Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vanbizkitAvatar border
TS
vanbizkit
Wanita lebih cepat dewasa dari pada pria
Udah coba search dan ane yakin ga repostemoticon-Cendol (S)



Wanita lebih cepat dewasa
Dibandingkan dengan kaum laki-laki, wanita memang lebih cepat dewasa. Wanita lebih mudah mengatur kesejahteraan psikologis mereka dibanding laki-laki setelah masa remaja.
Peneliti dari Departemen Psikologi Univercity of Alberta, Kanada Nancy Galambos mencoba mempelajari bagaimana remaja usia 18 sampai 25 tahun melakukan transisi dari remaja ke dewasa.
Menurut penelitian tersebut dikatakan perempuan memiliki tingkat yang lebih tinggi untuk gejala depresi dan rendah harga diri dibanding laki-laki seusia mereka.
Remaja merupakan tahap transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dengan dewasa secara penuh. Seiring bertambahnya waktu,
secara biologis mereka mengalami perubahan menjadi orang dewasa. Tetapi secara emosional bisajadi tidak sepenuhnya matang.
Hasil lainnya menunjukkan, meskipun mereka sudah menjadi dewasa dan dihadapkan dengan keragaman pilihan hidup, wanita terlihat lebih mudah berdamai dengan diri mereka sendiri ketika menginjak usia 20-an.
Penelitian lainnya yang diumumkan dalam Journal Developmental Psychology menambahkan kalau kemampuan mengatur psikologis dalam diri wanita menjadikan wanita lebih mudah menerima kesetaraan gender yang biasanya bergejolak pada masa remaja.
Saat remaja laki-laki lebih membeda-bedakan mana yang memang pantas dilakukan laki-laki dan mana yang hanya pantas dilakukan oleh wanita.
"Fakta bahwa wanita muda lebih cepat dewasa dibanding laki-laki muda memang sudah sering kita dengar, tapi penelitian ini adalah kejutan yang bisa melengkapi cerita yang ada," ujar Galambos.



Wanita lebih cepat tua
Untuk masalah usia, rata-rata wanita memiliki angka harapan hidup lebih tinggi di beberapa negara, artinya usia para wanita lebih panjang dibanding pria. Namun untuk masalah otak ternyata sebaliknya.

Wanita lebih rentan mengalami penurunan kemampuan otak dan lebih besar kemungkinannya terserang Alzheimer. Peneliti berhasil mengetahui apa yang melandasi kecenderungan ini, yaitu stres. Pada wanita, stres membuat otak lebih cepat mengalami penuaan dibanding pada pria.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa bagian tubuh mengalami penuaan dengan proses dan waktu yang berbeda-beda pada setiap orang.

Ketika menua, beberapa gen lebih aktif sementara gen lainnya kurang begitu aktif. Perubahan aktifitas ini dapat dipantau lewat 'transkriptome', yaitu dengan cara mengumpulkan data dari semua RNA atau substansi yang membawa instruksi DNA pada sel.

Tim peneliti dari berbagai negara seperti Australia, Cina, Jerman, dan Amerika Serikat berkolaborasi untuk menganalisis transkriptome dari 55 orang pria dan wanita dalam berbagai usia. Dalam laporan yang dipublikasikan jurnal Aging Cell, para peneliti mengaku terkejut dengan apa yang mereka temukan.

Peneliti juga mengamati area otak yang disebut gyrus frontalis superior (SFG) yang terletak di korteks prefrontal.

Ternyata ditemukan perbedaan yang mencolok antara kedua jenis kelamin berkaitan dengan pertambahan usia. Perubahan ekspresi area otak yang berkaitan dengan penuaan pada wanita lebih cepat dibandingkan pada pria.

"Perubahan yang terjadi termasuk menurunnya produksi energi dan fungsi saraf, serta meningkatnya regulasi dan respons kekebalan tubuh. Hal ini merupakan ciri khas utama dari penuaan otak. Dengan kata lain, kami menemukan bahwa otak wanita mengalami penuaan lebih cepat daripada pria, terutama di bagian korteks prefrontal," kata peneliti seperti dilansir Medical Daily, Kamis (2/8/2012).

Temuan ini mengejutkan peneliti. Pasalnya, mereka awalnya menduga area otak tersebut akan lebih lambat mengalami penuaan atau bahkan terhambat prosesnya pada wanita.

Di area gyrus frontalis superior, peneliti menemukan terdapat perbedaan ekspresi 667 gen pada pria dan wanita selama proses penuaan. Sebanyak 98 persen di antaranya berkaitan dengan proses penuaan yang lebih cepat pada wanita.

Para ilmuwan tidak yakin jika penyebabnya dikarenakan perbedaan biologis. Alasannya, setengah dari perempuan menunjukkan proses penuaan yang makin dipercepat.

Oleh karena itu peneliti menuduh penyebabnya adalah faktor stres. Sementara itu, seorang peneliti yang tidak ikut dalam penelitian menuduh cepatnya penuaan otak pada wanita lebih disebabkan oleh peradangan.



Wanita lebih sering menangis
Sebagai bentuk ekspresi emosi, menangis bisa menunjukkan seseorang itu merasa sangat senang atau sangat sedih, tapi sebenarnya ada banyak fakta unik dan menarik lainnya tentang menangis yang mungkin belum kita ketahui. Menurut Fit Sugar, setidaknya ada delapan fakta unik tentang menangis yang merupakan kesimpulan dari berbagai penelitian tentang menangis.

Jika wanita dianggap lebih mudah menangis, mungkin saja benar. Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali setahun. Tapi ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional, lebih lemah dibandingkan pria, dari fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada laki-laki memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada wanita. Sedangkan pada bayi, durasi normal menangis mereka antara 1 – 3 jam sehari.

Tentunya kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan menangis karena kita juga tidak bisa memprediksi emosi kita juga. Tapi menurut penelitian, kebanyakan orang menangis antara pukul 19.00 – 22.00.



emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh vanbizkit 07-01-2013 08:27
0
3.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan