Quote:Original Posted By cetakbanner247


selamat gan
siap mental dan Bocor alusss aja deh gan sama tamu
costa emang mantabbb gajinya


mksih gan supportnya hehe
Quote:Original Posted By thonyhawek


congratulations bro! sukses berkarir di kapalnya, jangan lupa pulang kalo udah tajir hehehe


haha bs aj ente gan psti inget pulang lah kan aku bukan bang toyib yg gak pulang2
Quote:Original Posted By masiroel47
mksih bgt gan infonya brguna bgt..saya join costa 26 des 2012 nanti..maturwun


selamat ya gan brkt duluan ...pulang2 lgsg di lamar tuh si bebeb ..secara gajinya ribuan dollar

http://www.travelweekly.com/Cruise/C...inosa/Schedule

Quote:Original Posted By nafritzi666


selamat ya gan brkt duluan ...pulang2 lgsg di lamar tuh si bebeb ..secara gajinya ribuan dollar

http://www.travelweekly.com/Cruise/C...inosa/Schedule



Quote:Original Posted By nafritzi666


selamat ya gan brkt duluan ...pulang2 lgsg di lamar tuh si bebeb ..secara gajinya ribuan dollar

http://www.travelweekly.com/Cruise/C...inosa/Schedule



haha bs aj kowe rid
kalo bukan dari akpar bisa ga gawe di pelayaran gan ??
Quote:Original Posted By masiroel47
mksih bgt gan infonya brguna bgt..saya join costa 26 des 2012 nanti..maturwun


Selamat gan, ntar kalo udah di savona kabar kabari ya udah gimana itu port,..he he

Quote:Original Posted By stezz
kalo bukan dari akpar bisa ga gawe di pelayaran gan ??


bisa bisa aja, yg penting ada experience di hotel at least 1 tahun
Quote:Original Posted By thonyhawek
@ngurah
@rio_stoda

wah selamat gan ngurah yang baru married 2 bulan lalu, pasti gede nih pesta nya abis nambang emas di kapal hehehe oh iya nih buat para sesepuh yang udah pernah hidup di kapal, saya jadi penasaran sama river cruise nih. mungkin agan2 yang berkunjung disini ada yang udah pernah kerja di river? sistem perekrutannya seperti apa ya?


ane sarankan agan liat web indolila.com. trus kalau emang mau tanya2 atau mau tau maen2 ke klaten ke kantor pusatnya.
Kisahnya jadi gini dulu, adalah si pendiri Indolila dialah pelaut pertama yang bekerja di Kapal Pesiar tapi yg river atau kita kenal River Cruise, setelah bosen kali ya melaut, dia buka perekrutan namanya indolila itu gan.


Quote:Original Posted By ngurah

Btw dulu agan naik ke kapal apa?
Serkarang masih berangkat lagi ngga gan?


Pertama Costa trus pindah ke River gan.., capek kapal besar


Quote:Original Posted By erryfreakz


Yellow paper tu mksudnya gmn gan?


Yellow Fever suntik vaksinasi buat yg cruise nya ke Afrika biasanya

Yellow Paper artinya permohonan Visa amerika agan itu ditolak pada saat itu.

TANYA GALLEY STW

gan TS ane mau nannya dong.. please dijawab dan kalo bisa kasi advicenya yg detail ya gan..

ane keterima di carnival sbagai galley steward, dnger2 dari agen Job latter turun january dan february.. ane ada beberapa pertanyaan gan..

1. kira2 ada ga ya gan kiat2 tips buat ane biar cepet promote saat udh on board?
2.,kenapa orang2 bilang kerja digalley tu berat? sebabnya apa ya gan? ane sering denger loundry ga seberat galley, padahal nyucinya sama aja pke mesin juga...?? dan gaji mereka lebih besar juga??..
3. kira2 cari tambahan kerjaan di galley apa aja ya gan tolong sebutkan beserta TIPnya?

Tolong ya buat agan2 senior kaskus, dan mengerti serta berpengalaman di galley beri ane pencerahan, Thx yaa...
@rio_stoda
wah, agan di river cruise apa nih skrg? bagian apa? share dong ilmu sama pengalamannya hehehe oh iya gan mau share nih, tadi iseng-iseng browsing agen rekrutmen buat river cruise selain agen-agen besar kyk indolila dan awedhia. terus ane dapet iklan, tulisannya sih katanya kerja sama KB2RI sama agen besar rekrutmen di Vienna, nama agen besarnya Global Company kalo ga salah. sebenernya lowongannya ga cuman river cruise aja, tapi sampe farmer dan buruh pabrik juga ada buat yang mau kerja di eropa. terus ane email dan tanya-tanya, ternyata harus bayar 12juta buat applying visa, dan ga cuma itu, yang bikin miris itu gajinya dipotong 50% selama 5 bulan kayaknya sih agen abal-abal ya itu?

@kandau
bantu sundul pertanyaan om kandau, sepenglihatan ane sih sama-sama cape gan, kayaknya semua yang kerja di kapal juga cape ya.
Quote:Original Posted By rio_stoda


Selamat gan, ntar kalo udah di savona kabar kabari ya udah gimana itu port,..he he



bisa bisa aja, yg penting ada experience di hotel at least 1 tahun


okeyy gan siappp hehe tp ane join d brazil nih 26 des
Quote:Original Posted By kandau
gan TS ane mau nannya dong.. please dijawab dan kalo bisa kasi advicenya yg detail ya gan..
ane keterima di carnival sbagai galley steward, dnger2 dari agen Job latter turun january dan february.. ane ada beberapa pertanyaan gan..
1. kira2 ada ga ya gan kiat2 tips buat ane biar cepet promote saat udh on board?
2.,kenapa orang2 bilang kerja digalley tu berat? sebabnya apa ya gan? ane sering denger loundry ga seberat galley, padahal nyucinya sama aja pke mesin juga...?? dan gaji mereka lebih besar juga??..
3. kira2 cari tambahan kerjaan di galley apa aja ya gan tolong sebutkan beserta TIPnya?
Tolong ya buat agan2 senior kaskus, dan mengerti serta berpengalaman di galley beri ane pencerahan, Thx yaa...


ane coba jawab ya,....

1. galley itu udah tau apa kan, itu steward di kitchen, ada 4 section biasanya, pertama jadi dishwasher (main galley, lido atau crew mess), kedua potwasher, ketiga daily cleaner, keempat, night cleaner. Biar di promote ya mesti baik baik lah kerja, ga pernah dapet complaint dr orang lain, pas pulang nilai evaluasi agan positif, dan harus brani juga ngomong, aku mau training di third cook, ingat kalu galley biasa di promote jadi cook, kl mau jd bar boy misalnya, kudu cross training, dan cross training nya itu pas jam istirahat kita.

2. karena ada namanya USPH (United States Public Health) ada lg namanya HACCP (Hazard Analysis Critical COntrol Point) itu semua bicara tentang standard Hygine, dimana ketika ada inspection, anak anak galley lah yg pertama harus deeeeeeeeeeep cleaning, ane panjangin e nya krn emang harus bersih banget, krn kalau tidak lolos sanitasi, kapal gak bisa masuk perairan amerika, contoh kapal albatros, skrang gak bisa lagi sail ke US, krn 3 kali gagal USPH. tiap kali sebulan sekali ada inspection, general cleaning, itu si kitchen steward (supervisor) suka colek2,. kl ada debu atau kotor, agan disuruh bersih2 lagi, banyak deh check list cleaning point nya. betul nyuci pake mesin, tapi mesin nya itu kan ngeluarin steam, itu biasanya panas banget, pasti keringatan. kaki basaah, belum kalau boat drill, piring numpuk, belum raugh sea, piring jatuh pecah, anak galley yang rapiin, banyak dah pokoknya...tp ane cerita gini bukan nakutin, itu lah realitanya, ane juga dulu kontrak pertama galley kok, ane dapet tu semua, dishwasher potwasher, ane cross training jadi helper cabin steward, setelah bisa making bed, ane pindah ke river cruise langsung jadi room attendant, pokoknya pesan ane cuma 2 , CONTROL YOUR EMOTION, BE SMART JGN BIARIN LU DICULASIN. Tiap section ada plus minus nya, anak laundry juga kepanasan tu kl ada steam, belum kl boiler kapal rusak, harus nyuci linen di luar, patah dah tu pinggang angkat semua linen ke luar. So siap mental aja, 2 contrak aja kl hasil evaluasi bagus, bisa kok promote pas di kotrak kedua.

3. Kalo agan di kapal besar 2000 keatas, brati kan crew nya banyak tu, jualan film ama mp3, ane dulu jualan itu, trus jadi helper anak housekeeping, trus kambusa (helper pas loading barang/ embarkasi).

Quote:Original Posted By thonyhawek
@rio_stoda
wah, agan di river cruise apa nih skrg? bagian apa? share dong ilmu sama pengalamannya hehehe oh iya gan mau share nih, tadi iseng-iseng browsing agen rekrutmen buat river cruise selain agen-agen besar kyk indolila dan awedhia. terus ane dapet iklan, tulisannya sih katanya kerja sama KB2RI sama agen besar rekrutmen di Vienna, nama agen besarnya Global Company kalo ga salah. sebenernya lowongannya ga cuman river cruise aja, tapi sampe farmer dan buruh pabrik juga ada buat yang mau kerja di eropa. terus ane email dan tanya-tanya, ternyata harus bayar 12juta buat applying visa, dan ga cuma itu, yang bikin miris itu gajinya dipotong 50% selama 5 bulan kayaknya sih agen abal-abal ya itu?


Kalau ane prinsipnya gini gan : kalau tidak ada satupun alumni dr kampus ane atau sejenisnya, atau ada 1 orang aja yg ane kenal berhasil dari naik ampe turun, ane gak akan percaya ama itu agent, itu prinsip ane ya, gak bisa di pukul rata. makanya di page 1, ane ada tulis nama agent2, di setiap agent itu ada temen dan alumni ane, dan agent global company ane gak ada kenalan, tp bukan brati itu jelek ya,.no. itu hanya prinsip ane pribadi.


Quote:Original Posted By masiroel47

okeyy gan siappp hehe tp ane join d brazil nih 26 des


Di Rio de jeneiro dong,...asiiiiiiiik.....PIALA DUNIA 2014 DISANA GAAAAAAAAAAN......ente beruntung, mudah2 keburu ampe sana....ente extend aja gan ampe piala dunia...gan.....nanti nitip JERSEY yg ori deh...... acem gan ???
dulu pas piala dunia di afrika, semua kapal juga pada menuju kesana kok...
Quote:Original Posted By rio_stoda


ane coba jawab ya,....

1. galley itu udah tau apa kan, itu steward di kitchen, ada 4 section biasanya, pertama jadi dishwasher (main galley, lido atau crew mess), kedua potwasher, ketiga daily cleaner, keempat, night cleaner. Biar di promote ya mesti baik baik lah kerja, ga pernah dapet complaint dr orang lain, pas pulang nilai evaluasi agan positif, dan harus brani juga ngomong, aku mau training di third cook, ingat kalu galley biasa di promote jadi cook, kl mau jd bar boy misalnya, kudu cross training, dan cross training nya itu pas jam istirahat kita.

2. karena ada namanya USPH (United States Public Health) ada lg namanya HACCP (Hazard Analysis Critical COntrol Point) itu semua bicara tentang standard Hygine, dimana ketika ada inspection, anak anak galley lah yg pertama harus deeeeeeeeeeep cleaning, ane panjangin e nya krn emang harus bersih banget, krn kalau tidak lolos sanitasi, kapal gak bisa masuk perairan amerika, contoh kapal albatros, skrang gak bisa lagi sail ke US, krn 3 kali gagal USPH. tiap kali sebulan sekali ada inspection, general cleaning, itu si kitchen steward (supervisor) suka colek2,. kl ada debu atau kotor, agan disuruh bersih2 lagi, banyak deh check list cleaning point nya. betul nyuci pake mesin, tapi mesin nya itu kan ngeluarin steam, itu biasanya panas banget, pasti keringatan. kaki basaah, belum kalau boat drill, piring numpuk, belum raugh sea, piring jatuh pecah, anak galley yang rapiin, banyak dah pokoknya...tp ane cerita gini bukan nakutin, itu lah realitanya, ane juga dulu kontrak pertama galley kok, ane dapet tu semua, dishwasher potwasher, ane cross training jadi helper cabin steward, setelah bisa making bed, ane pindah ke river cruise langsung jadi room attendant, pokoknya pesan ane cuma 2 , CONTROL YOUR EMOTION, BE SMART JGN BIARIN LU DICULASIN. Tiap section ada plus minus nya, anak laundry juga kepanasan tu kl ada steam, belum kl boiler kapal rusak, harus nyuci linen di luar, patah dah tu pinggang angkat semua linen ke luar. So siap mental aja, 2 contrak aja kl hasil evaluasi bagus, bisa kok promote pas di kotrak kedua.

3. Kalo agan di kapal besar 2000 keatas, brati kan crew nya banyak tu, jualan film ama mp3, ane dulu jualan itu, trus jadi helper anak housekeeping, trus kambusa (helper pas loading barang/ embarkasi).



Kalau ane prinsipnya gini gan : kalau tidak ada satupun alumni dr kampus ane atau sejenisnya, atau ada 1 orang aja yg ane kenal berhasil dari naik ampe turun, ane gak akan percaya ama itu agent, itu prinsip ane ya, gak bisa di pukul rata. makanya di page 1, ane ada tulis nama agent2, di setiap agent itu ada temen dan alumni ane, dan agent global company ane gak ada kenalan, tp bukan brati itu jelek ya,.no. itu hanya prinsip ane pribadi.




Di Rio de jeneiro dong,...asiiiiiiiik.....PIALA DUNIA 2014 DISANA GAAAAAAAAAAN......ente beruntung, mudah2 keburu ampe sana....ente extend aja gan ampe piala dunia...gan.....nanti nitip JERSEY yg ori deh...... acem gan ???
dulu pas piala dunia di afrika, semua kapal juga pada menuju kesana kok...


wow mantap gan penjelasannya.. thx ya.. BTW bisa jelasin maksudnya be smart banyak yg culas tu gmn maksudnya? contoin juga gan, ane masi bingung..
kapal ane carnival gan, slm kenal ya..agan terakhir di pesiar posisinya apa ya gan? knp pindah river cruise? lebih banyak duit kah?
Quote:Original Posted By kandau

wow mantap gan penjelasannya.. thx ya.. BTW bisa jelasin maksudnya be smart banyak yg culas tu gmn maksudnya? contoin juga gan, ane masi bingung..
kapal ane carnival gan, slm kenal ya..agan terakhir di pesiar posisinya apa ya gan? knp pindah river cruise? lebih banyak duit kah?


contoh, ini sering terjadi ni, misal agan diletakkin di station dishwasher sebagai receiver, for info steward di dishwasher ada macam2. ada yg thrower org yg ngeletakkin piring ke tray trus dimasukkin ke messinnya, ada yg sbg receiver. org yg nrima n nyusun ama nyeleksi kl ada priing yg masi kotor, ada lagi trolly man, org yg angkat piring dr dishwashing station ke tempat main galley.
anggap selesai dinner nih, udah selesai cuci piring, itu biasanya cleaningan, mesin harus di bersihkan, lantai dinding dll, nah biasanya udah dibagi bagi tu, kadang kl anak baru yg bukan kerjaanya di kasi ama anak lama, gitu dah, yg . bukan kerjaan kita di bilang kerjaan kita.
Quote:Original Posted By rio_stoda


ane coba jawab ya,....

1. galley itu udah tau apa kan, itu steward di kitchen, ada 4 section biasanya, pertama jadi dishwasher (main galley, lido atau crew mess), kedua potwasher, ketiga daily cleaner, keempat, night cleaner. Biar di promote ya mesti baik baik lah kerja, ga pernah dapet complaint dr orang lain, pas pulang nilai evaluasi agan positif, dan harus brani juga ngomong, aku mau training di third cook, ingat kalu galley biasa di promote jadi cook, kl mau jd bar boy misalnya, kudu cross training, dan cross training nya itu pas jam istirahat kita.

2. karena ada namanya USPH (United States Public Health) ada lg namanya HACCP (Hazard Analysis Critical COntrol Point) itu semua bicara tentang standard Hygine, dimana ketika ada inspection, anak anak galley lah yg pertama harus deeeeeeeeeeep cleaning, ane panjangin e nya krn emang harus bersih banget, krn kalau tidak lolos sanitasi, kapal gak bisa masuk perairan amerika, contoh kapal albatros, skrang gak bisa lagi sail ke US, krn 3 kali gagal USPH. tiap kali sebulan sekali ada inspection, general cleaning, itu si kitchen steward (supervisor) suka colek2,. kl ada debu atau kotor, agan disuruh bersih2 lagi, banyak deh check list cleaning point nya. betul nyuci pake mesin, tapi mesin nya itu kan ngeluarin steam, itu biasanya panas banget, pasti keringatan. kaki basaah, belum kalau boat drill, piring numpuk, belum raugh sea, piring jatuh pecah, anak galley yang rapiin, banyak dah pokoknya...tp ane cerita gini bukan nakutin, itu lah realitanya, ane juga dulu kontrak pertama galley kok, ane dapet tu semua, dishwasher potwasher, ane cross training jadi helper cabin steward, setelah bisa making bed, ane pindah ke river cruise langsung jadi room attendant, pokoknya pesan ane cuma 2 , CONTROL YOUR EMOTION, BE SMART JGN BIARIN LU DICULASIN. Tiap section ada plus minus nya, anak laundry juga kepanasan tu kl ada steam, belum kl boiler kapal rusak, harus nyuci linen di luar, patah dah tu pinggang angkat semua linen ke luar. So siap mental aja, 2 contrak aja kl hasil evaluasi bagus, bisa kok promote pas di kotrak kedua.

3. Kalo agan di kapal besar 2000 keatas, brati kan crew nya banyak tu, jualan film ama mp3, ane dulu jualan itu, trus jadi helper anak housekeeping, trus kambusa (helper pas loading barang/ embarkasi).



Kalau ane prinsipnya gini gan : kalau tidak ada satupun alumni dr kampus ane atau sejenisnya, atau ada 1 orang aja yg ane kenal berhasil dari naik ampe turun, ane gak akan percaya ama itu agent, itu prinsip ane ya, gak bisa di pukul rata. makanya di page 1, ane ada tulis nama agent2, di setiap agent itu ada temen dan alumni ane, dan agent global company ane gak ada kenalan, tp bukan brati itu jelek ya,.no. itu hanya prinsip ane pribadi.




Di Rio de jeneiro dong,...asiiiiiiiik.....PIALA DUNIA 2014 DISANA GAAAAAAAAAAN......ente beruntung, mudah2 keburu ampe sana....ente extend aja gan ampe piala dunia...gan.....nanti nitip JERSEY yg ori deh...... acem gan ???
dulu pas piala dunia di afrika, semua kapal juga pada menuju kesana kok...


siiip gan mdh2n bs nnton lsg hehe
asekk ke brazil

brazil terkenal hot babes with big boobs nya gan ( . )( . )
ya rata2 seukuran Jupe

dan mereka suka sama orang indonesia gan ( boongan ini )
Quote:Original Posted By rio_stoda


contoh, ini sering terjadi ni, misal agan diletakkin di station dishwasher sebagai receiver, for info steward di dishwasher ada macam2. ada yg thrower org yg ngeletakkin piring ke tray trus dimasukkin ke messinnya, ada yg sbg receiver. org yg nrima n nyusun ama nyeleksi kl ada priing yg masi kotor, ada lagi trolly man, org yg angkat piring dr dishwashing station ke tempat main galley.
anggap selesai dinner nih, udah selesai cuci piring, itu biasanya cleaningan, mesin harus di bersihkan, lantai dinding dll, nah biasanya udah dibagi bagi tu, kadang kl anak baru yg bukan kerjaanya di kasi ama anak lama, gitu dah, yg . bukan kerjaan kita di bilang kerjaan kita.


nah kalo bukan kerjaan kita tapi disuru kekita, agan gimana? nolak apa manut? tp ga ada kan gan yg sabotase, masukin kotoran kepiring2 kita.. atau apa lah modelnya gt..

gan ane sayangnnya ga da laptop, jd ane ga bisa bawa DVD... oya ada advice ga apa aja yg harus dibawa saat mau berangkat?
gan katanya galley utility dicarnivsl itu 3 kali kontrak baru direkomendasikan naik jabatan.beber gak gan?
Quote:Original Posted By goatz
gan katanya galley utility dicarnivsl itu 3 kali kontrak baru direkomendasikan naik jabatan.beber gak gan?


ga ah gan gosip tu gan, kalo kerja kita bgs 2X udh promote kok..
Gan mau tannya dong untuk dikapal agan slama ini komunikasi pake apa? ane blm beli HP canggihni yg tree band.. ane pke nokia jadul.. gmn gan?? menurut agan kudu beli ga? dan untuk Wi-fi dicosta free atau bayar? klo bli paketan internet buat handphone atau modem USB disana bisa ga gan? dan belinya dmn?

maaf banyak nannya ya gan, masalahnya ane lg pelan2 siapin buat keberangkatan, masalahnya kalo nunggu briefing agen lama dan kurang efektif menurut ane...