RovebeetleAvatar border
TS
Rovebeetle
[ Terobosan JB ] Jokowi Siap Bangun Terowongan Raksasa MT Haryono-Pluit
Rabu, 26/12/2012 17:07 WIB
Hari ke-72 Jokowi

Wow ! Jokowi Siap Bangun Terowongan Raksasa MT Haryono-Pluit Rp 16 Triliun


ilustrasi terowongan air

Jakarta - Proyek Deep Tunnel. Itulah terobosan ayar yang dirancang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Terowongan berdiameter 16 meter itu akan dibangun dari MT Haryono hingga Pluit dan diprediksi memakan dana Rp 16 triliun.

"Terobosannya, terowongan. 16 Meter diameternya di bawah tanah. Berakhir di Pluit, mulainya di MT Haryono," kata Jokowi saat ditanya terobosan terbarunya tersebut.

Hal ini disampaikan Jokowi usai masuk ke dalam gorong-gorong di pinggiran trotoar kawasan HI arah Jalan Sudirman, tepatnya di seberang Menara BCA, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2012).

"Kita berkejaran dengan pemukiman dan gedung. Kalau nggak ada terobosan, sudah puluhan tahun kebanjiran. Deep tunnel ya terobosan itu," lanjut ayah 3 anak ini.

Menurut dia, anggaran proyek deep tunnel diambil dari kantong APBD.

"Kalau nggak, investor. Itu gede banget kurang lebih Rp 16 triliun," kata Jokowi yang terbalut seragam Korpri warna biru itu.

Jokowi berharap proyek terowongan raksasa itu segera terealisasi.

"Proses (membangunnya) 5 hingga 4 tahun. Dikira kita nggak pusing ngurusin ini, siang malam mikir masalah ini," kata sarjana Kehutanan UGM ini.

Ide deep tunnel pernah mencuat di masa pemerintahan Sutiyoso. Bahkan bersama Wapres Jusuf Kalla, dia melakukan studi banding ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada Juli 2007. Deep tunnel di negeri jiran berfungsi ganda yaitu sebagai jalan raya untuk kendaraan dan bisa berubah menjadi saluran air bila banjir mengancam.

Pada masa Bang Yos, terowongan bawah tanah itu rencananya akan dibangun di Jakarta tepatnya di Jalan MT Haryono hingga Muara Angke. Dengan dibangun proyek itu, 5 masalah besar Jakarta yaitu banjir, air bersih, pengolahan air limbah, transportasi, dan utilitas umum dapat teratasi.


[URL="http://news.detik..com/read/2012/12/26/170708/2127201/10/wow-jokowi-siap-bangun-terowongan-raksasa-mt-haryono-pluit-rp-16-triliun?"]http://news.detik..com/read/2012/12/26/170708/2127201/10/wow-jokowi-siap-bangun-terowongan-raksasa-mt-haryono-pluit-rp-16-triliun?[/URL]


pada umumnya di kota-kota besar di dunia terutama di Eropa dan Amerika memang deep tunnel lazim ditemui gan, malah sekarang katanya ada terowongan yang menjadi jalan kendaraan bawah tanah pada musim kemarau dan bila di musim hujan dialih fungsikan menjadi saluran air. emoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh Rovebeetle 26-12-2012 10:53
0
17K
265
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan