madokafcAvatar border
TS
madokafc
(Diskusi) Pakta pertahanan bersama di ASEAN ala NATO? Pentingkah?
Quote:


Quote:


Nah karena sudah ada tiga orang yang setuju tentang dibuatnya Trit baru diskusi mengenai: Perlukah dibuat sebuah pakta pertahanan bersama di ASEAN? Disini ada beberapa tema bahasan agar diskusi lebih terarah dan tidak terlalu melebar menjurus ke arah chauvinist dan menghindari deadlock discussion. Adapun tema yang dapat dibahas antara lain seperti kenapa harus dibentuk, siapa lawan potensial, siapa saja yang berhak untuk bergabung serta persyaratannya, bagaimana pembagian organisasinya, hubungan dengan world dominan power, pembentukan komplek industri militer bersama, teknologi,pembagian besarnya iuran peranggota, penggunaan pasukan gabungan dalam misi tempur atau operasi militer non tempur dan lain-lain. Sementara itu bagi pihak yang menolak pembentukan pakta pertahanan militer di wilayah ASEAN silahkan mengutarakan pendapatnya dan menyertakan alasannya. Disini kita akan saling belajar untuk menghargai pendapat masing-masing pihak dan tidak akan pernah men-judge benar atau salahnya suatu pendapat.

Mohon sumbangan ide dan pikiran dari agan-agan Formiler di sini. Tujuan utama diskusi ini supaya kita dapat melihat apakah ASEAN secara umum telah berada dijalur yang tepat dengan menolak terbentuknya sebuah pakta militer di antara anggota ASEAN ataukah justru itu menjadi bumerang karena tidak adanya implement forces untuk menegakan peraturan didalam ASEAN dan menjadi elemen pertahanan bersama menghadapi ancaman eksternal yang lebih besar.

Tentu saja disini kita berharap diskusi ini berjalan sehat serta cerdas dan mohon bagi agan-agan semua agar tidak memposting one liner comment, karena itu dapat merusak jalannya diskusi. Dan buat yang mencoba posting junk, atau komentar sampah lainnya buat para denprovost agar tidak segan-segan memberikan bata dan rekuest banned id. Semoga trit ini bisa terus berjalan dan menarik perhatian para formiler yang consern dengan situasi militer di antara negara-negara ASEAN termasuk Indonesia didalamnya.
0
40.3K
474
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan