[BREAKING NEWS] Paus Benediktus XVI Akan Mengundurkan Diri dari Tahta Suci




Quote:Pope Benedict in shock resignation


Pope Benedict XVI is to resign at the end of this month in an entirely unexpected development, saying he is too old continue at the age of 85. He became Pope in 2005 following John Paul II's death.

Resignations from the papacy are not unknown, but this is the first in the modern era, which has been marked by pontiffs dying while in office. At 78, the former Cardinal Joseph Ratzinger was one of the oldest new popes in history when elected.

He took the helm as one of the fiercest storms the Catholic Church has faced in decades - the scandal of child sex abuse by priests - was breaking. In a statement, he said: "After having repeatedly examined my conscience before God, I have come to the certainty that my strengths, due to an advanced age, are no longer suited to an adequate exercise of the Petrine ministry...

"In today's world, subject to so many rapid changes and shaken by questions of deep relevance for the life of faith, in order to govern the bark of Saint Peter and proclaim the Gospel, both strength of mind and body are necessary, strength which in the last few months, has deteriorated in me to the extent that I have had to recognise my incapacity to adequately fulfil the ministry entrusted to me."

source


jadwal pengunduran diri: 28 Februari 2013.
rilis resmi penyebab pengunduran diri: faktor usia.
trivial fact: Paus terakhir yang melakukan pengunduran diri adalah Paus Gregorius XII pada tahun 1415.
mekanisme suksesi: penggantinya akan ditentukan pada Konklave Kepausan (pemilihan oleh Kardinal sedunia) paling lambat sebelum akhir Maret 2013.

Pernyataan lengkap dari Paus soal pengunduran dirinya: http://www.kaskus.co.id/show_post/51...9134000003/13/

Pernyataan lengkap dari Paus soal pengunduran dirinya (terjemahan):
Spoiler for translasi:


Calon kandidat pengganti menurut ABC :
Spoiler for kandidat:



Paus Benedict XVI Mundur Karena Sudah Tidak Kuat


Metrotvnews.com, Jakarta: Paus Benedict XVI menyatakan dirinya mundur karena sudah tidak memiliki kekuatan lagi untuk memenuhi tugas sebagai pemimpin tertinggi gereja katolik dunia. Di usianya 85 tahun, ia bahwa kekuatannya telah memburuk selama beberapa bulan terakhir. "Saya harus mengakui ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan dipercayakan kepada saya," kata Paus Benedict XVI dalam pernyataan resmi yang duikelurakan gereja vatikan di Roma, Senin (11/2).

"Karena alasan ini dan menyadari keseriusan untuk bertindak, maka dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya harus meninggalkan pelayanan Uskup Roma, Penerus Santo Petrus," kata Paus Benedict XVI.

Paus Benedict XVI yang memiliki nama asli Joseph Alois Ratzinger lahir 16 April 1927 di Bayern, Jerman, tercatat sebagai Paus tertua yang dilantik dalam 275 tahun terakhir sejak Paus Klemens XII (yang terpilih pada tahun 1730 pada umur 3 bulan lebih tua dari Ratzinger). Paus Benedict XVI merupakan Paus berdarah Jerman pertama sejak Paus Adrianus VI (1522-1523) yang dilahirkan di wilayah bagian Jerman Kuno yang sekarang menjadi bagian dari negara Belanda. Paus terakhir yang berasal dari Jerman Modern adalah Paus Viktor II yang meninggal pada tahun 1057. Benediktus XVI merupakan Paus Jerman kedelapan dalam sejarah sejak Paus berdarah Jerman pertama Paus Gregorius V.

Paus terakhir yang bergelar nama kepausan Benediktus, Paus Benediktus XV, bertugas sebagai dari 1914 hingga 1922 pada masa Perang Dunia I. Dia telah merupakan salah satu tokoh terpenting di Vatikan dan rekan dekat Yohanes Paulus II sebelum menjadi Paus. Dia juga memimpin pemakaman Yohanes Paulus II dan konklaf tahun 2005 yang memilihnya. Pada sede vacante terakhir, dia adalah pejabat dengan posisi tertinggi dalam Gereja Katolik Roma.

Paus Benedict XVI dianggap sebagai seorang tradisionalis — perlindungannya yang ketat terhadap prinsip-prinsip Kepausan. Dia adalah seorang pengkritik homoseksualitas, pernikahan kelamin sejenis, euthanasia, dan aborsi. Pada tahun 2009, Paus Benedict XVI sempat terpeleset dan jatuh di kamar tidurnya. Kecelakaan itu mengharuskannya untuk menjalani operasi di pergelangan tangannya yang patah.

sumber
Dapatkah Paus Mengundurkan Diri?
oleh: Romo William P. Saunders *



Bapa Suci dapat mengundurkan diri jika ia menghendakinya. Kitab Hukum Kanonik menyatakan, “Apabila Paus mengundurkan diri dari jabatannya, maka untuk sahnya dituntut agar pengunduran diri itu terjadi dengan bebas dan dinyatakan semestinya, tetapi tidak dituntut bahwa harus diterima oleh siapa pun” (Kan 332 no 2). Namun demikian, jika seorang paus dipilih sebagai Penerus St Petrus, Gereja mengharapkan bahwa ia tetap mengemban jabatannya hingga akhir hayatnya.

Dalam kenyataannya, sepanjang sejarah Gereja, beberapa paus mengundurkan diri karena berbagai alasan, sementara beberapa lainnya diturunkan dari tahtanya karena berbagai alasan pula. Paus pertama yang mengundurkan diri adalah Paus St Pontianus yang dipilih sebagai Penerus St Petrus pada tanggal 21 Juli 230. Dalam masa penganiayaan umat Kristiani di bawah Kaisar Maximinus Thrax, St Pontianus dibuang ke Sardinia dan dijatuhi hukuman kerja paksa di tambang garam, di mana tak seorang pun diharapkan keluar dalam keadaan hidup dari sana. Sebab itu, ia mengundurkan diri sebagai paus pada tanggal 28 September 235 guna memungkinkan pemilihan seorang paus baru, St. Anterus, yang dapat menggembalakan Gereja. Paus St Pontianus wafat sebagai martir pada tahun 236 (atau 237), karena perlakuan keji terhadapnya atau karena suatu pukulan yang mematikan.

Di lain pihak, Paus St Silverius, yang dinobatkan sebagai paus pada tanggal 1 Juni 536, adalah paus pertama yang dipaksa turun tahta. Pada bulan Maret 537, Ratu Byzantine yang jahat - Theodora - memerintahkan agar Paus St Silverius ditangkap dan dibuang dari Roma karena tidak menyetujui para calon kafir yang diajukannya sebagai uskup. Ia dibuang ke pulau Palmaria di mana ia ditawan hingga akhir hayatnya pada tanggal 11 November 537. Karena Paus St Silverius dimaklumkan sebagai “diturunkan tahta,” para klerus dan rakyat Roma memilih Paus Vigilius yang dinobatkan pada tanggal 29 Maret 537, (ia disukai ratu).

Peristiwa serupa menimpa Paus St Martin I, yang dinobatkan sebagai paus pada bulan Juli 649. Paus St Martin menentang usaha Kaisar Byzantine untuk menyebarkan bidaah monoteletisme dan mengangkat uskup-uskup kafir. Kaisar memerintahkan agar St Martin diculik, dibawa ke Konstantinopel, diturunkan dari tahtanya, dijatuhi hukuman dan diasingkan. Paus St Martin wafat di Crimea pada tanggal 16 September 656 karena perlakuan keji dan terlantar. Paus St Martin I adalah paus terakhir yang wafat sebagai martir.

Paus Benediktus IX memiliki reputasi cemar karena memangku jabatan kepausan untuk tiga masa yang berbeda. Ia adalah kemenakan Paus Benediktus VIII (1012 - 1024) dan Paus Yohanes XIX (1024 - 1032), juga anggota salah satu keluarga yang amat berpengaruh. Setelah wafat Paus Yohanes XIX pada tahun 1032, ayah Benediktus, Alberic, menyuap, memanipulasi serta mengancam para klerus Roma agar memilih puteranya sebagai paus. Benediktus masih sangat muda, tanpa pengalaman dan sama sekali buta masalah gerejani. Sebagian besar ahli sejarah dengan sedih mencatat masa kepausan Benediktus IX sebagai titik terendah sepanjang sejarah para paus. Setelah berbagai macam persekongkolan yang memalukan, kaum klerus dan rakyat Roma memaksanya pergi, menurunkannya dari tahta dan memilih seorang paus, Sylvester III (nama aslinya Yohanes, Uskup Sabina).

Paus Sylvester III dinobatkan pada tanggal 20 Januari 1045. Tetapi, Benediktus dan bala tentaranya berhasil menggalang kekuatan dan mereka menurunkan Sylvester III dari tahta pada tanggal 10 Februari 1945; sebab itu, masa pontifikat Sylvester III hanya berlangsung selama 22 hari saja.

Jadi, coba terka, siapa yang menjadi paus lagi? Benediktus IX. Ia secara resmi dinobatkan kembali sebagai paus pada tanggal 10 April 1045. Namun demikian, ia mengundurkan diri 21 hari kemudian pada tanggal 1 Mei 1045. Tampaknya, Benediktus IX dijanjikan sejumlah besar uang dan seorang wanita untuk dinikahinya apabila ia mengundurkan diri dari jabatannya untuk Yohanes Gratian, seorang imam dari Gereja St Yohanes di Porta Latina. Yohanes Gratian dinobatkan sebagai paus pada tanggal 5 Mei 1045 sebagai Paus Gregorius VI.

Tetapi, janji kepada Benediktus IX diingkari, sehingga Benediktus IX menuntut tahtanya kembali. Raja Henry III dari Jerman, yang sangat ingin menata kembali Gereja, mengadakan Konsili Sutri pada tahun 1046 di mana ia mengundang Benediktus IX, Sylvester III dan Gregorius VI. Konsili diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 1046. Hanya Sylvester III dan Gregorius VI yang muncul dalam konsili, tetapi ketiga-tiganya diturunkan dari tahta. (Sylvester dan Gregorius akhirnya meninggal dalam pembuangan). Pada tanggal 23 Desember, para klerus dan rakyat Roma memilih Paus Klemens II yang dinobatkan pada tanggal 25 Desember.

Paus Klemens II menobatkan Henry III sebagai Kaisar Roma yang Kudus. Ia juga menetapkan bahwa barangsiapa melakukan simoni (menjual jabatan-jabatan gerejani) akan dikenai ekskomunikasi. Setelah Henry III kembali ke Jerman, coba terka siapa yang muncul kembali untuk menuntut menjadi paus? Benediktus IX. Pada tanggal 9 Oktober 1047, Paus Klemens II wafat karena diracun, kemungkinan oleh orang-orang suruhan Benediktus IX. Lalu, Benediktus IX menobatkan dirinya sendiri sebagai paus pada tanggal 8 November 1047, secara teknis pontifikatnya yang ketiga kalinya. Lagi, Kaisar Henry III campur tangan, menurunkan Benediktus IX dari tahtanya untuk selamanya pada tanggal 17 Juli 1048. Pada hari itu juga Paus Damasus II dinobatkan sebagai paus.

Lalu, apa yang terjadi dengan Paus Benediktus IX, yang tiga kali menjadi paus? Ia mengasingkan diri ke Biara Grottaferrata, di mana ia menyesali segala dosa-dosanya, secara resmi mengundurkan diri sebagai paus dan melewatkan seluruh sisa hidupnya dengan bermati raga. Sementara kisah di atas terasa menyakitkan, kebajikan mulai bersemi. Para paus sesudahnya mengadakan banyak penyempurnaan dalam ketentuan menyangkut simoni dan disiplin klerus. Juga, pada tahun 1059, Paus Nikolaus II menetapkan proses pemilihan paus di mana para kardinal ditunjuk sebagai pemilih suksesi paus.

Paus lain yang mengundurkan diri adalah St Selestine V, yang dipilih sebagai paus pada tanggal 5 Juli 1294 dan dinobatkan pada tanggal 29 Agustus. St Selestine adalah seorang biarawan Benediktin yang menikmati hidup sebagai seorang pertapa dan terkenal karena spiritualitasnya. Guna mengakhiri jalan buntu Dewan Kardinal, ia dipilih sebagai paus meskipun usianya telah 84 tahun. Segera saja ia menjadi korban muslihat para kardinal dan kaum bangsawan. Ia mengundurkan diri pada tanggal 13 Desember 1924 dan kembali ke biaranya. Penerusnya, Paus Bonifasius VIII, memerintahkan agar St Selestine dipenjarakan, agar tak memungkinkan adanya usaha untuk menaikkannya ke tahta lagi. (Pastilah ia teringat akan kasus Benediktus IX.) Paus St Selestine wafat pada tanggal 19 Mei 1295. Walau St Selestine telah dikanonisasi sebagai orang kudus, Dante menempatkannya di Neraka dalam Komedi Ilahi sebagai tempat peristirahatannya.

Paus Gregorius XII (1406 - 1415) terpilih sebagai paus yang sah pada masa di mana ada dua paus tandingan: Paus Avignon - Benediktus XIII - yang didukung oleh raja Perancis; dan Paus Pisa - Yohanes XXIII - yang didukung oleh Konsili Pisa yang diselenggarakan oleh kaum pembelot. (Perlu diingat bahwa kedua nama yang disebut belakangan tersebut bukanlah paus yang sesungguhnya.) Pada akhirnya, dalam Konsili Konstans (yang merupakan konsili resmi), guna memulihkan Gereja, Paus Gregorius XII secara resmi mengundurkan diri, Benediktus XIII mengundurkan diri dan Yohanes XXIII dipaksa turun tahta; lalu dipilihlah Paus Martin V (1417 - 1431) sebagai penerus sah St Petrus, menggantikan Paus Gregorius XII.

Demikianlah, kita temukan berbagai kisah menarik sejarah kepausan, baik mengenai pengunduran diri maupun turun tahta. Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari kisah-kisah di atas: Pertama, jika seorang paus mengundurkan diri dari jabatannya, akan selalu timbul godaan untuk menantang kekuasaan paus yang baru. Kedua, dalam masa-masa modern, Gereja telah diberkati dengan para paus yang sungguh kudus, yang adalah pemimpin-pemimpin yang hebat. Ketiga, Gereja secara mantap telah menjadikan dirinya lebih bebas, lepas dari segala tipu-muslihat politik para pemimpin duniawi.

* Fr. Saunders is pastor of Our Lady of Hope Parish in Potomac Falls and a professor of catechetics and theology at Notre Dame Graduate School in Alexandria.

sumber
Wedew... keduluan posting sama agan....
calonnya penggantinya siapa?
Pilihan yang baik, karena lebih baik mundur teratur dari pada tugas yang terbengkalai

*angkat topi
wah..koq mengundurkan diri...??
setia sampai akhir hayat donk dalam pelyanan..
Bakal ada ritual pemilihan paus lagi..
masih penasaran dengan beda asepnya



Quote:Pemuda dengan penghasilan $100jt dalam 35 Hari
7 Tips Sehat Plus - Plus Bekerja di Depan Komputer
Kayak pilem godfather 3 aja

berarti entar ada pemilihan lagi donk ..
memang sudah agak tua fisiknya sih.
patut dihargai karena mau mundur
Paus pertama yang mengundurkan diri nih.. sebelum2nya pada menyelesaikan tugasnya sebagai paus sampe akhir hayatnya....
Paus Benediktus mengumumkan ia akan mengundurkan diri pada tanggal 28 Februari mendatang.
Paus yang berusia 85 tahun ini mengatakan ia mundur karena tidak lagi merasa kuat untuk memimpin gereja karena usia lanjut.
Pemimpin gereja Katolik ini mengeluarkan pengumuman ini dalam bahasa Latin selama pertemuan di Vatikan, hari Senin (11/02).
Juru bicara Vatikan mengatakan Paus akan tetap menjabat sampai pukul 20:00 waktu setempat pada tanggal 28 Februari.
Posisi Paus akan kosong sampai penggantinya terpilih.
Vatikan mengatakan kevakuman posisi Paus ini akan diupayakan sangat singkat.
Mundurnya Paus ini adalah yang keempat kali dalam sejarah Vatikan,dengan yang terakhir terjadi tahun 1415.
Mantan Kardinal Joseph Ratzinger merupakan salah seorang paus tertua saat terpilih menjadi Paus pada usia 78 tahun.
Ia memegang jabatan saat Gereja Katolik menghadapi kritikan terbesar termasuk skandal pelecehan seksual oleh para pastur.
Dalam pernyataannya, Paus mengatakan, "Setelah berulang kali mengkaji suara hati saya di depan Tuhan, saya mendapatkan kepastian bahwa kekuatan saya -karena usia lanjut- tidak lagi cocok untuk melanjutkan tugas di Santo Petrus."

http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2013/02/130211_pausbenediktus.shtml

lalu kandidatnya siapa ts?
Pernyataan lengkap dari Paus soal pengunduran dirinya

Quote:Dear Brothers,

I have convoked you to this Consistory, not only for the three canonisations, but also to communicate to you a decision of great importance for the life of the Church.

After having repeatedly examined my conscience before God, I have come to the certainty that my strengths, due to an advanced age, are no longer suited to an adequate exercise of the Petrine ministry.

I am well aware that this ministry, due to its essential spiritual nature, must be carried out not only with words and deeds, but no less with prayer and suffering.

However, in today's world, subject to so many rapid changes and shaken by questions of deep relevance for the life of faith, in order to steer the boat of Saint Peter and proclaim the Gospel, both strength of mind and body are necessary, strength which in the last few months, has deteriorated in me to the extent that I have had to recognise my incapacity to adequately fulfil the ministry entrusted to me.

For this reason, and well aware of the seriousness of this act, with full freedom I declare that I renounce the ministry of Bishop of Rome, Successor of Saint Peter, entrusted to me by the Cardinals on 19 April 2005, in such a way, that as from 28 February 2013, at 20:00 hours, the See of Rome, the See of Saint Peter, will be vacant and a Conclave to elect the new Supreme Pontiff will have to be convoked by those whose competence it is.

Dear Brothers, I thank you most sincerely for all the love and work with which you have supported me in my ministry and I ask pardon for all my defects.

And now, let us entrust the Holy Church to the care of Our Supreme Pastor, Our Lord Jesus Christ, and implore his holy Mother Mary, so that she may assist the Cardinal Fathers with her maternal solicitude, in electing a new Supreme Pontiff.

With regard to myself, I wish to also devotedly serve the Holy Church of God in the future through a life dedicated to prayer.


SOURCE
Quote:Original Posted By SilvesterBoen
calonnya penggantinya siapa?


Quote:Original Posted By 4bugs

lalu kandidatnya siapa ts?


penggantinya akan ditentukan pada Konklave Kepausan (pemilihan oleh Kardinal sedunia) paling lambat sebelum akhir Maret 2013.

VATICAN CITY — Pope Benedict XVI announced Monday that he would resign Feb. 28 — the first pontiff to do so in nearly 600 years. The decision sets the stage for a conclave to elect a new pope before the end of March.

source
Poor old Bennedict... Menghadapi banyak terjangan.
Quote:Original Posted By aminraises
orang indonesia bisa gak ya jd paus ?kalau bisa gua pasti pilih


bisa aja,
seperti kardinal julius darmaatmadja sepertinya punya kans

masalahnya apakah suara situ dihitung?

Quote:Original Posted By uncoolbigotface




penggantinya akan ditentukan pada Konklave Kepausan (pemilihan oleh Kardinal sedunia) paling lambat sebelum akhir Maret 2013.

VATICAN CITY — Pope Benedict XVI announced Monday that he would resign Feb. 28 — the first pontiff to do so in nearly 600 years. The decision sets the stage for a conclave to elect a new pope before the end of March.

source

Kira kira alasan sebenarnya kenapa ya?
Quote:Original Posted By Shuma-Gorath
Pernyataan lengkap dari Paus soal pengunduran dirinya

Quote:Dear Brothers,

I have convoked you to this Consistory, not only for the three canonisations, but also to communicate to you a decision of great importance for the life of the Church.

After having repeatedly examined my conscience before God, I have come to the certainty that my strengths, due to an advanced age, are no longer suited to an adequate exercise of the Petrine ministry.

I am well aware that this ministry, due to its essential spiritual nature, must be carried out not only with words and deeds, but no less with prayer and suffering.

However, in today's world, subject to so many rapid changes and shaken by questions of deep relevance for the life of faith, in order to steer the boat of Saint Peter and proclaim the Gospel, both strength of mind and body are necessary, strength which in the last few months, has deteriorated in me to the extent that I have had to recognise my incapacity to adequately fulfil the ministry entrusted to me.

For this reason, and well aware of the seriousness of this act, with full freedom I declare that I renounce the ministry of Bishop of Rome, Successor of Saint Peter, entrusted to me by the Cardinals on 19 April 2005, in such a way, that as from 28 February 2013, at 20:00 hours, the See of Rome, the See of Saint Peter, will be vacant and a Conclave to elect the new Supreme Pontiff will have to be convoked by those whose competence it is.

Dear Brothers, I thank you most sincerely for all the love and work with which you have supported me in my ministry and I ask pardon for all my defects.

And now, let us entrust the Holy Church to the care of Our Supreme Pastor, Our Lord Jesus Christ, and implore his holy Mother Mary, so that she may assist the Cardinal Fathers with her maternal solicitude, in electing a new Supreme Pontiff.

With regard to myself, I wish to also devotedly serve the Holy Church of God in the future through a life dedicated to prayer.


SOURCE


ini terjemahannya gan: http://indonesia.ucanews.com/2013/02...-selengkapnya/

Saudara (i) yang saya kasihi,

Saya menghimpun anda sekalian pada konsistori (pertemuan) ini bukan saja untuk tiga kanonisasi tapi juga untuk mengumumkan kepada anda semua akan keputusan yang sangat penting bagi kehidupan Gereja.

Setelah berulang kali memeriksa batin saya di hadapan Tuhan saya akhirnya sampai pada keyakinan bahwa kekuatan saya, yang karena usia yang semakin lanjut, tidak lagi cocok untuk menjalankan tugas pelayanan yang diwarikan oleh St Petrus ini.

Saya sangat sadar akan pelayanan ini, karena esensi spiritualnya, harus dijalankan bukan saja dengan kata-kata dan perbuatan, tapi juga dengan doa dan penderitaan.

Namun dalam zaman sekarang ini, yang selalu mengalami banyak perubahan dan ditantang oleh pertanyaan-pertanyaan yang sangat berkaitan dengan kehidupan iman, demi menjaga tahta Santo Petrus dan penyebaran Injil, baik kekuatan pikiran maupun fisik sangat diperlukan, kekuatan yang selama beberapa bulan terakhir dalam diri saya sudah melemah sehingga saya harus mengakui ketidakberdayaan saya untuk menjalankan misi yang dipercayakan kepada saya ini secara penuh.

Atas alasan itu dan sadar akan dampak serius dari keputusan ini, dengan kebebasan yang penuh saya mengumumkan bahwa saya tidak lagi melanjutkan pelayanan sebagai Uskup Roma, Pewaris Tahtas St Petrus, yang dipercayakan kepada saya oleh para Kardinal pada 19 April 2005, yang mana bahwa pada tanggal 28 Februari 2013, jam 20:00, Tahta Suci, Tahta Santo Petrus, akan kosong dan suatu Konklaf untuk memilih Paus baru akan dilaksanakan oleh mereka yang berkompeten.

Saudara (i) yang saya kasihi, saya mengucapkan terima kasih atas segala cinta dan kerja yang sudah kalian tunjukkan untuk mendukung saya dalam pelayanan saya dan saya meminta maaf atas segala kekurangan saya.

Dan sekarang, mari kita percayakan Gereja Kudus ini ke dalam penyelenggaraan Sang Gembala Utama, Tuhan Kita Yesus Kristus dan memohon kepada Bunda Maria, sehingga ia menuntun para Kardinal dengan semangat keibuannya, dalam memilih Paus yang baru. Mengenai diri saya, saya akan tetap mempersembahkan diri saya utuk pelayanan Gereja Kudus di masa mendatang melalui kehidupan yang khusus didedikasikan untuk berdoa.

Vatikan, 10 Februari 2013

Paus Benediktus XVI


Quote:Original Posted By konspirasi.sapi
biasanya seumur hidup, apa karena banyaknya kasus pelecehan seksual dan korupsi di lingkungan gereja yah?


bisa jadi .... gak kukuuu jadinya...
Lht metrotv skrg... headline news jam 20:00 wib...
Berita paus benedictus mundur...