahwa selama ini PS itu ring dalem cendana
NO Guys FAIL FAIL FAIL

2. Dia adalah orang yang berdiri sendiri yang kita tidak tahu siapa MASTERNYA
Ibarat sebuah wayang, tentu ada dalangnya
Klo SD adalah cuma mata wayang aja, dalangnya ada jauh lebih hebat
(Tar klo gw bilang dikira halusinasi pula)

3. jadi di era reformasi sedang unstable itu, banyak pihak bermain
- Soeharto & Kroninya
- Orang2 yang ngako Reformer bersama mahasiswa yg masih labil
- SD & Pemikirannya entah apa

berapapun pihak yang bermain, pada intinya bangsa kita tetap yang rugi sendiri
kejatuhan ekonomi, nyawa, dll tidak terhitung gara2 itu semua.
yang untung siapa????
Ya corporat2 asing neokapitalis & neoImperialis yang masuk melalui
daging & darah rakyat kita sendiri


GAK YAKIN SAMA OCEHAN GW SOAL PS dekat dengan AMIEN RAIS dkk?

Nih gw kutip dari buku HABIBIE, PRABOWO & WIRANTO BERSAKSI
Amien Rais
Pada awal reformasi ketika mahasiswa mulai berdemonstrasi, ketika koran mulai berani mengkritik pemerintahan, Memang pak Prabowo itu beberapa kali bertemu saya. Waktu itu saya melihat Pak Prabowo ini tidak sama dan sebangun dengan cendana. Walaupun dia menantu pak harto, saya lihat pikiran2nya sudah cukup jauh. Buat saya dia Jenderal Intelektual atau Intelektual Jenderal.
Waktu Pak harto di Jepang, ada seorang penghubung antara saya dan Pak Prabowo. Ketika kami berbicara, ternyata banyak hal yang mirip juga. cuma dalam masa2 yang sangat darurat menjelang 20 Mei itu, saya ingat sekali dia mengatakan ada perintah dari Hirarki yang lebih tinggi untuk menembak saya. Dia bahkan menyebutkan nama orang tersebut. Saya jawab "Sudahlah mas Prabowo, Buktinya saya masih sehat, saya masih segar". Jadi saya tidak terlalu risau dengan informasi seperti itu, tapi saa terima kasih atas informasinya. itu membuat saya juga jauh lebih berhati-hati dan lebih waspada"



Nah, klo udah tau begini
Silahkan dipikirin dah
Otak2 kita yang selama ini nganggep PS itu lingkaran dalem cendana
ternyata nggak juga kan,,,
Ngapain dia main2 sama aktivis
yang selama ini pemikiran orang umum adalah jelas rivalnya.
Why???
Ada apa????

Hebat kan profil SD ini


Kalau dari teori analisis anda, ane bisa nyimpulin siapa yang agan maksud.

Yang dimaksud meninggal di umur 83 tahun ya?
kalo ane baca 2 page terakhir, sumohadi itu berarti "maksudnya" Sumitro Djojo , sang begawan ekonomi..

tentu bukan Sumitro djojo sesungguhnya, karena sesuai umur sudah tua untuk jaman habibie ..yaa kemungkinan keturunannya atau sodaranya , ada dr militer (PS) ada dr pebisnis (HD), atau siapa gitu,mungkin orang deketnya..yaa pokoknya berpihak kepada klan sumohadi-lah -_-"







Quote:Original Posted By yoedhaz
sumohadi dlam film habibi dan ainun adalah sumitro djoyohadikusumo...
untk menyamarkan pak habibi menamakannya SUMOHADI


ane sependapat nih sama agan yang berani nyebut merk satu ini
pengen tau banget nih jadinya......

Keluarga Soemo....

setau saya keluarga dari Ibu Tien Suharto yg membantu pak harto mengurusi bisnis sebagian besar bernama Soemo...., silahkan cek aja di keluarga besar bu Tien SOlo
wah mantab sekalai analis agan @Armorgod
tp gan setau ane pada massa reformasi dan masa indonesia bergejolak PS tidak pernah muncul di media yang muncul adalah bosnya PS, (sampe sekarang PS dan mantan bosnya tak pernah akur)
jadi siapakah sebenernya sukmohadi?
dari clu film di dapat
1. kata bapak harto,perkenalkan ini anak saya, kata sumohadi." panggil saya hadi. saya di rujuk oleh bapak suteja,saya dan bapak suteja dibidang yang sama pajak
2. Bos saya ini dari kalangan pejuang dan sangat dekat sekali dengan presiden
3. Dari ajudan ibu ainun bapak sumohadi itu adalah pengusaha besar,projeknya besar dan fital dan intinya sumohadi broker projek,calo bu.

kalo di novelnya tidak di jelaskan secara rinci tapi ada beberapa ajudan bapak harto yang meminta blue-print tapi tidak di berikan hingga pak habibie di panggil ke istana dan membuat pa harto marah besar. di situ paka habibie menjelakan kenapa tidak di berikan ke ajudannya dan beliau lebih memilih untuk di panggil dan menyerakannya langsung ke pak harto. dan tanggapan pak harto, "simpen dokumen ini baik-baik jangan sampai jatuh ke orang lain"

untuk PS
secara sisi lain ane salut dan sebel sama babehnya PS, kenapa? karna hasil migas INDONESIA SD berhasil jual dan munculnya owner MIGAS dari luar juga hasil tender-tender SD (siencepron,totaleputbol,dll)

Tentang bapak habibie (setau ane)
1.hasil mengikuti kuliah umum di UI ane salut sama bapak, dan ketika sesi tanya jawab ada yang bertanya tentang pembebasan timor-timor, dan tanggapan dari bapak habibie sangat hangat beliau menjawab saya di berikan data palsu (karena adanya pihak asing,tau diri kan siapa,tetangga di selatan indonesia), tentang timor-timor jika sebuah proses di inputkan data error maka hasilnya akan error
2. Bapak habibie berhasil menekan dolar dari yang berharga di kisaran 12000an hingga pernah menyentuh 7500
3. Pada air show 96 indonesia mengenalkan mokup pesawat N2130 sekelas boing 737,klo liat realnya liat aja sukhoy SJ100 ekornya N2130 karena pak Ilham yang merancangnya, saat itu banyak asing yang ingin menghancurkan pa habibie
4. pada saat bergejolak indonesia meminta bantuan ke imf, dan imf setuju(hal ini yang di harapkan oleh imf) tapi dengan syarat IPTN harus bangkrut
5. Asing melihat cadangan dolar di BI sangat banyak tetapi dolar di BI bukan milik negara tapi milik persorangan

untuk para idealis camkan ini 3I ( idealis,iming2 dan idiot), ane bukan magsud menghina tapi jangan terjadi penyesalan di akhir2 gan,
sekian dari sama (CMIW ya gan)
Kalau menurut Newbie si Soemohadi itu menggambarkan sosok Setiawan Djodi. Coda deh liat cover proposal yang ditawarkan ke habibi mirip dengan lambang perusahaannya. Selain itu dari background wawancaranya saat masa reformasi juga sangat menggambarkan dia.
siapapun sosok sumohadi yang dimaksud,
yang jelas dalam fil itu ia digambarkan sangat antagonis dengan konotasi sangat jahat.
lalu apakah ada orang di dunia nyata (bukan film) yang dalam hidupnya dipenuhi kejahatan dan tanpa kebaikan sedikitpun?
so analisa saya, sumohadi adalah tokoh fiksi yang menggambarkan antagonis.
karna dalam film setau saya memang harus ada protagonis dan antagonis.
cmiiw.
Gan semua, ada yang sudah baca link berikut ini? isinya tentang dugaan KKN dari Habibie sebagai kaki tangannya Suharto.. : http://www.minihub.org/siarlist/msg00145.html .. Nampaknya semakin ribet aja permasalahan ini
SW
itu hanung gan
Quote:Original Posted By rukito
wah mantab sekalai analis agan @Armorgod
tp gan setau ane pada massa reformasi dan masa indonesia bergejolak PS tidak pernah muncul di media yang muncul adalah bosnya PS, (sampe sekarang PS dan mantan bosnya tak pernah akur)
jadi siapakah sebenernya sukmohadi?
dari clu film di dapat
1. kata bapak harto,perkenalkan ini anak saya, kata sumohadi." panggil saya hadi. saya di rujuk oleh bapak suteja,saya dan bapak suteja dibidang yang sama pajak
2. Bos saya ini dari kalangan pejuang dan sangat dekat sekali dengan presiden
3. Dari ajudan ibu ainun bapak sumohadi itu adalah pengusaha besar,projeknya besar dan fital dan intinya sumohadi broker projek,calo bu.

kalo di novelnya tidak di jelaskan secara rinci tapi ada beberapa ajudan bapak harto yang meminta blue-print tapi tidak di berikan hingga pak habibie di panggil ke istana dan membuat pa harto marah besar. di situ paka habibie menjelakan kenapa tidak di berikan ke ajudannya dan beliau lebih memilih untuk di panggil dan menyerakannya langsung ke pak harto. dan tanggapan pak harto, "simpen dokumen ini baik-baik jangan sampai jatuh ke orang lain"

untuk PS
secara sisi lain ane salut dan sebel sama babehnya PS, kenapa? karna hasil migas INDONESIA SD berhasil jual dan munculnya owner MIGAS dari luar juga hasil tender-tender SD (siencepron,totaleputbol,dll)

Tentang bapak habibie (setau ane)
1.hasil mengikuti kuliah umum di UI ane salut sama bapak, dan ketika sesi tanya jawab ada yang bertanya tentang pembebasan timor-timor, dan tanggapan dari bapak habibie sangat hangat beliau menjawab saya di berikan data palsu (karena adanya pihak asing,tau diri kan siapa,tetangga di selatan indonesia), tentang timor-timor jika sebuah proses di inputkan data error maka hasilnya akan error
2. Bapak habibie berhasil menekan dolar dari yang berharga di kisaran 12000an hingga pernah menyentuh 7500
3. Pada air show 96 indonesia mengenalkan mokup pesawat N2130 sekelas boing 737,klo liat realnya liat aja sukhoy SJ100 ekornya N2130 karena pak Ilham yang merancangnya, saat itu banyak asing yang ingin menghancurkan pa habibie
4. pada saat bergejolak indonesia meminta bantuan ke imf, dan imf setuju(hal ini yang di harapkan oleh imf) tapi dengan syarat IPTN harus bangkrut
5. Asing melihat cadangan dolar di BI sangat banyak tetapi dolar di BI bukan milik negara tapi milik persorangan

untuk para idealis camkan ini 3I ( idealis,iming2 dan idiot), ane bukan magsud menghina tapi jangan terjadi penyesalan di akhir2 gan,
sekian dari sama (CMIW ya gan)


Ya, betul,,,,
Tapi agan coba pahami lagi ulasan saya di atas,,,
Bedakan cara membaca sebuah film dengan konteks realitas
(Realitas film & Realitas dunia nyata)
Lagipula :
1. klo agan nilai PS tidak pernah muncul di media, bukan berarti orang2
Intelektual & media2 kritis tidak tahu dong???
2. Media di era itu bukan kaya sekarang, cas cis cus, media di era itu jelas di
kooptasi oleh pemerintah, gk mungkin kita kenal macem2 terutama politik dan intrik militer (isinya paling keberhasilan2 ekonomi, dsb)

3. Jadi sekali lagi bedakan realitas film, bahasa film dengan realitas nyata
Gk bisa kita simpulkan mentah2 bahwa sosok SOEMOHADI itu tertuang
dalam satu person orang yang sama di dunia nyata
(Hanung sendiri kan bilang, sosok Soemohadi ini adalah sebuah kumpulan)

4. Soal Track record Habibie sendiri ya banyak pro kontra juga lah
Toh doi kan "anak emas" pak harto
Tapi yang kita bahas ini kan soal cerita di film & Soemohadi, jadi ya soal
Pak habibie dibikin trit lain aja lagi diskusinya
hahaha






Quote:Original Posted By satoe.djiwa
siapapun sosok sumohadi yang dimaksud,
yang jelas dalam fil itu ia digambarkan sangat antagonis dengan konotasi sangat jahat.
lalu apakah ada orang di dunia nyata (bukan film) yang dalam hidupnya dipenuhi kejahatan dan tanpa kebaikan sedikitpun?
so analisa saya, sumohadi adalah tokoh fiksi yang menggambarkan antagonis.
karna dalam film setau saya memang harus ada protagonis dan antagonis.
cmiiw.


Yup tepat sekali bro
& ini adalah jawaban yang paling diplomatis lah.
Dalam sebuah karya sinema tentunya ada protagon & Antagon.
Ya hanya saja kan kita toh patut ber apresiasi terhadap sebuah karya
terlebih sebuah karya yang jenisnya bisa dikatakan dokudrama seperti ini.
Kenapa Habibie merestui Hanung untuk mengangkat tokoh Antagon dalam
sudut pandang disitu,,,
bukankah bisa saja banyak sudut yang diambil toh
Sekali lagi menegaskan, bahwa media apapun (Film, artikrl, berita) bukanlah
sesuatu yang bebas nilai...
Semua tergantung siapa dan apa tujuannya
Quote:Original Posted By ojrit
Gan semua, ada yang sudah baca link berikut ini? isinya tentang dugaan KKN dari Habibie sebagai kaki tangannya Suharto.. : http://www.minihub.org/siarlist/msg00145.html .. Nampaknya semakin ribet aja permasalahan ini


Hehehe,
Nah itu dia tadi udah ane bahas juga di atas
Soal pak habibie memang banyak jg sebenarnya cerita2 sumir...
Tapi itu dibahas di trit lain sajalah,,,
Toh disini kita membahas soal film dan sosok SD
karena lagi2 bangsa kita terlalu mudah menerima sebuah packaging yang
nampaknya manis & indah.

*itu juga kenapa saya menganalisa bahwa SD ini adalah sosok dari sebuah klan
karena konflik ini pun muncul ketika PS memberi tahu mbah Harto soal
markup pembelian harga pesawat.
yang jelas tahu tidak tahu, habibie ketika itu pasti tahu atau paling tidak harusnya tahu dong
apalagi dia juga orang yg jadi pegangan Mbah soal teknologi2.
Walaupun
ya
Walaupun
yang berbisnis sih emang bukan habibie, tapi anak2nya mbah Harto
(tapi jelas habibie pastinya bukan tidak tahu)

dan akhirnya kan yang muncul konflik baik menjelang reform atau pasca adalah
PS >>> Mbah Harto
PS >>> Habibie
gk pernah ada kayaknya ulasan soal
Mbah harto >>>> habibie

klo pake ilmu dasar2 logika
Berarti
Mbah harto & habibie ??????


hayo, yang pada kuliah mata kuliah dasar2 logika,,,,,
ia yang mau nyogak itu kan, tapi pak Habibie nya gak mau

SUMOHADI

guys ijin buruk sangka dong

iya menurut gw nama SUMOHADI itu kelompok orang yang dari militer dan pengusaha:

Militer (SUMO) --> SUdjono humardhani, ali MOertopo
Pengusaha (HADI) --> HA? (jangan2 tommy soeHArto :P ) , setiawan djoDi

lagi pula
4 peristiwa belum tentu dilakukan oleh 1 orang yang sama, kalo satu kelompok iya:
dikenalin
1. dikasih jam tangan
2. dikasih uang dalam koper
3. Gratifikasi SEX

kalo uda pernah disogok biasanya orang tuh nolak klo ketemuan sama pemberi sogokan. makanya orangnya beda tapi dari kelompok yang sama

ASPRI2 ini pasti sangat ngiri mereka yang deket sama PRESIDEN eh malah Habibie yang dijadiin WAPRES.

ane nyimak dulu gan

Talking 

"sumohadi" ama "sumobawok" kakak adik gan ..
Yo coi, ane dah nonton
ane gk pernah nonton nie pilem gan