Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

toyoterAvatar border
TS
toyoter
{ Nostalgia} Bandung Di Tahun 80-an Gan

Bandung kalo masa sekarang sih udah kayak kota satelit buat Jakarta. Jadi tempat maen buat orang2 jakarta waktu wiken. Apalagi kalo pas long-wiken, orang Jakarta bakal memenuhi jalan-jalan dan beraneka ragam pusat belanja di Bandung. Sampe2 orang Bandung nya sendiri males keluar rumah karena jalanan udah dikuasai oleh turis belanja dari Jakarta.

Itu semua karena Bandung udah begitu gampang aksesnya dari Jakarta. Jalan darat lewat tol Cipularang cukuplah ditempuh 2 jam saja, tentu aja kalo gak macet. Travel Jakarta - Bandung udah siap sedia dimana-mana yg berangkat setiap jam. Asik gak tuh, gak butuh usaha terlalu banyak lagi kan kalo mau jalan-jalan ke Bandung.

Lalu, gimana dengan jaman 80-an ?

Hmmm...transportasi Jakarta - Bandung belum semudah sekarang sih. Belum ada jalan tol. Belum ada KA eksekutip kelas Argo ( Argogede baru ada sekitar thn 1995). Kalo mau ke Bandung dari Jakarta musti lewat Puncak yg jalannya sempit belak-belok dan butuh waktu sampe 4 jam. Atau naek KA Parahyangan yg jg makan waktu gak jauh beda. Jadi Bandung masih bener2 berasa luar kota banget buat orang Jakarta, kalo mau ke Bandung hrs nyiapin bekal secukupnya.

Tapi walaupun begitu, bukan berarti Bandung gak punya pengaruh dong di masa 80-an. Bandung tetaplah kota besar terdekat dari Jakarta. Cewek2 Bandung dan sekitarnya nan geulis dan berbakat ikut berkiprah sbg artis, model dan penyanyi yg berjaya di 80-an. Dengan perilaku yg masih kental dipengaruhi budaya Sunda, Bandung punya gaya tersendiri di tahun 80-an.

Biar lbh lengkap lagi, ayo gan kita susuri sudut2 Bandung pada jaman itu.

Pusat Belanja dan Hiburan

Tempat yg jd pusatnya orang Bandung menghabiskan uang buat belanja pd masa itu tentu saja adalah kawasan Alun-alun dan kawasan Dalem Kaum. Top nya tempat belanja buat semua dah. Toko-toko keren yg jualan berbagai macam kebutuhan berjejer disana. Mulai dari MM Fashion, Matahari, Robinson, Ramayan semua ada disitu. Bisa dibilang belum ka Bandung kalo belum ke Alun-alun.
Spoiler for alun-alun:


Pusat Kota Bandung adalah Alun-alun Bandung. Meskipun titik nol Bandung yg ditandai dgn tugu "Nol Km" agak geser dikit di depan hotel Savoy. Namanya alun-alun tentu saja adalah tempat lapang hijau yg cukup luas di tengah kota. Di kelilingi oleh pusat perbelanjaan dan Mesjid Agung Bandung di sebelah barat nya. Alun-alun nya selalu rame dipadati orang jalan2 dan pedagang kecil. Ada air mancur dan taman yg sering dipake buat beristirahat selepas jalan-jalan.

Air mancur di alun-alun Bandung itu sempat terkenal dan selalu jd objek poto-poto buat para pelancong. Makanya jaman itu tukang poto keliling polaroid banyak berkeliaran di situ.

Kota Kembangthn 80-an udah rame juga. Tapi kawasa Kota Kembang agak beda dgn Kota Kembang skrg yg pusatnya orang nyari DVD bajakan. Beda dikit, bersebelahan lah. Kota Kembang itu sebenernya nama beken sebuah gang yg menghubungkan Jl. Dalem Kaum dgn Jl. Asia-Afrika. Di dalem gang itu dipenuhi jajaran toko atau kios. Mulai dari baju, sepatu, tas sampe yg ngejual kain pun ada. Siap-siap aja berdesak-desakan kalo kesini dan awas copet gan !.
Spoiler for dalem kaum:


Palaguna Nusantarajg waktu itu udah ada dan termasuk pusat belanja yg keren. Atau King's Shopping Center. Ane suka banget makan ayam panggang di Queen Fast-food nya. Selain itu Asia-Afrika Plaza yg berada di Jl.Asia-Afrika belokan Jl.Alkateri jg saat itu sempat rame. Ada lift kapsulnya yg terlihat dari luar. Kereeeeeeennn, dan pst banyak orang langsung jd orang udik kalo liat lift itu.
Spoiler for palaguna:


Ada jg Lipstick Roller Disco di Palaguna, tempat dugem yg mengharuskan pengunjungnya memakai sepatu roda. Sebenernya sih bukan dugem-dugem banget kali ya, ada unsur olahraga nya jg. Di Asia-Afrika Plaza pun ada jg tempat kayak gitu, namanya kalo gak salah L.A Discotheque.

Tempat dugem laen yg beken banget buat ajojing adalah Studio East alias SE di Cihampelas. Diskotik SE bisa dibilang barometernya anak gaul Bandung dah.

Kosambi dan Cicadas

Kosambi dan Cicadas pd masa itu adalah dua kawasan lain di kota Bandung yg tak kalah rame selain kawasan alun-alun. Di Kosambi selain ada pasar tradisional , jg berjejer toko modern seperti Yogja ( cikal bakal Yogya Dept.Store yg berkembang sampe saat ini di jawa barat). Kemudian Mama Fashion dan di atas pasar tersebut ada Bandung Theatre, sebuah bioskop yg cukup terkenal pada thn 80-an.
Spoiler for kosambi:


Kawasan Braga

Braga, yg sekarang terkenal sebagai kawasan eksotis yg keren buat poto-poto dgn latar belakang arsitektur kolonial di masa 80-an malah kehilangan pamor. Menurut ibu ane, kawasan Braga ini memamg paling terkenal sebagai pusat keramaian pd jaman ibu ane masih muda. Itu artinya sekitar tahun 60-70an. Sementara tahun 80-an udah mulai sepi, masa keemasannya udah lewat, kalah oleh kawasan alun-alun.
Spoiler for braga:


Dago

Dago?, Wah..di jaman 80-an mah isinya masih rumah-rumah tempat orang tinggal. Belum ada yg namanya Banding Indah Plaza ( BIP ), apalagi Factory Outlet ( FO). Dago masa itu memang masih merupakan kawasan permukiman. Belum banyak toko atau tempat komersil seperti sekarang. Yang ane inget kalo nyebut Dago di tahun 80-an adalah Aquarius, Gelael Dago, Labelle, SMA dan SMAK Dago dan Rumah Sakit Borromeus.
Spoiler for boromeus:


Cihampelas

Naaahhh...ini nih yg mulai memperkenalkan dan membesarkan nama Bandung sebagai tempat belanja pakaian murah berkualitas. Tahun 80-an adalah masa kejayaan Cihampelas sebagi pusatnya jeans di Bandung selain yg di Jl.Alkateri. Kalo di Alkateri kan lbh banyak menjual kain jeans secara kiloan dan bahan bakunya, nah kalo di Cihampelas ini yg dijual adalah hasil akhirnya.

Di tahun 80-an itu toko2 sepanjang Jl. Cihampelas udah meramaikan dirinya dgn aneka macam patung superhero sbg pajangan untuk memikat pembeli. Dari Batman sampe Rambo, patung2 itu tampaknya yg bikin kawasan ini semakin unik dan menarik bagi anak2 muda sebagai tempat belanja sembari jalan-jalan.

Toko pavorit ane adalah IBC Jeans. Gak tau singkatan dari apa. Bangunan nya pake bata-bata ekspos dan rada terbuka. Disini lengkap banget. Gak begitu mahal juga. Kalo gak salah sih sampe sekarang masih ada. Cuman udah beda konsep kayak nya.
Spoiler for cihampelas:


Bioskop

Nonton bioskop di jaman 80-an? Pasti ngalamin yg namanya nonton bareng G30S/PKI dong. Ane nonoton nya di Bioskop Panti Karya. Bioskop itu adanya di seberang BIP saat ini, dan udah tinggal kenangan karena berubah wujud jd tempat jualan donat.

Terus pernah jg nonton di Palagunadan Dian Theatre di kawasan Alun-alun. Bioskop Palaguna sampe sekarang masih ada, kalo Dian Theater udah jd tempat putsal. Selain itu ada jg bioskop2 lain yg sempat jd tempat nonton pilem di jaman 80-an. Ada Majestic di Jl. Braga ( sekarang jd AACC). Terus kalo Bandung Theater di Kosambi terkenal buat anak muda karena lokasinya yg gak jauh dari SMA BIP di Jl. Burangrang. Kemudian ada jg Dallas Theater di Dalem Kaum dan beberapa bioskop misbar di sekitar Cicadas seperti Taman Hiburan.

Kuliner

Makanan? Waduh agak2 lupa sebenernya. Tapi ane masih inget kalo Martabak San Fransisco di Jl. Karapitan sudah mulai terkenal. Atau Mie Goreng di Jl. Buah Batu. Baso Akung jg udah mulai terkenal. Tapi bukan yg di Jl. Lodaya seperti sekarang. Waktu ane masih SD. Baso Akung hanya merupakan warung tenda di Jl. Banda dekat GOR Saparua. Terus Soto di Jl. Braga jg waktu itu terkenal, atau Lontong Kari gang Kebon Karet yg sampe sekarang masih ada dan membuka cabang di banyak food court.
Spoiler for martabak:


Banyak banget sih kalo mau dikorek-korek lg satu-persatu tempat hiburan, belanja dan makan-makan di Bandung tahun 80-an. Misalnya lg Jonas Photo jg udah ada dan mulai terkenal. Berawal dari sebuah rumah di Jl. Batik Jonas kemudian berkembang dan punya studio di Jl. Banda. Pasar buku Palasari jg udah rame. Tapi dulu masih berbentuk bangunan pasar dua lantai dgn lantai dari kayu.

Hmmm....kayaknya bisa gak habis-habis nih kalo diterusin. Capek nih. Kalo ada yg mau nambahin dan melengkapi mangga sok atuh agan-agan !!!


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


Yang mau nimpuk ane emoticon-Blue Guy Cendol (L) silahkan gan emoticon-Toast emoticon-Shakehand2


Diubah oleh toyoter 18-02-2013 08:21
0
11.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan