Sejarah Ikan Cupang di Indonesia

Quote:Cupang hias merupakan ikan asli yang hidup di kawasan Asia Tenggara Seperti Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dll. Ikan Cupang sekarang menjadi salah satu andalan expor Indonesia ke mancanegara. Dalam sejarahnya ikan cupang dahulu sekali hanyalah ikan yang hidup di daerah persawahan.


Tapi sekarang sudah sangat berbeda dari bentuk aslinya dahulu. karena ikan cupang sudah bermutasi menjadi ikan yang lebih cantik & menarik. Ikan cupang di Indonesia di kenal dan di pelihara oleh sebagian masyarakat Indonesia sejak tahun 1960-an dan lebih banyak dikenal sebagai ikan cupang sawah. dan kala itu ikan cupang penggemarnya hanyalah anak-anak dan belum dirambah oleh kalangan orang-orang kaya.

Quote:Perkembangan Cupang
Perubahan terjadi pada tahun 1970. saat itu importir memperkenalkan jenis cupang baru. ada yang ekor pendek yang sekarang kita sebut dengan ikan cupang aduan atau cupang laga. ada juga yang berekor panjang yang dulu kita kenal dengan cupang jenis slayer. kala itu yang baru muncul jenis slayer ekor lilin yang datang sebagai cupang hiasnya. kala itu ikan jenis ekor lilin ini tetap mendominasi sampai era tahun 1990-an. sampai ketika para penggemar cupang memadukan atau mengawin silangkan mereka menjadi ikan yang lebih bervariasi bentuk & warnanya.

Cupang hias jenis baru ini mempunyai ekor yang di hiasi tulang yang lebih menonjol keluar. ada yang berbentuk duri panjang, sisir tapi biasanya kita sebut jenis serit. dan yang menggelembung kita sebut Half Moon.

Quote:Bukan Hanya Ikan Aduan
Pada pertengahan tahun 1990-an, ikan cupang mulai diperlombakan dan di pamerkan keindahan fisiknya tapi mereka belum memisahkan kategorinya seperti sekarang yang memisahkan bentuk sirip maupun warnanya. semenjak adanya kontes konsep ikan cupang dahulu sebagai ikan aduan atau laga berubah menjadi ikan hias.

Kini ikan cupang bukan hanya untuk diadu, melainkan juga untuk dinikmati keindahannya. Ikan cupang ini juga dipelihara, dikoleksi, dibudidaya dan juga dijual sampai ke luar negeri. Begitulah yang dilakukan oleh para penggemar ikan cupang yang tergabung dalam Komunitas Indo Betta Splendens (INBS)

Maka tak heran, kalau Indonesia merupakan penghasil ikan cupang hias terbesar kedua di dunia, setelah Thailand. Namun kalau cupang alam, Indonesia menjadi penghasil nomor satu didunia. Saat ini kita memiliki sekitar 40 jenis cupang alam yang sudah diteliti.







TAMBAHAN KOLEKSI SALAHSATU AGAN KASKUSER
Quote:Original Posted By drenbo024




mantap gan
ini koleksi ane, 2ekor udah berpindah tangan

Spoiler for betta splendens:


Spoiler for Jangan dibuka:

Spoiler for sumber:
keren-keren banget ikannya
wah, cantik2 ya ikan cupangnya
ane pernah pelihara, cuma mati
Quote:Original Posted By riccoenggo
wah, cantik2 ya ikan cupangnya
ane pernah pelihara, cuma mati

sama gan ane juga gitu

Quote:Original Posted By muscompany
peliharaan ane dulu waktu masih SD gan



sama gan ane jg waktu SD miara nih ikan buat diaduin
warna ikannya keren gan.
nice inpo gan hobi ane jaman sd - smp tuh
Quote:Original Posted By thefuckingused
ngomong ngomong, ini ikan cupang banyak jenisnya gan. ada yang halfmoon, ada yang oduble tail juga gan. hahaha

keren abis memang maenan jaman sd gan


iyah gan banyak, kalo diaduin lebih keren gan

Quote:Original Posted By monocimon
nice inpo gan hobi ane jaman sd - smp tuh

thanks, sama gan
yang ungu keren bnget tuh

dari dlu pngen beli tapi gapernah kesampaian
yang warna merah bagus gan

pasti mahal ya gan
ninggalin jejak dulu gan..
salam cupang lovers
Quote:Original Posted By cincan.mamaye
yang ungu keren bnget tuh

dari dlu pngen beli tapi gapernah kesampaian

gausah beli gan, ntar males ngurusnya, mati deh gan

Quote:Original Posted By rockfalcone
yang warna merah bagus gan

pasti mahal ya gan

iyah gan
Quote:Original Posted By scamlover
Wah ane dulu suka banget ini, halfmoon juga terus cagak juga .
SCAMLOVER WAS HERE

lanjutken gan

Quote:Original Posted By drenbo024
ninggalin jejak dulu gan..
salam cupang lovers

salam gan

keren keren gan
wah ane masih punya 2 biji cupang tuh gan di botol
Quote:Original Posted By topi.jerami19
wah ane masih punya 2 biji cupang tuh gan di botol

mangstab gan, punya ane udah pada metong gan kaga ane urus
Quote:Original Posted By topi.jerami19
wah ane masih punya 2 biji cupang tuh gan di botol


Quote:Original Posted By teguhrianto22

mangstab gan, punya ane udah pada metong gan kaga ane urus


mantap gan
ini koleksi ane, 2ekor udah berpindah tangan

Spoiler for betta splendens:
Quote:Original Posted By drenbo024




mantap gan
ini koleksi ane, 2ekor udah berpindah tangan

Spoiler for betta splendens:


wuih keren keren gan, mangstab !!!
wah keren keren gan cupangnya, jadi pengin miara
wkwk inget dulu
kerjaannya adu cupang aje.
skrg bnyk cupang cupang yg lain.
wah ternyata ikan cupang ternyata ikan hias gan ane pikir cuma buat di adu aja nyari duit
thanks gan sharenya