KASKUS

Sangat bermanfaat

Tapi kira-kira ilmu ini bakal saya pake pas kapan ya
kurang akurat seh,,tapi bagus kalo dicoba,,toh ga ada salahnya..
Quote:Original Posted By Fikrullah
Sangat bermanfaat
Tapi kira-kira ilmu ini bakal saya pake pas kapan ya

kalo mau ngamatin bintanglah gan
karena dalam peta bintang tu diukur satuan derajat

Quote:Original Posted By emma.kurnia
kurang akurat seh,,tapi bagus kalo dicoba,,toh ga ada salahnya..

namanya aja sederhana gan,,ya maaf kalo kurang akurat

Tapi tetep pake matematika kan gan meski ngukur pake tangan?

Misalnya gini gan, kita ngukur jarak awan A dengan awan B, awan A dapet 10 derajat diatas horizon sementara awan B dapet 15 derajat diatas horizon, kita nyoba ngukur jarak antara awan A dan B dengan menggunakan satuan misalnya meter, kalo kita pingin tau jarak antar keduanya dijadikan meter kan tetep ngitung pake cara matematika juga kan yak?

Sori ane ga pinter matematika, ngga suka matematika seh gan kecuali matematika duit a.k.a akuntansi
Quote:Original Posted By cedrickson
Tapi tetep pake matematika kan gan meski ngukur pake tangan?

Misalnya gini gan, kita ngukur jarak awan A dengan awan B, awan A dapet 10 derajat diatas horizon sementara awan B dapet 15 derajat diatas horizon, kita nyoba ngukur jarak antara awan A dan B dengan menggunakan satuan misalnya meter, kalo kita pingin tau jarak antar keduanya dijadikan meter kan tetep ngitung pake cara matematika juga kan yak?

Sori ane ga pinter matematika, ngga suka matematika seh gan kecuali matematika duit a.k.a akuntansi



di judul ane tu kata jarak ane kasih "...." gan,,karena sebenarnya yang diukur bukan jarak dengan metode ini,,tapi yang diukur tu sudutnya,,karena dalam perbintangan,ketika kita melihat peta bintang,satuan yang dipakai untuk mengetahui lokasi bintang di peta tu dengan derajat,bukannya meter atau yang lain,,sehingga kata sudut ini di asumsikan "jarak" bagi sebagian orang
gitu gan
kalo mau ngitung jarak yang sebenarnya ada caranya sendiri,,yaitu dengan metode paralaks dan metode luminositas


TSnya pengamat bintang ya nih
Quote:Original Posted By DarkMoonz
wah baru tau ane gan

lanjutkan okeh gan
nicepost gan..
kalo udah bisa ngitung besar sudutnya trus cara ngitung jaraknya gimana gan ??
puyeng ane bacanya gan
Quote:Original Posted By sulepalsu


TSnya pengamat bintang ya nih

cuma hobi ko gan
Quote:Original Posted By abhisekha

lanjutkan okeh gan
nicepost gan..

ente BOT ya
Quote:Original Posted By wardhiansyah
kalo udah bisa ngitung besar sudutnya trus cara ngitung jaraknya gimana gan ??

baca komen pertamax dulu deh gan
threadnya saya "control d" gan..
sangat aplikatif untuk ngukur jarak antar benda-benda langit..
keren caranya gan
tapi ane jarang makek sih
Quote:Original Posted By HaeboFootwear
threadnya saya "control d" gan..
sangat aplikatif untuk ngukur jarak antar benda-benda langit..


Quote:Original Posted By leo.d.caprio
keren caranya gan
tapi ane jarang makek sih


sip dah
monggo silakan nanti dicoba
Quote:Original Posted By sulepalsu


TSnya pengamat bintang ya nih


bukan gan

TS nya

Quote:Original Posted By baccu


bukan gan

TS nya




jarinya buat ngobok2 "---------"
bukan malah buat ngukur bintang kalo gitu
Quote:Original Posted By baccu

bukan gan
TS nya


jangan lari ente___________

aduh........minggir ent
__________________-


Quote:Original Posted By sulepalsu



jarinya buat ngobok2 "---------"
bukan malah buat ngukur bintang kalo gitu


ini malah ikut2an
Quote:Original Posted By sulepalsu



jarinya buat ngobok2 "---------"
bukan malah buat ngukur bintang kalo gitu


tos dulu gan


kocak juga ente gan

Quote:Original Posted By eragon41


jangan lari ente___________

aduh........minggir ent
__________________-




ini malah ikut2an

kabur lagi

Quote:Original Posted By baccu


tos dulu gan

kocak juga ente gan

kabur lagi


ane doain pas lagi kabur ente kecebur got dah


baru tau gan. mantab
Penemuan yg sangat briliant gan , gak nyangka , cara hitung nya sesedarhana itu