KASKUS

nol adalah ketiadaan, setiap angka yang dibagi dgn ketiadaan akan menghasilkan ketiadaan (nol)
ane memang tdk dapat menjelaskan pada masa kanak kanak ketika itu.

memang jika 4 buah kuwe dibagikan kepada 2 orang , maka masing masing anak mendapatkan 2 buah kuwe.
4:2=2

namun jika 4 buah kuwe dibagikan kepada 0 [tidak orang],
lalu apa yg didapat dari 0 [tidak ada orang].
tentu saja [tidak ada orang] mendapatkan [tidak ada kuwe]

lalu bagaimana jika pandangan dibalik.
katakanlah 2 orang kewarung mengambil 4 buah kuwe.
maka masing masing orang akan mendapat 2 buah kue.

bagaimana jika menyuruh [tidak ada orang] mengambil 4 buah kuwe.
bukankah hasilnya tidak mendapatkan apa apa alias nol
Quote:Original Posted By Poison.Arrow




Quote:Berapa hasil dari

0 : 0 =...NOL jika 0 adalah nilai bukan lambang

Can you?

Tambahan
-0 : 0 =....NOLjika 0 adalah nilai bukan lambang
0 : -0 =... NOLjika 0 adalah nilai bukan lambang

Quote:penjelasan
a:a=1
-a:a=-1
a:-a=-1 dgn catatan a bukan nol


Quote:Pertanyaan..
Apakah ini sudah benar..
berapa hasilnya
sebutkan kenapa


pertanyaan terakhir...
Apakah benar jika
nol tidak punya nilai?? untuk point ini ente harus pernah mengalami kantong kosong tak ada duit, baru bisa paham arti ketiadaan
Jika benar kenapa hasil pembagian mempunyai nilai....


Apakah benar....jika saya menyatakan...pernyataan berikut..
0 = 0000,0,000
angka nol didepan nol
dan angka nol dibelakang nol

apakah hal ini menyatakan nol mempunyai nilai....
(point ini ente kutak katik calculator dah biar puyeng)


Pertanyaan update
jika dinyatakan nol tidak punya nilai...
Kenapa angka puluhan menggunakan nol??
10


seberapa nilai nol...
Apakah bisa dinyatakan nol tidak punya nilai?

Apakah yang terjadi jika saya menghapus angka nol..
Apakah masih ada nilai sepuluh
(pernah belajar kode hexadecimal ga gan?)
0123456789abcdef (enam belas digit) disitu angka 10 bukan dibaca sepuluh.


*maap kalo soalnya kegampangan..
Coz saya lg gundah.
Bukan berhubungan dngn angka nol sih.....
Tapi kenapa harus angka nol ea


Quote:pertanyaan update...
Siapa yang menemukan angka nol, kenapa angka nol bisa mengglobal

kenapa angka romawi tidak ada yang menyatakan nol
atau angka tak punya nilai



negara mana saja yang tidak menggunakan angka nol selain romawi..
ane bukan ahli sejarah


Quote:Update
jika ada dua orang...
Saya dan si B
dngn Pernyataan saling bertentangan,
dan saya curang...
saya menyatakan bisa menghasilkan angka real 5 dari angka nol..
Jika pernyataan 0:0 = 1
(0:0) + (0:0) + (0:0) + (0:0) + (0:0) =..5 bisa jika 0 bukan nol, disini kita pakai contoh huruf a adalah nol a12345670 dan 0 dibaca delapan

Siapakah yang pernyataanya benar saya atau si B...
Dan Kenapa?



Quote:Yang paling tepat itu, yang mana dari dua pernyataan saya berikut:
nol adalah penghubung angka negatif positif (hampir tepat)
atau nol penghubung angka sembilan dan satu (salah

manakah satu pernyataan saya yang benar:
nol adalah penghubung(salah)
nol adalah nilai suatu nilai(hampir benar) nol adalah ketiadaan
banyak bener pertanyaannya.
coba diselesaikan dengan memakai limit.
nol itu bernilai dan tidak ada yg namanya tak terdefinisi di dalam bilangan.
menghasilkan bilangan 5 dari hasil 0:0? bisa banget...
apalagi ya td pertanyaannya? *sampe lupa gara2 banyaknya pertanyaan
Quote:Original Posted By ayikridic
kalo ak biasanya pake analogi sderhana.. jadi misal

6 : 3 = 2
= 6 permen untuk 3 orang
= 3 orang masing masing mendapat 2 permen.

1 : 1 = 1
= 1 permen untuk 1 orang
= 1 orang mendapat 1 permen.

0 : 0 = 1
= 0 permen untuk 0 orang
= 0 orang mendapat 1 permen.
yang mendapat 1 permen siapa ? Nol orang.
Noone. alias gak ada yg dapat
krn 1 permen itu seakan imajiner, khayal.

itu sebabnya 0 : 0 juga bisa diartikan :
"tak terdefinisi" atau "tak terhingga" atau juga "nol" itu sendiri

----

kalo dibilang bisa menghasilkan 5 sesuatu dari angka 0
yah memang, anda bisa mendapat nilai 5 dari angka 0
yaitu "5 sesuatu yang nggak ada" alias nihil.

sbenernya gak 'wah' kalo bisa dapat nilai 5 dr
(0:0) + (0:0) + (0:0) + (0:0) + (0:0)
krn di setiap operasi matematika itu mengandung nilai 1, misal
x + 4 - 2y
itu artinya
1(x) + 1(4) - 1(2y)


kalo seinget ane angka berapapun kalo di bagi 0 hasilnya "tak terhingga"
coba aja tes pake kalkulator angka berapapun kalo dibagi 0 pasti hasilnya "syntac error"

ane setuju buat ngelogikain misalnya dengan bagi2 kue,,

matematika itu ilmu pasti, yang hasilnya bisa dipikirin dengan logika
ane aja tiap belajar gk pernah pake rumus tapi pake logika
jadi gak pernah belajar tiap ulangan
macam2 bilangan ada biner, okta, decimal, hexa..
disini yg dipermasalahkan angka 0 di decimal.. kira2 sama ga dengan 0 di bilangan yg laen.. ato malah sebenarnya hny masalah penyebutan urutan
Quote:Original Posted By karuniacellular
this question remember me to my childhood memory.

ketika usia ane 5 tahun, kakak ane 7 tahun.
kami disekolahkan dibangku SD.

ane [Logic] unggul otak kanan, menganalisa namun tak mengingat.
kakak [Memoric] unggul otak kiri, mengingat namun tak menganalisa.

satu ketika dibangku kelas satu SD,
ane duduk semeja dgn kakak,
ane tak pandai baca tulis, namun pintar berhitung.
kakak sebaliknya.

ketika mendapat soal matematika, maka ane menjawab dan kakak menulis.

guru memberi soal :

1 + 0 = 1 (semua juga tahu)
1 x 0 = ?
1 : 0 = ?

kakak membaca 1 + 0 = berapa dek?
ane jwb 1

kakak membaca 1 x 0 = berapa dek ?
ane jawab 0

kakak ; "hmmm, masuk akal juga" dalam bahasa tiong hua ( ju lok no ) artinya ada masuk otak.


kakak membaca: 1 : 0 = berapa dek ?
ane: "hmmmm nol"

kakak : mana mungkin 1 dibagi 0 sama dengan 0 !
katakanlah contoh kamu membawa 1 buah kue dan membagikan nya kepada 0 (tidak ada orang) bukankah kue km itu masih tetap berjumlah 1 ?



sorry ane tak dapat menjelaskan logika jawaban nol ketika itu,
kakak terus saja memarahi, dan ngeyel menulis
1 : 0 = 1 dan menyerahkan kertas jawaban ke guru.

masih teringat jelas ketika ane berlari meninggalkan bangku sekolah kakak di waktu itu.. ane menangis sejadi jadinya sepanjang jalan kaki sejauh 3 kilometer pulang ke pondok rumah kumuh kami dimasa itu.


xixiixixixix..
kelas 1 saya malah cuma bisa menjumlah, dan belajar berhitung angka...satu, dua, tiga,...dst.


Kalo yg 1 : 0 = 1 atau nol itu..

sepertinya..
Ada satu kue dibagi untuk nol anak..
Berapa anak dapat masing masing.. Nol anak dapat 1 bagian
Heheheh...
?????

Kalo sekarang menurut agan ,
berapa nih kalo 1 : 0 =

harusnya kalo 0 : 1 =???
Nol kue dibagi satu anak..
Nah kyknya yg ini yg nol
ane bantu jawab gan,


Quote:Original Posted By Poison.Arrow
Berapa hasil dari

0 : 0 =...

Can you?

semua bilangan yang dibagi nol itu tidak terdefinisi. kenapa?
misal ya 0 itu setara bilangan
0/0 = 0 berarti 0*0 = 0 bener kan? (* itu adalah perkalian)

coba diganti gini
0/0 = 1 berarti 1*0 = 0
loh kok bener juga kan?

demikian 0/0 = 2 , 0/0 = 3 dst
itu artinya 0/0 = semua bilangan real

karena semua pembagian oleh 0 itu bisa jadi perkalian yang benar, maka hasil pembagian dengan nol itu tidak terdefinisi.

Quote:Original Posted By Poison.Arrow
Tambahan
-0 : 0 =....
0 : -0 =...

Pertanyaan..
Apakah ini sudah benar..
berapa hasilnya
sebutkan kenapa

gan, -0 dan +0 itu ga ada, kenapa?
misal 1+(+0) = 1 , 1+(-0) = 1 , artinya (+0) = (-0)
jadi 0 itu 0, ga ada negatif 0 atau plus 0
karena 0 melambangkan kosong

Quote:Original Posted By Poison.Arrow
pertanyaan terakhir...
Apakah benar jika
nol tidak punya nilai??
Jika benar kenapa hasil pembagian mempunyai nilai....

bener, 0 itu melambangkan kosong. kenapa?
semua bilangan yang ditambah 0 atau dikurangi 0 itu hasilnya bilangan itu sendiri kan? itu menunjukkan 0 tidak punya nilai


Quote:Original Posted By Poison.Arrow
Apakah benar....jika saya menyatakan...pernyataan berikut..
0 = 0000,0,000
angka nol didepan nol
dan angka nol dibelakang nol

apakah hal ini menyatakan nol mempunyai nilai....

0 itu cuma menunjukkan kalo di situ ga ada bilangan.

sisanya ntar lagi ya gan. panjang ngetiknya
Quote:Original Posted By Poison.Arrow
pertanyaan update...
Siapa yang menemukan angka nol, kenapa angka nol bisa mengglobal

kenapa angka romawi tidak ada yang menyatakan nol
atau angka tak punya nilai

kalo pertanyaan gini bisa liat wikipedia sih gan,
yang menemukan pertama bangsa mesopotamia , karena buat mengisi kekosongan bilangan di sistem penomoran sexagesimal gitu deh gan ane juga ga paham-paham amat

kenapa bangsa romawi ga pake 0?
inget kan kalo 0 itu cuma buat pengisi kekosongan bilangan? (104 , 0 menunjukkan kalo habis angka 1 itu ada kekosongan, biar ga rancu sama 14)
karena bangsa romawi itu puluhan , ratusan, ribuan dst nya punya lambang sendiri, jadi ya ga butuh 0 gan


Quote:Original Posted By Poison.Arrow
negara mana saja yang tidak menggunakan angka nol selain romawi..

jawaban nya yang punya lambang sendiri buat puluhan ratusan ribuan dst nya

Quote:Original Posted By Poison.Arrow
Update
jika ada dua orang...
Saya dan si B
dngn Pernyataan saling bertentangan,
dan saya curang...
saya menyatakan bisa menghasilkan angka real 5 dari angka nol..
Jika pernyataan 0:0 = 1
(0:0) + (0:0) + (0:0) + (0:0) + (0:0) =..

Siapakah yang pernyataanya benar saya atau si B...
Dan Kenapa?

jawaban nya ente dan temen ente bisa bener semua, kan 0:0 itu tidak terdefinisi gan

Quote:Original Posted By Poison.Arrow
Yang paling tepat itu, yang mana dari dua pernyataan saya berikut:
nol adalah penghubung angka negatif positif
atau nol penghubung angka sembilan dan satu

yang bener 0 itu untuk mengisi ketiadaan gan

Quote:Original Posted By Poison.Arrow
manakah satu pernyatan saya yang benar:
nol adalah penghubung
nol adalah nilai suatu nilai

0 itu buat menunjukkan kekosongan


at last but not least,

cmiiw
sumber jawaban ane, dari wiki dan situs2 lain nya gan

sama aja kaya pertanyaan mana lebih dulu ada, telur atau ayam wkwkwkw
bukannya semua yang dibagi 0 hasilnya pasti tidak terdefinisi ya gan?
ya,,
ada beberapa penjawab..
Sepertinya saya ga bisa multi quote nih

bagaimana bagaimana kalo satu persatu
pertanyaan lu banyak amir gan
bingung ane jawabnya, coba liat yang laen dulu dah
Quote:Original Posted By reizkypatrical
bukannya semua yang dibagi 0 hasilnya pasti tidak terdefinisi ya gan?


itu teori yang dikemukakan ratusan taun yang lalu

si agan TS minta jawaban secara logis nan awam sepertinya

hanya orang matematik keknya yang sanggup...

*numpang reader aja deh
Quote:Original Posted By pembantu.kaskus


itu teori yang dikemukakan ratusan taun yang lalu

si agan TS minta jawaban secara logis nan awam sepertinya

hanya orang matematik keknya yang sanggup...

*numpang reader aja deh


bukanya ts bikin trit ini krn galau ya?
makanya ga ane terusin.
Punya ane ga disanggah, ga disangkal, ga ada dibilang bener ato salah.
jangan disundul gan..
Biar tenggelam ae gan.

Saya mulai rancu..
Sepertinya saya salah room atau gmna..

Thanks buat agan2 yang ud jawab
Udah ane kasih link yg tepat tuh gan arrow....
ini pertanyaan menjebak ato beneran pengen tau nih ane paling males kalo jawab pertanyaan menjebak..

hmm.. ane jawab semampunya ya..
singkat cerita. jaman dulu kan yang paling pertama ditemukan cuma bilangan asli..
1,2,3,... blom kenal ada 0 gan

mnurut gw.. 0 itu bilangan tak ter devinisi.. alias tak hingga

kalo bil asli dibagi 0 (A:0) sih blom bisa ane jelaskan.. menurut yang dibaca,,n yang dijelasin temen gw
misal nilainy itu 2..

kalo 2 kita bagi 0,1? hasilnya 20
kalo 2 kita bagi 0,01? hasilnya 200..
kalo 2 kita bagi 0,0000000000000000000000001? hasilnya??
sterusny.. semakin kecil nilai bawahnyo, akan semakin besar nilainyo.. dan dak bakal ado batasnyo.. makanya kalo pake limit..
lim x-> 0+ dari 2/x =~

tapi kalo
0:A= 0 itu.. sama aja kyk gak ada yang mw dibagi.. ibaratnya anak mw permen.. tapi kita gak punya permen ny.. sama aja si anak gak dapet permen kan *asumsi A=anak

atau versi lain ny,,
m/A=0
m=A.0
m=0

nahh kalo gak salah tadi ada yang nanya kenapa A^0 =1 yo??

nih baru dapet jawaban ny,,
jadi asumsi
A=bil. asli m=bil pangkat..
A^0= A^(m-m)
A^m/A^m=1.. itu kenapa A^0 selalu 1

mnurut gw yang perlu dijawab itudoank.. sesepuh laen tuh.. yang jwab tambah2an.. males ane jelasin ny.. n gak semuanya ane tau sih.. cuma beberapa..
mw gampang cari di google aja.. pasti banyak penjelasan ny.. asal nyari ny giat..
jangan cuma nunggu jawaban dari orang aj.. *kalo emang beneran pengen tau n bukan pertanyaan menjebak wkwkw
jiah, saya jadi ingat masa SMP/SMA... 2 bulan lalu teman saya pernah nanyain ini ke guru Matematika... langsung di kotbahin
kalau menurut saya sih, 0 itu sendiri (nggak tergabung dalam 10 atau 20) sama dengan "kehampaan, tidak ada"
tidak ada dibagi tidak ada, sama aja tidak ada, kan ?
Quote:Original Posted By Poison.Arrow


0 : 0 = 1 (angka bayangan)
@.@

nol orang dapet 1 permen...
Mhhhh

berarti permennya nyata :?
Orangnya tidak nyata, tapi permennya nyata atau bayangan?..

Kalo Bayangan itu maya..harusnya dikasih tanda ( - )

hahahahah

Jadi
0 : 0 = -1
atau gmna :?

Jadi dngn
0 : 0 = bisa semua angka?
0 : 0 = bagaimana jika diisi.. Angka 000...

Mungkin ada yng bisa menyatakan kalao angka nol itu ada... Atau memang ada??
Atau hanya hayalan?


analogi diatas sudah benar, sepertinya ada yang keliru dengan pertanyaan anda.
nol itu memang angka, tetapi angka nol diartikan sebagai "kosong, nihil"
Menurut saya anda salah menyebutkan jika orangnya tidak nyata, melainkan orang tersebut memang tidak ada. Untuk masalah permennya, angka 1 itu diambil dari TS yg menyebutkan 0:0=1 (pernyataan keliru)
mengapa 0:0=tidak terdefinisi? coba anda gunakan pembagian secara bagi kurung seperti di sekolah dasar, anda akan mendapat hasil yg sangat besar bahkan sangat kecil sehingga mencapai apa yg disebut tak terhingga.
Itulah yg menyebabkan bahwa 0:0= tak terdefinisi
Quote:Original Posted By M.Iqbal.TW


analogi diatas sudah benar, sepertinya ada yang keliru dengan pertanyaan anda.
nol itu memang angka, tetapi angka nol diartikan sebagai "kosong, nihil"
Menurut saya anda salah menyebutkan jika orangnya tidak nyata, melainkan orang tersebut memang tidak ada. Untuk masalah permennya, angka 1 itu diambil dari TS yg menyebutkan 0:0=1 (pernyataan keliru)
mengapa 0:0=tidak terdefinisi? coba anda gunakan pembagian secara bagi kurung seperti di sekolah dasar, anda akan mendapat hasil yg sangat besar bahkan sangat kecil sehingga mencapai apa yg disebut tak terhingga.
Itulah yg menyebabkan bahwa 0:0= tak terdefinisi


apapun yg dibagi dengan 0 itu tidak terdefinisi, bukan cuma 0:0
Makanya pembagian 0 itu selalu menggunakan limit (untuk bisa dicari nilai terdekatnya), karena tidak ada nilai realnya