kulunyux2Avatar border
TS
kulunyux2
Preview Yamaha Vixion Version 2.0
Halo agan2 biker semua, kali ini ane coba buat thread tentang sepeda motor sport terlaris di Indonesia saat ini, yaitu Yamaha Vixion generasi ke 2.

Dari sejumlah blog tentang sepeda motor, sudah sejak sekitar awal tahun ini ada foto2 penampakannya di jalanan.

Mulai dari foto ini:

Spoiler for spyshot:



Dan sketsa:

Spoiler for sketsa:



Lalu foto2 teaser2:

Spoiler for teaser:



Kemudian foto2 setengah utuh:

Spoiler for foto setengah utuh:



Dari foto2 diatas, tampak jelas bahwa desain dan jeroan Vixion Next-G ini berubah cukup signifikan dari pendahulunya. Ane jabarkan satu-satu ya. emoticon-Big Grin

HeadLamp+Muka Depan:

Bentuknya masih mirip Vixion facelift yang mulai dijual 2010 kemarin, berbentuk ala tameng, dan ada miripnya ama punya sodaranya si Byson. Tapi kali ini ada windshield kecil yang disinyalir fungsinya sebagai anti-glaresupaya pantulan sinar matahari tidak mengganggu rider membaca speedometer, saat siang hari. Posisi headlamp juga tampak lebih ke bawah, sejajar permukaan tangki, mengejar kesan merunduk. Posisi ini memang bisa membuat tampilan motor naked lebih sangar. Contohnya adalah Kawasaki ER6, Kawasaki Z1000, ato Ducati Streetfighter.

Speedometer:

Desainnya sepertinya berubah total dari Vixion pertama. Takometer keliatan masih analog, tapi penunjuk kecepatan kayanya digital, mirip punya Suzuki FU150.

Shroud:

Shroud alias kupingan tangki istilah kerennya emoticon-Big Grin bentuknya lebih besar dari Vixion pertama, disinyalir juga fungsinya untuk menangkap angin sebagai pendingin radiator lebih baik.

Spatbor Depan:

Bentuknya lebih manis dengan adanya cambang, yang biasanya hanya dijumpai di motor gede. (Motor kecil yang pake spatbor bercambang masih jarang disini, seperti Kawasaki Ninja 250R ato Minerva R150VX misalnya) Sepertinya ini masukan dan hasil survey dari konsumen. Biasanya sepatbor model begini banyak dijual di toko2 variasi.

Sok Depan + Sok Belakang

Sokbreaker depan kelihatan tidak banyak berbeda dari Vixion pertama, sepertinya diameternya tetap 33mm. Tapi sok ini juga sudah mampu memberikan redaman dan handling yang bagus buat motor sebesar Vixion. (Maunya sih kalo bisa sama kaya Byson yang 41mm diameternya, hehe emoticon-Big Grin coz Byson itu lebih mengarah ke desain Muscle Fashion Bike ) Perlu diketahui, diameter sok 41mm itu biasanya dipake di motor2 kelas 600cc - 1000cc, jadi kalo diaplikasi ke ke motor 150cc memang jadi sesuatu yang wah banget. emoticon-thumbsup
Sok belakang tampaknya masih sama dengan yang lama, cuma warnanya jadi kuning. Sok ini udah terbukti kuat dan gak ambles waktu buat boncengan, jadi sektor ini sudah oke.

Setang+Segitiga:

Terlihat desain setang tetap mengaplikasi model bar, karena emang paling nyaman dipake harian. Tapi sudutnya sepertinya tidak begitu meninggi seperti Vixion pertama, lebih mengejar kesan racing. Panel2 saklar dan balancer setang sepertinya juga tidak berubah desain.
Yang menarik adalah posisi kunci kontak yang ada di atas tangki. Motor2 kecil masih jarang yang mengaplikasi desain seperti ini. Kalo ane bilang lebih mirip punya Ducati.
Segitiga+raiser setang juga tidak berubah dibanding Vixion pertama.

Tangki Bensin:

Desainnya terlihat lebih gambot dan meninggi daripada Vixion pertama. Lebih enak nih buat menahan badan rider, agar gak maju ke depan waktu ngerem mendadak. Pintar juga yang membuat desain, coz salah satu daya tarik utama dari sebuah motor sport itu terletak di tangki. Yang menarik tutup tangkinya yang sudah mengaplikasi khas motor sport gede, tinggal buka aja, gak perlu mencabutnya. Lebih manis jugs secara estetika desain. Ada semacam kerah/cover juga yang kayanya juga menyambung ke area shroud, mirip tangki Yamaha R6. Tinggal kapasitasnya nambah ato engga ni?

Kerangka+Swing Arm:

Kerangka model deltabox dari Vixion pertama juga sepertinya masih akan nangkring di Vixion Next-G ini, tidak berubah secara desain. Tapi emang kerangka deltabox punya Vixion ini udah enak banget untuk menunjang handling motor. Buat menikung ekstrem tetap stabil, getaran mesin juga sangat minim kerasa sampe ke tangan rider.
Swing arm juga modelnya sekarang persegi, seperti type2 motor pada umumnya. Disinyalir akan lebih memantapkan kekuatan dan handling motor.

Mesin:

Mesin Vixion Next-G ini basisnya sama dengan pendahulunya. Cuma denger2 ada pengembangan di power sama jumlah gigi perseneling yang jadi 6. Belum bisa tau kalo belum ada speknya nih. Semoga power mesinnya nambah jadi 16 HP ato 17 HP. Yang jelas, sudah ada O2 sensor, jadi sistem injeksinya model close loop, waow canggih nih. emoticon-Big Grin

Muffler:

Desain muffler agak berubah dengan pelindung panas model baru, dan cover di ujungnya, mirip juga dengan punya Suzuki FU150.

Ban + Velg:

Dari foto tampak bahwa ban Vixion Next-G ini lebih besar ukurannya, dan sudah tubeless. Keliatan 120/70-17 untuk ban belakang. Untuk ban depan kemungkinan berukuran 90/80-17 ato bisa aja 100/80-17 kaya punya Byson. Yang jelas, kesan cungkring di Vixion baru ini sudah hilang.
Velg pun keliatan lebarnya lebih daripada Vixion lama, jadi kemungkinan pake ban ukuran sampe 130 ato 140 bisa nih.

Rem:

Untuk rem depan sepertinya masih sama perangkatnya dengan Vixion lama, cuma untuk rem belakang akhirnya mengaplikasi model RDB = rear disc brake juga. Tercatat, sepeda motor sport keluaran Yamaha sini yang pake RDB terakhir adalah Yamaha TZM dan Touch di akhir 90an, jadi udah lama memang gak ada produk sport Yamaha lokal yang pake RDB. Suatu peningkatan value juga. emoticon-Big Grin

Jok:

Dari foto tampak juga jok Vixion baru ini mirip desainnya dengan yang lama. Bukan model susun ato terpisah seperti punya Kawasaki Ninja 150RR ato Ninja 250R. Karena Vixion ini gen bawaannya adalah motor turing, maka desain jok menyatu adalah yang paling pas secara ergonomi buat rider ato boncenger. emoticon-Smilie

Body + Spatbor Belakang:

Untuk lampu remnya ada kesan mirip punya Kawasaki Ninja 250R, tapi warnanya smoke, trend yang coba diusung Yamaha saat ini. (Jupiter MX dan Soul GT sudah menerapkan) Memang membikin aura elegannya lebih tampak.
Spatbor belakang juga desainnya masih panjang seperti Vixion pertama, tapi lekuk2 artistiknya lebih dapet. Meskipun secara fashion kurang, tapi secara fungsi sangat maksimum. Air hujan tidak akan terciprat sampe atas banget. Maunya si kalo bisa desainnya mirip punya Yamaha R6 ato Byson, tapi is okay lah. emoticon-Big Grin


Tinggal harga motor ini yang belum ketauan. Tapi selama masih di bawah 25 juta, masih oke banget value for money nya.

Demikian kira2 yang bisa ane jelasin, monggo komentarnya agan2 semua. Kalo yang pengen ya nabung dulu dari sekarang. Ane sih jujur pengen banget, coz udah 5 tahun ini menikmati enaknya Vixion lama, jadi yang model kedua dengan segala penyempurnaannya ini, layak dinantikan emoticon-Big Grin

Thanks To:

[url]www.tmcblog.com[/url]

[url]www.iwanbanaran.com[/url]

[url]www.bachtiaryuan.wordpress.com[/url]


Spoiler for Mampir:
Diubah oleh kulunyux2 29-01-2013 07:38
0
71.2K
683
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan