pickupshieldAvatar border
TS
pickupshield
Solusi Noise Gitar Listrik karena Gelombang Radio/Listrik/HP
sebelumnya perkenalkan kami ingin memperkenalkan tehnik dan bahan yang mungkin belum begitu banyak diterapkan pada gitar elektrik dengan tujuan menghilangkan noise...

Noise yang timbul pada gitar elektrik, baik single coil maupun humbucker biasanya ditemukan dengan melepas kabel secara sistematis berdasarkan urutan seperti gambar dibawah ini. Jika noise timbul diantara titik 1 dan 6, berarti noise disebabkan oleh kabel, atau efek, solusinya adalah ganti atau perbaiki kabel/efek.

noise yang terdengar pada ampli maupun recording, biasanya disebabkan pada titik kontak
(jack/connector) maupun antar dua titik yang berdekatan seperti
gambar diatas (kabel, efek, atau gitar dan ampli).

Jika noise ternyata timbul karena gitar itu sendiri, berupa noise atau buzz yang bisa hilang dengan menyentuhkan jari pada string atau bridge. Noise atau buzz semacam ini timbul karena wiring yang kurang tepat.

Banyak juga noise yang timbul karena gangguan gelombang elektromagnetik atau Electro Magnetic Interference/Radio Frequency (EMI/RF), seperti buzz yang timbul karena gitar berada didekat aliran listrik, pemancar radio, neon panggung, microwave, layar monitor komputer hingga handphone yang menimbulkan suara "teretet..teretet..teretet.." pada amplifier.

EMI/RF sendiri dapat dihilangkan dengan metode shielding, atau memberikan shield paint pada pickup cavity dan covernya. Namun karena sumber EMI/RF sendiri terdiri dari banyak jenis dan frekuensi, dimana setiap sumber memerlukan bahan khusus untuk mem-blok frekuensi tersebut, hal ini menyebabkan bahan shielding tertentu bagus untuk menghilangkan noise dari frekuensi radio, namun lemah dalam menghambat frekuensi hand phone, dan sebaliknya mineral lain seperti mangan, silver dan nickel akan efektif untuk frekuensi tertentu pula. Carbon biasa hanya optimal untuk menghambat hingga jangkauan frekuensi gelombang radio, karena itu kami menggabungkan beberapa mineral lain untuk meningkatkan keefektifan shield paint ini.

untuk menahan radiasi atau noise dari sumber EMI/RF yang berbeda, diperlukan bahan yang berbeda pula.

Shield Paint yang kita pergunakan (dan produksi) dirancang untuk mem-blok range frekuensi yang cukup luas, dari frekuensi radio hingga microwave (dan beberapa tipe radar..) atau singkatnya, hampir semua frekuensi yang "umum" menimbulkan noise dapat di blok dengan sempurna sehingga anda dapat bermain di berbagai kondisi dengan santai, tanpa terganggu noise.

semoga membantu emoticon-Smilie
Diubah oleh pickupshield 10-01-2013 13:27
0
10.6K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan