KASKUS

sore gan,

mau tanya nih, gw mau bikin paspor buat orang tua, masalahnya akte lahir udah ilang, kira2 kalo pake akte perkimpoian atau surat ganti nama sebagai pengganti bisa ngga ya? gw udah cek soal pembuatan akte lahir yang hilang ada syarat : surat keterangan bidan dll.....jaman dulu mana ada ya.....

Letter of Invitation WNA

Mau tanya nih gan mengenai Letter of Invitation buat WNA. Semoga ga salah thread.
Jadi, teman saya di LN mau datang kesini untuk liburan. Dia bilang akan lebih mudah kalau ada invitation, soalnya negara dia bukan yang visa-free atau visa-on-arrival.
Yang mau ditanyakan, letter of invitation ini ditujukan ke siapa? ke WNA tersebut atau ke pihak imigrasi disini atau kemana ya?
Sempet baca di page 13, tapi ga dapet jawabannya. Semoga ada yang bisa jawab. Thanks.
maaf baru bales gan...sibuukkkkk

Quote:Original Posted By manovi06
malam agan-agan...
ane mau tanya neh gan..kawan ane dr France, tinggal sama ane disini (Ciamis) dia mau perpanjang visa sosial, boleh tau gmn prosesnya gan?

bisa gan,silahkan datang ke kantor imigrasi terdekat..
bawa persayratan, ktp,kk dan surat pernyataan yg menyatakan anda bersedia menjadi penjamin dalam rangka perpanjangan visa kunjungan ybs..

Quote:gan, ane mau bikin passport yang 48 hal ni. Tapi ane ada sedikit masalah. Ane tinggal di jogja tapi kampung halaman di purbalingga. kalo kita bikinnya lewat jalur online bisa gak si pembuatannya dilakukan di jogja? soalnya ane jarang pulang ke kota asal
Tengkyu gan

bisa gan

Quote:2. Akan tetapi setelah dikirim lagi ternyata pembetulannya hanya berupa tulisan tangan dan menimpa huruf yang salah dan ane konfirm dia bilang ngak ada masalah dan sudah benar karena datanya sudah dimasukkan ke komputer . Nah menurut pendapat agan apakah perlu diperbaiki dan dia menawarkan dengan jumlah biaya atau memang ngak usah diperbaiki karena tidak jadi masalah? Terima kasih atas bantuannya
pembetulan seharusnya dilakukan di halaman "endorsement"

Quote:Agan semua ...
Nanya donk ... kalo ane punya paspor yang terbit tahun 2004 gitu, di daftar online perlu pilih Penggantian - habis berlaku ... atau pilih Baru ?
Soalnya kalau baca peraturannya kan yang penggantian habis berlaku itu untuk paspor yang terbit 2008 keatas ... gimana yak ??
Terimakasih.

penggantian habis berlaku (paspor lama dilampirkan)

Quote:Permisi Gan...
Paspor saya ga sengaja kena air trus pas di bagian tanda tangan pejabat imigrasinya luntur. tapi foto dan data saya lainnya gapapa. Masalah ga ya? soalnya saya udah keburu beli tiket buat ke singapore minggu depan.

harus ganti gan

Quote:masalah ane, tahun lahir di KTP dan KK (tertulis tahun 1990) beda sama akte lahir (1989).
data yang sebenarnya itu 1990, tapi gak masalah juga sih kalo ngikutin akte lahir 1989.
gimana ya gan? besok bakal masalah gak ya? ato ada data lain yang perlu diurus gak?

harus disamakan dengan salah satu berkas gan, ga boleh beda2..

Quote:Gan. Ane mau tanya seputar masalah overstay di indonesia.
setau aku kalo iverstay di indonesia < 60 hari bisa bayar denda.
Kalau overstay di indonesia lebih dari 60 hari itu apakah maish bisa pakai bayar denda gan ?
kalau kita bayar denda nya trus apakah kita ada kena sanksi penjara juga ?
trims

iya gan <60 bayar denda 200rb/hari
>60 hari deportasi disertai penangkalan

Quote:gan numpang nanya nih .. masi awam soal gini ginian ..
ane tggl daerah cengkarwng dket bandara ... mau bikin paspor di bandara bisa gak ya ? kalo urus sendiri kena brapa ?
kalo ktp ane jakut , kata tmen urusnya di depan moi .. mau cri yg enak aja biar bisa urus sendiri ...
thx

dimana aja bisa, di kantor imigrasi seluruh indonesia

Quote:2 anak ane WNA dan mereka mempunyai 1 paspor ,domisili kami dikuwait dan 2 hr lg kami berencana pulkam ke indo,tp pas ane epply visa KBRI hanya memberikan satu visa dipaspor kakaknya katanya krn paspornya satu maka visanya juga hrs satu dan visa adiknya ditulis tangan divisa kakaknya...
yg ane tanyakan apa pihak imigrasi bandara ga ada mslh dgn hal itu gan dan sudah prosedurnya begitu yah?
terima kasih gan

ga ada masalah

Quote:1.apakah bisa gan karena penambahan tersebut bukan berasal dari nama/marga orang tuanya?
2.dokumen apa yang diperlukan untuk mendapat endorsement?
3.jika perpanjang paspor nanti data di hal.2 menjadi ADI BING SLAMET atau BING?

1. bisa, contoh penambahan nama suami pada nama istri
2. tergantung nama tersebut asalnya darimana
3. ga ngerti
fyi: penambahan nama ga bisa asal2an gan, harus ada alsan yg jelas, kalo alsannya nya cuma karena "ga nyaman" jawabannya GA BISA

Quote:mau tanya nih, gw mau bikin paspor buat orang tua, masalahnya akte lahir udah ilang, kira2 kalo pake akte perkimpoian atau surat ganti nama sebagai pengganti bisa ngga ya? gw udah cek soal pembuatan akte lahir yang hilang ada syarat : surat keterangan bidan dll.....jaman dulu mana ada ya

bisa gan, pake surat nikah aja

Quote:Yang mau ditanyakan, letter of invitation ini ditujukan ke siapa? ke WNA tersebut atau ke pihak imigrasi disini atau kemana ya?
klo letter of invitation kepada wna nya
anda juga harus buat surat permohonan mensponsori wna kepada direktur jenderal imigrasi cq.kasibdit visa di direktorat jenderal imigrasi
untuk lebih lengkapnya silahkan dtg ke ditjen imigrasi lt.1 di kuningan, jaksel
Jadi begini nih,umur saya 16 tahun belum ada ktp,terus bikin passport saat umur 15 thn
Pertanyaannya : 1)Kan saya buat tanda tangan baru,nah tanda tangan baru itu yang pengen saya pasang di KTP.Sedangkan,KTP nya kan pembaharuan tiap 5 tahun,apakah boleh baru 2 tahun sudah diubah tanda tangannya?
2)Apakah lebih baik tanda tangan lama saja yang dipakai?Apakah kalau misalnya dibuat baru,tanda tangan tetap ada di arsip negara?

Makasi atas bantuannya !
Quote:Original Posted By GeeBi
Jadi begini nih,umur saya 16 tahun belum ada ktp,terus bikin passport saat umur 15 thn
Pertanyaannya : 1)Kan saya buat tanda tangan baru,nah tanda tangan baru itu yang pengen saya pasang di KTP.Sedangkan,KTP nya kan pembaharuan tiap 5 tahun,apakah boleh baru 2 tahun sudah diubah tanda tangannya?
2)Apakah lebih baik tanda tangan lama saja yang dipakai?Apakah kalau misalnya dibuat baru,tanda tangan tetap ada di arsip negara?

Makasi atas bantuannya !


waaah kalo masalah KTP ane ga ngerti gan....

Beda Nama

Selamat siang agan...
Mohon bantuan atas permasalahan saya,
saya ingin membuat paspor untuk ibu saya.
Permasalahan ada pada beda nama (beda 1 huruf) antara KTP (KTP dan KK sama) dengan nama yang ada di Akta Perkimpoian.
Bagaimana solusinya? Apakah orang di ditjen imigrasi dapat mengerti atau harus ada solusi lain?
Terima kasih sebeglumnya

ask gan.

gan ane mau tanya. passport ane wrap hologram identitasnya agak ngelupas. kata orang imigrasi sih gak apa2, apa bener? ane dapet dari imigrasi uda kaya gini gan
halo gan...
sbelum bertanya ane mau share pengalaman bodoh ane kmaren.
ane 2 kali dalam hari yg berbeda pake sendal ke kanim jakbar. langsung ane buru"pulang ganti spatu, tau sendiri kota itu macetnya kya apa.
Ane jadi mikir, klo ane g*blok banget. wkwkwkwk..

pertanyaan ane:
Ane kan udah tahap wawancara n semua dah OK.
Masalahnya ktp ane status pekerjaan karyawan swasta, sedangkan ane kerja ama orang tua(bantuin jaga toko gitulah). Yg wawancara nya bilang ane harus punya surat dari perusahaan(ane lupa apa jelasnya) karna status ktp ntu, sedangkan ane ga mungkin bisa donk. ane jawab kerjaan ane bantuin toko ortu, trus orgnya bilang berarti ane musti minta surat ke kelurahan. Disini ane dijelasin, tapi ane kurang jelas surat keterangan apa yg harus ane buat, lupa ane tanyain lagi. Info nya donk surat apa yg harus ane buat?

Menurut pendapat ane dari penjelasan bapak itu, ane harus minta surat keterangan perubahan status pekerjaan, ane bingung status pekerjaan nta diubah ke pekerjaan apa? Trus ane udah tanya ke org kelurahan juga katanya udah bener status ane yg di ktp.

Sori kepanjangan gan, maklum biar jelas kronolgisnya. Maksih

Blank

Nanya gan, bener-bener blank nih soal bikin passport.
1. Pas mau bikin apakah dokumen yang asli juga harus dibawa? Nggak boleh fotocopyannya aja?
2. Nama di akte ane sama dokumen lain (ktp, ijazah, kk) beda gan, bedanya cuma beda spasi doang sih? Apakah ntar itu dipermasalahkan?
3. Boleh gak gak bawa akte kelahiran tapi bawa ijazah aja? Gara-gara dipoint 2 tadi gan, nama di akte beda spasi sama dokumen yang lain.
4. Ijazahnya apa harus ijazah pendidikan terakhir? Ijazah kuliah ane lagi gak di ane gan.
Thanks gan.
gan mohon pencerahannya , kemaren istri ane bikin passport , waktu disuruh tandatanganin passportnya istri ane salah mengerti sehingga setelah ikut menuliskan namanya juga abis tanda tangan , kasus gini bagusnya gimana ya gan , apa tetap bisa ke luar negri atau bakal ditahan , mohon pencerahannya ya gan

Spoiler for "foto passport":
agan TS yang baik hati..
ane mau bertanya nih,,

jadii ini tentang nama di paspor..
nama ane dua suku kata, sebut aja A B (tertulis di paspor, ktp, ijasah dll), waktu pergi umrah ternyata untuk masuk arab harus punya nama tiga suku kata, dan pihak travel yang mengurus visa dan segalanya menambahkan nama ayah saya (itupun salah ketik dan tanpa sepengetahuan saya), sehingga ada tambahan nama di lembar lain, C D...
sekarang saya sekolah di US, dan cukup bermasalah dengan tambahan nama ini karena yang mereka anggap nama saya adalah A B C D..padahal semua dokumen lain nama saya hanya A B..

sekarang paspor saya hampir expired,,

yang ingin saya tanyakan,,


bisa tidak di paspor baru saya menghapus tambahan nama C D yang ditambah waktu ke Arab dulu?? karena kalaupun saya harus punya nama dg min 3 suku kata untuk ke arab saudi, saya mau nama tambahannya ditulis tanpa kesalahan,,sedangkan nama tambahan C D (yang seharusnya nama ayah saya) sekarang ini pun salah eja.

mohon bantuannya yang agan TS,,,,, thanks

tanya gan

1. gan...ane mo bikin paspor baru, krn paspor lama keluaran th 2007 ud abis nov 2012...nah krn kesibukan kerjaan, ane jd ga sempet pengajuan bikin lg, nah itu gmn y...? gpp gan ane br pengajuan paspor lg skr...?

2. trus nama ane d paspor sebelumnya misalnya "tom cruisse, wkt itu pake ijasah krn akte msh dlm pengurusan krn rusak (mungkin dl wkt ane didaftarin sekolah ortu ane nulisnya "tom cruisse, pdhal di akte cmn "tom cruise), nah skr ane pengen nama paspor barunya jd "tom cruise" sesuai dgn nama akte, ktp, kk, itu gmn pengurusannya y gan...?

terima kasih sebelumnya gan...
Ts Yang baik hati saya mau tanya,,saya kan aslinya orang jawa,,cuman saya sekarang tinggal di bogor dan masih mengantongi ktp jawa,,,saya mau bikin paspor untuk ke LN apakah bisa bikin di bogor saja?atau harus ke daerah asal?? oh ya,,kalau mau tour ke ASEAN bebas visa semuanya apa masih ada yang pake VISa ya?trimakasih
gan gw mao nanya nih
bsok tgl 16 jan gw mo ke sing
ini pertama kalinya gw ke luar negeri
yg gw mo tanyain, 2013 masih bebas fiskal gak sih?
sori kalo pertanyaannya norak

makasih...
sore gan mau nanya: apakah endorsement nama di paspor bisa 2 kali?atau cuma bisa sekali selama paspor berlaku?thanks very much agan
--DELETED--
pagi gan semua...

ane mo nanya...

beberapa tahun yg lalu kan ane bikin pasport dan sempat ane pake ke LN...

trs skrg posisi ane mo pindah KTP negh karena pindah rumah jadi mau pindah KK + KTP berdasarkan domilisi / alamat baru. (Pasport masih pake alamat lama)

nah bulan depan KTP ane yg alamat lama expired dan mau ane perpanjang niadnya, sekalian ganti domisili gitu...

itu kira2 perlu update alamat di Pasport gk ya? mengingat pertengahan tahun ini keknya ane mo capcus ke US...

takutnya waktu ane di sono KTP ane dah expired and kalaupun KTP nya baru / renew, alamatnya udah beda ma Pasport..

apakah akan jadi masalah? apakah safe kl ane ke LN tapi tetep bawa KTP yg udah expired / blm di renew? and kalo misal KTP ane renew dgn alamat yg baru, apakah tidak ada mslh dgn Pasport yang masih pake alamat lama?... ane mikir just for safetynya aja seh biar gk kena trouble apa2 gitu...

thx

Quote:Original Posted By azroel3
gan ane mau tanya. passport ane wrap hologram identitasnya agak ngelupas. kata orang imigrasi sih gak apa2, apa bener? ane dapet dari imigrasi uda kaya gini gan


ane bantu jawab, ya.

gpp, koq sis. ane jg kek gitu.

yg penting data2 di dalam tertulis JELAS.

ASK

Gan ane mau tanya,, ane udah punya paspor tadinya,, tp di pegang si bos,, dan ane ga tau si bos keberadaannya sekarang, ane buat paspor sekitar tahun 2007. Data alamat yg dulu dengan alamat sekarang berbeda, Pertanyaannya mending buat paspor baru atau ganti karena kehilangan ya gan?
Quote:Original Posted By kurniacentre
Gan ane mau tanya,, ane udah punya paspor tadinya,, tp di pegang si bos,, dan ane ga tau si bos keberadaannya sekarang, ane buat paspor sekitar tahun 2007. Data alamat yg dulu dengan alamat sekarang berbeda, Pertanyaannya mending buat paspor baru atau ganti karena kehilangan ya gan?

bantu jawab ya,
agan harus berusaha mencari paspor agan itu, walaupun sekarang paspor itu sudah tidak berlaku (paspor berlaku 5 tahun, 2007 - 2012). Karena ntar agan yang ribet, paspor adalah dokumen negara, jadi nggak bisa sembarangan untuk memilikinya.
agan nggak bisa bikin baru kalau agan bikin baru, ntar agan ketahuan pernah bikin paspor sebelumnya. Malah agan bisa kena masalah.
Kalaupun hal terburuk terjadi, paspor agan nggak tau rimbanya. Agan harus lapor paspor hilang di Kantor Imigrasi tempat agan bikin paspor yang hilang itu. Dan juga ke kantor polisi untuk mendapatkan surat pernyataan kehilangan.
Setelah itu agan akan mengisi Berkas Acara Pemeriksaan Paspor Hilang, terus dapet rekomendasi untuk pergi ke Kantor Wilayah (di ibukota provinsi). Nanti yang agan mendapatkan surat untuk bisa bikin paspor lagi.
Ribet kan gan, dijamin agan habis waktu sama biaya,
mending cari duludeh paspornya sampe ketemu

×