PILLAR.UKMAvatar border
TS
PILLAR.UKM
Kesan Pertama Begitu Menggoda!

Semangat pagi gan.
Ane yakin agan Kaskuser terbiasa ya dengan dunia online. Nah, website atau toko online udah jadi hal yang lumrah bagi praktisi business online kayak agan gini, betul?? emoticon-Genit

Ane mau tanya nih gan, pernah gak sih agan ketika melihat sebuah website/ toko online, butuh waktu agak lama untuk menebak “ini toko online jualannya apa ya..??” emoticon-Cape deeehh

Pernah nggak gan ngerasa yang kayak gitu gan??
Kesulitan “mencerna” yang terlihat sepele ini lah yang akan coba kita bahas di thread ini gan.
Cekidot yaa! emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2



Wajah Web Toko Online – Dilihat Dua Jenis Orang
Toko online agan itu pada hakikatnya dilihat dua jenis orang…ini kenapa ane pasang sebagai sub judul.

Jenis orang yang pertama adalah manusia.. Dalam hal ini kita, yang menggunakan aspek visual dalam melihat website.. dan (audio jika ada video atau music)

Dan yang kedua adalah adalah Search Engine (robot).. bisa robot google, yahoo, bing, atau bot lainnya.. Robot emang nggak punya aspek visual tapi saat ini robot google (khususnya) memilki Artifcial Intelligence.. He can calculate everything… And make a independent decision base on that..


So , ketika agan merencanakan membuat toko online, harus juga direncanakan bagaimana wajah toko online kita jika dilihat oleh kedua jenis orang diatas.
Fenomena yang ‘banyak’ banget terjadi saat ini khususnya di Indonesia dengan dilatarbelakangi booming dan trend ke “SEO-SEO” an adalah..membangun sebuah website hanya mengutamakan untuk search engine.
Sayangnya ... ketika website nya dibuka.. Im sorry to say.. it’s look like spammy website.. atau kalau mau dibilang web nggak jelas web apaan.. Hehehe..

Nah, kalau udah begini ujungnya akan berefek pada “kebingunan” mencerna dari sisi konsumen.. Ini web toko apa ya? Weleh-weleh jangan sampe dah pertanyaan ini muncul dari orang yang pertama kali buka web agan! emoticon-Request

So, pesannya adalah..
Bangunlah Website untuk Manusia Terlebih Dahulu ; 1 Detik Pertama yang Menentukan
Jadi.. disini ane pengen agan mengasumsikan bahwa nggak ada Google, Yahoo, Bing atau search engine lainnya. Asumsikan aja bahwa internet adalah sebuah mall raksasa. Dimana pengunjung berjalan jalan dari satu Toko (baca:website) ke toko lainnya untuk menarik pengunjung. Hal yang perlu bangat agan lakukan tentu adalah membuat design atau tampilan toko yang menarik, professional, dan mencerminkan produk apa yang agan jual.

Jadi ketika agan MERENCANAKAN membangun website..
Focus pada Target Market agan. Fokus pada demografi calon konsumen agan dan design lah website sesuai dengan karakteristik konsumen agan. Jangan pikirkan dulu soal SEO dan sebagainya..

Pastikan dalam 1 detik.. orang yang melihat harus tau web agan adalah toko online apa?
ini adalah patokan pertama yang bagus untuk dilakukan. Satu detik pertama begitu halaman selesai di loading..pengunjung harus tau kalau itu toko sepatu, toko jilbab, toko tas, dan sebagai2nya..

Pertama yang ingin ane sampaikan adalah penting banget untuk memperhatikan aspek Web Design. Mulai dari penggunaan logo, pengaturan layout di halaman depan. Bagian Above the Fold Content yang tampil di slider jika ada, produk-produk yang tampil di halaman depan, apa yang ada di bagian sidebar, menu apa yang harus ada di footer dll.

Lalu kita masuk ke komposisi warna. Warna apa yang sesuai sama target demografi audiens agan, button mana yang perlu call to action, dan banner mana yang perlu warna mencolok.

Lalu kita teruskan ke fungsi/fitur websitenya gan. Sidebar apa yang perlu ada order form, kontak customer service, atau category menu, dimana harus meletakkan menu reseller, apa perlu ada fungsi slider atau nggak dan sebagainya dan sebagainya..

Kalau agan bingung.. lakukan ATM dan S (Amati Tiru Modifikasi dan Sesuaikan) dari website website orang lain. Okeh.
Selamat berkreasi gan!

Salam Kaya dan Bahagia
Diubah oleh PILLAR.UKM 28-02-2013 08:12
0
27.5K
557
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan