Penyebaran Islam di Indonesia selalu diklaim dilakukan dgn damai dalam proses akulturasi. Toleransi para sunan ketika berdakwah di kalangan hindhu jawa, selalu dijadikan bukti tersebut. Namun benarkah demikian?
Pada tahun 1920 terbitlah buku kejawen yg menggegerkan dunia persilatan
Serat darmogandul, buku yg menceritakan proses keruntuhan Majapahit dan mengolok2 ajaran Islam. Dalam buku ini disebutkan bahwa raden patah putra prabu brawijaya V, mengadakan pemberontakan melawan ayahnya (majapahit) untuk mendirikan kesultanan demak. Para sunan yg biasanya kita kenal sebagai orang toleran, disini diceritakan sbg otak kejahatan yg menghasut raden patah memberontak kpd ayah kandungnya.
Quote:
Ature Adipati Dêmak: “Kula ajrih ngrisak Nagari Majalêngka, amêngsah bapa tur raja, kaping tiganipun damêl sae paring kamukten ing dunya, lajêng punapa ingkang kula-walêsakên, kajawi namung sêtya tuhu. Dhawuhipun eyang Sunan Ngampelgadhing, botên kaparêng yen kula mêngsah bapa, sanadyan Buddha nanging margi-kula sagêd dumados gêsang wontên ing dunya. Inggih sanadyan Buddha punapa kapir, tiyang punika bapa inggih kêdah dipunhurmati, punapa malih dereng wontên lêpatipun dhatêng kula”.
Sunan Benang ngandika mêneh: “Sanadyan mungsuh bapa lan ratu, ora ana alane, amarga iku wong kapir, ngrusak kapir Buddha kawak: kang kok-têmu ganjaran swarga.
---------------------------------------------------------------------------
"Saya takut merusak negeri Majalengka. Melawan ayah, apalagi melawan seorang raja yang telah memberikan kebahagian dan kebaikan di dunia. Kata Kakek saya di Ampelgading, saya tidak boleh melawan ayahanda meski beragama Budha atau pun kafir."
Mendengan jawaban demikian, Sunan Bonang berkata, " Meskipun melawan ayah dan raja, tidak ada jeleknya kerena dia kafir. Merusak kafir ganjarannya kamu akan masuk surga
Sumber: Darmagandhul - IndoForum
http://www.indoforum.org/showthread....#ixzz2Fa2kN6bc
Hak Cipta:
www.indoforum.org
Dalam kisah ini Islam dianggap tidak tahu diri, karena sudah diberi kebebasan berdakwah malah menikam dari belakang.
Quote:
Sabdapalon ature sêndhu: “Paduka mlêbêt piyambak, kula botên têgêl ningali watak siya, kados tiyang ‘Arab. Siya punika têgêsipun ngukum, tur siya dhatêng raga, manawi kula santun agami, saestu damêl kapiran kamuksan-kula, ing benjing, dene ingkang mastani mulya punika rak tiyang ‘Arab sarta tiyang Islam sadaya, anggenipun ngalêm badanipun piyambak. Manawi kula, mastani botên urus, ngalêm saening tangga, ngapêsakên badanipun piyambak, kula rêmên agami lami, nyêbut Dewa Ingkang Linangkung.
------------------------------------------
Sabdopalon berkata dengan sedih (putus asa), “Paduka masuklah sendiri. Hamba tidak tega melihat watak sia-sia, seperti manusia Arab itu. Menginjak-injak hukum, menginjak-injak tatanan. Jika hamba pindah agama, pasti akan celaka muksa hamba kelak. Yang mengatakan mulia itu kan orang Arab dan orang Islam semua, memuji diri sendiri. Kalau hamba mengatakan kurang ajar, memuji kebaikan tetangga mencelakai diri sendiri. Hamba suka agama lama menyebut Dewa Yang Maha Lebih.
Sumber: Darmagandhul - IndoForum
http://www.indoforum.org/showthread....#ixzz2Fa3RnOw9
Hak Cipta:
www.indoforum.org
Namun disisi lain dicurigai bahwa pembuat darmogandul adalah orang kristen atau setidaknya memahami kristen dgn baik. Hal ini karena di beberapa kisah banyak mencantumkan ajaran2 yg berasal dari kekristenan. Seperti buah pengetahuan yg disini disebut
kayu kawruh(buah budi). Lalu juga memuji2 agama kristen disini disebut
agama srani.
Quote:
Darmagandhul matur: “kiyai! Kang diarani agama Srani iku kang kaya apa?”
Kiyai Kalamwadi banjur nêrangake: “Kang diarani agama Srani iku têgêse sranane ngabêkti: têmên-têmên ngabêkti marang Pangeran, ora nganggo nêmbah brahala, mung nêmbah marang Allah, mula sêbutane Gusti Kanjêng
Nabi ‘Isa iku Putrane Allah(dafuq?
), awit Allah kang mujudake, mangkono kang kasêbut ing kitab Anbiya”.
Lalu kisah Nabi Daud yg lebih menyerupai cerita di PL ketimbang di Al-Quran. Pertimbangan2 diatas membuat konklusi bahwa pembuat cerita darmagandul sangat mendalami alkitab dan kemungkinan besar baru dibuat setelah Belanda (misionaris) datang. Mungkinkah ini usaha misionaris untuk memecah belah (devide et impera) rakyat Jawa, sekaligus memberikan citra buruk Islam?
Terus apa yg mau didebatin? Langsung aja:
Apakah benar Islam disebarkan dgn cara biadab, menikam dari belakang ataukah kisah ini hanya bullshit misionaris kristen untuk memecah belah dan mendapatkan domba2 baru?
Let's begin, this bloody fight