tunggal.gigiAvatar border
TS
tunggal.gigi
[PRESTASI] Enam teror al-Qaeda untuk dunia
Enam teror al-Qaeda untuk dunia

Al-Qaeda menjadi kelompok teroris yang paling ditakuti, dikecam, dan dicari abad ini. Organisasi yang didirikan Osama bin Ladin pada 1988 hingga kini sukses mengguncang dunia lewat teror bom mematikan.

Kelompok ini terdiri dari Islam Sunni fundamental, wahabi, dan mereka mengaku menegakkan syariat Islam. Al-Qaeda tak segan membunuh mereka yang berbeda agama bahkan sesama muslim namun berbeda aliran. Mereka mengaku bertanggung jawab atas pembantaian Syiah di Irak.

Berikut enam aksi teror al-Qaeda di penjuru dunia berdasarkan tahun.

1. Bom gedung WTC 1993

Al-Qaeda pertama kali menyerang gedung World Trade Center (WTC), di Negara Bagian Manhattan, Kota New York, Amerika Serikat, pada 26 Februari 1993. Pelakunya Ramzi Yusuf, keponakan pejabat al-Qaeda, Khalid Sheikh Muhammad.

Yusuf memarkir beberapa mobil berisi bom di parkiran gedung WTC. Peristiwa ini menewaskan enam orang dan lebih dari seribu terluka. Dia tertangkap oleh agen rahasia Pakistan dan ditahan di Ibu Kota Islamabad hingga kini.

2. Bom Kedubes AS di Tanzania 1998

Pada 1998 jaringan al-Qaeda menyerang kedutaan Amerika Serikat di Ibu Kota Nairobi, Kenya, dan Kota Dar es Salam, Tanzania. Bom itu berkekuatan cukup besar hingga menewaskan 200 orang dan lima ribu lain terluka.

Tidak diketahui siapa pelaku utama di balik peristiwa itu. Dua hari kemudian al-Qaeda mengklaim mereka menaruh bom itu. Tidak diketahui tujuan kelompok ini.

3. Serangan Millenium di Yordania 2000

Teror bom jaringan al-Qaeda pernah mengalami kegagalan saat hendak menyerang turis asal Amerika Serikat dan Israel di Yordania. Turis asal negara itu hendak merayakan pergantian tahun dari 1999 ke 2000.

Pemerintah Yordania bertindak cepat dan menetapkan puluhan orang menjadi tersangka, tapi akhirnya mereka dibebaskan. Otak pelaku bom ini Ahmad Ressam. Dia ditangkap di perbatasan Amerika-Kanada dengan truk penuh bahan peledak.

4. Serangan 11 September 2001

Pada hari ini, sebelas tahun lalu, dunia tersentak atas aksi al-Qaeda meluluhlantakkan gedung WTC untuk kedua kalinya. Lebih dari dua ribu orang tewas dan puluhan ribu terluka. Aksi ini diklaim terbesar sepanjang sejarah teror di Amerika.

Meski al-Qaeda mengaku terang-terangan menjadi pelaku di balik peristiwa itu, sebagian besar warga dunia meyakini ada konspirasi tingkat tinggi menyertai kejadian itu. Banyak keganjilan ditemukan dan beberapa fakta dibeberkan aksi sudah direncanakan. Presiden George Walker Bush, saat itu menjabat, dituding mengetahui rencana jahat teroris ini. Selain WTC, kantor pusat militer Amerika Serikat, Pentagon, juga diserang bom.

5. Bom Bali 2002

Indonesia tidak luput dari serangan kelompok al-Qaeda. Bom bali terjadi sepuluh tahun lalu mengejutkan dunia internasional. Bagaimana tidak? Negara berpenduduk mayoritas muslim ini ternyata juga menjadi sasaran jaringan pimpinan Osama bin Ladin itu.

Bukan hanya satu, tapi dua ledakan dalam sepekan terjadi di dua kafe ternama di Legian, Kota Kuta, Bali, yakni Paddy's Pub dan Sari Club. Dua tempat ini banyak dikunjungi wisatawan asing. Tim investigasi gabungan polisi Republik Indonesia dan luar negeri menyimpulkan, peledak digunakan berjenis Trinitrotoluena (TNT).

Korban tewas mencapai 209 orang dan ratusan lain terluka. Akhirnya ditetapkan tersangka tiga orang asal Indonesia yakni Amrozi bin Nurhasyim, Imam Samudra alias Abdul Aziz, dan Ali Ghufron alias Mukhlas. Ketiganya dituding terlibat jaringan al-Qaeda.

6. Bom Istanbul 2003

Jaringan al-Qaeda juga menyerang pusat Kota Istanbul, Turki. 15 dan 20 November 2003. Empat truk penuh bom ditempatkan beberapa titik penting kota itu.

Bom ini menewaskan 67 orang dan ratusan terluka. Belasan orang menjadi tersangka tapi tak satupun ditahan. Sehari setelah teror terjadi, al-Qaeda menyatakan bertanggung jawab atas serangan ini.

SUMBER LINK= http://www.merdeka.com/dunia/enam-te...tuk-dunia.html

KOMEN GW =

LUAR BIASA........................

nyawa udah di pandang seperti boneka.................

SUNGGUH PRESTASI YANG GEMILANG DI CAPAI AL-QAEDA
0
6K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan