Enak Sekarang Atau Jaman Soeharto ?



Gambar di bak truk dan stiker itu seolah menyindir kondisi Indonesia setelah reformasi. Sosok Presiden kedua Republik Indonesia tersenyum. Di sebelahnya tertulis 'isih penak zamanku tho le?'. Artinya masih enak zamanku kan nak?



Sosok Soeharto masih menjadi kontroversi hingga saat ini. Rakyat kecil mengingatnya sebagai pahlawan yang menyediakan bensin murah dan beras yang bisa dijangkau. Mereka yang ketika itu tak bersentuhan dengan politik dan pergerakan, akan langsung mengangguk setuju jika ditanya zaman Soeharto lebih enak.

Sementara itu kalangan aktivis dan politikus mengingat Orde Baru sebagai masa represif bak mimpi buruk. Sedikit-sedikit enak saja aparat menangkap orang. Tuduhan subversif pada saat itu mungkin sama dengan menyeramkannya dengan cap teroris yang disematkan Densus 88 Polri saat ini.

"Secara politik memang masyarakat tidak cukup puas dengan masa reformasi, terutama pada periode 2009-2014. Hal ini terjadi karena kondisi saat ini secara konstelasi politik sangat ekstrem, sehingga terkesan seperti ada wilayah tak bertuan. Dan harus kita akui, rezim Soeharto punya kelebihan, ekonomi makro dan stabilitas politik," ujar pengamat politik Charta Politika Yunarto Wijaya saat berbincang dengan merdeka.com.

Meski di zaman Orde Baru tidak ada demokrasi dan pemerintah sangat otoriter, masyarakat tidak pernah melihat hal itu. Rakyat lebih melihat pada stabilitas ekonomi dan juga rasa aman dan nyaman yang dibuat oleh rezim saat itu.

Polemik soal gelar pahlawan bagi Soeharto pun masih penuh perdebatan. Sebagian setuju, sebagian menolak mentah-mentah. Sebagian menganggap Soeharto pahlawan pembangunan dan penyelamat Pancasila. Sebagian lagi menganggap Soeharto berlumuran darah atas berbagai aksi pembantaian selama peralihan Orde Lama ke Orde Baru dan seterusnya.

Di Bulan Maret ini, ada dua peristiwa yang sangat lekat dengan Soeharto. Yang pertama Serangan Oemom 1 Maret 1949. Inilah kali pertama Soeharto menyedot perhatian karena prestasinya memimpin serangan umum di Yogyakarta. Lalu ada Surat Perintah 11 Maret. Dua peristiwa yang saat ini masih menjadi kontroversi.

Jadi enak mana gan ? Sekarang apa jaman Soeharto dulu ?





sumber
enak nanti pas 2014 PRABOWO om
Quote:Original Posted By SognBeg
enak nanti pas 2014 PRABOWO om


Kalo JKW gimana gan ?
Quote:Original Posted By jandakampung


Kalo JKW gimana gan ?


Jusup Kalla Wii???

just one reason to soeharto

kalau saya sih prefer seharto ya gan. karena tegas dan pasti !! ga kaya zaman sekarang pemerintah ababil kaya ABG !

zaman soeharto lbh aman dan tertib, macem-macem tembak !

cuma satu kekurangan soeharto, korupsinya ga nahannnn

Enakan jaman suharto lah, ane masih kecil kerjanya cuma sekolah sama main.
klo emak ane bilang lebih enak jaman soeharto
Quote:Original Posted By twindamonz
kalau saya sih prefer seharto ya gan. karena tegas dan pasti !! ga kaya zaman sekarang pemerintah ababil kaya ABG !

zaman soeharto lbh aman dan tertib, macem-macem tembak !

cuma satu kekurangan soeharto, korupsinya ga nahannnn



korupsi mah ya urusan pemerintah lah apa hubungannya ma rakyat, yang penting rakyat makmur toh, banyak perkembangan dan pembangunan waktu jaman suharto toh, iya toh

beda kalo korupsinya jaman sekarang
media juga turut menghancurkan negara selalu mengadu domba pemerintah dan rakyat, buruh dan pengusaha
Quote:Original Posted By twindamonz
kalau saya sih prefer seharto ya gan. karena tegas dan pasti !! ga kaya zaman sekarang pemerintah ababil kaya ABG !

zaman soeharto lbh aman dan tertib, macem-macem tembak !

cuma satu kekurangan soeharto, korupsinya ga nahannnn



Setuju ane gan, skrg presiden kerjanya curhat mulu gan

perbedaan yang jelas, media dipegang pemerintah, kalau sekarang media lawan politik pemerintah
Maunya, ekonomi dan keamanan kita seperti pas zaman soeharto . . . . . .

Ngomong" aktivis 98 banyak tuh yang duduk di "Kursi pejabat" . . . .

Ingat ga ya ma tujuan mereka pada 98 ?!?!?

Demi "RAKYAT" apa demi "PERUT" sendiri ?!?
Quote:Original Posted By eyibrigif
klo emak ane bilang lebih enak jaman soeharto


Betul gan emak ane jg bilang gitu gan
ane salah satu yg lahir di tahun 80an dan sempet ngerasain sekitar belasan tahun Soeharto, dan kebetulan ane tinggal di salah satu pulau deket sumatra waktu itu. Sekali2 datang ke jakarta waktu liburan sekolah, jalan2 smpe malam, aman2 aja, liat2 cew pake rok pendek lewat depan gang, kyknya aman2 aja, ngga ada yg nyolek, ngga ada yg siulin.

harga permen satunya masih Rp. 25, mainan2 paling mahal harga nya Rp.200 perak, beras murah, sembako murah, stabilitas aman, lampu2 merah ngga ada kapak-kapakan, ngga ada demo2an, ngga ada pencuri2an, rasanya enak banget.

Masa bodo beliau mau korupsi dll, ane sebagai salah satu rakyat yg perna hidup di jaman soeharto merasa bangga perna merasakan saat itu dan pernah dipimpin beliau.

Daripada skg, berita di TV 90% kriminal semua, kalo ane jd presiden sih, ane tembak mati smua tu, capek2 jg ngrusin n penuh2in penjara.

Buat yg neriakin reformasi, makan tu reformasi skg, harga bensin, sembako dll naik, buat yg dulu ikutan demo2 nurunin soeharto dengan alasan reformasi, makan tu sampah dijalanan, wkwkwkw

Enakan juga gini :

Penjahat = Sniper + Hilang mayat-nya

daripada

Penjahat = Disidang + Muter2 gak jelas + Dibela Pengacara Bayaran + Penjara + Grasi + Keluar + Penjahat lagi
ya enak jaman soeharto lah

soalnya jaman soeharto gw kan masih kecil, yang namanya masa kecil itu pasti enak, maen mulu gak kenal waktu

klo jaman sekarang mikir mulu gak kenal waktu
Quote:Original Posted By phoenixzzz
Maunya, ekonomi dan keamanan kita seperti pas zaman soeharto . . . . . .

Ngomong" aktivis 98 banyak tuh yang duduk di "Kursi pejabat" . . . .

Ingat ga ya ma tujuan mereka pada 98 ?!?!?

Demi "RAKYAT" apa demi "PERUT" sendiri ?!?


Demi Harta Tahta Wanita keknya gan

Quote:Original Posted By demos_xxx
ane salah satu yg lahir di tahun 80an dan sempet ngerasain sekitar belasan tahun Soeharto, dan kebetulan ane tinggal di salah satu pulau deket sumatra waktu itu. Sekali2 datang ke jakarta waktu liburan sekolah, jalan2 smpe malam, aman2 aja, liat2 cew pake rok pendek lewat depan gang, kyknya aman2 aja, ngga ada yg nyolek, ngga ada yg siulin.

harga permen satunya masih Rp. 25, mainan2 paling mahal harga nya Rp.200 perak, beras murah, sembako murah, stabilitas aman, lampu2 merah ngga ada kapak-kapakan, ngga ada demo2an, ngga ada pencuri2an, rasanya enak banget.

Masa bodo beliau mau korupsi dll, ane sebagai salah satu rakyat yg perna hidup di jaman soeharto merasa bangga perna merasakan saat itu dan pernah dipimpin beliau.

Daripada skg, berita di TV 90% kriminal semua, kalo ane jd presiden sih, ane tembak mati smua tu, capek2 jg ngrusin n penuh2in penjara.

Buat yg neriakin reformasi, makan tu reformasi skg, harga bensin, sembako dll naik, buat yg dulu ikutan demo2 nurunin soeharto dengan alasan reformasi, makan tu sampah dijalanan, wkwkwkw


Sekarang jaman NEOLIB gan, apa-apa serba mahal gan

Quote:Original Posted By demos_xxx
ane salah satu yg lahir di tahun 80an dan sempet ngerasain sekitar belasan tahun Soeharto, dan kebetulan ane tinggal di salah satu pulau deket sumatra waktu itu. Sekali2 datang ke jakarta waktu liburan sekolah, jalan2 smpe malam, aman2 aja, liat2 cew pake rok pendek lewat depan gang, kyknya aman2 aja, ngga ada yg nyolek, ngga ada yg siulin.

harga permen satunya masih Rp. 25, mainan2 paling mahal harga nya Rp.200 perak, beras murah, sembako murah, stabilitas aman, lampu2 merah ngga ada kapak-kapakan, ngga ada demo2an, ngga ada pencuri2an, rasanya enak banget.

Masa bodo beliau mau korupsi dll, ane sebagai salah satu rakyat yg perna hidup di jaman soeharto merasa bangga perna merasakan saat itu dan pernah dipimpin beliau.

Daripada skg, berita di TV 90% kriminal semua, kalo ane jd presiden sih, ane tembak mati smua tu, capek2 jg ngrusin n penuh2in penjara.

Buat yg neriakin reformasi, makan tu reformasi skg, harga bensin, sembako dll naik, buat yg dulu ikutan demo2 nurunin soeharto dengan alasan reformasi, makan tu sampah dijalanan, wkwkwkw


betul gan, mana ada anak punk, tatto atau preman, kalau ada pun, tgl 1 jadi preman, tgl 3 jadi mayat

itu aktivis 98 kan ada yang duduk di kursi dewan, makannya enak" tuh....
katanya sih demi rakyat.... rakyat mana dulu ? rakyat cacing diperutnya kali ya
Quote:Original Posted By demos_xxx
ane salah satu yg lahir di tahun 80an dan sempet ngerasain sekitar belasan tahun Soeharto, dan kebetulan ane tinggal di salah satu pulau deket sumatra waktu itu. Sekali2 datang ke jakarta waktu liburan sekolah, jalan2 smpe malam, aman2 aja, liat2 cew pake rok pendek lewat depan gang, kyknya aman2 aja, ngga ada yg nyolek, ngga ada yg siulin.

harga permen satunya masih Rp. 25, mainan2 paling mahal harga nya Rp.200 perak, beras murah, sembako murah, stabilitas aman, lampu2 merah ngga ada kapak-kapakan, ngga ada demo2an, ngga ada pencuri2an, rasanya enak banget.

Masa bodo beliau mau korupsi dll, ane sebagai salah satu rakyat yg perna hidup di jaman soeharto merasa bangga perna merasakan saat itu dan pernah dipimpin beliau.

Daripada skg, berita di TV 90% kriminal semua, kalo ane jd presiden sih, ane tembak mati smua tu, capek2 jg ngrusin n penuh2in penjara.

Buat yg neriakin reformasi, makan tu reformasi skg, harga bensin, sembako dll naik, buat yg dulu ikutan demo2 nurunin soeharto dengan alasan reformasi, makan tu sampah dijalanan, wkwkwkw


Sepakat gan...
Quote:Original Posted By demos_xxx
ane salah satu yg lahir di tahun 80an dan sempet ngerasain sekitar belasan tahun Soeharto, dan kebetulan ane tinggal di salah satu pulau deket sumatra waktu itu. Sekali2 datang ke jakarta waktu liburan sekolah, jalan2 smpe malam, aman2 aja, liat2 cew pake rok pendek lewat depan gang, kyknya aman2 aja, ngga ada yg nyolek, ngga ada yg siulin.

harga permen satunya masih Rp. 25, mainan2 paling mahal harga nya Rp.200 perak, beras murah, sembako murah, stabilitas aman, lampu2 merah ngga ada kapak-kapakan, ngga ada demo2an, ngga ada pencuri2an, rasanya enak banget.

Masa bodo beliau mau korupsi dll, ane sebagai salah satu rakyat yg perna hidup di jaman soeharto merasa bangga perna merasakan saat itu dan pernah dipimpin beliau.

Daripada skg, berita di TV 90% kriminal semua, kalo ane jd presiden sih, ane tembak mati smua tu, capek2 jg ngrusin n penuh2in penjara.

Buat yg neriakin reformasi, makan tu reformasi skg, harga bensin, sembako dll naik, buat yg dulu ikutan demo2 nurunin soeharto dengan alasan reformasi, makan tu sampah dijalanan, wkwkwkw


dan ane denger2 cerita korupnya juga bukan buat ngisi perut sendiri . CMIIW

Quote:Original Posted By mrjack
perbedaan yang jelas, media dipegang pemerintah, kalau sekarang media lawan politik pemerintah


Setuju..
Inget jaman soeharto DDB kudu disiarin ama smw stasiun tv..
Skrg, setiap media punya perspektif sendiri, yg smwnya kritis thdp pemerintah