Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

keripikkentangAvatar border
TS
keripikkentang
Info Seputar Tilang dan Tips Trick supaya ga di tilang
Bro, sis.. pernah kena tilang?

Pasti banyak yang sering dapet broadcast soal tilang dan gw juga yakin banyak yang sering browsing soal tilang. Trus kebanyakan pasti nemunya yang soal cerita sopir taksi ketilang trus dia minta slip biru trus dia bayar tilang di BRI.

Gw mau share sedikit pengalaman gw.
Gw pernah kena tilang di daerah roxy.
Dan karena gw sering baca di internet kalo kena tilang di suru minta slip biru yang palingan kena denda di bawah 100rb trus bayar di BRI.
Akhirnya gw memberanikan diri untuk mencoba hal tersebut.
Dan ternyata hal tersebut tidak benar.
Hmm.. lebih tepatnya peraturan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Penjelasannya begini:
Bukti pelanggaran yang biasa kita sebut tilang terdapat 2 macam.
Yaitu slip merah dan slip biru.

Slip merah artinya bersedia ikut sidang dan bayar denda di persidangan. Di sana bayar berapa gw belum ada pengalaman, gw browsing sih katanya kalo motor palingan 30rb, tapi ada juga yg bilang 75rb. Jadi gw ga tau yang mana yang benar dan yang mana yang salah.

Slip biru artinya kita bersedia membayar denda melalui bank BRI sesuai dengan coretan polisi. Nah pengalaman gw kayaknya sih tuh polisi asal nyoret. Seperti gambar yang gw cantumkan d bawah polisi itu nyoret 500rb, yang artinya gw harus bayar di bank BRI senilai 500rb rupiah. Slip biru ini kita ga perlu ikut sidang. Ketika lu sudah bayar denda di BRI sesuai dengan yg di coret polisi, tinggal bawa buktinya ke tempat yang tertera di slip biru tersebut untuk mengambil SIM lu yang disita polisi tersebut. Intinya kalo lu minta atau dikasihnya slip biru (menurut research gw) berarti kita ga perlu ikut sidang tapi kita bayar denda maksimal melalui bank BRI makanya bisa mahal begituuu…

Kadang ada juga polisi yang nakal.

Gw sama temen gw lagi naik mobil, temen gw yang nyetir, karena temen gw ga gitu tau jalan jadi dia agak ragu-ragu. Alhasil temen gw nginjek garis perbatasan. Dan akhirnya di stop-in deh sama polisi. Karena gw udah punya pengalaman ini gw suru temen gw minta slip merah trus ikut sidang. Eeehhh polisinya malah memutar balikan fakta. Dia bilang kalo slip merah itu bayar denda maksimum melalui bank BRI, sedangkan yang slip biru itu yang ikut sidang.

So, bro sis.. hati-hati ketika anda bertemu polisi-polisi yang nakal seperti ini.

Berikut gw kasih Tips and Trick kalo kena tilang.

Tips and trick:
Kalo agan bener-bener ga sengaja ngelanggar (bener-bener ga tau kalo sebenernya ga bole.. bisa disebut juga innocent) kan kadang kita pergi ke suatu lokasi yang kita belum familiar dan kita belum terlalu hafal peraturan-peraturan daerah sana, dan kadang ga ada rambu-rambunya.

Kyk pas gw balik dari PRJ, pas turun jembatan itu gw langsung ambil jalur kiri, dan memang ga ada rambu dilarang belok kiri, tapi ternyata dilarang belok kiri dan akhirnya gw ditangkep polisi. Entah itu akal-akalannya polisi biar dapet duit atau emang bener ga boleh ambil jalur kiri gw ga tau, tapi kalo emang ga boleh ambil jalur kiri di otak gw penuh tanda tanya kenapa ga ada rambu dilarang ke kiri. So pada saat itu gw innocent tentang peraturan itu. Yang artinya gw ga sengaja ngelanggar rambu lalu lintas.

Yang harus agan lakukan adalah :
1. Cepet buka dompet agan ambil uang agan dan sisain seminimal2nya. Yaa.. 50ribuan lah. Sisanya?? Umpetin tempat lain.. (ini buat jaga2 kalo akhirnya tetep ketilang)
2. Trus pasang muka semelas-melasnya. Trus bilang jujur kalo ga tau kalo ga boleh … (sebutin pelanggaran agan).
3. Bujuk rayu pak polisinya biar ga di tilang. Jangan pasang muka takut dan harus bisa merendahkan hati. Jangan sok-sokan atau marah tar makin di peres. Anggep aja tuh kayak lu lagi minta duit ke bokap lu. Pastikan kita bujuk2 bokap kita gtu trus tampang melas kyk anak kecil yang polos innocent gtu.
4. Kalo dia tetep mau nilang agan dengan denda yang super mahal bilang aja kalo ga ada duit sambil pura2 buka dompet yang ngeliatin kalo duit di dompet tinggal selembar 50ribuan. Kalo pak polisinya masih kekeh buat nilang agan di atas 50rb yg artinya di atas nilai duit yang ada di dompet lu (padahal sebagian duitnya lu umpetin) yaudah lu bilang aja lu pilih ikut sidang. Toh dia ga dapet duit kan. Pasti di sni biasanya dia mau2 aja d kasi 50rb. emoticon-Smilie

So, gw saranin jadilah warga Negara Indonesia yang baik dengan menaati peraturan rambu-rambu lalu lintas, tapi kalo ga sengaja dan mau jadi warga negara yang baik dengan cara ga mau nyuap polisi yg bikin perut mereka gendut kayak hamil 7 bulan mendingan minta slip merah trus ikut sidang.



*) entah knp gambarnya ga bisa muncul
Diubah oleh keripikkentang 20-01-2013 18:42
0
2.5K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan