Quote:Original Posted By grizper
nice share gan... tapi klo ane sih masih beranggapan klo pandawa lima tuh aslinya ya dari india, termasuk gatot kaca juga..


Emang aslinya dari india gan.Nah kalo semar,togog,dan punakawan itu kreasi dari jawa gan.
Quote:Original Posted By tha.hu.gejrot




Kebalik gan...
Karna iri karena waktu dites gurunya dia gak bisa mengenai apel dalam sekali tembakan. Sedangkan arjuna bisa...
Akhirnya Karna melapor ke Ibunya Duryodana dan memerintahkan bisma untuk memotong jempol kanannya arjuna.

oh kebalik ya

Quote:Original Posted By bhowlank


karna dulu punya baju zirah sama anting selama pake itu beliau g bisa mati.
walaupun karna agak sombong, beliau kalo ketemu fakir miskin pasti bersedekah.
betoro indra yg notabene bokapnya arjuna endingnya nyamar jadi pengemis dan minta sedekah ke karna berupa baju zirah dan antingnya,

sebelumnya bokapnya karna, betoro surya udah ngingetin karna kalo betoro indra bakal nyamar jadi pengemis dan minta pusakanya. tapi karna berpendapat bahwa lebih baik mati di medan perang daripada berumur panjang. dikasi dah tuh pusakanya, betoro indra yang terharu melihat keluhuran budi karna akhirnya menghadiahkan panah kunta, yang pada saatnya digunakan karna untuk membunuh gatotkaca


Quote:Original Posted By mocim
bagi yang awam tentang kisah mahabarata baik versi India ataupun Jawa, pasti akan berpendapat bahwa yang jahat itu Kurawa dan yang baik itu Pandawa.
memang tidak sepenuhnya salah, tapi kelima Pandawa juga manusia biasa (atau putra dewata ya? ) yang punya kesalahan.

Puntadewa/Yudhistira
merupakan yang paling luhur, jujur, dan adil diantara 5 Pandawa. dia adalah sosok yang paling jujur dan dipercayai banyak orang.
namun ada perang di padang Kuru (Bharatayuda) dalam bab "Dronaparwa", pihak Pandawa terdesak oleh pihak Kurawa karena kesaktian gurunya sendiri yaitu Resi Drona yang menjabat sebagai panglima perang pihak Kurawa. Kesaktian Resi Drona bisa dibilang satu tingkat dibawah Bisma.
kelemahan Drona adalah terlalu sayang pada putranya (Aswatama), maka dari itu pihak Pandawa membuat desas desus bahwa Aswatama telah gugur agar membuat sang resi gusar. pada awalnya Resi Drona tidak percaya terhadap desas desus tersebut karena Aswatama adalah ksatria yang sakti.
tapi karena semakin penasaran, akhirnya Resi Drona bertanya apakah benar bahwa Aswatama telah gugur kepada Puntadewa yang kejujurannya tidak perlu diragukan lagi. Puntadewa yang mempunyai sifat jujur dan luhur sebetulnya tidak kuasa untuk berbohong kepada gurunya tersebut, namun dia terpaksa berbohong agar pihaknya menang melawan Kurawa.

Bima/Wrekudara
sebetulnya selain Patih Sengkuni, Bima juga merupakan biang keladi yang meyebabkan Kurawa membenci Pandawa. dilihat dari garis keturunan yang sah seharusnya memang Kurawa yang berhak untuk mewarisi tahta Hastina, yaitu Keturunan Drestarata sang Putra pertama, bukan keturunan Pandu sang putra Kedua.
sejak kecil Bima selalu mengganggu para kurawa yang menyebabkan rasa tidak suka Kurawa terhadap Pandawa. sifat kasarnya ini yang menyebabkan Suyudana/Duryudana menyimpan dendam besar kepada Pandawa, terutama kepada Bima.

Janaka/Arjuna
seseorang yang tidak mengenal kisah wayang sekalipun pasti pernah mendengar namanya. nama Arjuna sering disebut-sebut diberbagai macam romansa, lagu, novel, ataupun parodi. dia dikenal masyarakat awam sebagai seorang yang tampan, gagah, pintar, dan simbol kesempurnaan seorang pria. maka dari itu banyak wanita yang menyebut pasangannya sebagai "Arjuna-ku"
padahal belum tentu para wanita tersebut yang mengetahui kisah Arjuna.
Arjuna merupakan putra dari Batara Indra dan anak ke-empat Kunti, namun dia adalah nomor 3 dari Pandawa, karena anak pertama Kunti (Adipati Karna) tidak termasuk dalam Pandawa.
kemahiran Arjuna dalam memanah menjadikannya murid favorite dari Resi Drona, dia merupakan yang paling tangkas diantara murid-murid Resi Drona. tapi ada yang membuat Arjuna gusar, yaitu Karna.

Karna adalah putra pertama Kunti hasil dari hubungan gelapnya dengan Batara Surya
karena akan dinikahkan dengan Pandu, maka Karna dibuang oleh Kunti . Karna kecil ditemukan oleh seorang Kusir yang bernama Adirata. Karna menjadi seorang ksatria gagah dan sakti mandraguna, diyakini dialah ksatria yang paling sakti dibandingkan Pandawa lima.
Duryudana juga berani mendeklarasika perang terhadap Pandawa karena merasa aman bahwa Karna ada dipihaknya.

ketika perang Bharatayuda, Karna ditunjuk oleh Duryudana sebagai panglima perang, menggantikan panglima-panglima yang sebelumnya gugur (Bisma dan Drona). dalam bab Karnaparwa dikisahkan bahwa Karna begitu luar biasa menggempur pihak Pandawa, dia membunuh Gatotkaca dan berhasil mengalahkan keempat Pandawa (tapi tidak membunuh mereka karena janjinya terhadap Ibunya, Kunti).
bagi Karna, hanya Arjuna sasaran utamanya, karena perseteruan Arjuna dan Karna sebetulnya sudah berlangsung lama.
duel Karna dan Arjuna (dalam Wayang Purwa dikenal dengan lakon "Karna Tanding") berlangsung sengit, Karna yang dikusiri Prabu Salya dan Arjuna yang dikusiri Prabu Kresna saling melesatkan anah panah. walaupun ketika itu kesaktian Karna berkurang drastis (karena tipu muslihat Batara Indra yang melucuti "pusaka-pusaka sakti" milik Karna yang dulu diberikan Batara Surya, ayah Karna), tapi masih bisa membuat Arjuna terdesak walaupun masih juga mengurangi kekuatannya karena tidak tega membunuh adiknya sendiri.

dalam duel tersebut Karna memanah kereta Arjuna, lalu kereta tersebut terhempas sejauh lebih kurang 10 meter. Arjuna membalas, kereta Karna lalu terhempas sejauh lebih kurang 30 meter.
dengan sombong Arjuna merasa bahwa dirinya lebih hebat dibandingkan Karna, Kresna lalu memberi pencerahan, "di kereta ini ada aku sebagai titisan Wisnu dan juga Hanoman yang melindungi, jika tidak ada aku maka Kereta ini akan terhempas mengelilingi dunia".
kaget dengan kenyataan itu, maka Kresna menyuruh Arjuna agar bertindak curang dalam duel tersebut agar bisa menang dari Karna.

setelah duel berakhir dan sang pemenang (Arjuna) turun dari Kereta, maka kereta tersebut hancur menjadi abu.
_____________________________________________

diatas kertas, Kurawa lebih unggul karena memilik ksatria perang unggulan yang sakti tiada tanding, yaitu
- Bisma (paling sakti diantara yang sakti, bahkan lebih sakti dibandingkan Parasurama, gugur karena sumpahnya dan kutukan dewi Amba)
- Baladewa (tidak ikut perang karena ditipu Kresna)
- Drona (guru besar Pandawa dan Kurawa, ahli perang dan menggunakan berbagai macam senjata, gugur karena ditipu Puntadewa)
- Karna (ksatria diantara ksatria, kisah hidupnya yang penuh nestapa, dan rela gugur demi kemuliaan adik-adiknya)

nah iya
ini malah jadi cerita Karna ya
padahal ane sengaja mau bikin thread khusus Adipati Karna


gapap deh
ane pasang pejwan ya agan2 yg baik

Quote:Original Posted By kuruchan
Ini KISAH PANDAWA LIMA,,kalau diFILM kan seperti film2 kolosal LORD OF THE RINGS,,pasti bakalan lebih seru dari itu,,

sayang indonesia tidak punya dana dan fasilitas pendukung untuk itu,
Agan TS, berangkat sama ane yuk ke Holly Wood, bikin proposal ke Michael Bay,,tentunya dengan ijin pemerintah kita,,

gimana? mau ? kalau mau PM ane ya?

eh serius ni gan?

jangan2 si om ini animator di hollywood

Quote:Original Posted By denny.0214
Tritnya bagus gan, ilustrasinya pun jauh berbeda dari yg sudah ane tahu (tapi kok mirip final fantasy yah? )

Ceritanya juga banyak beda dari yg ane tahu. Yudistira gak hobi main dadu, tapi dibujuk ama Destarata untuk memenuhi keinginan Duryodana. Istrinya juga cuma 1, drupadi aja.

Dan Kresna itu memang Dewa yg turun ke dunia, dan Cakra memang senjatanya sendiri, bukan pemberian Dewa atau orang lain

itu yg versi Jawa gan


ga salah kok si agan

emang ada beberapa versi

tapi di trit ane yg paling mendomiasi yg originalnya

mantaaab
sesepuh mohon pencerahannya...Pandawa pernah meminta kepada dewata agar pandawa selamat dalam perang bharatayuda

pada akhirnya semua Pandawa selamat, namun apakah benar bahwa seluruh anak2nya tewas, atau moksa (dalam kasus wisanggeni dan antasena) ??
Gan,,klo yg jadi anaknya drupadi siapa" aja? Terus anak dari suaminya yang mana?
Mohon Pencerahannya ya Gan
Wah thx bgt bro Gara2 ente bikin trit ini ane jadi tau Nice thread

Red face Ilustrasi yang di atas keren

Kakek ane tinggal di Brunei umur 97 tahun
Salah satu tontonan favoritnya adalah cerita Mahabarata, beliau punya CD nya lengkap gan (ane lupa judulnya)

Keren bgt, dibandingkan film naga2 an indo2iar

Sayang Indonesia lum bisa bikin film kayak Lord of the Ring, kalu film Mahabarata bisa dibikin kayak LOTR, peh, bisa gembar sedunia tuh matabelo
ijin bukmak dulu gan...
mangtabs inpohnya
itu gambar orang indo keren banget gan

jauh yah gan sapa yg sebelumnya

Inget film mahabarata

Jadi inget film mahabarat yg sering ditonton bokap. Btw, nama belakang ane adalah Yudhisitra, alhamdullilah, keluarga bilang sifat n sikap ane kek anak pandawa itu, kecuali hobi judi dadu.a.
Sayang jaman sekarang dah gak ada.. Kalo ada pasti jd president tuh
ceritanya menarik gan...

dari dulu sampai sekarang, cerita mengenai nakula dan sadewa sedikit banget ya gan... tulung ditambah gan, cerita mengenai si kembar...
baru tau ane gan

nice thread

ternyata cerita pandawa itu menarik juga ya..
penuh intrik dan aksi..
CINTA KEBUDAYAAN GAN.. SIIP LAH
salam budaya..hidup arjuna..!!!
kisah pewayangan emang selalu keren buat disimak..nice share gan..
wah mantab nih, kebetulan ane baru selesai baca komik Bharatayudha penulis RA Kosasih

Sebenarnya anak Dwi Kunthi bukan hanya Pandawa, tapi termasuk juga Adipati Karna yg memihak Kurawa. Adipati Karna sejak kecil tdk diakui oleh Dewi Kunthi sbg anak.
nambah ilmu
panjang bgt -_- cape bacanya, tapi asli seru bro
kapan yah filmnya ada lagi ??
ini termasuk legenda atau sejarah gan?