Kebun Raya Bogor, Objek Wisata Botani Tertua di Asia


Kebun Raya Bogor, siapa yang tidak kenal dengan nama Kebun Raya Bogor ? Kebun Raya Bogor merupakan salah satu objek wisata observasi alam yang berlokasi di pusat jantung Kota Bogor, Jawa barat, Indonesia. Berjarak kurang lebih 63 km dari pusat Ibu Kota Jakarta.


Dari beberapa sumber informasi yang penulis dapatkan, Kebun Raya Bogor memiliki area seluas 80 hektar serta dipenuhi pepohonan dengan 15.000 jenis koleksi pohonan dan tumbuhan. Dan tercatat sebagai kubun botani tertua di Asia.

Kebun Raya Bogor sangat cocok sebagai tempat untuk kegiatan wisata edukasi observasi alam. Dari pengamatan penulis dilokasi, lokasi Kebun Raya Bogor juga terdapat museum hewan (museum zoologi), perpustakaan, koleksi anggrek, serta pusat riset dan pengembangan biologi.

Dimana ribuan koleksi spesies tanaman tropis dikelompokan sesuai jenisnya, misalnya dari spesies keluarga palem, bambu, jahe, dan pastinya pohon tua yang langka dan umurnya mencapai ratusan tahun kita dapat jumpai di Kebun Raya Bogor.

Koleksi tanaman dari zaman penjajahan Inggris dan Belanda semuanya ada di Kebun Raya Bogor ini. Jadi jangan heran bila kita berkunjung di lokasi Kebun Raya Bogor ini kita akan menemukan tanaman pohon dan tumbuhan yang usianya sudah tua, bahkan sudah langka sekalipun.

Pengalaman penulis pada saat membawa rombongan wisata observasi alam ke lokasi Kebun Raya Bogor, merupakan even perjalanan yang tidak penulis sia-siakan. Pada saat peserta wisata mengerjakan segala tugas aktivitas yang diberikan kepada gurunya untuk mengerjakan Lembar Tugas Sekolah. Maka, waktu luang yang penulis miliki untuk mencari lebih banyak tahu dari lokasi Kebun Raya Bogor ini pun penulis pergunakan secara maksimal.

Dimulai dari sebuah kantor pusat informasi Kebun Raya Bogor, penulis mencoba untuk berkenalan dengan beberapa nara sumber yang dapat penulis ajak bicara ringan dan santai untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk penulis tuangkan dalam sebuah artikel tulisan di website blog ini.

Informasi sejarah.......
Awalnya Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari hutan buatan yang telah ada pada masa Prabu Siliwangi (1474-1513) dari Kerajaan Sunda (sumber : Prasasti Batutulis). Taman ini dibuat dengan maksud untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan di jadikan untuk memelihara benih-benih kayu langka pada saat itu.

Hutan buatan ini sempat terlantar setelah Kerajaan Sunda ditaklukan oleh Kesultanan Banten. Berkembang kembali pada pertengahan abad ke-18, ketika Gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudut hutan buatan ini.


Awal Dibangunnya Kebun Raya Bogor.......

Pada tahun 1800-an, Gubenur Jenderal Thomas Stamford Raffles ternyata pernah tinggal di Istana Bogor yang lokasi tidak jauh dari Kebun Raya Bogor ini. Beliau sangat tertarik untuk mengubah halaman Istana Bogor menjadi kebun yang cantik. Dengan dibantu para akhli botani, maka berdirilah taman yang bergaya Inggris klasik. Salah seorang yang ikut mendesain Kebun Raya Bogor adalah W. Kent, dia adalah orang yang ikurt membangun Kew Garden di London, Inggris.

Pada tahub 1814, Olivia Raffles (istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles) meninggal dunia dan dimakamkan di Batavia. Untuk mengenang Ibu Negara Jawa pada saat waktu itu, maka didirikanlah sebuah Monumen Lady Raffles. Dimana monumen tersebut berada di dalam salah satu area Kebun Raya Bogor hingga sekarang.

Kebun Raya Bogor diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817 dengan nama "s'Lands Plntentuin Buitenzorg". Dalam perjalanan sejarahnya Kebun Raya Bogor mempunyai beberapa nama dan julukan. Antara lain : s'Lands Plantentuin, Syokubutzuer (pada zaman pendudukan Jepang), Botanical Garden of Buitenzorg, Botanical Garden of Indonesia, Kebun Gede, Kebun Jodoh, dan Kebun Tete.

Nama-nama julukan yang unik, yang disandang oleh lokasi Kebun Raya Bogor ini. Hal ini membuat penulis tertawa geli dalam hati. Namun, karena yang diajak bicara adalah orang yang lebih tua maka, penulis mencoba menahan rasa ingin tertawa lepas mendengar beberapa nama julukan yang disebutkan oleh salah seorang nara sumber tersebut.

Belum sampai puas obrolan penulis dengan beberapa nara sumber di kantor informasi Kebun Raya Bogor dengan ditemani makanan gorengan dan kopi yang penulis pesan dari pedagang yang terdapat di halaman depan pagar pintu masuk Kebun Raya Bogor. Obrolan harus terhenti dengan waktu berakhirnya rombongan melakukan wisata observasi di lokasi Kebun Raya Bogor ini. Dan harus melajutkan rangkaian perjalanan wisata menuju lokasi lain.

Yang terpenting pada saat kita akan melakukan wisata di lokasi Kebun Raya Bogor ada beberapa tips
Usahakan agar memnggunakan pakaian lengan panjang, atau pergunakanlah lotion anti nyamuk untuk melindungi kulit kita dari gigitan serangga.
Bawalah topi, air dan makanan secukupnya. Karena di dalam area tidak terdapat orang berjualan makanan.
Bagi yang tidak membawa bekal air dan makanan, kita bisa coba mampir ke salah satu cafe yang terdapat tidak jauh dari lokasi pintu masuk untuk mencoba makanan khas Sunda.

Waktu Berkunjung Kebon Raya Bogor : Pukul 08:00-17:00
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor ; Rp. 9.500,- / orang


Bagi Anda yang hadir dengan menggunakan pesawat terbang. Tujuan tempat landing peawat yang adan perlu ketahui adalah Bandara Soekarno - Hatta. Dari sana Anda bisa menggunakan Bus Damri Airport untuk tujuan Bogor. Lama perjalanan dari Airport Soekarno-Hatta ke bogor kurang lebih 2 jam (bila lancar). Setelah sampai di Bogor, anda dapat menggunakan taksi untuk mencari alamat hotel atau pun penginapan yang Anda telah pesan melalui reservasi online.

Dan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau pun taksi. Anda dapat menuju lokasi ini dengan mudah melalui akses jalan Toll Jagorawi arah keluar pintu Toll Bogor. Setelah lampu merah Baranangsiang, ambillah arah kanan. Dan tidak berapa jauh Anda akan menemukan lokasi Kebun Raya Bogor ini.

Semoga pengalaman perjalanan wisata penulis dilokasi Kebun Raya Bogor ini, dapat menjadi sebuah refrensi perjalanan wisata para sahabat-sahabat semua pada saat hadir di Kota Bogor. Dan jangan lupa bila main dilokasi Kota Bogor beli makanan asinan Bogornya juga ya ! Dan Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.

Sumber : Viva

HT ane ke 3 (tiga) Gan di bulan Januari 2013
Spoiler for Hot Thread ke 3 (tiga):


Tambahan Inpoh dari agan-agan
Spoiler for Tambahan Info dari agan-agan:
sayang kagak dirawat ama negara
Dalam perjalanan sejarahnya Kebun Raya Bogor mempunyai beberapa nama dan julukan. Antara lain : s'Lands Plantentuin, Syokubutzuer (pada zaman pendudukan Jepang), Botanical Garden of Buitenzorg, Botanical Garden of Indonesia, Kebun Gede, Kebun Jodoh, dan Kebun Tete.
tertua di asia tp klo ga di rawat lama2 jd trburuk se asia..
indonesia kaya keindahan alam tp jarang ada yg sayang..
murahh meriah
emang harus dirawat, banyak spot"nya yang kotor
waduh, kira-kira klo kita masuk pasti disambut dg pemandangan nan hijau dan udara sejuk
Semoga tetap lestari
ane juga pernah kesitu gan...
keknya pic nya ga nyambung tuh gan... itu kan Rusa di Istana Bogor , ane punya beberapa buat tambahan aja...
Spoiler for "Tugu Lady Raffles":

Spoiler for "Pohon Raja":

Spoiler for "Jembatan Gantung":


kalo berkenan taruh di depan gan
Sayang Ga kerawat gan..

Btw calon HT nih kynya
Quote:Original Posted By patriawi
sayang kagak dirawat ama negara


iya gan

Kebun Raya Bogor

Nice inpoh gan....
Tapi setau ane luasnya 87 hektare deh....
Menjaga dan melestarikan Kebun Raya ini juga merupakan tanggung jawab kita semua koq, contohnya dengan tidak membuang sampah sembarangan di areal Kebun Raya Bogor, karena sejauh ini Kebun Raya Bogor merupakan jantung kota Bogor... Mari kita lestariakan......
ane yang orang bogor aje kesana kalau olahraga doang dulu
paling lewatin doang di sampingnya
kapan2 kesana ah
bisa masuk mobil kan yak?
Quote:Original Posted By bgr-krz
ane yang orang bogor aje kesana kalau olahraga doang dulu
paling lewatin doang di sampingnya
kapan2 kesana ah
bisa masuk mobil kan yak?

Hahahaha.... udah biasa gan, kalo orang asli Bogor pasti bisa kehitung jari deh berapa kali maen ke kebun raya.....

Setau ane mobil bisa masuk gan, kecuali mingu dan tanggalan merah deh...

Khan ada mobil wisata nya juga gan, kalo gag salah 10rb sekali perjalanan, tapi kita dipandu sama "driver" nya....
Quote:Original Posted By ndr35

Hahahaha.... udah biasa gan, kalo orang asli Bogor pasti bisa kehitung jari deh berapa kali maen ke kebun raya.....

Setau ane mobil bisa masuk gan, kecuali mingu dan tanggalan merah deh...

Khan ada mobil wisata nya juga gan, kalo gag salah 10rb sekali perjalanan, tapi kita dipandu sama "driver" nya....


Kek nya si agan tau banget ama kebun raya, ada perpusnya nggak gan? kalo ada boleh gak ane pinjem buku disitu gan? ...
Quote:Original Posted By djuhdie


Kek nya si agan tau banget ama kebun raya, ada perpusnya nggak gan? kalo ada boleh gak ane pinjem buku disitu gan? ...



Lah di postingan awal juga dah dikasiy tau gan, ada perpusnya juga...
Ya, ane mah sering baca-baca aja di koran, kadang di blog2, malahan di webnya Kebun raya ada lah sedikit pengetahuan mengenai Kebun Raya
Tapi napa TS nya blom muncul ya gan?
oh iya gan ...ane kelewat bacanya..maklum dah berusia hehehe..... kapan2 ane ke tkp ah
kek nya TS lg mojok di kebun raya nih
abis dari sana kemaren
Quote:Original Posted By ndr35

Hahahaha.... udah biasa gan, kalo orang asli Bogor pasti bisa kehitung jari deh berapa kali maen ke kebun raya.....

Setau ane mobil bisa masuk gan, kecuali mingu dan tanggalan merah deh...

Khan ada mobil wisata nya juga gan, kalo gag salah 10rb sekali perjalanan, tapi kita dipandu sama "driver" nya....


yah gimana ya gan, haha kaya taman kota aja gitu jadi ya biasa aja
padahal diliat dari sempur ke arah kebun raya bagus bener +bersih tapi sepi jadi aga ngeri
kapan2 kesana dah
tapi klo malem2 ngeri juga disitu
banyak spot2 yg bikin
wah...masuk sini terakir pas masih sd kalo gak salah ...itu berapa puluh taun yg lalu ya ?

dulu pas smp sih sering jalan....di sampingnya doang tapi,, kalo lagi jalan dari kejaksaan - internusa ....pemandangannya bagus kok, pohon segede2 gaban.
wah ane malah blon pernah masuk sini..
ntar kalo senggang main ah...
Quote:Original Posted By bgr-krz


yah gimana ya gan, haha kaya taman kota aja gitu jadi ya biasa aja
padahal diliat dari sempur ke arah kebun raya bagus bener +bersih tapi sepi jadi aga ngeri
kapan2 kesana dah
tapi klo malem2 ngeri juga disitu
banyak spot2 yg bikin


Hehehe......ah sia agan mah, aneh2 ae.... sepi itu kalo pas malem kali gan. Siang mah daerah situ penu sama pasangan muda-mudi, bapak-ibu, malahan pasangan kakek-nenek......