KASKUS

pada brangkat pake agen aja ngomongnya udah selangit
Hallo, kebetulan gw tinggal di berlin
gw kasi sedikit gambaran ttng biaya hidup (pokok) di sini:

akomodasi+inet: 195€ + 15€ (gw tinggal di dorm studentenwerk berlin)
asuransi student: 77,90€
pulsa hp: 15€
transport : 272€ / 6= 45,33€ (di berlin kalo kita bayar kuliah otomatis dapet tiket kereta buat 6bln, uang kuliah gw di HTW Berlin 272€ per semester)

makan, deterjen,sabun,dkk kalo emang ngirit pengalaman gw bisa <100€ (sering makan dirumah & sebulan makan 2-3x diluar)

jadi total semuanya (asumsi makan 100€): 448,23€ ~ 450€ per bulan

dgn catatan: blon termasuk kebutuhan tambahan seperti baju, dkk (ga pake dugem juga )
Quote:Original Posted By fen-d

transport : 272€ / 6= 45,33€ (di berlin kalo kita bayar kuliah otomatis dapet tiket kereta buat 6bln, uang kuliah gw di HTW Berlin 272€ per semester)


itu jangan ngomong biaya transport karena yang elu bayar itu selain buat semester ticket itu semester dan sozialbeitrag..... misalnya beitrag buat Studentenwerk dkk..... jadi transport cuma bagian dari Semesterbeitrag....
dan itu bukan uang kuliah.......

Quote:Original Posted By fen-d
Hallo, kebetulan gw tinggal di berlin
gw kasi sedikit gambaran ttng biaya hidup (pokok) di sini:

akomodasi+inet: 195€ + 15€ (gw tinggal di dorm studentenwerk berlin)
asuransi student: 77,90€
pulsa hp: 15€
transport : 272€ / 6= 45,33€ (di berlin kalo kita bayar kuliah otomatis dapet tiket kereta buat 6bln, uang kuliah gw di HTW Berlin 272€ per semester)

makan, deterjen,sabun,dkk kalo emang ngirit pengalaman gw bisa <100€ (sering makan dirumah & sebulan makan 2-3x diluar)

jadi total semuanya (asumsi makan 100€): 448,23€ ~ 450€ per bulan

dgn catatan: blon termasuk kebutuhan tambahan seperti baju, dkk (ga pake dugem juga )


Versicherung pokok juga noh
kalo mau murah , kul di timur aja gan. tapi, dimana aja bisa jadi murah kalo agan mau kerja

Quote:Original Posted By azulyc

Leipzig, Gw kurang tau, banyak NeoNazi nya, mata Lu gak segaris kan ? Ntar di gebuk lagi, di sangka Tongkang.


kalo kurang tau , jgn ditakut2in gan. ane yg dah lama di leipzig aman2 aja kok.
Quote:Original Posted By stainlypungus
kalo mau murah , kul di timur aja gan. tapi, dimana aja bisa jadi murah kalo agan mau kerja



kalo kurang tau , jgn ditakut2in gan. ane yg dah lama di leipzig aman2 aja kok.


Wah ini bang stanley yng suka maen futsal di Soccer World ? bener tuh bang, leipzig gk gitu2 amat, saya tinggal di Leipzig juga kok.
Mungkin yang pada bacot begitu ANAK TAJIR SONGONG GOBLOK yng gk tau dan gak pernah ke Leipzig karena TAKUT AMA PALBOT wkwkwkwkwk

Menurut saya mau dimanapun itu EGAL sih.. kalo misalkan agan peres keringat sendiri Agan pasti tau apa yang harus agan perbuat untuk menghemat dll, bukankah JERMAN adalah negara MAJU yng merata diseluruh bundesländer ?

Buat lu bocah bocah songong yang tajir yang dikirimin mami lu duit tiap bulan gak usah banyak bacot deh.. gw buat makan aja gk nyampe 100 euro wkwkwkkwkw... PUNYA TANGAN MASAK COY... MASAK GK SEJAM KOK ! LU MASAK APAAN SEJAM ? MASAK ** SENSOR ** REBUS ?

Quote:Original Posted By mikosis
Maaf nih sebelumnya kalo menyalahi aturan bikin thread disini.

Ane rencana kuliah di Jerman mungkin tahun 2014/2015 karena ane memutuskan untuk masuk Studienkolleg Indonesia baru lanjut ke Jerman.

Ane insya Allah masuk Tiermedizin (kedokteran hewan), dan universitas di Jerman yang ada TM cm di kota Berlin, Hanover, Munich, Leipzig, dan Giessen. Ane sih berdasarkan info yang sudah didapat memilih Leipzig karena katanya biaya hidupnya lebih murah dan gampang mencari asrama, dll. Atau Berlin yang setau ane biaya hidupnya 450-500 euro. Tapi kemaren ane ke DAAD dpt info juga bahwa Giessen yang paling enak. Gimana menurut agan2? Mohon bantuannya, terima kasih.

Oiya ane ga asal tanya2, ane udah cari2 informasi dan karena ane tau tiermedizin sedikit yang ngerti makanya ane bikin tret sendiri biar keliatan.

Mohon maaf sekali lagi bila ane menyalahi aturan.

FYI, ane ga mau ke fakultas lain selain tiermedizin

Tidak menerima tawaran bantuan dengan pake bayar2. Ane cuma mau tanya2 aja. Dimohon untuk reply yang tulus ya gan hehe. Ane juga bukan orang berada. Thanks


Berlin sih yang terjamin gan soal makan dan Wohnung juga murah, karena kalo di timur biaya hidupnya lebih murah dibanding di barat, tergantung agan sendiri karena rata2 kalo mau nghemat bisa kok perbulan gasampe 100EUR buat makannya aja dan itu rata2 Egal kok di mana2 biayanya.

Faktor lain sih ya ke KBRI lebih deket, jadi lumayan bisa beli makan disana kalo lagi lebaran gitu

Terus juga kalo kedokteran ada tuh namanya Uni Charite (kalo enggak salah) di Berlin juga kok dan itu bagus

Semoga sukses gan (y)