KASKUS

Quote:Original Posted By anime_fango
Siang,
Di tempat saya kebetulan perumahan baru di daerah ciputat ( tangsel), nah IMB yang ada adalah IMB induk dari Developer, dan kita menggunakan KPR.

Ada beberapa yg saya tanyakan :
1. Apakah sertifikat SHM bisa keluar ? bila menggunakan IMB induk ? apakah pihak bank KPR yg mengurusnya ?
2. Bila harus mengurus sendiri, surat2 yang dibutuhkan dan rincian biaya yg akan dikeluarkan kira2 berapa ya ? soale klo pake oknum bisa berlipat2 biayanya.

trims sebelumnya...... mohon info dan masukannya....

ada bonus cendol segar loh buat yg infonya mantab

Dgn IMB induk KPR bank bisa di proses ko gan

*dapet cendol nga yah
Quote:Original Posted By blackandwhite88
gan, ane mau nanya.
ane lg mau bikin IMB di daerah tangsel,
sertifikat tanah lg proses di notaris,jd cm ada AJB..
kira2 bs ga ya pake AJB dulu?
ada yg tau perhitungan biayanya gmn utk daerah tangsel?
tenks ya gan


Dgn AJB pengajuan proses IMB bisa Gan
Langsung tanya sudin saja untuk retribusinya berapa gan
Quote:Original Posted By nopalermo


Jawabannya kelamaaan neh, ane dah nanya sma orang lain, memang harus berdasarkan sertifikat asili, skarang lg ngurus pengukuran oleh BPN, klo ternyata memang lebih luas, harus ganti sertifikat tanahnya....

Tpi gpp kelamaan jg, jadi informasi jg buat orang lain....
Cendol dah terkirim yah....


Ane bukan admin ini trit gan, cuma mampir doang
Asiiik makasih ah cendolnya
Quote:Original Posted By liaw
permisi agan2 ane mw bertana seputar IMB pembangunan untuk hotel
langsung aja
saya ingin bertanya
Kira - kira Permit apa aja yang kita butuhkan untuk mendapatkan IMB(Ijin Mendirikan Bangunan) ?
trus setelah mendapatkan permit IMB itu,apa yang harus didapatkan untuk mendapat ijin pendirian hotelnya (karena dalam case ini kami ingin membangun sebuah hotel bajet)?
trus prosedur apa aja yang dibutuhkan untuk mendapatkan UKL UPL?

mohon bantuan
thx

Butuh bantuan cepet gan, soalnya deadlinenya udhd bentar lagi. Thx gan..


Langsung undang biro jasa saja gan biar langsung proses n kelar deh _ _ _ _ _
Gan, mohon info. Saya baru beli rumah dalam sebuah cluster perumahan. Kebetuln saya mendpat rumah hook. Nah jalan sekitar rumah saya bukan alan utama di cluster tersebut.
Pertanyaan saya :
1.Apakah saya bisa membngun rumah sampaif ull, kecuali depannya saja, mengingat adanya peraturan garis sepadan jalan. Karena luas tanah saya 11,7x12 M dn yg sudah jd rumah standar dr developer type 46 ditanah 7x12. Sisanya mau saya bangun full kesamping. Apakah boleh secara peraturan dan jika saya mengurus imb apakah bisa?
2. Dengan luas seperti itu, dan saya berlokasi di Depok jawa barat, untuk ijin IMBnya harus kemana.

Mohon infonya

haduuh

Quote:Original Posted By ariksyah
Kesimpulan:
1. Urus IMB sendiri jangan lewat oknum, kecuali penghasilan anda > 2 juta / hari

2. Kalau anda terburu-buru butuh < 1 bulan -padahal menurut peraturan proses IMB hanya 12 hari-. Maka lebih baik anda maju lewat oknum. Tapi pilihlah oknum yang pintar, minimal dia bisa baca tulis dengan lancar. Cari petugas yang memang resmi. Semuanya bisa disuap asal biayanya cocok. Jangan terjebak petugas yang justru tangan kedua atau ketiga dari proses IMB, bisa jatuh sangat mahal.

3. Selalu cek dan ricek, minta kejelasan dari semua proses IMB. Pakaian rapih, sok tau, kritis, ngeyel, ngotot sangat dianjurkan. Buat alumni UGM, bisa ngaku adik kelasnya Djoko Kirmanto (T.Sipil UGM 60-an, Menteri Pekerjaan Umum) atau Taufik Effendi (Kagama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara)

Akhirnya seperti layaknya kekonyolan Pemerintah lain, cara pembayaran hanyalah lewat cash. Jangan mengharapkan ada ATM di kompleks Tiga Raksa, ATM terdekat di Cikupa. Anda hanya akan menjumpai ruang pejabat yang sepi, kambing-kambing disepanjang jalan, dan jangan lupa bawa kantong plastik karena lama-lama anda akan muntah melihat kenyataan pelayanan Pemerintah Kabupaten Tangerang.


Ampe segitunya ya gan, antara pengen ama

info

kalo untuk urus imb wilayah tangsel aga berbeda dg daerah lain gan....kalo aga butuh bantuan bisa pm ane...
tarif bikin gambar IMB standarnya berapa yah ? ada yg bisa rekomen untuk di Jogja ?
ane dulu bikin 2 ruko total luas 264m, imbnya 24 jt.. padahal biaya resmi nya 50rb per m jadi resminya 13 jt an, jadi tarif ga resminya hampir 2x lipat gan btw ane di bdg

Klo imb bangunan 2 tingkat berapa ya gan biayanya?
Lokasi rmhnya di lokasi bekasi
Quote:Original Posted By taufan.zamzami
Gan, mohon info. Saya baru beli rumah dalam sebuah cluster perumahan. Kebetuln saya mendpat rumah hook. Nah jalan sekitar rumah saya bukan alan utama di cluster tersebut.
Pertanyaan saya :
1.Apakah saya bisa membngun rumah sampaif ull, kecuali depannya saja, mengingat adanya peraturan garis sepadan jalan. Karena luas tanah saya 11,7x12 M dn yg sudah jd rumah standar dr developer type 46 ditanah 7x12. Sisanya mau saya bangun full kesamping. Apakah boleh secara peraturan dan jika saya mengurus imb apakah bisa?
2. Dengan luas seperti itu, dan saya berlokasi di Depok jawa barat, untuk ijin IMBnya harus kemana.

Mohon infonya

Pertama tama adalah:
- cek terlebih dahulu peruntukan lahan agan untuk wisma apa?
- Setelah diketahui peruntukannya apa, maka lihat lg berapa KDB yg didapat!
- Lalu kembali lihat lg luasan lahan dan kali kan berapa % KDB yg didapat, maka hasilnya itu adalah luasan lantai bawah agan
- Adapun lantai atas bisa dilihat di KLB, berapa lantai yg boleh agan bangun ke atas nya

Quote:Original Posted By jasimoen


Ampe segitunya ya gan, antara pengen ama

semua kembali ke kita pribadi masing masing
Mau lancar? ikuti peraturannya
Jangan mentang2 punya tanah 100 meter terus mau di bangun 90 meter lantai bawahnya
Klo memang tanpa melanggar ane yakin proses pengurusan akan cepat

Mari kita mengenal peraturan Rencana Kota

Quote:Original Posted By mamimmamima
tarif bikin gambar IMB standarnya berapa yah ? ada yg bisa rekomen untuk di Jogja ?

Jkt menggambarkan nya saja (bukan design) gambar IMB A1 berkisar 500rb sd 1jt
Di FJB banyak jg sih, mungkin lebih murah dari yg ane sebut

Quote:Original Posted By mizone09
ane dulu bikin 2 ruko total luas 264m, imbnya 24 jt.. padahal biaya resmi nya 50rb per m jadi resminya 13 jt an, jadi tarif ga resminya hampir 2x lipat gan btw ane di bdg

Persiapan apa saja waktu itu yg agan tidak bisa sanggupin gan
Sidang Blokplan?
Gambar arsitektur dgn SIBP sendiri?
Gambar struktur dgn SIBP sendiri?
Gambar ME dgn SIBP sendiri?
Luas bangunan melebihi KDB?
Jumlah Lantai melebihi KLB?
Pake biro jasa?

Quote:Original Posted By egoguy

Klo imb bangunan 2 tingkat berapa ya gan biayanya?
Lokasi rmhnya di lokasi bekasi

Jangan sampai ada pelanggaran ya gan kalau mau sesuai biaya retribusinya nanti
Sebaiknya menanyakan langsung ke SUDIN gan untuk biaya resmi retribusi IMB ini, per wilayah beda beda hitungannya soale
Quote:Original Posted By arkanstudio
Mo Saharing dikit neh, moga ada manfaatnya

IMB itu dibutuhkan bila
- Buat bangunan baru
- Penambahan bangunan
- Perombakan bangunan
- Alih fungsi bangunan
- Balik nama bangunan
itu setau ane
bangunan baru tarifnya paling mahal dibanding yang lain
Kisarannya Rp. 6000 - 10.000 per m2 (klo ane nga salah)
biasanya untuk banguna kecil yang bikin mahal biaya-biaya pelengkap
- buat gambar teknis IMB
- hitungan struktur bangunan
- Sondir
(biaya-biaya itu yang biasanya dimainin sama oknum/calo imb. klo bisamah mening cari temen yang bisa dipercaya untuk buatnya)

biasanya IMB dikeluarkan disesuaikan dengan ketentuan Tata ruang yang berlaku
- Rencana setempat ( misal apa buat perumahan, perkantoran, Industri dll)
Nga maukan klo tiba2 di daerah perumahan ada pabrik
- KDB/ BCR
- GSB
- dll
Klo nga bgikutin ketentuan, IMBnya ngakan keluar, gan

IMB juga bisa digunakan buat kelengkapan pengurusan :
- ijin usaha
- pengajuan ke bank
- kemudahan klo mo ngejual bangunan dll

Harusnya ini taruh di pejwan gan

Numpang tanya

Maaf
saya baru mau mengurus IMB setelah rumah ( satu lantai ) sudah jadi.
yang di di tanyakan :
1. dokumen apa saja yg di perlukan ?
2. karena bikin rumah tidak menggunakan jasa gambar, gimana cara pengajuannya ?
3. kira2 berapa biayanya untuk daerah depok , untuk bangunan sekitar 90m2 ?
4. bolehkan melalui biro jasa ?
5. dimana Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) untuk depok ?

terimakasih atas info2nya
Quote:Original Posted By celepuk12
Maaf
saya baru mau mengurus IMB setelah rumah ( satu lantai ) sudah jadi.
yang di di tanyakan :
1. dokumen apa saja yg di perlukan ?
2. karena bikin rumah tidak menggunakan jasa gambar, gimana cara pengajuannya ?
3. kira2 berapa biayanya untuk daerah depok , untuk bangunan sekitar 90m2 ?
4. bolehkan melalui biro jasa ?
5. dimana Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) untuk depok ?

terimakasih atas info2nya


  1. Setifikat, pbb, bukti pembayaran pbb, ktp dan gambar bangunan
  2. Buatkan gambarnya saja dgn format IMB dgn mengikuti bangunan yg ada supaya pas di survey nanti sesuai.
    Denah, Tampak, Potongan, Sumur Resapan n Pagar. klo kesulitan, di fjb banyak tukang jasa gambar bangunan
  3. Cek BP2T setempat
  4. Klo dirasa bakal rumit karena bangunan melanggar yg mengakibatkan IMB tidak akan bisa terbit, pake biro jasa boleh sepertinya, klo memang tidak ada pelanggaran mending urus sendiri saja, kecuali dgn alasan kesibukan
  5. BP2T Depok di walikota pasti ada Gan
Quote:Original Posted By liaw
permisi agan2 ane mw bertana seputar IMB pembangunan untuk hotel
langsung aja
saya ingin bertanya
Kira - kira Permit apa aja yang kita butuhkan untuk mendapatkan IMB(Ijin Mendirikan Bangunan) ?
trus setelah mendapatkan permit IMB itu,apa yang harus didapatkan untuk mendapat ijin pendirian hotelnya (karena dalam case ini kami ingin membangun sebuah hotel bajet)?
trus prosedur apa aja yang dibutuhkan untuk mendapatkan UKL UPL?

mohon bantuan
thx


Gan, untuk pengurusan/penyusunan/pembuatan ukl upl, kami menawarkan jasa tersebut. Hasilnya tinggal terima ijin rekomendasi ukl upl hotel agan.
Info lebih lanjut pengurusan, pembuatan dan penyusunan ukl upl bisa hubungi saya di 08111874192 (eduard).
Terima kasih.
mastah2 semua,
kalau bangunan bukan permanen perlu imb gak ?
misal warung/kedai / rumah kayu knock-down

ane ada tanah kosong dipinggir jalan, rencana mo dibuat kebun dan rumah kayu 2lt hanya untuk istirahat saja, perlu imb ?

thanks
Malam senior sekalian.

Newbie mau tanya masalah gsb dong.

Lagi mau tambah bangunan 2 lt di serpong, lokasi tanah di hoek.

Sudah ada design/denah/gambar dari arsitek.

Konsultasi dgn pengembang katanya lt 1 (dasar) sudah ok gak kena gsb di hoek, tp lantai 2 nya kena gsb, jadi mesti di design ulang.
Lt 1 gak kena gsb, tp lt 2 kena gsb krn di lt 1nya sy design kolam ikan, sedangkan atasnya bangunan.

Apakah GSB belaku juga utk lt 2? Atau gsb hanya berlaku lt 1 di hitung dr tiang/tembok?

Sekalian mau tanya, kira2x biaya pembuatan imb utk bangun tambahan bangunan sebanyak 2 lt @ 6x10mtr (jadi total bangunan 120mtr) kira2x kena berapa yah? Biaya resmi & kalo pake biro jasa?

Pls advice-nya.

Thanks
Mohon pencerahannya gan..
Ane barusan beli rumah (bangunan lama) di pinggir jalan utama/provinsi & belum ada IMB.

Jarak pembangunannya maksimal yang diijinkan dari as jalan berapa meter ya?

Misalkan kita mau membangun/merenovasi rumah tsb tanpa mengurus IMB, konsekuensinya apa?

Thanks

Quote:Original Posted By jun.kaskus
Gan, untuk pengurusan/penyusunan/pembuatan ukl upl, kami menawarkan jasa tersebut. Hasilnya tinggal terima ijin rekomendasi ukl upl hotel agan.
Info lebih lanjut pengurusan, pembuatan dan penyusunan ukl upl bisa hubungi saya di 08111874192 (eduard).
Terima kasih.

waduh calo ni,jatuhnya pasti lebih mahal. wkkkkkk

Quote:Original Posted By bandithung
mastah2 semua,
kalau bangunan bukan permanen perlu imb gak ?
misal warung/kedai / rumah kayu knock-down

ane ada tanah kosong dipinggir jalan, rencana mo dibuat kebun dan rumah kayu 2lt hanya untuk istirahat saja, perlu imb ?

thanks


tergantung daerah masing2 si gan klo IMB,tiap daerah ada yg ketat ada yg kaga.semi permanent juga bisa masuk imb lo.
klo ketauan atau dapet saingan dari warung sebelah yg kaga suka bisa dilaporin.
kaga ada ijinnya bisa langsung main segel bongkar ama satpol pp.



Quote:Original Posted By soulmate_gown
Malam senior sekalian.

Newbie mau tanya masalah gsb dong.

Lagi mau tambah bangunan 2 lt di serpong, lokasi tanah di hoek.

Sudah ada design/denah/gambar dari arsitek.

Konsultasi dgn pengembang katanya lt 1 (dasar) sudah ok gak kena gsb di hoek, tp lantai 2 nya kena gsb, jadi mesti di design ulang.
Lt 1 gak kena gsb, tp lt 2 kena gsb krn di lt 1nya sy design kolam ikan, sedangkan atasnya bangunan.

Apakah GSB belaku juga utk lt 2? Atau gsb hanya berlaku lt 1 di hitung dr tiang/tembok?

Sekalian mau tanya, kira2x biaya pembuatan imb utk bangun tambahan bangunan sebanyak 2 lt @ 6x10mtr (jadi total bangunan 120mtr) kira2x kena berapa yah? Biaya resmi & kalo pake biro jasa?

Pls advice-nya.

Thanks


waduh nunggu senior yg lain aja atau pengen fast respon datangi dinas terkait aja. lupa gw soal hitungannya.
tiap daerah aturannya bisa beda2 gan.gsb setau ku buat lt 1 setengah luas jalan,dan ada bagian yg masih di tolerir,
takutnya klo daerah strategis,nanti kena pelebaran jalan juga lain cerita.

Quote:Original Posted By phatb
Mohon pencerahannya gan..
Ane barusan beli rumah (bangunan lama) di pinggir jalan utama/provinsi & belum ada IMB.

Jarak pembangunannya maksimal yang diijinkan dari as jalan berapa meter ya?

Misalkan kita mau membangun/merenovasi rumah tsb tanpa mengurus IMB, konsekuensinya apa?

Thanks


konsekunsinya ya bakal kena denda gan.
segel bangunan sampai pembongkaran paksa. wkwkkkk
Quote:Original Posted By landscaping

waduh calo ni,jatuhnya pasti lebih mahal. wkkkkkk



tergantung daerah masing2 si gan klo IMB,tiap daerah ada yg ketat ada yg kaga.semi permanent juga bisa masuk imb lo.
klo ketauan atau dapet saingan dari warung sebelah yg kaga suka bisa dilaporin.
kaga ada ijinnya bisa langsung main segel bongkar ama satpol pp.





waduh nunggu senior yg lain aja atau pengen fast respon datangi dinas terkait aja. lupa gw soal hitungannya.
tiap daerah aturannya bisa beda2 gan.gsb setau ku buat lt 1 setengah luas jalan,dan ada bagian yg masih di tolerir,
takutnya klo daerah strategis,nanti kena pelebaran jalan juga lain cerita.



konsekunsinya ya bakal kena denda gan.
segel bangunan sampai pembongkaran paksa. wkwkkkk




Manstabs nich gan....
Terus gan.. ane ikut nyimak sambil minum kopi.
:
:
Quote:Original Posted By bandithung
mastah2 semua,
kalau bangunan bukan permanen perlu imb gak ?
misal warung/kedai / rumah kayu knock-down

ane ada tanah kosong dipinggir jalan, rencana mo dibuat kebun dan rumah kayu 2lt hanya untuk istirahat saja, perlu imb ?

thanks


IMB = Izin mendirikan Bangunan
Klo tidak untuk mendirikan apapun sih tidak perlu gan
Apalagi mau via KPR, imb sangad diperlukan.
Semoga tidak melanggar ketentuan ya gan nanti pembangunan nya

Quote:Original Posted By soulmate_gown
Malam senior sekalian.

Newbie mau tanya masalah gsb dong.

Lagi mau tambah bangunan 2 lt di serpong, lokasi tanah di hoek.

Sudah ada design/denah/gambar dari arsitek.

Konsultasi dgn pengembang katanya lt 1 (dasar) sudah ok gak kena gsb di hoek, tp lantai 2 nya kena gsb, jadi mesti di design ulang.
Lt 1 gak kena gsb, tp lt 2 kena gsb krn di lt 1nya sy design kolam ikan, sedangkan atasnya bangunan.

Apakah GSB belaku juga utk lt 2? Atau gsb hanya berlaku lt 1 di hitung dr tiang/tembok?

Sekalian mau tanya, kira2x biaya pembuatan imb utk bangun tambahan bangunan sebanyak 2 lt @ 6x10mtr (jadi total bangunan 120mtr) kira2x kena berapa yah? Biaya resmi & kalo pake biro jasa?

Pls advice-nya.

Thanks

Sudah SMS an ya kemarin

Quote:Original Posted By phatb
Mohon pencerahannya gan..
Ane barusan beli rumah (bangunan lama) di pinggir jalan utama/provinsi & belum ada IMB.

Jarak pembangunannya maksimal yang diijinkan dari as jalan berapa meter ya?

Misalkan kita mau membangun/merenovasi rumah tsb tanpa mengurus IMB, konsekuensinya apa?

Thanks


Cek GSB bisa mengajukan AdvisePlan ke kelurahan, nanti terlihat semua
dari mulai Peruntukan, KDB, KLB dan GSB.
Konsekuensi tidak akan ada bila waktu pembangunan tidak di ketahui orang P2B,
Kecuali mertua agan ada yg di kelurahan/kecamatan mungkin bisa spik spik

Quote:Original Posted By landscaping

waduh calo ni,jatuhnya pasti lebih mahal. wkkkkkk


huuuussss... calo calo gitu jg penyelamat loh
yaitu bisa meloloskan bangunan yg melanggar


Quote:Original Posted By davidvannessen

Manstabs nich gan....
Terus gan.. ane ikut nyimak sambil minum kopi.
:
:


Kurang kereeen gan...
Dji Sam Soe must include
Quote:Original Posted By ** SENSOR **aktor
Lo bawa denah rumah (luas lahan dan luas bangunan), jenis bangunan apa.
Trs tinggal daftar aja di KPPT.
Ntar diproses ijinnya.


gan, mau ikut nanya.
denah itu, denah yang kita bikin or harus bener2 resmi (misalnya dari arsitek or orang BPN) ?
Thanks ya.
Quote:Original Posted By davidvannessen
Manstabs nich gan....
Terus gan.. ane ikut nyimak sambil minum kopi.
:
:


santai aja gan,ngopi di pojokan aja. wkkkk

Quote:Original Posted By brat1bret


huuuussss... calo calo gitu jg penyelamat loh
yaitu bisa meloloskan bangunan yg melanggar


calo di pelihara juga ya gan. wkkkk


Quote:Original Posted By vandezz
gan, mau ikut nanya.
denah itu, denah yang kita bikin or harus bener2 resmi (misalnya dari arsitek or orang BPN) ?
Thanks ya.

gbrnya semua lo gan,gbr kerja smua tampak,potongan,resapan dll,jadiin satu di kertas A0. klo punya basik ya silahkan gbr bikin sendiri.
gbr sendiri tidak masalah tapi biasanya nanti di coret2,bilangnya "wah nglanggar ini-itu gak sesuai GSB" trs di gambar ulang sama petugasnya dan di mintai ongkos lagi. maklum gan dapat duitnya dari situ. wkkkk
harusnya si yg gbr arsitek gan,pan nanti ada tanda tangan juga gunanya sebagai penanggung jawab.