PatlanAvatar border
TS
Patlan
Macam-Macam Mobile Operating Sistem (gak cuma Android, BB, sama iOS gan)
1. Android
Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.


2.bada
Samsung bada adalah sebuah platform smartphone yang dirilis pada tahun 2010. Kata "bada" berarti "laut" dalam bahasa Korea. Samsung Wave adalah ponsel bada-powered pertama dan akan terlihat di pasar segera.
Untuk pengembang, bada akan membawa samudra biru baru dari aplikasi mobile. Bagi pelanggan, mereka akan memiliki pilihan yang lebih luas dari smartphone dengan ponsel bada-powered hemat biaya namun kuat.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).


3. BB OS
BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.


4.iOS
iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.



5.S40 OS

Nokia menggunakan OS S40 di ponsel low end mereka (ponsel fitur alias). Selama bertahun-tahun, lebih dari 150 model ponsel telah dikembangkan menjalankan OS S40


6. Symbian OS

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).
Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008, Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian ^3 dengan PR 02 yang disebut symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s. Ponsel symbian s60 v5 dan symbian ^3 rata rata menggunakan layar sentuh kecuali nokia e6-00 dan nokia e7.ponsel symbian ^3 yang pertama meluncur aadalah nokia n8 dengan kamera 12 megapiksel.symbian ^3 mendapat pembaruan pertama yang disebut symbian anna. digunakan di ponsel nokia x7-00 dan e6-00. sedangkan pembaruan terbaru disebut symbian belle. semua ponsel symbian ^3 bisa diupgrade ke symbian belle.

7. Windows Phone
Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft dan merupakan pengganti platform Windows Mobile, meski tidak kompatibel lagi.Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone ditujukan pada pasar konsumen alih alih perusahaan. Sistem operasi ini pertama diluncurkan bulan Oktober 2010 dan diluncurkan di Asia pada awal 2011

8. Grid OS
GridOS dibangun menggunakan kode sumber terbuka dari kernel Android . Hal ini digunakan sebagai sistem operasi dari 4 Grid ponsel dan 10 grid tablet

9. Limo 4
LiMo Foundation meluncurkan LiMo 4 pada tanggal 14 Februari 2011, rilis terbaru dari Platform LiMo. LiMo 4 memberikan middleware lengkap dan fungsi basis aplikasi, termasuk user interface yang fleksibel, perpustakaan widget, efek window 3D, multimedia, jaringan sosial dan layanan berbasis lokasi , kerangka sensor, multi-tasking dan multi-touch. Selain itu, dukungan untuk resolusi layar scalable dan API yang konsisten.

10. Linux based operating system
Linux adalah terkuat di Cina di mana ia digunakan oleh Motorola, dan di Jepang, yang digunakan oleh DoCoMo.

11. MeeGo
Pada 2010 Mobile Congress di Barcelona, Nokia dan Intel keduanya meluncurkan 'MeeGo' merek baru sistem operasi mobile yang akan menggabungkan yang terbaik dari Moblin dan Maemo terbaik untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar open-source untuk pengguna di semua perangkat.

12. Mer Project
Mer adalah open mobile optimize, distribusi inti ditujukan untuk produsen perangkat, didukung oleh Qt / QML dan HTML5 - inklusif terbuka dikembangkan, dan meritocratically diatur.

13. Brew
Brew digunakan oleh beberapa produsen ponsel dan jaringan mobile, namun paling sering pengguna tidak tahu OS ini karena ponsel yang menjalankan Brew sangat sedikit biasanya merupakan produsen atau operator kelas atas.

14. SHR
SHR adalah GNU / Linux sistem operasi berbasis smartphone dan perangkat seluler sejenis.

15. webOS
webOS adalah sistem operasi proprietary ponsel yang berjalan pada kernel Linux, awalnya dikembangkan oleh Palm, yang diluncurkan dengan Palm Pre.

16. DangerOS
DangerOS adalah sistem operasi yang sebagian besar berbasis Java untuk garis Hiptop Bahaya smartphone yang diproduksi oleh Danger Didirikan 2002-2010


17. maemo

Maemo adalah sebuah platform software yang dikembangkan oleh Nokia untuk smartphone dan tablet Internet

18 Nucleus
Nucleus OS adalah real-time sistem operasi (RTOS) dan toolset yang dibuat oleh Divisi Embedded Systems Division of Mentor Graphics untuk unit pengolahan berbagai pusat (CPU) platform

19 Palm OS/Garnet OS
Palm OS dengan teknologi Web 2.0, arsitektur terbuka dan kemampuan multitasking.



Mobile Operating Sistem Yang Akan datang Gan..!!!

20 . Aliyun OS

Sistem operasi AliCloud ini berkisar pada gagasan untuk membawa fungsi awan untuk platform mobile.

21. BlackBerry 10
BlackBerry 10 (sebelumnya BlackBerry BBX) platform generasi berikutnya untuk smartphone BlackBerry dan tablet.

22. Firefox OS
Menurut Ars Technica, "kata Mozilla B2G yang dimotivasi oleh keinginan untuk menunjukkan bahwa web berbasis standar terbuka memiliki potensi untuk menjadi alternatif yang kompetitif untuk single-vendor yang ada tumpukan pengembangan aplikasi yang ditawarkan oleh sistem operasi yang dominan ponsel.

23. Sailfish
Sailfish adalah Linux berbasis sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Jolla untuk digunakan dalam smartphone mendatang dan dapat digunakan untuk perangkat mobile.

24. Tizen
Tizen adalah sebuah proyek open source yang diselenggarakan oleh Yayasan Linux, dengan Intel dan Samsung memimpin pengembangan kemudi nya kelompok, dan dukungan dari Yayasan LiMo.
cahfutuone
cahfutuone memberi reputasi
1
7.7K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan