KASKUS

13 Cara Mempercepat Kinerja Komputer [Yang Lemot sini]

Spoiler for No Repost:


Halo agan agan sering nggak sih komputernya lemot ampe pengen ngebating? nih ada beberapa tips yang boleh di coba

Quote:
1. Uninstall program yang tak dipakai
Meskipun tak dijalankan, program yang jarang atau tak pernah digunakan bisa ikut mempengaruhi kinerja komputer. Terutama program yang menyimpan seting-setingnya di registry. Mengapa ? karena setiap kali komputer dijalankan, registry windows akan di load di memory, sehingga semakin besar ukurannya, memori yang digunakan akan semakin besar pula.


Quote:2. Periksa program-program yang otomatis berjalan dengan Windows
Hal ini bisa di cek dengan program seperti autoruns. Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan yang sebenarnya tak begitu penting atau kurang penting.


Quote:3. Defragment Hardisk
Ini bisa dilakukan melalui menu Properties > System Tools > Disk Defragment. Yang tujuannya untuk menata kembali file-file sesuai prioritasnya.


Quote:4. Mematikan service yang tak terpakai
Hal ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang komputer. Services merupakan program/library juga yang dijalankan (di load) setiap komputer hidup. Bisa dilihat melalui Control Panel > Administrative Tools > Services. Jika komputer tak pernah digunakan online (internet), ada beberapa service yang bisa di non aktifkan. Misalnya Windows Time dan beberapa service lainnya ( bisa di cek keterangannya). Tapi hal ini juga perlu berhati-hati, jika salah bisa menyebabkan beberapa fungsi windows tak berjalan.


Quote:5. Hindari penggunakan Skin windows
Kadang penggunaan tampilan/skin tambahan windows dapat mempengaruhi kinerja cukup signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda gunakan saja Windows Themes (bawaan windows).


Quote:6. Matikan beberapa efek Visual Windows
Selain itu beberapa efek windows [xp] yang tak begitu penting bisa di matikan. Bisa di dilakukan melalui klik kanan di My Computer pilih Properties. Di tab Advanced di bagian Performance klik tombol Settings. Bisa di non aktifkan Visual efek yang tak begitu penting.


Quote:7. Batasi tambahan jumlah font
Ini berpengaruh ke aplikasi yang menggunakan Pilihan font seperti Microsoft Office. Dengan banyaknya font tambahan akan mempengaruhi ke memori yang digunakan dan loading akan terasa lebih lambat.


Quote:8. Hapus icon di desktop yang tak penting
Sering program yang di install di komputer akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. Bila kita jarang menggunakan icon-icon ini, lebih baik di hapus saja, bisa sedikit mengurangi pemakaian memori.


Quote:9. Scan komputer dari Virus, Spyware, trojan dan sejenisnya
Jika komputer terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan bisa-bisa komputer menjadi sangat lambat. Oleh karena itu sebaiknya selalu dijaga supaya komputer bebas virus. kemudian jika komputer sering terkoneksi ke Internet, maka sebaiknya sekitar sebulan sekali komputer di scan dari spyware, mallware dan sejenisnya.


Quote:10. Gunakan alternatif software yang lebih ringan
Beberapa software kandang hanya digunakan untuk beberapa hal yang sederhana. Misalnya menggunakan ACDSee hanya untuk melihat-lihat gambar atau foto saja. Jika hanya ingin melihat-lihat gambar dengan format standard, maka bisa menggunakan Fasilitas bawaan windows, karena ACDSee cukup berat terutama versi-versi terbaru.


Quote:11. Menggunakan Software TuneUp, defragment dan sejenisnya
Jika kita kesulitan dengan optimalisasi sistem manual dan ingin cara mudah, maka kita bisa menggunakan program-program TuneUp, Defragment registry, dan sejenisnya.


Quote:12. Upgrade hardware
Jika memiliki dana tambahan dan spesifikasi komputer masih pas-pasan maka dapat di upgrade hardwarenya seperti Memory, CPU atau VGA. Yang paling berpengaruh biasanya Memory dan CPU.


Quote:13. Install Ulang
Kadang sistem yang sangat lama dan penuh dengan program yang banyak tidak/jarang terpakai, meski sudah di optimalisasi masih saja lambat. Jika seperti itu, mungkin install ulang adalah solusi yang terbaik, karena biasanya dengan system yang lebih “fresh” kinerja bisa maksimal.


Sumber

Quote:

Spoiler for Buka:
pertamax di amankan TS



Posted with kaskusQR
oh gitu gan, ane kira cuma di defrag aja
wah thx infonya gan..
bagi cendolnya dong gan.. wkwkwkwk
Quote:Original Posted By jejehan
oh gitu gan, ane kira cuma di defrag aja


stelah liat ini jadi tau ya..
mantap deh..

sundul sundul sundul
Waw keren nih si Sista infonya
wah boleh nih gan nanti ane check kompi ane terutama virus
Upgrade VGA + hardisk, dah paling mentok kayaknya
Quote:Original Posted By survivald
wah boleh nih gan nanti ane check kompi ane terutama virus


virus emang slalu merajalela..
menyebalkan sekali
Quote:Original Posted By SweetsRevenge
Upgrade VGA + hardisk, dah paling mentok kayaknya


dananya lumayan loh!!
hahaha
Lepi ane lemot sekali, apalagi pas booting
kayanya udah minta di inul gan
Nice info gan
coba dulu gan,biasa.a asal scan ama defrag doang
infonya sgt berguna skali gan, siiip
wah berguna banget infonya gan
Jiah, nomor 13 kalo udah ga bisa diapa-apain lagi ya?
punya ane udah gak lemot gan
intinya sih jaga heat dan jaga dari tusukan usb beracun
sundul gans...
tengkyu ya agan ts dah bagi ilmunya ,