Mulanya Jonathan Ward sang pendiri rumah modifikasi TLC-Icon hanya memodifikasi jip bikinan Toyota dari seri FJ. Mulai dari FJ40, FJ43 dan FJ45. Di tangan workshop yang bermarkas di Los Angeles, California USA, jip Toyota keluaran lawas ini tak hanya jadi lebih segar dan modern, tetapi juga memiliki performa layaknya mobil-mobil keluaran terkini. Tak heran harga yang ditawarkan cukup selangit mulai dari Rp 850 jutaan.
Ternyata tak hanya jip keluaran Toyota saja yang dilirik, Jeep CJ3B pun kemudian jadi sasaran modifikasinya. Sekitar akhir 2009-an proyek CJ Series pun diperkenalkan di ajang SEMA Show - sebuah pameran industri otomotif terbesar di negeri Paman Sam yang cukup bergengsi. Menurut Jonathan, model ini cukup mendapat sambutan hangat dari penyuka otomotif.
Proyek yang paling gress adalah Ford Bronco re-create. Sama seperti model sebelumnya kemunculan SUV keluaran 1966 yang sudah dimakeover ini juga mengambil momentum SEMA Show 2011. Hubungan baik Jonathan Ward dengan Jim Farley – Ford Director of Global Marketing, membuat proyek Bronco Icon makin mulus.
Untuk mewujudkan proyek ini, Ward menyempatkan diri mengendarai Ford Bronco agar bisa merasakan apa saja yang perlu diperbaiki. “Saya menyetir Bronco dalam jarak yang cukup jauh, sehingga akhirnya muncul banyak ide, yang sebagian besar tertuang dalam Bronco Icon,” tutur pria kelahiran 1970 ini.
Agak berbeda dengan proyek FJ Icon dan CJ Icon yang dirancangnya sendiri, untuk Bronco Icon, Jonathan Ward melibatkan Camilio Pardo, desainer Ford GT. “Jiwa seni Pardo selaras dengan selera desain saya, makanya bisa klop!” imbuh Ward. Yang istimewa lagi, proyek Bronco Icon ini juga langsung disponsori 5 calon konsumennya. Sebelum proyek ini dibikin, ternyata sudah ada yang membayar down payment-nya. Sehingga Ward lebih leluasa mewujudkan satu lagi materpiece dari Icon.
Mencari bodi orisinal Ford Bronco ternyata susah. Padahal, SUV ini populer di Amerika antara 1960-an hingga 1970-an. Langkah ini juga dilakukan Ward agar rancangan Bronco benar-benar merupakan gabungan masa lalu dan sekarang. Pemilik Bronco Icon bisa bernostalgia dengan sosok tampilannya, namun ketika dikendarai, jauh lebih nyaman dan memiliki performa khas kendaraan terkini.
Penggarapan detail modifikasi Bronco Icon juga layak diacungi jempol. Tampilan luarnya memang masih menegaskan gen Bronco, namun mulai logo, spion, bumper, grill, lampu dan sebagainya sudah mendapat sentuhan. Aksesori tak perlu berlebihan, namun Bronco Icon mampu tampil lebih elegan dan berkelas.
Layak jadi inspirator modifikasi 4x4 di Tanah Air nih. Siapa tahu jip-jip yang tadinya tak dilirik di sini, bisa disulap jadi sosok yang lebih menarik dan punya nilai jual lebih.
Spoiler for DETAIL:
Dasbor
Dasbor Bronco Icon dirancang ulang secara khusus sehingga menimbulkan kesan modern. Kombinasi warna abu-abu tua, abu-abu muda dan warna khas aluminium makin menguatkan kesan ini. Dakota Digital VHX yang mensupport peranti indikator ternyata ikut mendukung tampilan simpel nan elegan. Inspirasi model gauge ini didapat dari jam Bell & Ross.
Interior
Jok memakai bahan yang sama seperti outdoor furniture di L.A. County Museum of Modern Art. Warna jok, doortrim dan dasbor, semuanya senada bernuansa abu-abu dan logam (aluminium)
Gardan
Gardan asli tak lagi dipakai karena mesin yang akan dipasang di Bronco Icon jauh lebih bertenaga dari bawaan pabrik. Gardan buatan Dynatrac dengan basis Dana 60 dan Dana 44 jadi pilihan. Final gir yang dipatok 1:4,09. Kedua gardan juga sudah dipersenjatai ARB AirLocker. Pertanda Bronco Icon tak hanya asyik di jalan raya, masuk trek off-road ekstrem pun siap
Girboks & Transfercase
Proyek pertama ini menawarkan girboks manual 5 percepatan maju (girboks matic ternyata adalah optional). Transfercase Atlas ll (part time) dengan crawling ratio 87:1, membuat Bronco Icon tak hanya kencang di jalan raya tapi juga mudah merayap naik.
Mesin
Mesin yang dipasang adalah Ford Coyote 5.0 liter dengan konfigurasi V8 (sama dengan yang dipakai di Ford F-150 dan Mustang GT. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 412 dk @ 6.500 rpm dan torsi maksimum 390 lb-ft @ 4250 rpm. Asyiknya buat penyuka kecepatan, mesin ini masih bisa diupgrade. Pemakaian blok aluminium membuat bobotnya relatif ringan. Sehingga total bobot Bronco Icon bisa tereduksi, dan manuvernya gesit di aspal maupun trek tanah. Meski begitu, Ward masih membuka opsi untuk mengganti mesin lain sesuai keinginan pembeli.
Suspensi
Perpaduan sokbreker Fox Racing 12" dengan Eibach Springs membuat travel suspensi Bronco Icon cukup lentur (sekitar 12 inci di depan maupun belakang). Walaupun cukup lentur, namun tetap stabil ketika diajak ngebut di aspal.
Bodi + kelengkapan
Bodi Bronco Icon dibikin baru dari bahan aluminium, mengikuti body tub asli Ford Bronco. Beberapa peranti seperti handel pintu, kaca spion, pelindung lampu belakang, side marker dirancang secara khusus dengan teknik pengerjaan yang berkualitas. Proses pembuatannya memanfaatkan CNC laser cutting.
Bumper
Bumper depan-belakang dirancang khusus oleh Icon, finishingnya dengan powder coating hitam. Pada bagian dalam dipasang winch Warn 9.0RC. Sengaja dipasang tersembunyi agar tampilan depan lebih simpel. Pemilihan Warn 9.0RC juga karena modelnya ringkas.
Logo Bronco
Logo Bronco yang dirancang ulang tampil lebih gagah. Agak berbeda dengan rancangan Icon sebelumnya, yang selalu menambahkan logo kadal. Pada Bronco yang terlihat justru logo kuda liar.
Grill
Semua grill terbuat dari B4 stainless steel yang dipotong dengan menggunakan CNC dan memakai las TIG.
Lampu
Semua lampu yang dipasang memakai teknologi LED. Tak hanya bersinar terang, tapi juga hemat energi
Ban dan Pelek
Ban BFGoodrich 285/70/R17 yang membalut pelek Blackrock Yuma 908B 17x8 membuat tampilan Bronco Icon jadi lebih gagah
Spoiler for SPESIFIKASI:
Spesifikasi Teknis
Body : Restored Vintage Ford Bronco
Sasis : Custom
Mesin : Ford Coyote 5.0L V8
Girboks : Five Speed manual transmission
Transfercase : Atlas ll part time transfer case with a crawl ratio of 87:1
Gardan : Dynatrac (Dana 60 & Dana 44)
Sokbreker : Fox Racing 2.5”
Per : Eibach Coilspring
Ban : BFGoodrich 285/70/R17
Pelek : Blackrock Yuma 908B 17x8
Winch : Warn 9.0RC
Bumper : Custom
Lampu-lampu : LED