Suku bangsa

Sumatera Utara merupakan provinsi multietnis dengan Batak, Nias, dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. Daerah pesisir timur Sumatera Utara, pada umumnya dihuni oleh orang-orang Melayu. Pantai barat dari Barus hingga Natal, banyak bermukim orang Minangkabau. Wilayah tengah sekitar Danau Toba, banyak dihuni oleh Suku Batak yang sebagian besarnya beragama Kristen. Suku Nias berada di kepulauan sebelah barat. Sejak dibukanya perkebunan tembakau di Sumatera Timur, pemerintah kolonial Hindia Belanda banyak mendatangkan kuli kontrak yang dipekerjakan di perkebunan. Pendatang tersebut kebanyakan berasal dari etnis Jawa dan Tionghoa. Pusat penyebaran suku-suku di Sumatera Utara, sebagai berikut :

Suku Melayu : Pesisir Timur, terutama di kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Langkat
Suku Batak Karo : Kabupaten Karo
Suku Batak Toba : Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir
Suku Batak Mandailing : Kabupaten Mandailing Natal
Suku Batak Angkola : Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Padang Lawas
Suku Batak Simalungun : Kabupaten Simalungun
Suku Batak Pakpak : Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Barat
Suku Nias : Pulau Nias
Suku Minangkabau : Kota Medan, Kabupaten Batubara, Pesisir barat
Suku Aceh : Kota Medan
Suku Jawa : Pesisir timur
Suku Tionghoa : Perkotaan pesisir timur & barat.
Bandar Udara

Di Sumatera Utara terdapat 7 bandar udara[11], terdiri dari 1 bandar udara berstatus internasional dan 6 bandara domestik, seperti berikut ini :

Bandar Udara Aek Godang
Bandar Udara Binaka
Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing
Bandar Udara Lasondre
Bandar Udara Internasional Polonia
Bandar Udara Sibisa
Bandar Udara Silangit
Lambang Sumatera Utara



Lambang Sumatera Utara terdiri dari padi dan kapas, perisai berbentuk jantung yang didalamnya terdapat lukisan bintang bersudut lima, bukit barisan berpucuk lima, pelabuhan, dan pabrik. Di tengah perisai terdapat gambar seorang yang sedang menanam padi yang dikelilingi sawit, karet, ikan, dan daun tembakau.

Perisai yang digantung dengan rantai pada kepalan tangan di atas merupakan lembang semangat menegakkan cita-cita rakyat Sumatera Utara. Tujuh belas kuntum kapas dan empat puluh lima butir padi merupakan simbol hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. Bukit Barisan memiliki makna tata kemasyarakatan yang luhur, bersemangat persatuan dan gotong-royong.[1
Quote:Original Posted By 27johan
tau ah




masih banyak yang mau di apdet


uda siap belum di update
Quote:Original Posted By purgatorium


uda siap belum di update


cak lah cari bahan dulu bang buat update nya..
Quote:Original Posted By 27johan


mungkin juga kek yang lae bilang itu.
tapi kok udah gak ada lagi ya trit kamus medan itu ?


udh hafal mungkin
kalo pantun masuk sini?
Panjang kali bah di pekiwan..
for TS.
Quote:Original Posted By zickbennington
cak lah cari bahan dulu bang buat update nya..


ku cari dulu lah di panglong
Quote:Original Posted By purgatorium


uda siap belum di update


blum tuh

Quote:Original Posted By SiCakepIdir


udh hafal mungkin
kalo pantun masuk sini?


kamusnya udah di update di pekiwan lae
test 1 2 3
Bah, makin paten aja TS ini bah, keren kali threadnya...

Tapi yang Naniuranya kok gitu ya gambarnya, padahal itu makanan favoritQ, walaupun ujung2nya selalu sakit perut makan itu...

Mengenai Danau Toba, sampai sekarang belum selesai2 penelitianQ, tapi sepertinya memang bener ada hubungan letusnya Toba dengan punahnya para Dinosaurus...
419 pulau
apa ada yg blum terhitung
Quote:Original Posted By proud.kinantan [$
;5101f1898127cfdd2b000019]test 1 2 3


serasa pegang mic jadinya
Quote:Original Posted By 27johan


blum tuh



kamusnya udah di update di pekiwan lae


kalo mau pantun dimana lae?
Quote:Original Posted By 27johan
blum tuh




kamusnya udah di update di pekiwan lae


update lah ccepat
rumah tjong afie masuk ya?
ts nya penjelajah sumatra utara yah
Quote:Original Posted By purgatorium


update lah ccepat


mau ngapain pulak buru-buru

Quote:Original Posted By SiCakepIdir
rumah tjong afie masuk ya?


cak lah lae post infonya biar kuh apdet
Quote:Original Posted By 27johan
mau ngapain pulak buru-buru




cak lah lae post infonya biar kuh apdet


apa agan termasuk pemburu juga
Quote:Original Posted By purgatorium


apa agan termasuk pemburu juga


pemburu dolar lah gan