Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nangendiAvatar border
TS
nangendi
TIPS MERAWAT BATERAI LAPTOP
TIPS MERAWAT BATERAI LAPTOP

1. Ketika pertama membeli laptop Anda, isi penuh selama minimal 6 jam. Kemudian gunakan laptop Anda dengan memakai baterai hingga habis. Baru bisa digunakan dengan sebagaimana biasa.

2. Hindari panas berlebih pada suhu ruangan. Normalnya, laptop berada pada suhu ruang di bawah 25°C agar lebih awet. Karena semakin panas suhu ruang di sekitar laptop Anda, maka akan semakin mengurangi masa hidup baterainya. Diutamakan juga me-load aplikasi yang membuat laptop Anda menjadi panas. Tapi jangan lupa juga, hindari tempat yang terlalu lembab, karena akan menimbulkan pengembunan di dalam casing baterai laptop Anda, dan mungkin juga di laptop Anda juga.

3. Pergunakan baterai seperlunya. Apabila merasa yakin listrik di tempat Anda “mempekerjakan” laptop Anda tidak bermasalah, maka tidaklah terlalu perlu memakai baterai. Karena baterai mempunyai “charge cycle” yang normalnya adalah sekitar 1000 kali charging time. Maka tak usah malu untuk menyimpan baterai Anda.

4. Hindari discharge sering penuh karena ini menempatkan beban tambahan pada baterai. Usahakan untuk tidak mempergunakan baterai di bawah level 40%.

5. Sekali tiap 30 kali full charging, lakukanlah kalibrasi laptop. Caranya, isi penuh baterai hingga 100% dan biarkan laptop dalam keadaan aktif hingga baterainya habis.

6. Apabila ingin menjalankan laptop Anda dan menginginkan laptop lebih cepat, maka lebih baik laptop Anda dalam keadaan terhubungkan dengan arus listrik. Karena apabila memakai baterai, otomatis laptop dengan “Power Management”-nya akan menurunkan kecepatan hingga 50% tergantung dari setingan pada Power Management.



Letakkan laptop pada alas yang keras
Panas adalah salah satu musuh utama element baterai, jika Anda meletakan laptop pada alas yang soft seperti bantal misalnya maka panas yang keluar akan diserap.
Gunakan Listrik yang stabil
Ketika Anda melakukan charge baterai perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor, hindari listrik yang bervoltase tidak stabil.
Haruskah baterai dicopot ?
Jawabannya Ya dan Tidak. Jika laptop Anda dilengkapi dengan kempuan switch ketika baterai sudah terisi penuh maka langsung dialihkan ke daya adaptor, maka sebenarnya tidak perlu mencopot baterai, Namun jika tidak maka Anda bisa mencopot baterai dengan pertimbangan limetime elemen baterai. Perlu Anda pertimbangkan ketika akan mencopot baterai, apakah listrik ditempat Anda bagus? Karena ketika Anda tidak menggunakan baterai maka daya yang masuk murni berasal dari listrik dan jika listrik mati, maka laptop akan kehilangan daya.
Defrag Hard Disk
Lakukan defrag harddisk secara teratur, dengan defrag yang teratur maka kinerja harddisk akan lebih baik dan secara otomatis akan mengurangi beban baterai.
Hibernate & Standby
Beralih lah ke Hibernate dan tinggalkan kebiasaan Standby
Harddisk & CD-ROM
Gunakan lebih banyak harddisk daripada menggunakan CDROM karena CDROM memakan daya yang lebih buruk dari pada harddisk.
Kontak Baterai
Bersihkan kontak baterai Anda dengan kain yang dibasahi alkohol setiap sebulan sekali, agar transfer daya baterai tetap lancar.
Power Option
Gunakan pilihan Optimize, yang mana pilihan tersebut akan menggunakan maximum baterai untuk menampilkan effect maximal.
External Device
Jangan terlalu lama bekerja dengan external device, jika Anda menggunakan external harddisk sebaiknya file tersebut dipindahkan dan dialihkan kedalam harddisk. matikan Wifi, Bluetooth, atau external device lain jika tidak digunakan.
RAM
Lebih besar RAM lebih baik, mengapa? karena jika RAM terlalu kecil maka ketika menangangi pekerjaan besar akan meningkatkan kinerja virtual memory yang mana virtual memory ini mengkonsumsi daya yang lebih besar.

SEKIAN INFO DARI ANE GAN....

maaf kalo ada yang salah.... emoticon-Peace

ane newbe gan..

kaskuser yg bijak,tolong tinggalkan komen ya.. emoticon-Malu
0
1.2K
0
Thread Digembok
Thread Digembok
Komunitas Pilihan