KASKUS

Quote:Original Posted By jojo4wd


'84 - mesin standart - 1:4,16 - 8/43 - revolving belakang+per parabolic+procomp 15" - spool lock custom depan belakang - rollbar sch80


keren gan... gan kl roll bar nya pake pipa brp inch? ane pgn buat juga tp takut salah ukuran.. ada rekomendasi bengkel nya?
masbro,
mesin std jangkrik dan TC std apakah kuat angkat ban 31 ? referensi jika swap pk apa ? 1300 atau 1500 ? bgm girbox nya ? Fg nya ? untuk harian + offroad
thank you
Permisi mau tanya pagi2.. Kalo dari TC rembes oli itu, seal nya udah rusak ya? Apakah sparepartnya masih ada? Mahal ndak ya?
Quote:Original Posted By kopisusutnpgula


wathow...Suzuki Katinon ane kena jepret...
paparazi nih...

ternyata SJPF (Suzuki Jeep Ponorogo Family) ada yang Kaskuser juga, secara uda tuwir2 anggotanya....


lah iki pak sopo ??
Quote:Original Posted By xtreemtrekker
keren gan... gan kl roll bar nya pake pipa brp inch? ane pgn buat juga tp takut salah ukuran.. ada rekomendasi bengkel nya?

ane sesuaikan sarat standar iof gan.. kalo minimal 1.5inch pake sch40, kalo kurang dr 1.5inch wajib sch60.. ane pake 1inch sch80.. klontang nggapapa kok.. agan di daerah mana? banyak kok benkelnya..
Quote:Original Posted By ZACH12
masbro,
mesin std jangkrik dan TC std apakah kuat angkat ban 31 ? referensi jika swap pk apa ? 1300 atau 1500 ? bgm girbox nya ? Fg nya ? untuk harian + offroad
thank you

sudah cukup gan.. tapi kalo ganti final gir bakalan lebih enak.. asal ngga kejar speed loh ya.. kalo engine swap, dapet tenaga doang..speed tetep sama aja soalnya rasio total jangkrik kann low.. githuu.. cmiiw..
Quote:Original Posted By mek_oper
Permisi mau tanya pagi2.. Kalo dari TC rembes oli itu, seal nya udah rusak ya? Apakah sparepartnya masih ada? Mahal ndak ya?

sparepart mudah sekali dan harganya murah sekalii...
Quote:Original Posted By mek_oper
Permisi mau tanya pagi2.. Kalo dari TC rembes oli itu, seal nya udah rusak ya? Apakah sparepartnya masih ada? Mahal ndak ya?


nubie coba sharing om, permasalah sama dengan punya ane, kebetulan baru kemaren saya ganti seal2 tc, kalo tc ane, rembes olie, dan ternyata udah parah banget, sampe olie tcnya jadi seperti ini,
Spoiler for olie tc:
, cek2, trnyata bocor olie dari drum handbrake, untuk ganti ini harus lepas drum handbrake (sayang gak sempat foto2 di bagian ini),
rembes lagi di temukan dr kabel speedometernya, setelah lepas baut penguncinya ini cabut aja pake tang itu tempat kabel speedometer (rumah gigi speedometer), ada seal di dalam dan o ring di luar, sekalian ganti o ring di kabel speedo meterya, itu aja om, pasang lagi.
Spoiler for rumah gigi speedo meter:

total biaya:
seal olie di ke kopel belakang (dlm drum handbrake), 17rb
seal dalam rumah gigi speedometer, 10rb
o ring kabel speedometer, 2rb
o ring rumah gigi speedometr,3rb


tambahan di drum handrem itu ada lubang untuk nyetel handrame-nya, sebelumnya gak ada tutupnya, sekarang saya tutup pake karet, untuk mengurangi/cegah air ato kotoran gak masuk ke dalam drum, dan breather tc saya tambahin selang lebh panjang

itu aja om, smga membantu, udah 3 hari ini gak ada rembes lagi dr tc, tapi belum di tes masuk ke air... kalo ada koreksi dari para suhu monggo...nuwun.
Quote:Original Posted By dennywahyudi83
agan2 suhunya jimun dan katy. ane perkenalkan diri;denny. domisili serang banten. gerobaknya katy gx 97 super ori. hahahaha masih pikir2 antara tunggangan keren sama susu anak hehe.

berhubung tampang masih culun,disempen dulu ya para suhu.

sy pernah baca,agan yg gabung disini yg domisili serang banten siapa yak??

agan2 sy lg butuh roofrack buat katy gx ane.ada info beli dimana n harga n modelnya gimana yak??maklum muter muter serang cilegon ndak nemu2. klo ada info,saya siap menerima lemparan PM.

mgkn sgt dulu suhu suhu disini.tks


Hai wong serang, Saya juga di Serang, salam kenal, banyak temen2 dari serang dan Cilegon disini hanya kelihatannya jarang absen mungkin gi pada sibuk, selamat bergabung disini..
Quote:Original Posted By xtreemtrekker


keren gan... gan kl roll bar nya pake pipa brp inch? ane pgn buat juga tp takut salah ukuran.. ada rekomendasi bengkel nya?


mmmmm..d bandung yak..
referensi bengkelnya :
1. 4x4fadworks di jln sangkuriang cimahi
2. cipta jaya di jln ters. pasir koja
3. max off-road di jln soekarno hatta no. 639
4. volcano motorsport di jln moh. toha

Hmm..

Mo mbales atu2, lagi males maem capcay. Mendingan Cwie Mie ato Cendol aja, deh..

Quote:Original Posted By dik91


jawab sotoy boleh yak?
coba periksa ini gan :
1. cek baut2 velg ada yg longgar apa ngga..
2. spooring n balancing..
3. ban/velg ada yg benjol ga..
4. yg laen bantu atuuh..


Di forum Jimny/Katana Sanctuary yg di old.kaskus pernah dibahas sama Agan mbah.mu niy.. Jadi kalo oblaknya atas bawah itu kenapa, kalo oblaknya depan blkg itu kenapa.

Quote:Original Posted By dennywahyudi83


wah idem sama penyakit ane.jalan sktr 80 setir gemeter. kmrn ke tukang ban,setelah didongkrak,bannya agak oblak.cb deh punya agan dioblak atas bawah.

klo bener sama dengan ane. ini jg lg dibengkel,di onderstel. sma ganti karet2 kaki. mudah mudahan bener dah. mg2 jg lakernya jg ndak kena.hehehehe


Kalo atas bawah, kemungkinan laher kingpin dah kena. Baiknya siy ganti aja.
Eh, ini kejadian di gerobak ane yg benjol di gardan depannya.. Kalo gardan lempeng, ane kurang paham deh.

Quote:Original Posted By satrio310

hmm....bantu gk ya....?
mo tau aja ato mo tau banged?....coba juga tie rod nya diperiksa....sapa tau oblag.... klo ada duit ganti...klo gk ada coba pke gaya supir angkot....dijejelin pake sedotan plastik dibakar trus tetesin ke dalemnye....cuma buat sementara ye...jgn sementaun... (super sotoy ya gw.... lempar cendol jg diem....)


Tie rod kalo perlu ganti, mending skalian pake tie rod hexagonal, ntar ujung2nya pake punya FJ series. Lumayan ke depannya bisa lebih ngirit, kalopun ganti cuma ujung2nya doank, gak usah ganti segelondongan.

Quote:Original Posted By opixengineer


Itu kyk gejala "semi/shimmy" ya gan. Pemeriksaannya bnyk sektor tuh, selain yg diatas jg diperiksa kondisi tie rod n laher roda, kekencangan bautnya, girbox setir (worm stir), dll...
Monggo para suhu untuk tambahan infonya....
Trims....


Shimmy ini bisa juga gara2 steering damper (shock steer) yg dah lemah. Tapi kalo nyari gantinya juga AFAIK jarang bgt ketemu orinya, SGP gak bikin.
Ada juga aftermarket, yg biasa macam Procomp ES2000/3000 di Atrium Senen harganya 650rb. Yg RTC (Return To Center) merk Tough Dog, harganya 1,3 sekian. Balik kanan dulu deh, eike..

Quote:Original Posted By ghiffaribnr
malam om om semua, mau nanya nih kalo stelan klep itu berdasarkan apa ya kita tentuin berapa celahnya? skrg sih stelan klep masih std 15-15, kira2 kalo minyak yg dikecilin/api yang dikecilin , pengaruhnya gimana ya?ada yang paham?

lalu, header..saya baru ganti ke 41+dipasang tabung buntu (secara, 421 bawaan mobil didisain khusus buat torsi bawah+offroad, kalo ada yang mau bayarin, japri aja )
tenaga bawah-tengah-atas gangempos gaboyo galoyo(rumornya kan 41 ngejar akselerasi rpm tinggi, kalo 421 rpm rendah), cuma saya masih pake FG 841, rencana senin/selasa mau ganti FG 943, memangnya benar ya kalo header 41 enak buat FG Low tapi buat FG high kurang pas?

lalu buat om Tukcen nih..tadi saya masuk tol iseng buat ngukur odometer bener/ga. Hasilnya, cocok om 1km di tol sama 1km di tripmeter akurat....gaperlu faktor koreksi2.. mobil saya borosbgt



Gan, ngukurnya pake nyocokin patok kilometer di tol..? Ane siy nyerah dah kalo disuruh mbedain 0,92km vs. 1km, kalo itu caranya. Mendingan pake GPS & diakumulasi, jadi keliatan lebih jelas bedanya.

Quote:Original Posted By jojo4wd
agan wolang.. kalo ane loh ya, langkah pertama cek kekencangan roda, cek bearing (dongkrak, trus digoyang kocak apa engga) trus cek kondisi rod ends, kalo bormal semua balans rodanya.. rata2 hbs ngganti ban, saya perlu mbalans..


Idealnya emang habis ganti ban perlu balans & spooring. Habis rotasi ban pun perlu spooring. Itulah resiko yg harus diambil kalo mobilnya sering diajak ngacir.
Mangkanya ane usahain selow aja, bahkan di tol. Ya lewat2 dikit dari angka 80 jamak lah..

Hehe4x4..

Quote:Original Posted By ZACH12
masbro,
mesin std jangkrik dan TC std apakah kuat angkat ban 31 ? referensi jika swap pk apa ? 1300 atau 1500 ? bgm girbox nya ? Fg nya ? untuk harian + offroad
thank you


Agan oprodnya sebatas mana niy..? Kalo wiken warrior aja mah, bisa pake:
- mesin F8A aslinya, Girbox & TC std, FG 43/8
- mesin F10A seceng gak genep, Girbox & TC std, FG 43/9 ato 39/8
Mungkin Agan2 laen ada punya settingan laen?

Quote:Original Posted By mek_oper
Permisi mau tanya pagi2.. Kalo dari TC rembes oli itu, seal nya udah rusak ya? Apakah sparepartnya masih ada? Mahal ndak ya?


Masih banyak & gak mahal. Ane trakhir overhaul TC yg slalu balik netral kalo tuas digeser2 itu kira2 6 taun yg lalu gak nyampe 400 rebu dah termasup sperpat. Ngerjain di SLS Jatiwaringin, sebelahnya kolam renang Al Hakim.

Quote:Original Posted By jojo4wd

sudah cukup gan.. tapi kalo ganti final gir bakalan lebih enak.. asal ngga kejar speed loh ya.. kalo engine swap, dapet tenaga doang..speed tetep sama aja soalnya rasio total jangkrik kann low.. githuu.. cmiiw..


Engine swap ke mesin yg gedean bisa meminimalisir jarak ancang2 menjelang tanjakan & mengurangi resiko keabisan napas di tengah2 tanjakan. Asyik lah kalo buat oprod.
Asal racikannya non-blok (gak memihak oprod/sepid, alias mendekati setting pabrik), Insya Allah oprod dapet, sepid bisa ngejar.

Quote:Original Posted By jojo4wd

sparepart mudah sekali dan harganya murah sekalii...


S7.. Sayang sekarang TC lagi mahal & langka, ane blom ngecek imbasnya ke apdet harga sperpat TC.

Quote:Original Posted By wawan5361


nubie coba sharing om, permasalah sama dengan punya ane, kebetulan baru kemaren saya ganti seal2 tc, kalo tc ane, rembes olie, dan ternyata udah parah banget, sampe olie tcnya jadi seperti ini,
Spoiler for olie tc:
, cek2, trnyata bocor olie dari drum handbrake, untuk ganti ini harus lepas drum handbrake (sayang gak sempat foto2 di bagian ini),
rembes lagi di temukan dr kabel speedometernya, setelah lepas baut penguncinya ini cabut aja pake tang itu tempat kabel speedometer (rumah gigi speedometer), ada seal di dalam dan o ring di luar, sekalian ganti o ring di kabel speedo meterya, itu aja om, pasang lagi.
Spoiler for rumah gigi speedo meter:

total biaya:
seal olie di ke kopel belakang (dlm drum handbrake), 17rb
seal dalam rumah gigi speedometer, 10rb
o ring kabel speedometer, 2rb
o ring rumah gigi speedometr,3rb


tambahan di drum handrem itu ada lubang untuk nyetel handrame-nya, sebelumnya gak ada tutupnya, sekarang saya tutup pake karet, untuk mengurangi/cegah air ato kotoran gak masuk ke dalam drum, dan breather tc saya tambahin selang lebh panjang

itu aja om, smga membantu, udah 3 hari ini gak ada rembes lagi dr tc, tapi belum di tes masuk ke air... kalo ada koreksi dari para suhu monggo...nuwun.


Skalian Gan, ditambahin selang juga tuh buat gardan2 & girbox, jadi ayem kalo mo nyilem. Ujungnya bisa di satuin & taro di tempat yg tinggi skalian (ato gabungin sama snorkel kalo ada).
Quote:Original Posted By tukcen


Idealnya emang habis ganti ban perlu balans & spooring. Habis rotasi ban pun perlu spooring. Itulah resiko yg harus diambil kalo mobilnya sering diajak ngacir.
Mangkanya ane usahain selow aja, bahkan di tol. Ya lewat2 dikit dari angka 80 jamak lah..


ane di desa, jalan 60 aja jarang.. xixii...
Quote:Original Posted By opixengineer

Halo gan, kata org bengkel di tmpt ane, oli gemuk klo bs cari yg bahan silikon. Katanya si lbh baek dr oli gemuk sintetik biasa. Tp brgnya mmg agak susah dicari. Klo ane ttp pk oli gemuk artis aj ud cukup...
Ntar pas gnt vakum delco, tenaga mesin serasa nambah deh. Kyk lbh enak tarikannya....
He...he...he...
Trims.....


ada yang bagusan sih kata tokonya, tapi duitnya gak cukup (padahal cuma selisih 7rb )
vakum delco lagi pesen nih di tango, mau beli baru jebul mahal 85rb
sekarang sih ditutup pake plastik, ga tau bekas bungkus apa, mungut di jalan

Quote:Original Posted By lingga.berliana


Hai wong serang, Saya juga di Serang, salam kenal, banyak temen2 dari serang dan Cilegon disini hanya kelihatannya jarang absen mungkin gi pada sibuk, selamat bergabung disini..


weeehehehee wong kite kun....heehehehe. salam kenal om.
Emang dominisili sebelah mana om???

Om, cari roof rack di serang sama cilegon dimana yak ??? klo bengkel custom katy biasanya dimana juga yg recom?tks
Quote:Original Posted By yogi1303


ada yang bagusan sih kata tokonya, tapi duitnya gak cukup (padahal cuma selisih 7rb )
vakum delco lagi pesen nih di tango, mau beli baru jebul mahal 85rb
sekarang sih ditutup pake plastik, ga tau bekas bungkus apa, mungut di jalan



Vakum delko juga bs pake punya carry 1.0 gan, tp nanti selang vakumnya minta yg sdkt lbh panjang aj. Fungsinya sama ko...
trims....
Quote:Original Posted By ghiffaribnr
malam om om semua, mau nanya nih kalo stelan klep itu berdasarkan apa ya kita tentuin berapa celahnya? skrg sih stelan klep masih std 15-15, kira2 kalo minyak yg dikecilin/api yang dikecilin , pengaruhnya gimana ya?ada yang paham?



Halo gan......
klo ngga salah, penentuan besaran celah klep itu didasarkan pada temperatur kerja mesin, derajat bukaan klep (klep mulai membuka/menutup), lama bukaan klep, valve overlap, efisiensi volumetrik yang telah ditentukan, kecepatan rambatan pembakaran (flame front), emisi gas buang yang diharapkan, dll....
Klo setelan 15-15 itu setelan panas atau dingin? Kata buku manualnya sih, setelan dingin 0,13 in dan 0,13 ex dan setelan panas 0,23 in dan 0,23 ex.
Tp klo ane sih berdasar eksperimen, setelan panas di 0,20 in dan 0,25 ex udah bisa nguber 140 kpj. Tapi didukung settingan yg lain ya gan.....
Patokan supply bensin pada desain standar karbu aj gan, dan pengapian klo bs dinaikkan sdkt performanya untuk menjamin bahwa pembakaran BBM-udara itu mendekati sempurna (lambda 1). Klo mau power yg sedikit lebih enak, coba pake karbu double barrel aj.....he...he...he...
Monggo para suhu tambahan infonya...
trims......
Quote:Original Posted By opixengineer


setelan panas di 0,20 in dan 0,25 ex udah bisa nguber 140 kpj. Tapi didukung settingan yg lain ya gan.....


widiih... 140 kpj pake gerobak gimana rasanya gan?
agan agan sekalian . ane punya katana tahun 97 . terus rencananya mau dipasangin shock steer . kebeneran ane udah beli shock steer merk tough dog itu bisa dipasang ga ya ? sama mau minta referensi bengkelnya dong gan sekitaran bogor . soalnya udah nanya jarang yg bisa katanya harus bikin dudukannya ane ga ngerti maklum lah newbie .

makasih ya sebelumnya makasih ya agan agan yg baik hati ganteng ganteng dan cantik cantik , eh ada yg cantik ga ya disini
Quote:Original Posted By tukcen
Mo mbales atu2, lagi males maem capcay. Mendingan Cwie Mie ato Cendol aja, deh..



Gan, ngukurnya pake nyocokin patok kilometer di tol..? Ane siy nyerah dah kalo disuruh mbedain 0,92km vs. 1km, kalo itu caranya. Mendingan pake GPS & diakumulasi, jadi keliatan lebih jelas bedanya.
QUOTE]

bukan begitu om..wakaka, pan kalo pake faktor koreksi, misal udah jalan 1km di speedo, dikali faktor koreksi 0.92, terus ditambah 1km pan jadi 1.92km om..nyatanya 1km ditol tetep 1km di odometer, bukan begitu seharusnya?btw FG saya 843 om...pantes ora bisa lari ditol haha

[QUOTE=opixengineer;5121f1d51fd719730200000b]

Halo gan......
klo ngga salah, penentuan besaran celah klep itu didasarkan pada temperatur kerja mesin, derajat bukaan klep (klep mulai membuka/menutup), lama bukaan klep, valve overlap, efisiensi volumetrik yang telah ditentukan, kecepatan rambatan pembakaran (flame front), emisi gas buang yang diharapkan, dll....
Klo setelan 15-15 itu setelan panas atau dingin? Kata buku manualnya sih, setelan dingin 0,13 in dan 0,13 ex dan setelan panas 0,23 in dan 0,23 ex.
Tp klo ane sih berdasar eksperimen, setelan panas di 0,20 in dan 0,25 ex udah bisa nguber 140 kpj. Tapi didukung settingan yg lain ya gan.....
Patokan supply bensin pada desain standar karbu aj gan, dan pengapian klo bs dinaikkan sdkt performanya untuk menjamin bahwa pembakaran BBM-udara itu mendekati sempurna (lambda 1). Klo mau power yg sedikit lebih enak, coba pake karbu double barrel aj.....he...he...he...
Monggo para suhu tambahan infonya...
trims......


halo juga om akhirnya dijawab sama ahli mesin hahaha, itu 15-15 diposisi panas kyknya deh om.. cuma tadi saya main kebengkel lg (karena jimny nginep dibengkel harus ganti paking cyl.head) lalu saya minta stel klep 15-25 saat dingin, eh setelah diukur pake puller, malah kendor?kata org bengkel sih gara2 udah garata klep nya...mesti digerinda?tapi gaada duit..jadi nyetel klepnya dikira2 lg dah sampe gakendor pelatuknya...

lalu spuyer tadinya 115 saya turunin jadi 110 om, lalu gap busi skrg 0.9mm, mau saya turunin ke 0.7mm (baca2 di SJ410 Specification )

lagi nunggu FG 941 dateng sih..biar bisa lari 100di tol hahaha,

Quote:Original Posted By ehmbatuk
agan agan sekalian . ane punya katana tahun 97 . terus rencananya mau dipasangin shock steer . kebeneran ane udah beli shock steer merk tough dog itu bisa dipasang ga ya ? sama mau minta referensi bengkelnya dong gan sekitaran bogor . soalnya udah nanya jarang yg bisa katanya harus bikin dudukannya ane ga ngerti maklum lah newbie .

makasih ya sebelumnya makasih ya agan agan yg baik hati ganteng ganteng dan cantik cantik , eh ada yg cantik ga ya disini


bisa banget ntu mah om..mahal bgt yak toughdog wkwkwk, begitu dibisikin harganya, dompet langsung pusing cenat cenut minta diurut...wkwkwk, iya om harus bikin dudukan lagi, tapi saya gapunya referensi bengkel dibogor..harusnya sih ada om, karena katana bykbgt disana