Main Content

WACANA, KURIKULUM TAHUN 2013 MATA PELAJARAN TIK DI SMP DIHAPUS ?
Malam agan-agan maaf ya kalo repost
ane cuman mau diskusi aja gimana pendapat agan-agan tentang wacana ini

Spoiler for TIK DI SMP DIHAPUS ?:


[spoiler=TIK DI SMP DIHAPUS ?] Di Kurikulum Baru, Mata Pelajaran TIK Di SMP Dihilangkan?

Wacana untuk merombak kurikulum pendidikan oleh Pemerintah masih terus dikaji. Wakil Presiden Boediono pun telah merespon positif tentang perubahan kurikulum tersebut, hal ini berarti pada Juni tahun depan kurikulum sudah dapat diberlakukan. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa kurikulum baru ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan sudah lama dibahas.

Memang bergulirnya wacana perombakan mendapat respon yang beragam, bahkan ketika pemerintah menyatakan adanya perubahan muatan pelajaran di SD yang hanya terdiri dari 6 mata pelajaran wajib. Termasuk di SMP, kurikulum baru nanti akan ditetapkan hanya 10 mata pelajaran wajib, dan bagaimana nasib mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi? Nah..berikut berita yang saya dapat dari sumber http://edukasi.kompas.com/read/2012/...logi.Informasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2013 nanti, para guru dan siswa akan menjalankan kurikulum baru. Kurikulum untuk berbagai jenjang pendidikan mengalami perubahan termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Nuh.

Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.

"Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya," ungkap Nuh.

Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya.

Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.
"Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini," tandasnya.

sumber : ]www.kompas.com[/spoiler]  (www.kompas.com[)

[spoiler=TIK DI SMP DIHAPUS ?] Di Kurikulum Baru, Mata Pelajaran TIK Di SMP Dihilangkan?

Wacana untuk merombak kurikulum pendidikan oleh Pemerintah masih terus dikaji. Wakil Presiden Boediono pun telah merespon positif tentang perubahan kurikulum tersebut, hal ini berarti pada Juni tahun depan kurikulum sudah dapat diberlakukan. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa kurikulum baru ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan sudah lama dibahas.

Memang bergulirnya wacana perombakan mendapat respon yang beragam, bahkan ketika pemerintah menyatakan adanya perubahan muatan pelajaran di SD yang hanya terdiri dari 6 mata pelajaran wajib. Termasuk di SMP, kurikulum baru nanti akan ditetapkan hanya 10 mata pelajaran wajib, dan bagaimana nasib mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi? Nah..berikut berita yang saya dapat dari sumber http://edukasi.kompas.com/read/2012/...logi.Informasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2013 nanti, para guru dan siswa akan menjalankan kurikulum baru. Kurikulum untuk berbagai jenjang pendidikan mengalami perubahan termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Nuh.

Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.

"Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya," ungkap Nuh.

Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya.

Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.
"Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini," tandasnya.

sumber : ]www.kompas.com[/spoiler]  (www.kompas.com[)

Spoiler for TIK DI SMP DIHAPUS ?:
Quote:Original Posted By arthur288
Malam agan-agan maaf ya kalo repost
ane cuman mau diskusi aja gimana pendapat agan-agan tentang wacana ini

Spoiler for TIK DI SMP DIHAPUS ?:


[spoiler=TIK DI SMP DIHAPUS ?] Di Kurikulum Baru, Mata Pelajaran TIK Di SMP Dihilangkan?

Wacana untuk merombak kurikulum pendidikan oleh Pemerintah masih terus dikaji. Wakil Presiden Boediono pun telah merespon positif tentang perubahan kurikulum tersebut, hal ini berarti pada Juni tahun depan kurikulum sudah dapat diberlakukan. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa kurikulum baru ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan sudah lama dibahas.

Memang bergulirnya wacana perombakan mendapat respon yang beragam, bahkan ketika pemerintah menyatakan adanya perubahan muatan pelajaran di SD yang hanya terdiri dari 6 mata pelajaran wajib. Termasuk di SMP, kurikulum baru nanti akan ditetapkan hanya 10 mata pelajaran wajib, dan bagaimana nasib mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi? Nah..berikut berita yang saya dapat dari sumber http://edukasi.kompas.com/read/2012/...logi.Informasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2013 nanti, para guru dan siswa akan menjalankan kurikulum baru. Kurikulum untuk berbagai jenjang pendidikan mengalami perubahan termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Nuh.

Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.

"Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya," ungkap Nuh.

Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya.

Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.
"Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini," tandasnya.

sumber : ]www.kompas.com[/spoiler]  (www.kompas.com[)

[spoiler=TIK DI SMP DIHAPUS ?] Di Kurikulum Baru, Mata Pelajaran TIK Di SMP Dihilangkan?

Wacana untuk merombak kurikulum pendidikan oleh Pemerintah masih terus dikaji. Wakil Presiden Boediono pun telah merespon positif tentang perubahan kurikulum tersebut, hal ini berarti pada Juni tahun depan kurikulum sudah dapat diberlakukan. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan bahwa kurikulum baru ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan sudah lama dibahas.

Memang bergulirnya wacana perombakan mendapat respon yang beragam, bahkan ketika pemerintah menyatakan adanya perubahan muatan pelajaran di SD yang hanya terdiri dari 6 mata pelajaran wajib. Termasuk di SMP, kurikulum baru nanti akan ditetapkan hanya 10 mata pelajaran wajib, dan bagaimana nasib mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi? Nah..berikut berita yang saya dapat dari sumber http://edukasi.kompas.com/read/2012/...logi.Informasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Juni 2013 nanti, para guru dan siswa akan menjalankan kurikulum baru. Kurikulum untuk berbagai jenjang pendidikan mengalami perubahan termasuk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Untuk itu, mulai jenjang SMP, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dijadikan sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.

"Jadi TIK menjadi media semua mata pelajaran untuk jenjang SMP ini sehingga anak-anak juga bisa mengenal teknologi dengan baik," kata Nuh saat jumpa pers di Kantor Kemdikbud, Jakarta, Selasa (13/11/2012).

"Tidak ada pelajaran komputer sendiri. Itu semua diintegrasikan dengan mata pelajaran lain," jelas Nuh.

Rencananya, pihaknya akan mendorong agar tiap sekolah dilengkapi dengan perangkat komputer dan sambungan internet sehingga memudahkan anak-anak dalam menerapkan TIK yang menjadi media dalam tiap mata pelajaran.

"Seharusnya seperti itu. Komputer paling tidak tiap sekolah harus punya untuk anak didiknya," ungkap Nuh.

Meski sarana pembelajarannya ditekankan dengan TIK, pendekatan yang dilakukan pada tingkatan ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan pada pendidikan dasar. Sains tetap menjadi penggerak dan terintegrasi dengan mata pelajaran lain.

Kendati demikian, IPA dan IPS telah muncul sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri. Begitu pula dengan bahasa Inggris yang mulai diajarkan untuk membentuk ketrampilan bahasa dan masuk dalam struktur kurikulum baru sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Dengan perubahan kurikulum ini, 12 mata pelajaran yang dulu diajarkan pada tingkat SMP menjadi berkurang menjadi 10 mata pelajaran yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya.

Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran. Tidak hanya itu, penilaian pada jenjang sekolah ini juga sedikit mengalami perubahan. Hasil karya atau portofolio anak-anak ini akan dijadikan instrumen untuk penilaian juga.
"Ini untuk mendorong agar anak-anak bisa kreatif. Karena itu ada mata pelajaran Prakarya dalam kurikulum baru ini," tandasnya.

sumber : ]www.kompas.com[/spoiler]  (www.kompas.com[)
WAH MAKIN GOBLOK AJA NIH NANTI ANAK ANAK BANGSA, TIK ITU MERUPAKAN PENGETAHUAN WAJIB BAGI ANAK ANAK SEKOLAH MENURUT ANE. ANE YAKIN KALO GAK ADA TIK NANTI ANAK ANAK CUMA TAUNYA TWITERAN SAMA FESBUKAN AJA

SIAP SIAP AJA DEH INDONESIA BEBERAPA TAHUN KE DEPAN BAKAL KENA SERANGAN CYBER GARA GARA ANAK BANGSA CUMA TAU SOSIAL MEDIA DOANK




Komputer dihilangkan dan diganti pramuka ??

selamat menjadi bangsa tertinggal

Seharusnya pelajaran komputer bukan dihilangkan tapi materinya diperdalam

jangan cuma pengenalan windows doang tapi juga aplikasi seperti matematika dan ekonomi (akuntansi)


ada rekan bilang, penghapusan IT itu tanda kemdiknas lepas tangan.

kenapa ?

karena banyak wilayah lom ada listrik, di borneo aja listrik byar crott (tanya ke anak borneo temen ane ada yang tinggal disana juga)

internet apa lagi, dari indonesia merdeka sampe sekarang internet kagak merata.

seharusnya kemdiknas memajukan IT, kalo dihapus gini keliatan ga becusnya.

ane juga udah bahas soal hal ini ini thread ane + ada link ambil file kurikulumnya : http://kask.us/g1PLr
Quote:Original Posted By AkuCintaNanae
Komputer dihilangkan dan diganti pramuka ??

selamat menjadi bangsa tertinggal

Seharusnya pelajaran komputer bukan dihilangkan tapi materinya diperdalam

jangan cuma pengenalan windows doang tapi juga aplikasi seperti matematika dan ekonomi (akuntansi)


jadi nanti lulus smp dah bisa langsung kerja gitu ya?
semuanya ada jenjang nya, masbro..

klo dibaca lebih detil pun, disitu tidak dihapus mutlak, tapi diintegrasikan dg mata pelajaran yg lain..

pramuka, justru perlu, isinya kan jdi dasar basic survival di alam bebas, menanamkan kedisiplinan, dsb.
ya semua perlu lah

mau pramuka dan TIK

Mending TIK dikasih dikit aja, toh ada beberapa anak yang sering menghabiskan waktu luangnya untuk belajar sendiri tentang TIK tanpa perlu dipaksa

sebaliknya kalo pramuka dipaksapun kadang ogah siswanya

Mapel TIK SMP akan dihapus di kurikulum 2013

Bagaimana nasib anak-anak Indonesia menghadapi kurikulum 2013 yang mana mapel TIK akan dihapus pada kurikulum 2013. padahal mapel TIK sangat penting bagi siswa dalam melatih ketrampilan. dikurikulum 2013 anak smp tidak akan belajar TIK mereka hanya akan melihat guru mempresentasikan lewat media TIK tetapi tidak secara langsung siswa mempraktekkan media TIK. bagaimana dengan guru-guru yang usianya sudah tua untuk menguasai TIK? mungkin inilah kemunduran pendidikan Indonesia. di kota besar mungkin banyak anak dan guru yang sudah menguasai TIK tapi bagaimana yang di perkotaan yang masyarakatnya tergolong ekonomi menengah kebawah apalagi yang di pedesaan, listrik saja kadang sulit. dan bagaimana nasib guru TIK se Indonesia. orang Indonesia itu sukanya wah dengan hal yang baru tetapi belum tentu woh (berbuah). mohon untuk dipertimbangkan kembali para pengambil kebijakan semoga mapel TIK masih ada di SMP pada kurikulum 2013
TIK gak usah masuk kurikulum, toh perkembangannya terlalu cepat dan banyak yg bisa belaja mandiri.

Paling buat pelajaran tambahan & penunjang pelajaran lain
TIK SMP belajar apaan sih?

Word, excel, dan pengetahuan dasar komputer kan? Kalau itu mah bisa belajar sambil jalan kali.

Kecuali kalau di SMP udah belajar phyton (di luar negeri belajar ginian), tapi buat apa python? Gurunya aja gak ada yang ngerti.
Harusnyakan siswa disiapkan untuk menghadapi masa depan? kalo dihapuskan gimana? kalo yg bener itu diubah menjadi lebih dinamis, ngikutin perkembangan teknologi
Emang lucu dah, anak sekarang disuruh belajar TIK di sekolah pada males. Tp giliran pulang sekolah gesit banget nyamperin warnet buat maen game online..
Jd total, mata pelajaran apa aja si yg dihapus? Denger2 kpn ari isu bahasa inggris ama science jg bakal dihapus.. Bener ga si? *maap kl rada telat*
wah mezti dikaj lg tuh

nurut ane pribadi TIK itu penting, emang skrg msh jaman bahelak

TIK itu penting, biar bgsa ini ga terlalu GAPTEK, zaman skrang aja masih bnyk orang indonesia yg ketinggalan teknologi.
pemerintah dodol payak? TIK itu faforit n menjadi bidang yg paling dibutuhkan di berbagai perusahaan. lha kalo diilangin yg bakalan jadi tolok ukur perusahaan buat rekrut orang IT apa?
tambaahhh pusiingg gann ..
gurunya kagak becus TIK, makanya pelajaran tsb dihilangkan
bukannya kayak nya TIK itu lumayan bgt,biar ga rada2 gaptek