KASKUS

Polisi menilang dengan alasan tidak logis



Seorang newbie yang ingin menceriatkan pengalaman pribadinya

Di sore yang hujan seperti ini lagi miki-mikir ketika di tilang sama polisi yang iseng.

Langsung ane cerita aja ya gan ,ini cerita asli jadi ngga mungkin

Sepulang kuliah ane langsung pulang ke bogor ,karena kmpus ane berada di depok mungkin peraturan tntang peraturan lalu lintasnya berbeda atau ngga ane ngga tau karena ane bukan orang hukum polisi atau sejenisnya .

Perjalanan cukup menyengat karena kondisi jalan yang hot ane putusin untuk ngebut pada jalan daerah jalan margonda tapi entah kenapa ketika ngebut dari smping langsung nyalip ke kanan polisi langsung menyuruh ane berhenti dengan tiba-tiba. Padahal seinget ane ,ane ngga melanggar apa pun mulai dari lampu, helm, lampu merah, surat-surat, spion, tutup pntil dsb.
Lantas yang jadi pertanyaan kesalahan ane apa ????

Sepintas prcakapan pun di mulai. Polisi dan ane

Polisi : Selamat siang ,bapakbisa tunjukan surat-surat ?

Ane : Owhh iya pak ,sbentar ya ..

Polisi : Kamu tau kesalahan kamu apa ?

Ane : Ngga pak perasaan saya lengkap deh pak, emangnya saya ngelakuin kesalahan apa ya ?

Polisi : Itu spion kmu kekecilan sama plat nomor kamu itu patah ,kmu udah kena 2 pasal karena motor tidak sesuai dengan prosedur yang ada . (Ane ngga inget persisnya pasal berapa aja) . Kamu saya tilang saja ya ?

Ane : Wah pak maaf sblmnya tapi kan yang pnting spion saya ada 2 pak kanan sama kiri emangnya d situ di sebutin ukurannya ga boleh kecil ya ? terus kalau soal plat nomor itu kmren ptah tpi tetep msih ada plat nomornya krena kmren d tbrak sama motor temen ane ..saya ngga mau di tilang pak ..

Polisi : owh tidak bisa pak , menurut undang" yg berlaku spion itu harus standar dan ga boleh modifikasi dan plat nomor itu knpa tidak di ganti saja.

Ane : kalau bgitu tukang spion di jalanan ngga laku dong pak krena ngga menjual spion yang stndar ? lgian kalau ngga boleh di pake ngapain di jual di pinggir jalan ,bapak kalau mau memberantas harusnya jgn pengguna spionnya tapi penjualnya lgian klw bapak ngga ngebolehin spion standar di jual bapak sama aja nyusahin orang yang nyari nafkah pak bapak mau nanti d sumpahin bnyak orang ?

Polisi : Itu buykan urusan saya yang pnting anda salah ,silahkam kamu tnda tngan di sini . Nanti ambilnya di pengadilan .

Ane : Saya ngga mau tnda tangan pak bapak jawab dlu prtanyaan saya baru saya tnda tngan lgian klw untuk plat nomor ada kebijaksaan dari bapak untuk memaafkannya nanti besok saya akan ganti deh pak ,saya janji ..
Lgian klw di pengadilan alasan bapak tidak logis untuk menilang saya, saya bisa melaporkannya ke hakim karena bapak mencari-cari alesan dalam bertugas ,bapak bisa kena teguran loh pak. (Ane tau karena dlu ane sring banget di tilang dan si hakim biasanya menanyakan kesalahan terlbih dahulu sblm melakukan persidangan, kalau seandainya alesan si polisi ga logis kalian ga akan membayar dendanya)

Polisi : Yaudah deh bnyak omong kau (dengan nada marah) , tapi kalau untuk spion kamu tetap saya tilang .coba tnda tangani surat tilang ini.

Ane: Ngga pak saya tetep ngga mau ,kalau bapak mau spion yang gede tunggu bntar saya mau beli spion yang gedean dlu.

Polisi : Aduh kamu itu ,yaudah beli saja dlu sana.

Ane: Iya pak ini juga mau beli ,santai aje sih
setelah nyari tukang dagang yang jualan spion yang gedean langsung ane pasang di depan matanya yuh poliss sambil ngyengir ane ,
Pak terima kasih ya ,ane prrgi dlu.

Polisi : Cuman pasang muka datar .

Ane :

Kesimpulan dari cerita di atas :

1. Inget kalau anda ngga salah jangan pernah mau di tilang ,apa lagi kalau lengkap .Dan inget kita kan sebagai manusia yang mempunyai pikiran dan akal yang sehat pasti tau di mana kesalahan kita jangan kalau udah salah malah bilang ngga salah itu namanya bodoh gan .
2. Perhatikan baik-baik pasal yang kita langgar kalau kita tidak melakukannya sebaiknya anda protes dengan kata-kata yang baik dan sopan.
3. Jangan pernah mau yang namanya damai di jalan lebih baik anda ngasih uangnya ke pengadilan toh pasti lebih murah biayanya dan msuk ke kas negara dari pada ke oknum yang ngga bertanggung jawab
4. Ini yang paling dan harus di lakukan :

-timpuk cendol bagi ts yang udah cape-cape buat thread dan pengalaman bernutu ini
-hargai ts dengan meninggalkan komentar yang baik dan sopan dan rate
-Mudah-mudahan thread bermanfaat bagi kita semua dan juga masytarakat

Kita sebagai rakyat biasa seharusnya lebih pintar dalam menghadapi masalah hukum yang ada dan jangan mau d bodoh-bodohi sama orang lain.


Mudah-mudahan hukum di indonesia semakin lebih baik dan lebih adil bagi kita semua tanpa memandang jabatan, uang, kekuasaan dan pertemanan

Bagi yang minta foto ane kasih gan :

Foto spion

ane kasih koment yang bermutu dari agan-agan yang lain . mudah-mudahan berkenan

Quote:Original Posted By mam1pok0
Klo ane baca2 intinya kyknya polisi bodoh ktemu ama ts yg cerdik, na yg ane heran ni org kok bisa jadi penegak hukum ya hehe

Knp pada komen thread ga penting,penting donk kita udh di inspirasi ts cara ngadepin polisi cacad otak kiri supaya ngga di bodoh2in dgn aturan yg ada,krn ngga ada gunanya sebuah peraturan tanpa penegak peraturan yg cerdas yg ada jg jd dzolim wkakakkakaka
Kasian emang org2 di Indonesia tercinta ini



Quote:Original Posted By bartholomewdiaz
Trit yg bagus dan mamberi inspirasi.

Seharusnya agan2x yang sodaranya, orang tua, atau dia sendiri polisi gak boleh tersinggung, kalo tersinggung malah lucu. Agan TS memberi inspirasi pada kita kalo kita boleh dan bisa membela diri kalo merasa gak salah. Karena selama ini polisi nakal ya dari kita yang pasrah dan menawarkan jalan damai kalo ditilang. Karena sikap PASRAH ini polisi bejat ini jadi ke-enakan. Kalo gak SALAH dan dibuktikan dengan benar dan berakhir dengan tanpa penindakan seperti TS berarti yang bener ya spt itu!!! Krn kalo TS salah berarti polisinya yang GEBLEK!!

Terlepas dari "anggapan" kalau TS yang salah krn motornya gak layak jalan dsb sangat tidak relevan karena di akhir cerita TS mengganti spion sesuai dengan "peraturan". So? efek jera dan perbaikan sudah ada. Bukanya ini yang seharusnya diinginkan polisi? dan juga diinginkan sama kita semua?
Kecelakaan lalu lintas bisa ditekan dan semuanya berakhir dengan damai.

Tapi.....dalam hati kita tentu semuanya tapi apa yg diinginkan polisi itu...Tul ga?


Quote:Original Posted By hysteria.....
ane setuju sama agan TS. buat polisi yg suka nilang gx jelas


Quote:Original Posted By romiboy27
wakwka , emang gitu gan polisi di Indonesia skg bisa dibilang cuma 30% yang benar" POLISI selebih nya mungkin cuma status dan peran nya aja sebagai polisi , jadi kita sebagai masyarakat di Indonesia juga harus berani gan untuk bertindak benar , kalau kita ngga merasa salah ngga usah takut gan


Quote:Original Posted By thomasa
polisinya waktu daftar jadi polisi nyogok kale ya makanya dia cari seseran sapa tau bisa bantu cicilan uang nyogok wkwkwkwk !!! ane juga pernah berapa kali ngalamin kejadian yg sama kayak gini...bukan cuma dijakarta di daerah ane lampung juga begitu !!! malah ane pernah ditodong kepala ane pake pil...alhasil polisinya ane tuntut... jgn takut ama aparat toh kita juga berhak atas perlindungan hukum !!! yg anehnya lagi kendaraan mati pajak disuruh tilang...mau tilang apa dy org kita ngutangnya di samsat



Quote:Original Posted By myadwan040304
ya polisi yg tukang palak di jalan tu byk dah, ane pernah juga ngerasa di palak pak polisi.

kejadiannya waktu wa nganter sodara ane ke daerah( sekitran perbatasn pare-pare sidrap ( SUL-SEL)., tiba2 aja pas tikungan terkahir masuk wilyah poleres sidrap ada razia, trus mobil ane di suruh berhenti. ane berhenti dah.

begini percakannya.
Polisi: siang pak bisa saya lihat kelengkapan surat bapak (sim-stnk)

ane: owh ya ini pak ( trus ane serahin dah )

Polisi: INI PAJAK STNK SDH TERLAMBAT SEBULAN, KMU SDH MELANGGAR UU LALU LINTAS INI ADEK.

ane: (sambil nyengir) tiba2 ane jawab refleks gan, ya pak memang terlambat tp kan nanti klo saya bayar sdh include dendanya pak.??

Polisi: tdk bgt dek, kamu tetap akan saya tilang krn melanggar uu/peraturan lalu lintas.

ane: klo boleh tau UU nya pak apa? pasal berapa?

Polisi: (sambil ngalihkan percakapan ) ini sabuk pengaman knp km ga pake kan? sdh 2 peraturan uu lalulintas yg kamu langgar.

dah bingung ane gan ga tau jawab apa( dah 30 menit tertahan di jalan itu), ga tau mau jawab apa lagi, ane pasrah aja setor 50rb uang dame. krn waktu itu ane juga ngantar saudara sepupu wa mo melayat ortunya gan, jd mesti buru waktu.

sampe sekrang ane masih bingung gan masalah keterlambatan pajak stnk itu uu/peraturan pasalnya kenanya dimana?

mohon share gan, pencerahannya.


terus ane jawab

Quote:Original Posted By fladeskosvy


ane jawab prtanyaan ente gan ,sebenrnya polisi lalu lintas tidak berhak untuk menilang kita apabila pajak kendaraan mati gan . itu urusannya di samsat setempat .
karena Menurut apa yang tertulis dalam Undang-Undang Lalulintas No.14 Tahun 1992 itu, polisi hanya boleh menilang pelanggaran yang bersangkutan dengan kelengkapan kendaraan. “Misalnya, lengkap surat-menyuratnya (SIM dan STNK), ada lampunya, lalu lampu sein menyala, dan seterusnya,

untuk lebih jelasnya ente search di google pasal tersebut gan .


wakwka , emang gitu gan polisi di Indonesia skg bisa dibilang cuma 30% yang benar" POLISI selebih nya mungkin cuma status dan peran nya aja sebagai polisi , jadi kita sebagai masyarakat di Indonesia juga harus berani gan untuk bertindak benar , kalau kita ngga merasa salah ngga usah takut gan
ya makannya gan ane sebagai bangsa indonesia khawatir apabila penegak hukum di bangsa ini kurang bijak, gmana jadinya coba kalo penegak hukumnya kaya gitu bangsa kita kan juga otomatis buta sama hukum
gan gmn hukumnya kita merekam video adu argumentasi kita dengan polisi sewaktu ditilang?soalnya ane prnh razia gabungan kena tilang yg mengada2 trus ane cb rekam videona malah ane diancem mau disita hp ane
menarik yaa gan bahasan nya, tapi terkadang banyak aparat yg gak sebaik bapak itu(karena mau beradu pendapat),
tred sampah!!!
Quote:Original Posted By romiboy27
wakwka , emang gitu gan polisi di Indonesia skg bisa dibilang cuma 30% yang benar" POLISI selebih nya mungkin cuma status dan peran nya aja sebagai polisi , jadi kita sebagai masyarakat di Indonesia juga harus berani gan untuk bertindak benar , kalau kita ngga merasa salah ngga usah takut gan


iya setuju gan ,bener kata ente ,selagi benar kita harus melawan tapi seandainya salah jangan ngotot untuk benar ..
Quote:Original Posted By humamrizqa
ya makannya gan ane sebagai bangsa indonesia khawatir apabila penegak hukum di bangsa ini kurang bijak, gmana jadinya coba kalo penegak hukumnya kaya gitu bangsa kita kan juga otomatis buta sama hukum


saya juga heran gan sama penegak hukum di indonesia ,lebih banyak yang ngga jujurnya sama yang jujurnya ini fakta ane beralasan karena memang sering melihat justru malah yang spserti itu .
apakah mereka masuk dengan cara yang tidak halal maka jadinya kelakuannya pun tidak halal ?
mungkin hanya mereka yang tau
Quote:Original Posted By ucupbinmaun
gan gmn hukumnya kita merekam video adu argumentasi kita dengan polisi sewaktu ditilang?soalnya ane prnh razia gabungan kena tilang yg mengada2 trus ane cb rekam videona malah ane diancem mau disita hp ane


kalau menurut ane itu polisi ngga punya hak untuk mengambil kamera kita karena itu hp milik pribadi dan hanya merekam sebuah kejadian bukan merekam bokep atau yg lainnya .

tapi kalau gabungan gitu biasanya ada komandannya atau pun provost yang jujur ,jadi lbih baik kita bilang ke provostnya sekalian ..mungkin bisa di bela sama meraka itu pun jika kita memang benar
Quote:Original Posted By edo4591
menarik yaa gan bahasan nya, tapi terkadang banyak aparat yg gak sebaik bapak itu(karena mau beradu pendapat),


iya karena ane bilang hakim biasanya menanyakan kesalahan terlbih dahulu sblm melakukan persidangan, kalau seandainya alesan si polisi ga logis kalian ga akan membayar dendanya dan si polisi tsb biasanya kena teguran ..
Quote:Original Posted By clone.gree
tred sampah!!!


lu isinya dalam tong sampah
Quote:Original Posted By clone.gree
tred sampah!!!


SETUJU...TRET SAMPAH....kecuali TS bisa posting gambar spion yg ditegur c polisinya...

dlm aturan mmg gk disebutkan brp ukuran spion yg diperbolehkan tapi,disebutkan harus laik jalan gan...
permasalahannya apakah spion agan laik jalan baik ukuran maupun posisinya?
apakah bisa digunakan selayaknya spion normal?dalam artian tanpa merubah posisi duduk dalam berkendara bisa lsg mengetahui kondisi belakang kanan n kiri melalui spion...

soal org2 yg jual spion gk standar,itu kembali ama pembeli gan,sm kaya penggunaan part RACE ONLY di motor
Terlepas ada yg blg ini thread sampah atau apapun juga ane tetap kasih standing applause utk TS.
Quote:Original Posted By godsofgamblers
Terlepas ada yg blg ini thread sampah atau apapun juga ane tetap kasih standing applause utk TS.


sesama sampah masyarakat saling membela ya?
wah mantap gan ente.berani bener ama polisi.

Polisi suka nilang dengan alasan tidak logis

Quote:Original Posted By buduik.ketek


SETUJU...TRET SAMPAH....kecuali TS bisa posting gambar spion yg ditegur c polisinya...

dlm aturan mmg gk disebutkan brp ukuran spion yg diperbolehkan tapi,disebutkan harus laik jalan gan...
permasalahannya apakah spion agan laik jalan baik ukuran maupun posisinya?
apakah bisa digunakan selayaknya spion normal?dalam artian tanpa merubah posisi duduk dalam berkendara bisa lsg mengetahui kondisi belakang kanan n kiri melalui spion...

soal org2 yg jual spion gk standar,itu kembali ama pembeli gan,sm kaya penggunaan part RACE ONLY di motor


ente isinya sampah yee

spion ane layak jalan gan ,ukuran sedang ..kalau soal foto spionnya juga udah ke mana tau udah ane buang ..
Untuk masalah posisi duduk dengan tegar itu spion berdiri bisa liat belakang kanan sama blakang kiri ..

untuk soal jualan ,perasaan spion udah bener krena cuman si polisinya aje yang nyari masalah gan ..

ente ngasih prtanyaan ga mutu
baca baik-baik threadnya mkannya
Quote:Original Posted By godsofgamblers
Terlepas ada yg blg ini thread sampah atau apapun juga ane tetap kasih standing applause utk TS.


iya gan mksih
maklum kalau sampah omongannya ga mutu gan biarin aje
Quote:Original Posted By gibrany
wah mantap gan ente.berani bener ama polisi.


kalau kita benar ya ,membela diri gan kecuali kalau kita salah baru diem aje mendingan ..
polisinya waktu daftar jadi polisi nyogok kale ya makanya dia cari seseran sapa tau bisa bantu cicilan uang nyogok wkwkwkwk !!! ane juga pernah berapa kali ngalamin kejadian yg sama kayak gini...bukan cuma dijakarta di daerah ane lampung juga begitu !!! malah ane pernah ditodong kepala ane pake pil...alhasil polisinya ane tuntut... jgn takut ama aparat toh kita juga berhak atas perlindungan hukum !!! yg anehnya lagi kendaraan mati pajak disuruh tilang...mau tilang apa dy org kita ngutangnya di samsat