paksi.wilagaAvatar border
TS
paksi.wilaga
Api Di Bukit Menoreh - Cerita Silat Jawa yang Melegenda
Ini adalah Thread ane yang pertama. Semoga agan-agan dapat menerima.

Ane sejak kecil hobi baca. Mulai dari komik, novel sampe e-book sekarang ini. Terutama ane hobi baca cerita silat. Dari cerita silat jawa sampai cerita silat cina. dari komik lama sampe komik-komik baru seperti Kungfu Boy, Long Hu Men. Nah.. kali ini ane mau share cerita silat jawa yang udah jadi legenda, yaitu 'Api Di Bukit Menoreh'.

Api Di Bukit Menoreh adalah karya dari almarhum SH. Mintarja, seorang penulis kawakan, yang juga telah mengahsilkan karya yang terkenal lain seperti 'Nagasasra Sabuk Inten'.

Api Di Bukit Menoreh ( selanjutnya saya tulis ADBM ) terdiri dari 396 buku yang terbagi dalam empat seri, yang ditulis oleh sang penulis selama tiga dekade. Pertama kali dimuat di harian/koran Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Namun sayang.. ceritanya belum selesai alias masih menggantung karena sang penulis telah dipanggil oleh Yang Kuasa.

Cerita ADBM berlatar belakang era keruntuhan kerajaan Pajang dan berdirinya kerajaan Mataram. Inti dari ceritanya adalah menceritakan kehidupan tokoh-tokoh utamanya dengan latar belakang konflik sehubungan dengan berdirinya kerajaan Mataram. Tokoh-tokoh utama dari ADBM antara lain adalah Agung Sedayu, Swandaru, Kyai Grinsing, Untara, Sekar Mirah, Glagah Putih, Rara Wulan, Ki Gede Menoreh, Ki Patih Mandaraka dan Panembahan Senapati.

Spoiler for cover ADBM 1:


Yang paling ane sukai tentu saja tokoh Agung Sedayu. Dari mulai diceritakan dia itu penakut, sampai dia menjadi orang yang sakti dengan berbagai ilmunya. Juga sifat dari saudara seperguruanya si Swandaru, yang agak sombong dan slalu menganggap bahwa dia lebih dari Agung Sedayu.

kalo agan/aganwati.. tokoh mana yang agan/aganwati sukai?...

untuk agan dan aganwati yang mau membaca cerita lengkapnya, silahkan masuk ke adbmcadangan.wordpress.com
di link situ agan semua dapat mendownload e-booknya gratis.

demikian... semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi agan n aganwati semua... salam emoticon-Kiss
Diubah oleh paksi.wilaga 14-02-2013 06:53
0
23.8K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan