Quote:Original Posted By danpt

kalau bikin ups lepas aki komponen saja
berapa gan sesuai apa yang agan critakan
rencana mau pakai aki 4 biji yang esar besar



kalo mau pakai circuit ini, tinggal ditambahkan switch otomatis ac/dc aja gan (dengan catatan agan udah punya aki dan inverternya). gampangnya tinggal ditambah circuit + relay buat switch otomatis ac/dc.

kalo mau sederhana, tinggal pasang 2 relay dah jadi kok gan. tapi kalo agan mau modif charger ini, nanti ane buatin switch ac/dc nya, jadi agan tinggal pake
SMS: 089 678 18 2233

WhatsApp : 0281 5738 189

ym : automacindo@yahoo.com

www.automacindo.com
Quote:Original Posted By automac
SMS: 089 678 18 2233

WhatsApp : 0281 5738 189

ym : automacindo@yahoo.com

www.automacindo.com


nyampe situbondo brapa ni gan yg reg ajah
Quote:Original Posted By el_meler
nyampe situbondo brapa ni gan yg reg ajah


gan
Quote:Original Posted By danpt

kalau bikin ups lepas aki komponen saja
berapa gan sesuai apa yang agan critakan
rencana mau pakai aki 4 biji yang esar besar



sundul ah
Quote:Original Posted By danpt

kalau bikin ups lepas aki komponen saja
berapa gan sesuai apa yang agan critakan
rencana mau pakai aki 4 biji yang esar besar



Quote:Original Posted By automac


kalo mau pakai circuit ini, tinggal ditambahkan switch otomatis ac/dc aja gan (dengan catatan agan udah punya aki dan inverternya). gampangnya tinggal ditambah circuit + relay buat switch otomatis ac/dc.

kalo mau sederhana, tinggal pasang 2 relay dah jadi kok gan. tapi kalo agan mau modif charger ini, nanti ane buatin switch ac/dc nya, jadi agan tinggal pake


Quote:Original Posted By danpt


sundul ah


charger akinya dibutuhin juga gan buat memasok aki. datanya yang lengkap gan, inverter berapa watt, itu aki berapa Ah (Ampere hour)?
Quote:Original Posted By automac
SMS: 089 678 18 2233

WhatsApp : 0281 5738 189

ym : automacindo@yahoo.com

www.automacindo.com


gan' saya pesan 1unit ya .. .. tlg reply sms saya dr 0812-9441-2**2

makasih ..
Quote:Original Posted By FJBhunter
gan' saya pesan 1unit ya .. .. tlg reply sms saya dr 0812-9441-2**2

makasih ..


udah reply yah gan

si agan gak bilang kalo kaskuser, soalnya lagi ada discount khusus buat kaskuser

harga + ongkir pakai harga sms yang terakhir yah gan, udah dapet discount khusus kaskuser tuh
Gan, barangnya dah nyampe dengan selamat sentosa

Langsung tes ke aki soak ane

Tapi ane agak kebingungan nih sama indikator lampu nya, ketika awal ngecharge ( jam 7 pagi ) lampu indikatornya nyala hijau terang di angka 3v, ane check lagi jam 7 malem, indikatornya masih di angka 3v berwarna hijau terang.

Setelah ane ukur aki nya, dah disekitaran 13v, berarti ngisi kan ya? Karena penasaran ane coba buat ngidupin mobil rongsokan ane, dan ngangkat.

Pertanyaan ane, walaupun ngisi kenapa indikator di automac nya ga bergerak ya (tetep di angka 3v)? Walo ane ukur aki nya dah 13an. Ato aki ane dah rusak?

Oh ya aki ane 12v60ah


Thanks gan
Quote:Original Posted By enggal07
Gan, barangnya dah nyampe dengan selamat sentosa

Langsung tes ke aki soak ane

Tapi ane agak kebingungan nih sama indikator lampu nya, ketika awal ngecharge ( jam 7 pagi ) lampu indikatornya nyala hijau terang di angka 3v, ane check lagi jam 7 malem, indikatornya masih di angka 3v berwarna hijau terang.

Setelah ane ukur aki nya, dah disekitaran 13v, berarti ngisi kan ya? Karena penasaran ane coba buat ngidupin mobil rongsokan ane, dan ngangkat.

Pertanyaan ane, walaupun ngisi kenapa indikator di automac nya ga bergerak ya (tetep di angka 3v)? Walo ane ukur aki nya dah 13an. Ato aki ane dah rusak?

Oh ya aki ane 12v60ah


Thanks gan


kalau hanya lampu hijau aja yang menyala berarti tegangan aki di bawah normal gan. tegangan aki normal dan kondisinya bagus itu sekitar 13,5 - 13,8 volt, tegangan full yang bagus 14,3 volt. kalau aki udah kurang baik tegangan normalnya antara 12 - 13 volt.

kalau masih 13 volt emang belum memicu lampu merah (yang menunjukkan tegangan aki udah normal). kalau udah dianggap memenuhi tegangan normal aki nanti lampu merah di angka 13,8 (di box automac) akan menyala redup, yang menandakan tegangan aki udah normal (rangenya sekitar 13,3 - 13,8 volt)

kalau aki udah penuh, lampu merah menyala terang dan lampu hijau redup, itu menandakan tegangan aki udah mendekati full charge (13,8 - 14 volt). kalau tegangan aki udah bener2 full (14,3 volt) lampu merah menyala terang dan lampu hijau mati, itu menandakan aki dalam kondisi full charge dan automac udah otomatis mematikan proses charging (ditandai dengan matinya lampu hijau).

kurang lebih gitu gan system deteksi otomatis di automac
Quote:Original Posted By automac


kalau hanya lampu hijau aja yang menyala berarti tegangan aki di bawah normal gan. tegangan aki normal dan kondisinya bagus itu sekitar 13,5 - 13,8 volt, tegangan full yang bagus 14,3 volt. kalau aki udah kurang baik tegangan normalnya antara 12 - 13 volt.

kalau masih 13 volt emang belum memicu lampu merah (yang menunjukkan tegangan aki udah normal). kalau udah dianggap memenuhi tegangan normal aki nanti lampu merah di angka 13,8 (di box automac) akan menyala redup, yang menandakan tegangan aki udah normal (rangenya sekitar 13,3 - 13,8 volt)

kalau aki udah penuh, lampu merah menyala terang dan lampu hijau redup, itu menandakan tegangan aki udah mendekati full charge (13,8 - 14 volt). kalau tegangan aki udah bener2 full (14,3 volt) lampu merah menyala terang dan lampu hijau mati, itu menandakan aki dalam kondisi full charge dan automac udah otomatis mematikan proses charging (ditandai dengan matinya lampu hijau).

kurang lebih gitu gan system deteksi otomatis di automac



Siiip gan makasih penjelasannya.

Tp mungkin ada yg terlewat gan, ketika mulai di charge led di automac menunjukkan 3 volt lampu indikator warna hijau terang, setelah kira2 12 jam pengecasan led tetep di angka 3 volt warna indikator hijau terang.

Tetapi ketika ane ukur aki nya pake voltmeter, angka nya sudah di 13an sedang di automacnya tetep tidak bergeser dari angka 3 volt. (Jadi kesannya automac ga melakukan pengisian padahal sebenarnya automac melakukan pengisian dengan baik)

Yang ingin ane tanyain, apakah indikator di automac harusnya berubah sesuai rubahan tegangan di aki ( kalo dalam kasus ane dari 3 ke 13?) atau tetep di angka 3 tetapi ada perubahan warna indikator dari hijau ke merah?

Terima kasih
Quote:Original Posted By enggal07



Siiip gan makasih penjelasannya.

Tp mungkin ada yg terlewat gan, ketika mulai di charge led di automac menunjukkan 3 volt lampu indikator warna hijau terang, setelah kira2 12 jam pengecasan led tetep di angka 3 volt warna indikator hijau terang.

Tetapi ketika ane ukur aki nya pake voltmeter, angka nya sudah di 13an sedang di automacnya tetep tidak bergeser dari angka 3 volt. (Jadi kesannya automac ga melakukan pengisian padahal sebenarnya automac melakukan pengisian dengan baik)

Yang ingin ane tanyain, apakah indikator di automac harusnya berubah sesuai rubahan tegangan di aki ( kalo dalam kasus ane dari 3 ke 13?) atau tetep di angka 3 tetapi ada perubahan warna indikator dari hijau ke merah?

Terima kasih


untuk checking lampu indikator apakah berfungsi atau tidak, agan nyalakan automac tanpa disambungkan ke aki. Harusnya lampu hijau (indikator power on sekaligus indikator charging process menyala) dan lampu merah (indikator full charge sekaligus indikator low voltage dan normal voltage) menyala di 13,8.

Jadi process charging agan udah benar dan berfungsi dengan baik

Thumbs up TESTIMONIAL

Quote:Original Posted By automac


udah reply yah gan

si agan gak bilang kalo kaskuser, soalnya lagi ada discount khusus buat kaskuser

harga + ongkir pakai harga sms yang terakhir yah gan, udah dapet discount khusus kaskuser tuh


makasih ya gan' .. akhirnya AUTOMAC udah sampe rabu sore di rmh ane ..

- mantap dapat diskon 10rb dr TS .. :
- respons via sms cepat dr TS .. :

Tadi sore pun lgs saya tester saja ke aki mtr YUASA tipe: YTX9-BS dgn spek: 12v 8ah

maklum deh..mtrnya jarang nyala paling sebulan 3-4x pake,hahaha .. .. dr thn 2009 beli,odometernya aja baru 5rb-an km ..

Kondisi aki saat kunci kontak ON (mesin tidak nyala) menunjukkan > 12v (saya pasang voltmeter KOSO di mtr tsb soalnya )

- langsung aja ane cas pake AUTOMAC,power ON
- indikator AUTOMAC menunjukkan 13.8v lampu merah namun nyala redup
- diemin skitar 2-3jam langsung lampu merah nyala terang di 13.8v
- ane matiin d si AUTOMAC dan pasang kembali aki ke motor


Resultnya .. .. voltmeter KOSO menunjukkan angka 12.6-12.7v ..

mantaaPPPPPPPPP











*pertanyaan saya: kenapa pas indikator full AUTOMAC ud nyala merah terang di 13.8v namun ketika terpasang di motor,voltmeter KOSO menunjukkan selisih 1volt lebih rendah ya ..

(apa karena voltmeter KOSO saya utk mengecek voltasi tidak lgs ditempel kabel + dan - ke kutub aki ya )
(atau indikator dr AUTOMAC yang kurang akurat terhadap kondisi aki sebenarnya )
Quote:Original Posted By FJBhunter


makasih ya gan' .. akhirnya AUTOMAC udah sampe rabu sore di rmh ane ..

- mantap dapat diskon 10rb dr TS .. :
- respons via sms cepat dr TS .. :

Tadi sore pun lgs saya tester saja ke aki mtr YUASA tipe: YTX9-BS dgn spek: 12v 8ah

maklum deh..mtrnya jarang nyala paling sebulan 3-4x pake,hahaha .. .. dr thn 2009 beli,odometernya aja baru 5rb-an km ..

Kondisi aki saat kunci kontak ON (mesin tidak nyala) menunjukkan > 12v (saya pasang voltmeter KOSO di mtr tsb soalnya )

- langsung aja ane cas pake AUTOMAC,power ON
- indikator AUTOMAC menunjukkan 13.8v lampu merah namun nyala redup
- diemin skitar 2-3jam langsung lampu merah nyala terang di 13.8v
- ane matiin d si AUTOMAC dan pasang kembali aki ke motor


Resultnya .. .. voltmeter KOSO menunjukkan angka 12.6-12.7v ..

mantaaPPPPPPPPP



*pertanyaan saya: kenapa pas indikator full AUTOMAC ud nyala merah terang di 13.8v namun ketika terpasang di motor,voltmeter KOSO menunjukkan selisih 1volt lebih rendah ya ..

(apa karena voltmeter KOSO saya utk mengecek voltasi tidak lgs ditempel kabel + dan - ke kutub aki ya )
(atau indikator dr AUTOMAC yang kurang akurat terhadap kondisi aki sebenarnya )


selamat ya gan, semoga awet, AUTOMAC ada proteksi garansi kok gan

indicator AUTOMAC dibuat seakurat mungkin gan, tapi gak ada yang sangat akurat gan, logis aja, kalaupun ada perbedaan real maks 0,1 - 0,5 volt. Itupun banyak X-faktor gan, seperti jenis aki, kondisi aki, kondisi air aki, dsb.

kalau lampu merah menyala terang itu baru masuk step hampir full gan, jika kondisi aki udah full charge lampu merah menyala terang dan lampu hijau mati (yang berarti proses charging udah auto cut off), tegangan aki antara 13,5 - 14,3 volt (tergantung jenis dan kondisi aki)

kalau lampu merah menyala terang dan lampu hijau belum mati, tegangan aki antara 13 - 13,5 volt (tergantung jenis dan kondisi aki)

kalau lampu merah masih menyala redup, tegangan aki masih di bawah 13 volt
.
gitu gan, mohon doanya semoga lancar ya gan
Quote:Original Posted By automac


selamat ya gan, semoga awet, AUTOMAC ada proteksi garansi kok gan

indicator AUTOMAC dibuat seakurat mungkin gan, tapi gak ada yang sangat akurat gan, logis aja, kalaupun ada perbedaan real maks 0,1 - 0,5 volt. Itupun banyak X-faktor gan, seperti jenis aki, kondisi aki, kondisi air aki, dsb.

kalau lampu merah menyala terang itu baru masuk step hampir full gan, jika kondisi aki udah full charge lampu merah menyala terang dan lampu hijau mati (yang berarti proses charging udah auto cut off), tegangan aki antara 13,5 - 14,3 volt (tergantung jenis dan kondisi aki)

kalau lampu merah menyala terang dan lampu hijau belum mati, tegangan aki antara 13 - 13,5 volt (tergantung jenis dan kondisi aki)

kalau lampu merah masih menyala redup, tegangan aki masih di bawah 13 volt
.
gitu gan, mohon doanya semoga lancar ya gan


ooo ... bgituuuu .. ... terima kasih untuk info nya gan'
jadi semakin paham sama produknya .. jadi memang produknya bekerja dengan sangat baik dan normal .. :

barusan ane pake tester,aki lain tipe Yuasa YTZ5S,kapasitas 12v 3.5ah

ane colok lg si Automac ke kutub aki (kabel stop kontak belom dicolok),langsung indikator Automac nyala warna hijau di 3v

ane colok lah kabelnya ke stopkontak,dan tekan tombol ON,langsung proses pengisian berlangsung,
warna hijau meredup (tetap nyala) dan warna merah di 13.8v juga nyala redup,eehhehee ..
Quote:Original Posted By FJBhunter


ooo ... bgituuuu .. ... terima kasih untuk info nya gan'
jadi semakin paham sama produknya .. jadi memang produknya bekerja dengan sangat baik dan normal .. :

barusan ane pake tester,aki lain tipe Yuasa YTZ5S,kapasitas 12v 3.5ah

ane colok lg si Automac ke kutub aki (kabel stop kontak belom dicolok),langsung indikator Automac nyala warna hijau di 3v

ane colok lah kabelnya ke stopkontak,dan tekan tombol ON,langsung proses pengisian berlangsung,
warna hijau meredup (tetap nyala) dan warna merah di 13.8v juga nyala redup,eehhehee ..


terimakasih doa dan cendolnya gan
Short-Circuit Protections

itu diatas gunanya bwat apaan gan' ..
apa bisa proteksi kalau polarity nya terbalik saat dipasang ke kutub aki ??
Quote:Original Posted By dbimoetz
Short-Circuit Protections

itu diatas gunanya bwat apaan gan' ..
apa bisa proteksi kalau polarity nya terbalik saat dipasang ke kutub aki ??


bisa gan

short-circuit protections :
1. mencegah massive damage akibat korsleting listrik
2. mencegah kerusakan aki dan kerusakan circuit saat terminal (kutub) positive dan negative charger terbalik saat pemasangan.

dicoba aja gan, pasang terminal (kutub) positive & negative automac dipasang terbalik, gak apa2 kok gan, dengan catatan tidak terlalu lama dan untuk kejadian yang tidak di sengaja. kalau seharian ngecas dengan posisi terminal (kutub) terbalik ya pasti berasap juga gan circuitnya, logis aja lah, bagaimana alat akan bekerja normal kalau cara penggunaannya salah

walaupun ada proteksi pemasangan terminal (kutub) yang terbalik, tetapi sangat tidak disarankan. sebaiknya tetap teliti sebelum memasang terminal (kutub) charger ke aki jangan sampai terbalik. soalnya kerusakan akibat hangusnya (berasapnya) circuit oleh sebab pemasangan terminal (kutub) charger ke aki yang terbalik mengakibatkan gugurnya garansi, alias gak bisa klaim garansi