KASKUS

Sasana Kusuma Bangsa - KOPASUS

TERUSKAN PERJUANGAN
KAMI TELAH BERI
APA YANG KAMI PUNYA




Setiap tugas adalah perjuangan yang dilakukan hanya demi pengabdian,
dan dalam setiap perjuangan diperlukan pengorbanan. Suatu pesan
yang telah diwariskan oleh generasi pendahulu prajurit-prajurit Baret
Merah, dengan kandungan makna harapan bahwa prajurit-prajurit
Kopassus senantiasa siap mengabdi dan rela berkorban secara tulus
dalam pelaksanaan tugasnya demi kejayaan NKRI meskipun harus
mempertaruhkan jiwa dan raganya. Nilai-nilai keprajuritan dan
kepejuangan senantiasa terus digaungkan dalam hati sanubari prajurit-
prajurit Baret Merah, sebagaimana tercermin dalam syair Hymne
Komando: “Pantang kan menyerah di medan laga... Lebih baik pulang
nama daripada gagal dalam tugas…”


Untaian kalimat tersebut bukan hanya sekedar semboyan namun telah dibuktikan dengan deretan nama di ‘Sasana Kusuma Bangsa’ Kopassus yang menunjukkan banyaknya prajurit-prajurit Baret Merah ini yang
telah gugur dalam memberikan dharma bhaktinya di berbagai medan penugasan selama perjalanan sejarah satuan. Semangat dan tekad untuk diwarisinya nilai-nilai keprajuritan dan kepejuangan para pendahulu Korps Baret Merah ini dapat dimaknai dari kalimat yang terpampang
jelas dan tegas di bagian tengah dinding Sasana Kusuma Bangsa Kopassus
tersebut.
OPERASI DI/TII JAWA BARAT (1954–1959)
PRAKA SYAMHARI NRP 207687.
PRAKA S. TOHIRA NRP 296434
PRATU NENE NRP 149984.
PRATU SUTRISNO NRP 208146.
PRATU ANHAR NRP 156118.



OPERASI PRRI PADANG (1958–1960)

MAYOR INF. R.A. FADILLAH NRP 15870.
SERMA MUNAJAT NRP 169715.
KOPKA SUMARDI NRP 164669.
KOPKA HUSEN ARKAWI NRP 207750.
KOPTU A.S. SIHOMBING NRP 163431.
PRAKA M. BUGIS NRP 290723.
PRAKA JUMARI NRP 156100.
PRATU SUDARSONO NRP 338015.
PRATU SARSITO NRP 338016.



OPERASI MERDEKA/PERMESTA MENADO (1958–1961)
LETDA INF. H. SITOMPUL NRP 296159.
PELTU J. TUGIMAN NRP 258454.
SERMA A. SAKRIM NRP 206790.
SERKA SA,AN NRP 207052.
SERKA JUDI NRP 158678.
KOPDA MISKAN NRP 168525.
KOPTU SDK. WARMA NRP 166568.
KOPTU SUMARTO NRP 128840.
KOPTU ABD. HAKIM NRP 283476.
KOPTU UKAR. B NRP 234651.
KOPTU P. WIJAYA NRP 169903.
KOPDA HADNA RUKANDA NRP 146818.
PRAKA TOHA NRP 296312.
PRADA M. KASMIN NRP 363207.
PRADA JAMAIN HANENG NRP 363433.
PRADA TATANG ALBANA NRP 363058.



OPERASI TRIKORA IRIAN BARAT (1962–1963)

LETTU INF. J. NASUTION NRP 297472.
LETDA INF. P. LAPU NRP 268031.
LETDA INF. ARIFN QADAR NRP 329349.
PELDA M. TATA NRP 154052.
PELDA CARKIAN NRP 129895.
SERKA MUSTOFA NRP 170364.
SERKA SABARUDIN NRP 129958.
KOPDA AMIN USMAN NRP 338122.
KOPDA SUKAMTO B. NRP 338058.
KOPDA M. LESTELUHU NRP 338125.
KOPDA SUHENDRO NRP 338061.
KOPDA HADIYATMO NRP 338039.
KOPDA E. MASKAN NRP 337977.
KOPDA GDE. JONG NRP 337974.
KOPDA SUROTO NRP 338012.
KOPDA NYOMAN SUWENTHAN NRP 338104.
KOPDA KASIMAN NRP 338029.
KOPDA SAIRIN NRP 337950.
PRAKA EMIN S. NRP 337998.
PRAKA M.DONG NRP 363436.
PRAKA SUKAWI NRP 363218.
PRAKA AMAT NRP 363223.



OPERASI DWIKORA KALIMANTAN (1964–1966)
PELTU E. SUKARNA NRP 303357.
PELDA B. SUKARMAN NRP 134473
SERTU M. DANI NRP 337971.
KOPKA RASMAN NRP 339668.
KOPKA M. ILYAS NRP 339423.
KOPKA JAMALUDIN MS. NRP 363013.
KOPTU NUR SLAMET NRP 368300.
KOPTU A. DAMHURI NRP 383429.
KOPTU F. SUNARTO NRP 360555.
KOPTU PAIMIN SARKO NRP 362943.
KOPTU SUDARDI NRP 363357.
KOPTU PAINO NRP 383103.
KOPDA JANAB NRP 363303.
KOPDA SUPARMAN NRP 363119.
KOPDA IRPAN NRP 363337.
KOPDA F.X. SUNARDI A. NRP 368160.
KOPDA TOSARI NRP 368157.
PRAKA TIMAN SUTARJI NRP 368267.
PRAKA SUKIRMAN NRP 430928.
PRATU ASHADI NRP 363374.
PRATU HADI MARYO NRP 368303.



OPERASI TUMPAS SULAWESI SELATAN (1964–1966)

KOPTU ALIDIN NRP 313469.
KOPDA SALEH NRP 363137.
KOPDA PV. GIMIN NRP 349207.
PRATU MUJI NRP 383169.



OPERASI PENUMPASAN G.30.S/PKI (1965–1967)

SERTU ASYIKIN NRP 283317.
SERTU T. SUKARNO NRP 363286.
KOPKA HERDI NRP 339432.
KOPKA DARMANTO NRP 333933.
PRAKA EF. MAKARAWUNG NRP 383439.



OPERASI WIBAWA IRIAN JAYA (1966–1969)

KAPTEN INF. A. HAZMI NRP 19989.
SERMA U. SAMBAS NRP 337978.
SERTU MASDUKI NRP 339215.
KOPTU K. KUNARSO NRP 334059.
KOPDA ASMAR NRP 362987.
KOPDA M. DAWAWI NRP 375120.



OPERASI SABER PGRS/PARAKU KALIMANTAN (1967–1973

PELDA SUPANGAT NRP 134258.
SERTU H.E. BUR NRP 349179.
SERTU SUTOPO HUTOMO NRP 375353.
SERTU SUYOSO NRP 333953.
SERDA SUPRIYADI NRP 363086.
KOPKA MUIS IMBERU NRP 283052.
KOPKA ACHMAD NRP 339456.
KOPTU SARNO NRP 368180.
KOPTU SUPARTO NRP 348311.
KOPTU ROHYAT ROHADI NRP 385032.
KOPTU SUHARNO NRP 400341.
KOPTU SUMARJO NRP 348287.
KOPDA MARJONO NRP 368146.
PRAKA SARMAN NRP 339170.
PRATU W. SETIAWAN NRP 384270.
PRATU M.K. SUTISNA NRP 386063.
PRATU M. CHOLIS NRP 385741.
PRATU ROHADI WALUYO NRP 385753.
PRATU SUMARDI A. NRP 358777.
PRATU MARDI B. NRP 385775.
PRATU SUMARGONO NRP 385761.
PRADA MUJIONO NRP 384411.
PRADA AKIL NRP 384458.
PRADA A. BARNAS NRP 384218.
PRADA TIMBUL M. NRP 520736.



OPERASI KEAMANAN DI IRIAN JAYA (1969–2005)

LETTU INF. GUSIS NRP 385739.
LETDA INF. MALUSE NRP 337021.
SERKA NANDANG ZAINUDDIN NRP 508140.
SERTU MASDUKI NRP 339215.
SERTU SUROTO NRP 503373.
SERDA WANI NRP 612918.
SERDA ZULKARNAIN NRP 31920537650471.
PRAKA SUDIRMAN NRP 31950508300874

OPERASI SEROJA & KEAMANAN DI TIMOR TIMUR (1975–1999)
LETKOL INF. ATANG SUTRESNA NRP 20341.
LETKOL INF. ELLA BAJURI NRP 21203.
MAYOR INF. NICO TUMATAR NRP 23336.
MAYOR INF. SADJIJO NRP 400272.
MAYOR INF. BALAI GINTING NRP 25353.
MAYOR INF. MARTONO NRP 28518.
KAPTEN INF. SUTOSMA NRP 27940.
KAPTEN INF. B. SUDARYANTO NRP 363184.
LETTU INF. ABIDIN MADA NRP 297119.
LETTU INF. U. BUDI KARYAWAN NRP 29274.
LETTU INF. ADE SUWANDA NRP 29637.
LETTU INF. E. WILLIAM F. NRP 29674.
LETDA INF. PRIHASTONO NRP 30932.
LETDA INF. TUKIMAN NRP 338040.
LETDA INF. Y. SUNARPO NRP 338016.
PELTU SUYITNO NRP 339547.
PELTU YULIUS DATA NRP 454042.
PELDA K. NGADINO NRP 368217.
PELDA SUDIRNO NRP 349172.
PELDA SUKARNO NRP 368164.
PELDA B. WAGIMO NRP 374248.
PELDA WASIMAN NRP 33971781275.
PELDA K. MALIK NRP 334716.
PELDA UDIN S. NRP 376504.
SERMA SURODIYONO NRP 349171.
SERMA SAGIYO NRP 368065.
SERMA TAMIR NRP 3666641.
SERKA MADRAIS NRP 385871.
SERKA SUDJIYONO NRP 524114.
SERKA HS. MUNANDAR NRP 366688.
SERTU OMO ATMARI NRP 65446120227.
SERTU RY. SUTEJO NRP 386105.
SERTU TASWAN NRP 389759.
SERTU IW. RIJA NRP 624364403.
SERTU ATA MAMAN NRP 384251.
SERTU ABIDIN OMAN NRP 385128.
SERTU PRAYITNO NRP 385071.
SERTU OK. TANGIBILANG NRP 492671.
SERTU SUROSO NRP 505647.
SERTU DAMANHURI NRP 384323.
SERTU TADIUS SAMBOAN NRP 500165.
SERTU M. SURYANTO NRP 500225.
SERTU SUDADI NRP 505880.
SERTU SUHERMAN NRP 500096.
SERTU GORDON HUTASOIT NRP 500225.
SERTU A. DJUANDA NRP 503079.
SERTU S. SIHOMBING NRP 524098.
SERTU SUKARJO NRP 384867.
SERTU SYAID NRP 396235.
SERDA E. SUPARMAN NRP 384956.
SERDA SYAMSI NRP 624464055.
SERDA MAHFUD NRP 386025.
SERDA ISMAIL M. NRP 654685026.
SERDA O. RAHMAN NRP 384936.
SERDA SAMAUN NRP 368362.
SERDA KARSUM NRP 38457.
SERDA KAMIN S. NRP 384877.
SERDA RAMDHONI NRP 384981.
SERDA IMAM DAROINI NRP 503513.
SERDA DADANG MASDUKI NRP 505657.
SERDA B. IRIANTO NRP 506488.
SERDA F. RABUMAN NRP 363438.
SERDA A.DAHLAN NRP 384931.
SERDA KIDAM NRP 368195.
SERDA MO. SUTISNA NRP 385138.
SERDA TARMAN NRP 384901.
SERDA PARJONO NRP 386074.
SERDA E. DUYEH NRP 384366.
SERDA SUNGKONO NRP 385688.
SERDA ASMUNI K. NRP 385780.
SERDA JAENUDIN NRP 3920624280171.
SERDA SURAT NRP 664811540.
SERDA ASHURI NRP 385978.
SERDA ENCANG NRP 385086.
SERDA SULAYAR NRP 584344.
SERDA DARSUM NRP 385860.
SERDA SUDIMAN NRP 385977.
SERDA KANDI SUKARNA NRP 385086.
SERDA F. KABARESI NRP 604043111.
SERDA SUWITO NRP 503220.
SERDA PRAYITNO NRP 497770.
SERDA K. SUTISNA NRP 384886.
SERDA A. WAHID NRP 386029.
SERDA WALJIYO NRP 363107.
SERDA RIDWAN E. NRP 385070.
SERDA A.HIDAYAT NRP 384999.
SERDA SUMEDI NRP 400287.
KOPTU SUPRIYANTO NRP 538027.
KOPTU LA ODE NIMAI NRP 538037.
KOPTU SARINO NRP 524925.
KOPTU D. PANJAITAN NRP 505387.
KOPDA WARDJIMAN NRP 506280.
KOPDA YAMIN NRP 516426.
KOPDA SUCIPTO NRP 512930.
KOPDA RUSBANDI NRP 594440.
KOPDA SUHADI NRP 506841.
KOPDA ARDIN NRP 569117.
KOPDA SUTIYONO NRP 506013.
KOPDA SUYANTO NRP 524416.
KOPDA SUKARNO NRP 524168.
KOPDA AGUSTINUS NRP 508097.
KOPDA UDIN SYAMSUDIN NRP 506229.
KOPDA SISTIYONO NRP 506460.
KOPDA DEDY IRIANDI NRP 506277.
KOPDA NURODIN NRP 8161197214.
KOPDA SUKASNO NRP 505997.
KOPDA ANSORI NRP 497788.
KOPDA SUPARLAN NRP 506196.
PRAKA AGUS SAMI NRP 623829.
PRAKA ARIF MARGONO NRP 625267.
PRATU RUBADI NRP 76557143775.
PRATU SUBIYANTO NRP 76557143775.
PRATU MUHZIDIN NRP 501477.
PRATU TARMUDJI NRP 549449.
PRATU DARMIL NRP 512949.
PRATU SARWANI NRP 637962.
PRATU SUPRIYONO NRP 7860169106.
PRATU SUTARWO NRP 7960175721.
PRATU A. DWI PRAMONO NRP 524170.
PRATU SUBAGIYO NRP 505722.
PRATU S. SUGIYANTO NRP 505551.
PRATU ZARMUJI NRP 505532.
PRATU E. PALAWANCE NRP 537962.
PRATU TRUBUS NRP 537962.
PRATU MACHRUD NRP 503771.
PRADA RAMLA NRP 796017572.
PRADA SUYATNO NRP 7858169650.
PRADA BUDI WIYONO NRP 7860161500.
PRADA SUWARSONO NRP 31960796480376
.


OPERASI PEMBEBASAN SANDERA PESAWAT GIA WOYLA
DI DONG MUANG BANGKOK, THAILAND (1981)

LETTU INF. AHMAD KIRANG NRP 363448.
OPERASI KEAMANAN DI ACEH (1991–2005)
KAPTEN INF. PARMINTO NRP 11960037250973.
KAPTEN INF. ABDURAHMAN NRP 11940020181071.
LETTU INF. TRIYUDI ANDIKA NRP 11000034150678.
LETDA INF. CINTAMAN SIRAIT NRP 567791.
SERKA MULYONO NRP 537865.
SERTU SUROTO NRP 505617.
SERTU UNTUNG S. NRP 21960094310374.
SERTU KASIM H. NRP 3910688630372.
SERTU D.A. TAREGA NRP 3930303821270.
SERTU SLAMET BUDIONO NRP 31930690890871.
SERTU I MADE SUKARMA NRP 21970144710475.
SERDA JOKO SANTOSO NRP 549422.
SERDA KARNO NRP 622135.
SERDA MAKSUM NRP 31940140270372.
SERDA IRENEUS LIWU NRP 31940657220674.
SERDA SUPRIYONO NRP 506745.
SERDA ABD AZIZ NRP 538036.
SERDA M. AMIRUDIN NRP 31930566070173.
SERDA LA PORO NRP 31930523330672.
KOPTU M. SABIRIN NRP 513085.
PRAKA SJUKRIA NRP 628097.
PRAKA AGUS SURYADINATA NRP 31960795490176.
PRAKA ROMDHON NRP 31960795490176.
PRAKA MARWANTO NRP 31990007400779.
PRAKA M. THOYIB NRP 31950460850176.
PRAKA YANTO NRP 31960405901075.
PRAKA WIHARTO NRP 31960804971276.
PRAKA TG. DALIMUNTHE NRP 31970346671276.
PRAKA RUSWANTO NRP 31960376610876.
PRAKA W. NAINGGOLAN NRP 31970325880875.
PRAKA AFRIANTO NRP 31969443360476.
PRAKA KHOERUL ANAM NRP 31970330080576.
PRATU WAHYUDI NRP 31960455080277.
PRATU SUHAIMI NRP 31970360920577.
PRATU JAHIDI NRP 31970372150778.
PRATU AGUS SUYONO NRP 31960375050876.
PRATU ARINTO W. UTOMO NRP 31960317970175.
PRATU SAIFUL ANWAR NRP 31960347831276.
PRATU ENDRO SETIAWAN NRP 31984008120778.
PRATU ROMATDI NRP 31960400950675.
PRATU ZULFAHMI NRP 31990009551079.
PRATU SUGIONO NRP 31980398551176.
PRATU S. PRASETIYO NRP 31980412650279.
PRATU M.D. SUKENDRO NRP 31990011440680.
PRATU HARTONO NRP 3199015980479.
PRADA PURWANTO NRP 31000778290578.
PRADA HEROIC TEGUH P. NRP 31010417771081.
PRADA ABDUL MUTE NRP 31010500490182.



OPERASI PEMBEBASAN SANDERA DI MAPENDUMA IRIAN JAYA (1996)
KOLONEL INF. AZP. GUSTIMIGO NRP 28885.
LETKOL INF. GUNAWAN PONCO A. NRP 30020.
KAPTEN INF. MOCH UMAR NRP 503291.
PELDA DJARWANTO NRP 503729.
SERKA RMT. SIMARMATA NRP 2910126490269.
SERTU PINTOYO NRP 619981.
PRAKA SETYONO NRP 39302722550970.



OPERASI PAM WIL AMBON DAN MALUKU UTARA (2000–2005)
SERTU PUTU EKA WAHYUDI NRP 21970162941077
SERDA ASROF NRP 31930691390971.
PRATU WAHYU MULYA NRP 31960438591075.

Teruskan Perjuangan, Kami Telah Beri Apa yang Kami Punya
Suatu pesan yang selalu diingat oleh seluruh prajurit Kopassus terhadap
atasan, rekan dan bawahan yang telah mendahului gugur di medan
operasi ini senan selalu tersimpan di dada dalam menerima setiap
penugasan operasi yang dipercayakan oleh bangsa dan negara secara
tulus dan ikhlas.

Perjalanan sejarah dan perkembangan Kopassus sejak awal berdirinya
hingga sekarang ini memperlihatkan bagaimana derap langkah serta
olah yudha prajurit-prajurit Korps Baret Merah dalam menjalankan
darma bhaktinya, menjaga, mengawal, dan mempertahankan kedaulatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Banyak keberhasilan
yang telah diperoleh, namun dibalik itu pula, masih cukup banyak
kekurangan dan kelemahan dalam melaksanakan tugas. Semua itu
menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi prajurit Korps Baret Merah
untuk terus memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme agar dapat
memberikan kontribusi terbaik bagi negara dan bangsa sesuai tugas
pokok yang dibebankan.

Korps Baret Merah lahir pada saat Ibu Pertiwi menghadapi masa-masa
sulit diusianya yang masih sangat muda. Sisa-sisa cengkeraman penjajah
Belanda yang merupakan wujud dari ‘ketidakrelaan’ melepaskan tanah
bekas jajahannya telah menghadapkan rakyat dan Pemerintah RI pada
berbagai aksi pemberontakan yang terjadi di berbagai daerah. Berangkat
dari pengalaman operasi penumpasan salah satu pemberontakan yaitu
RMS, atas prakarsa Letkol Inf Slamet Riyadi yang kemudian dilanjutkan
oleh Kolonel Inf A.E. Kawilarang, telah terbentuk Kesko TT.III/Siliwangi
pada tanggal 16 April 1952 yang merupakan embrio kelahiran pasukan
Baret Merah.

Sejak awal terbentuknya satuan ini, calon-calon prajurit komando
yang masih dalam pendidikan, sudah ikut diterjunkan menumpas
pemberontakan DI/TII di wilayah Jawa Barat. Pembenahan dan
pengembangan organisasi berjalan sejajar dengan tugas-tugas operasi
yang harus dilaksanakan, mulai dari KKAD, RPKAD, Menparkoad,
Puspassus, Kopassanda hingga tersusun dalam organisasi Kopassus
sebagaimana saat ini. Beberapa kancah penugasan operasi yang telah
dilalui prajurit-prajurit Baret Merah diantaranya yaitu di Sumatera
menumpas pemberontakan PRRI yang didukung kekuatan asing,
kemudian Sulawesi Utara, menghadapi Permesta yang memiliki kaitan
dengan pemberontakan PRRI. Prajurit-prajurit Baret Merah juga telah
menjalani ujian yang besar selama keikutsertaannya dalam pelaksanaan
Operasi Trikora, Operasi Pepera dan Operasi Keamanan di Papua
(Irian Jaya).

Pada Operasi Dwikora, prajurit Baret Merah dengan kemampuan
khususnya menghadapi gerilyawan dan pasukan khusus asing dalam
pertempuran di kawasan perbatasan Kalimantan Utara. Masih di
wilayah Kalimantan, pasukan satuan khusus ini telah diterjunkan untuk
menghadapi pemberontakan PGRS/Paraku yang merupakan gerakan PKI
Gaya Baru. Ketika terjadi pengkhianatan oleh PKI dengan G.30.S-nya,
prajurit-prajurit RPKAD secara bahu membahu dengan prajurit-prajurit
TNI lainnya telah mengukir keberhasilan sehingga konstitusi negara
RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 terhindar dari bahaya
Komunis. Dalam era pembangunan nasional, Korps Baret Merah terus
memberikan dharma bhaktinya dalam menjamin stabilitas keamanan
dengan peran sertanya dalam operasi-operasi keamanan di wilayah
Aceh, Irian Jaya, dan Timor Timur.

Drama pembajakan Pesawat DC-9 Woyla Garuda Indonesia tahun 1981
oleh kelompok Warman, kembali membuktikan kemampuan pasukan
Kopassus dalam melaksanakan operasi penanggulangan teror. Ketika
terjadi aksi penyanderaan Tim Peneliti Lorenz, yang didalamnya
terdapat tujuh warga negara asing, oleh kelompok GPK di Papua,
Kopassus bersama-sama pasukan TNI lainnya telah menunjukkan
kemampuan angkatan bersenjata Indonesia dalam melaksanakan operasi
pembebasan sandera yang sangat langka dan unik yaitu di medan hutan
belantara. Di bidang yang lain, Kopassus juga telah ikut mengibarkan
panji-panji dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional
dengan keberhasilannya menjadi Tim Pendaki pertama di Asia Tenggara
dan ketiga di jajaran angkatan bersenjata seluruh dunia yang berhasil
mencapai Puncak Mount Everest. Dengan kemampuannya di bidang
terjun payung, prajurit-prajurit Baret Merah telah berhasil memecahkan
rekor Asia terjun kerjasama formasi susun tegak dengan 17 payung.

Dinamika perjalanan dalam sejarah dan perkembangan Kopassus telah
mengharuskan prajurit-prajurit satuan ini untuk selalu mawas diri
dan terus meningkatkan profesionalismenya, agar senantiasa dapat
memberikan dharma bhaktinya yang terbaik dalam pengabdian kepada
bangsa dan negara baik di masa sekarang maupun di masa mendatang.
Akhirnya, dari segala yang telah dilakukan oleh Kopassus dalam
perjalanan sejarahnya hingga saat ini, semua terpulang kepada seluruh
rakyat Indonesia, bagaimana menilai perjuangan dan pengabdian prajurit-
prajurit Baret Merah, yang seyogyanya dilakukan secara komprehensif,
menyeluruh dan tidak sepenggal-sepenggal.
Tidak bermaksud apa-apa. Hanya share tentang sebuah "dinding" yang banyak menyimpan cerita tentang pengorbanan dalam menunaikan tugas dan mewarnai perjalanan bangsa ini.

Alfatihah untuk mereka semua.........BARET MERAH JIWA RAGA KAMI.
mau repost... mau oot... al fatihah untuk semua yang gugur.. semoga tenang dan damai di alam sana dan diampuni segala dosa dosanya. amin

terima kasih yang tak terhingga atas jasa pengabdiannya
Quote:Original Posted By KangSapar
mau repost... mau oot... al fatihah untuk semua yang gugur.. semoga tenang dan damai di alam sana dan diampuni segala dosa dosanya. amin

terima kasih yang tak terhingga atas jasa pengabdiannya


siappp..hormat grakk !!!
smga amal ibadah nya diterima di SISI NYA.. amin..

plng bnyk makan korban sptinya operasi seroja..
yang gugur di Mapenduma itu kan yg jadi korban penembakan Letda S kan ya ?
ada yg bisa cerita gak oprasi pembebasan sandra di mapenduma irian jaya..? korbannya koq perwira2 sih
Quote:Original Posted By Fideliaku
ada yg bisa cerita gak oprasi pembebasan sandra di mapenduma irian jaya..? korbannya koq perwira2 sih


Itu mungkin bukan operasi pembebasan sandra mahasiswa itu, Gan. Tp yg ditembaki sesama Kopassus yg stress setelah sakit malaria. CMIIW
AL FATIHAH
Semoga amal ibadahnya di terima oleh Allah SWT
Quote:Original Posted By Fideliaku
ada yg bisa cerita gak oprasi pembebasan sandra di mapenduma irian jaya..? korbannya koq perwira2 sih


pernah ada thread nya.. sayang tenggelam
http://www.kaskus.co.id/thread/00000...si-mapenduma/1
Quote:Original Posted By edmon33


pernah ada thread nya.. sayang tenggelam
http://www.kaskus.co.id/thread/00000...si-mapenduma/1


Wah! Ini nais inpoh Gan Ane nemu banyak hal menarik disana, thanks.
Al-Fatihah!!!

All honor shold be rewarded for them all, they very deserve it :
seinget ane yg jadi korban itu ada 17 orang , termasuk didalamnya beberapa orang sipil.Rata-rata korban tertembak di kepala....kr si operator emang dapat nilai tinggi utk TTO . Hal-hal kayak gini emang selalu terjadi....tentara amrik yg di irak juga pernah ada yg kayak begini.... Kalo amrik kan suka ada psikiater / psikolog yg standby di home base utk mengatasi hal-hal demikian , kalo di Indo pake juga gak seh ?
Quote:Original Posted By gedhang kukus
yang gugur di Mapenduma itu kan yg jadi korban penembakan Letda S kan ya ?


Kecelakaan heli gan...
Quote:Original Posted By gedhang kukus
yang gugur di Mapenduma itu kan yg jadi korban penembakan Letda S kan ya ?


Quote:Original Posted By Pathfinder99


Kecelakaan heli gan...


Dua-duanya benar, kan dalam rangka operasi (Palagan), makanya tercatat di dinding sasana.
Quote:Original Posted By erwin.parikesit
[CENTER][color=red]
OPERASI PENUMPASAN G.30.S/PKI (1965–1967)

SERTU ASYIKIN NRP 283317.
SERTU T. SUKARNO NRP 363286.
KOPKA HERDI NRP 339432.
KOPKA DARMANTO NRP 333933.
PRAKA EF. MAKARAWUNG NRP 383439.



pas penumpasan g30s/pki ini, ada korban dr kopassus pas kontak senjata dimana ya..? apakah di sekitaran halim/lubang buaya itu..?
ada yg punya info..?
×